Dengan 2 Cara Ini, Kamu Bisa Masuk Mexico Tanpa Visa

Mexico memiliki kekayaan budaya dan pemandangan alam yang luar biasa. Pantai yang cantik, hutan tropis, budaya dan musik latin serta berbagai peninggalan kebudayaan Aztec. Inilah daya tarik utama Mexico yang membuat banyak wisatawan berkunjung kesana.

Sayangnya, sampai saat ini, kebijakan visa Mexico mensyaratkan pemegang paspor Indonesia untuk memiliki visa Mexico jika ingin memasuki wilayah Mexico. Tentunya hal ini menambah waktu dan biaya bagi WNI yang merencanakan perjalanan wisata ke Mexico.

Saya sudah tiga kali berkunjung ke Mexico. Tahun 2012 ke Cozumel, tahun 2016 ke Ensenada, dan tahun 2019 ke Cancun dan Chichen Itza. Asyiknya, ketiga kunjungan ke Mexico tersebut saya lakukan tanpa memiliki visa Mexico. Lho, kok bisa..? Untungnya, bagi WNI ada 2 cara untuk masuk wilayah Mexico tanpa perlu memiliki visa Mexico.

Pertama, jika anda memiliki visa multiple entry dari salah satu negara/kawasan berikut: Amerika, Schengen, Inggris, Kanada dan Jepang, yang masih berlaku, anda dibebaskan dari kewajiban memiliki visa Mexico. Anda dapat masuk dan tinggal di Mexico sampai 180 hari jika masuk Mexico dengan visa dari salah satu negara atau kawasan diatas.

Kedua, anda bisa masuk Mexico tanpa visa dan bahkan tanpa melewati imigrasi Mexico, jika anda menjadi penumpang kapal pesiar yang merapat ke salah satu pelabuhan di Mexico. Kunjungan pertama saya ke Mexico pada tahun 2012 ke pulau Cozumel, sebagai penumpang dari kapal Norwegian Cruise Line. Saat kapal merapat di pelabuhan Cozumel, penumpang kapal bisa turun di Cozumel tanpa pemeriksaan imigrasi, dan bisa jalan-jalan keluar pelabuhan dengan bebas. Begitupula saat saya turun dari kapal di Ensenada pada tahun 2016, tidak lewat imigrasi.

Saat kunjungan ketiga saya ke Mexico pada tahun 2019 lalu, saya masuk dari bandara Cancun menggunakan visa Amerika yang masih berlaku. Sayangnya, paspor saya tetap tidak ada stempel imigrasi Mexico, karena yang di cap oleh imigrasi adalah lembaran arrival card, yang diambil kembali saat kita keluar dari imigrasi Mexico.

Bagaimana, anda tertarik ke Mexico tanpa visa dengan cara-cara diatas..?

7 Comments Add yours

  1. Syawal berkata:

    halo, saya mau tanya. kalo ga ada visa yg disebutin diatas apakah saya harus bikin visa untuk masuk ke mexico?

    Suka

    1. Hai Syawal..
      Jika tidak punya visa dari negara2 tersebut, anda wajib apply visa Mexico sebelum berkunjung kesana..

      Suka

  2. Ocha berkata:

    Izin bertanya, apakah anda juga pernah ke Guatemala. Apakah WNI yg punya visa Schengen bisa masuk ke Meksiko dan Guatemala tanpa masalah?
    Terimakasih atas artikelnya yg sangat langka ini.

    Suka

    1. Saya belum pernah ke Guatemala. Kalau baca regulasinya, untuk WNI, meski punya visa US atau Schengen tidak bisa digunakan untuk masuk Guatemala

      Suka

  3. Juwita berkata:

    Ijin bertanya, apakah harus visa multiple entry ka? Rencanany suami mau ke Inggris 19 feb, Mexico 3maret. Apakah suami harus ambil visa Inggris yg multiple entry Kah? Makasih ka

    Disukai oleh 1 orang

    1. Hi Juwita..
      Visa UK paling minim itu 6 bulan multiple entry.. jadi kalo granted, pasti dapetnya visa multiple entry

      Suka

  4. Zahraakli berkata:

    Halo kak mau tanya, apakah visa waiver japan bisa dipakai untuk masuk ke mexico? Visa waiver japan kan online tuh gak ribet, masa berlakunya juga panjang dan multiple entry. Udah pernah dipakai sekali masuk ke japan, terima kasih

    Suka

Tinggalkan komentar