ASEAN’S ELEVEN

Mungkin ada teman dan kerabat yang tidak mengikuti berita, bahwa anggota perhimpunan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN), kini telah berjumlah sebelas negara.

Logo ASEAN

Anggota termuda ASEAN adalah Timor Leste, yang diakui menjadi anggota ASEAN kesebelas pada tanggal 11 November 2022 lalu, pada Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Phnom Penh, Cambodia.

Infografis dari iNews.id

Apa makna diakui sebagai anggota ASEAN bagi Timor Leste? Secara formal, status Timor Leste masih sebagai negara peninjau, namun sudah dibolehkan mengikuti semua pertemuan ASEAN termasuk KTT.

Plesetan poster film Ocean’s Eleven jadi ASEAN’S ELEVEN 😁

Lantas kapan Timor Leste akan menjadi anggota penuh ASEAN? Dijadwalkan keanggotan penuh Timor Leste diajukan dalam KTT ASEAN 2023 di Jakarta.

Timor Leste sendiri sudah mengajukan permohonan keanggotaan sejak tahun 2011 lalu, namun belum semua negara anggota dapat menerima permohonan ini. Singapore dan Laos adalah dua negara ASEAN terakhir yang merasa keberatan dengan keanggotaan Timor Leste di ASEAN.

Negara Anggota ASEAN

Menilik kembali sejarah ASEAN, perhimpunan ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh lima negara, Indonesia, Thailand, Malaysia, Philippines dan Singapore, melalui deklarasi Bangkok.

Deklarasi Bangkok ditandatangani oleh Narciso Ramos, Adam Malik, Thanat Khoman, Tun Abdul Razak dan S. Rajaratnam.

Setelah sekitar 17 tahun, Brunei Darussalam bergabung menjadi anggota keenam ASEAN pada 7 Januari 1984. Sekitar 11 tahun kemudian, Vietnam bergabung menjadi anggota ASEAN ketujuh, pada 28 Juli 1995.

Kantor pusat ASEAN di Jakarta

Laos dan Myanmar bergabung menjadi anggota kedelapan dan kesembilan ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997, dan dua tahun kemudian, Cambodia menggenapi jumlah anggota ASEAN menjadi sepuluh negara pada 30 April 1999.

Selain Timor Leste, ada satu negara lain yang juga sudah mengajukan permohonan sebagai anggota ASEAN, yaitu Papua New Guinea, namun sampai saat ini belum ada kejelasan kapan Papua New Guinea akan diterima sebagai anggota ASEAN.

Tata rias penari tradisional dari setiap negara ASEAN (courtesy of CIMB)

Dari sebelas negara anggota ASEAN saat ini, negara mana saja yang sudah kamu kunjungi? negara mana saja yang jadi wishlist kamu?

Tinggalkan komentar