Tentang Pakansi

Dalam senarai kata yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pakansi artinya libur. Berpakansi berarti berlibur. Kata Pakansi biasa digunakan generasi orang tua saya sebagai padanan kata liburan.

20161119_192600

Sejak kecil, saya bercita-cita dapat melakukan perjalanan keliling dunia, terutama setelah saya membaca komik Tom Sawyer Keliling Dunia yang diterbitkan dalam seri komik Album Cerita Ternama, juga novel klasik Keliling Dunia Dalam 80 Hari karya Jules Verne dan tentunya komik Tintin yang banyak mengambil setting di berbagai lokasi eksotis dunia.

AATintin MidEast

Saat ini saya masih dalam proses untuk mencapai cita-cita masa kecil tersebut.. 🙂 Per September 2017, saya telah mengunjungi 66 negara, berdasarkan kategori yang dibuat travel map provider matador network. Jika Hong Kong dan Macau dianggap bagian dari China, maka pencapaian saya berkurang menjadi 64 negara. Masih banyak lagi kota dan negara yang ingin saya kunjungi.

Peta negara yang telah saya kunjungi  (klik link disamping untuk peta perjalanan saya)

travelmap_sep17

Laman Pakansi.com ini saya buat sebagai dokumentasi perjalanan dan liburan yang pernah saya lakukan, baik dalam bentuk tulisan, foto dan nantinya mungkin akan memuat multimedia. Sebagian tulisan di situs ini pernah saya publikasikan di akun facebook saya, beberapa juga pernah disumbangkan ke sebuah situs yang sekarang sudah tutup. Daripada terbuang percuma, tulisan-tulisan itu saya kumpulkan disini dengan sedikit perubahan agar lebih update. Sebagian besar tulisan lainnya adalah tulisan baru yang saya buat khusus untuk situs ini. Untuk mempermudah saya mengingat urutan waktu pakansi saya, tanggal posting saya ubah berdekatan dengan tanggal akhir pakansi yang telah saya jalani.

Website ini juga bertujuan untuk berbagi tips dan ide bagi pembaca yang merencanakan liburan ke tempat-tempat yang pernah saya kunjungi. Selain itu, website ini juga memuat artikel destinasi wisata impian yang belum saya kunjungi (wishlist), maupun artikel kontribusi dari rekan-rekan saya dan pembaca Pakansi.com

Tulisan dan foto perjalanan di laman ini adalah karya saya sendiri (kecuali bila disebut khusus). Pembaca website ini dipersilakan menyalin, mengunduh, menyimpan dan membagikan foto dan informasi dalam website ini untuk keperluan pribadi yang bersifat non-komersial.

Website ini di kelola swadaya oleh saya, Nelwin Aldriansyah, pria berusia 48 tahun, bekerja di perusahaan sekuritas di Jakarta, menikah dan dikaruniai 2 anak.

Selain bepergian, hobi lain saya adalah musik rock dan fotografi. Kebetulan, ketiga hobi saya ini bisa dilakukan bersamaan, sambil bepergian, bisa nonton konser dan berburu koleksi musik rock dan tak lupa foto-foto 🙂

Selamat membaca dan mari berbagi informasi 🙂