Dengan 2 Cara Ini, Kamu Bisa Masuk Mexico Tanpa Visa

Mexico memiliki kekayaan budaya dan pemandangan alam yang luar biasa. Pantai yang cantik, hutan tropis, budaya dan musik latin serta berbagai peninggalan kebudayaan Aztec. Inilah daya tarik utama Mexico yang membuat banyak wisatawan berkunjung kesana.

Sayangnya, sampai saat ini, kebijakan visa Mexico mensyaratkan pemegang paspor Indonesia untuk memiliki visa Mexico jika ingin memasuki wilayah Mexico. Tentunya hal ini menambah waktu dan biaya bagi WNI yang merencanakan perjalanan wisata ke Mexico.

Saya sudah tiga kali berkunjung ke Mexico. Tahun 2012 ke Cozumel, tahun 2016 ke Ensenada, dan tahun 2019 ke Cancun dan Chichen Itza. Asyiknya, ketiga kunjungan ke Mexico tersebut saya lakukan tanpa memiliki visa Mexico. Lho, kok bisa..? Untungnya, bagi WNI ada 2 cara untuk masuk wilayah Mexico tanpa perlu memiliki visa Mexico.

Pertama, jika anda memiliki visa multiple entry dari salah satu negara/kawasan berikut: Amerika, Schengen, Inggris, Kanada dan Jepang, yang masih berlaku, anda dibebaskan dari kewajiban memiliki visa Mexico. Anda dapat masuk dan tinggal di Mexico sampai 180 hari jika masuk Mexico dengan visa dari salah satu negara atau kawasan diatas.

Kedua, anda bisa masuk Mexico tanpa visa dan bahkan tanpa melewati imigrasi Mexico, jika anda menjadi penumpang kapal pesiar yang merapat ke salah satu pelabuhan di Mexico. Kunjungan pertama saya ke Mexico pada tahun 2012 ke pulau Cozumel, sebagai penumpang dari kapal Norwegian Cruise Line. Saat kapal merapat di pelabuhan Cozumel, penumpang kapal bisa turun di Cozumel tanpa pemeriksaan imigrasi, dan bisa jalan-jalan keluar pelabuhan dengan bebas. Begitupula saat saya turun dari kapal di Ensenada pada tahun 2016, tidak lewat imigrasi.

Saat kunjungan ketiga saya ke Mexico pada tahun 2019 lalu, saya masuk dari bandara Cancun menggunakan visa Amerika yang masih berlaku. Sayangnya, paspor saya tetap tidak ada stempel imigrasi Mexico, karena yang di cap oleh imigrasi adalah lembaran arrival card, yang diambil kembali saat kita keluar dari imigrasi Mexico.

Bagaimana, anda tertarik ke Mexico tanpa visa dengan cara-cara diatas..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s