Chile, No Visa Required

Chile termasuk negara Amerika latin pertama yang memberikan fasilitas bebas visa buat WNI.

Saya ingat tahun 80an membaca artikel-artikel travel yang ditulis traveler senior Indonesia dr. HOK Tanzil, sudah menyebutkan warga Indonesia tidak perlu visa untuk berkunjung ke Chile.

Baru pada tahun 2019 saya berkesempatan masuk Chile tanpa visa, 2x bahkan.. 😁. Ceritanya, kunjungan tanggal 8 November hanya untuk transit ganti pesawat dari Cusco, Peru menuju Buenos Aires, Argentina. Tapi anehnya, saat keluar pesawat tidak ada transfer desk, langsung menuju imigrasi. Terpaksa keluar imigrasi dan masuk lagi beberapa saat kemudian. Baru pada kunjungan 11 November saya keluar bandara dan bermalam di kota Santiago.

Seperti jika anda berkunjung ke negara-negara ASEAN, untuk masuk Chile anda cukup bawa paspor. Tidak perlu apply visa atau visa on arrival sebelumnya. Paspor anda akan langsung di cap imigrasi Chile, dengan izin tinggal sampai 90 hari. Mudah bukan?

3 Comments Add yours

  1. claraberkelana berkata:

    Dari dulu cita2 mau ke Chile tp belum kesampean. Semoga bisa cepet terlaksana πŸ™

    Suka

    1. Semoga setelah PSBB dan travel restrictions dicabut, bisa kesana.. πŸ˜ŠπŸ™

      Disukai oleh 1 orang

  2. Difi Damanik berkata:

    Bro, pas ke Amerika Latin gak singgah ke Bolivia dan Ecuador? Ibukota Bolivia, La Paz kan merupakan ibukota dengan elevasi tertinggi di dunia (3.650 meter d.p.l). Pingin denger ceritanya aja, sesak napas gak di sana soalnya udaranya kan tipis kalo di ketinggian itu. Trus kalau di Ecuador ibukotanya juga tertinggi kedua (2.850 meter d.p.l) tapi di sana terkenal dengan perkebunan bunga mawarnya. Bunga mawarnya terkenal mahal dan kelopaknya sangat besar, konon katanya krn ditanam di daerah yang tinggi (perkebunannya di ketinggian 3.000-an meter) dan krn persis di khatulistiwa yang full sunshine jadi bunganya besar-besar. Mereka eksportir bunga mawar terbesar di dunia. Katanya banyak tour di perkebunan mawarnya. Pengen denger ceritanya kalau someday lu jalan-jalan ke sana. 😁

    Suka

Tinggalkan komentar