Apply Visa Inggris 2022

Sejak Inggris memisahkan diri dari Uni Eropa (Brexit) tahun 2020 lalu, bentuk Visa Inggris tidak lagi sama dengan Visa Schengen. Pemegang paspor biasa Indonesia wajib memiliki visa Inggris jika ingin berkunjung kesana, pengecualian diberikan untuk paspor diplomatik. Di Indonesia, pengajuan visa Inggris (United Kingdom) di proses oleh VFS yang berlokasi di Kuningan City. Awal Tahun 2022 ini saya kembali memperoleh visa Inggris, berikut ini panduan bagi anda yang ingin mengajukan visa Inggris.

Jika berkunjung ke Inggris untuk tujuan wisata, anda memerlukan Standard Visitor visa, dengan biaya visa sebesar £95, jika aplikasi anda disetujui, anda akan mendapatkan visa multiple entry yang berlaku selama 6 bulan. Jika ingin visa muliple entry yang lebih panjang, bisa mengajukan long term visit visa dengan biaya yang lebih mahal; 2 tahun biayanya £361, 5 tahun £655 dan 10 tahun £822. Tapi tidak ada jaminan visa diberikan sesuai keinginan kita, bisa saja kita bayar untuk visa 2 tahun, tapi hanya di berikan visa 6 bulan, atau bahkan di tolak. Biaya visa yang sudah dibayarkan tidak bisa dikembalikan.

01

Untuk mengajukan visa Inggris melalui VFS, kita harus mengisi aplikasi secara online di laman web https://visas-immigration.service.gov.uk/next

Di halaman itu anda harus membuat akun terlebih dahulu, dengan mendaftarkan alamat email dan password, setelah itu baru anda login. Setelah masuk di website, anda harus mengisi alamat email, nomor telepon seluler, alamat rumah dan status pernikahan, data paspor dan KTP, kewarganegaraan, data pekerjaan, tabungan, siapa yang menanggung biaya perjalanan, rencana ketibaan di Inggris, tujuan bisnis atau wisata, data pasangan, anak (dependants), orang tua, alamat akomodasi di Inggris, kunjungan ke Inggris sebelumnya, jika pernah, riwayat perjalanan ke negara lain, pelanggaran imigrasi dan hukum, terlibat kejahatan perang, terorisme, militer.

Setelah semua data anda isi dengan lengkap, anda akan masuk halam rekap dari semua jawaban anda, periksa kembali jawaban-jawaban anda apabila ada yang perlu diperbaki.

12

Selanjutnya anda akan memasuki halaman dokumen-dokumen yang perlu anda siapkan saat mengajukan visa di VFS.

13

Berikutnya, anda akan masuk ke halaman ‘Sign Declaration’, intinya anda mengkonfirmasi bahwa semua data yang anda input adalah benar.

14

Setelah itu, anda dapat melanjutkan untuk memilih tanggal appointment di VFS UK untuk menyampaikan dokumen-dokumen dan merekam data biometrik. Walk in application tanpa appointment tidak dilayani. Selain di VFS Jakarta, bisa juga mengajukan aplikasi di VFS Surabaya dan Bali.

Setelah itu anda akan diminta melakukan pembayaran biaya visa secara online melalui WorldPay, anda bisa menggunakan kartu kredit untuk pembayaran ini. Kemudian print aplikasi anda dan bukti pembayaran.

Selanjutnya siapkan dokumen-dokumen berikut:

  1. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan
  2. Pasfoto 3,5×4,5 dengan latar belakang putih
  3. Copy KTP
  4. Copy rekening tabungan 6 buan terakhir
  5. Reservasi pesawat (bisa dummy booking)
  6. Tanggal kunjungan ke Inggris dan bukti akomodasi (boleh unpaid booking)
  7. Surat keterangan bekerja dari kantor/instansi
  8. Slip gaji/bukti penghasilan
  9. Akte kelahiran
  10. Surat nikah
  11. Kartu keluarga
  12. Surat sponsor (jika biaya di tanggung sponsor)
  13. Surat izin orang tua jika usia dibawah 18 tahun dan pergi tanpa orang tua.
  14. Asuransi perjalanan

Pada tanggal appointment yang anda pilih, anda harus datang sendiri ke VFS, menyerahkan dokumen dan kemudian merekam data biometrik, pengambilan foto dan sidik 10 jari. (jika pernah rekam data biometrik dalam 5 tahun terakhir, tidak perlu lagi). Setelah dokumen di submit dan merekam data biometrik, anda akan menerima receipt.

Jika anda mengalami kesulitan dalam pengisian form online, anda bisa meminta bantuan staf VFS dengan biaya jasa Rp 172.500. Saat penyampaian dokumen, anda juga bisa meminta bantuan jasa pengecekan aplikasi dan kelengkapan dokumen dengan biaya jasa Rp 138.000. Biaya-biaya ini diluar biaya visa yang telah anda bayarkan secara online.

15

Proses visa sekitar 2 minggu. Jika ada keperluan urgent, anda bisa memilih opsi Priority visa service, dengan biaya £150, dan selesai di proses dalam 3-5 hari kerja. Jika anda sangat sering bepergian sehingga memerlukan paspor selama visa di proses, anda bisa memilih opsi ‘Keep My Passport When Applying’ dengan biaya tambahan sebesar Rp 1.955.000, selama visa anda di proses, paspor tetap dapat anda pakai, setelah visa keluar anda akan diminta untuk menyerahkan paspor untuk penempelan visa. Keputusan pemberian visa ada sepenuhnya di kedutaan Inggris, VFS tidak punya pengaruh apapun.

Anda akan di update melalui email progres aplikasi visa anda, jika paspor anda sudah kembali di VFS, anda dapat mengambilnya antara jam 15.00:17.00.

Semoga sukses mengajukan visa Inggris.. 🙂

3 Comments Add yours

  1. Hadi berkata:

    Salam min, mau nanya berapa biaya mengurus visa standar UK di VFS?

    Disukai oleh 1 orang

    1. – single entry 6 bulan £95.
      – multiple entry 2 tahun £361
      – multiple entry 5 tahun £655
      – multiple entry 10 tahun £822

      Suka

  2. Dimas berkata:

    salam Pak Nelwin,
    kaau kita mau pilih priority service atau super priority service, pilihan ini ada di mana ya?

    Terimakasih,

    Suka

Tinggalkan komentar