Paspor Indonesia Makin Kuat

Meskipun pandemi Covid-19 masih belum mereda sepenuhnya setelah hampir 2 tahun, cukup banyak orang yang sudah memberanikan diri untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

Beberapa negara yang selama pandemi ini menutup perbatasannya, mulai banyak yang kembali membuka perbatasan baik secara penuh, maupun secara selektif melalui mekanisme travel bubble atau travel corridor.

Berita baik bagi pemegang paspor Indonesia, beberapa negara memberikan kemudahan bagi WNI sepanjang tahun 2021 ini.

Dimulai pada 1 Januari 2021, Rusia memberikan kemudahan kepada WNI, jika sebelumnya harus mengurus visa ke kedutaan, dengan kebijakan baru pemegang paspor Indonesia bisa mengajukan e-visa secara online.

Kemudian pada 1 Mei 2021, negara Asia selatan Bangladesh, memberikan free visa on Arrival buat WNI. Sebelumya WNI harus mengajukan visa ke kedutaan Bangladesh jika ingin berkunjung ke sana.

Oktober 2021 lalu, tersiar kabar bahwa Maroko menghentikan kebijakan bebas visa bagi Indonesia yang telah berlaku sejak puluhan tahun lalu. Beberapa WNI yang tiba di Maroko antara 8-16 Oktober dipulangkan akibat kebijakan yang mendadak berubah ini. Kemenlu RI melayangkan nota protes kepada pemerintah Maroko, hasilnya, bebas visa selama 90 hari kembali diberikan kepada WNI mulai 27 Oktober 2021.

Kabar gembira kembali datang pada 22 Desember 2021. Pemerintah Turki memberikan bebas visa selama 30 hari bagi pemegang paspor Indonesia. Sebelumnya, WNI yang ingin memasuki Turki harus mengajukan e-visa atau membayar visa on arrival sebesar USD 35.

Semoga di tahun 2022 mendatang semakin banyak negara dan teritori yang memberikan bebas visa ataupun visa on arrival bagi warga negara Indonesia.

2 Comments Add yours

  1. kakaidu berkata:

    Wah kabar menarik banget yang 2 negara terakhir disebut Pak Nelwin. Semogalah makin membaik ya pak, supaya bisa segera bebas jalan-jalan lagi.

    Suka

    1. Hi Kakaidu..
      Iya.. alhamdulillah dapat kado akhir tahun buat paspor Indonesia.. harus mulai hunting tiket murah lagi nih.. 😁

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s