Tour de Hard Rock Café

Hard Rock pertama di London, tahun 70an

Restoran Hard Rock Café pertama dibuka di London pada tahun 1971. Selama beberapa tahun pertama beroperasi, restoran ini hanya memiliki satu lokasi di London saja. Saat itu interior Hard Rock Café tidak banyak berbeda dengan restoran atau café sejenis di seputaran London.

Gitar Eric Clapton di Hard Rock Cafe London

Pada tahun 1979, Eric Clapton yang sering nongkrong di café tersebut menitipkan gitar Fender Lead warna merah miliknya, untuk di gantungkan di dinding di sebelah kursi favoritnya di kafe, sebagai penanda bahwa bangku itu ‘milik’ Eric Clapton jika dia kongkow di Hard Rock Café London. Melihat ulah Clapton, gitaris The Who, Pete Townhed yang juga sering nongkrong disitu, melakukan hal yang sama, dia menitipkan gitarnya diatas bangku favoritnya, sambil menambahkan tulisan di gitar “Mine’s As Good As His! Love, Pete” Dari sinilah tradisi memorabilia yang ditandatangani musisi, untuk dipajang di dinding Hard Rock Café dimulai. Tak lama, dinding Hard Rock Café London dipenuhi memorabilia dari musisi-musisi rock yang menyumbangkan memorabilia dengan sukarela.

Koleksi magnet kulkas berbentuk gitar dari berbagai Hard Rock Cafe

Interior Hard Rock Café yang unik ini kemudian menarik minat banyak penggemar musik rock untuk datang ke Hard Rock Café untuk melihat-lihat koleksi memorabilia yang dipajang, sambil makan dan menikmati live music disana. Tahun 1982, pendiri Hard Rock Café, Peter Morton, mulai melakukan ekspansi dengan membuka cabang di kota-kota Eropa, Amerika dan Kanada. Pada tahun 1990 Peter Morton menjual kepemilikan Hard Rock Café ke The Rank Group. Pada tahun 2007 The Rank Group menjual kepemilikan kepada Seminole Tribe of Florida, yang menjadi pemilik jaringan Hard Rock Café di seluruh dunia sampai saat ini.

Saat ini Hard Rock Café memiliki 185 restoran di 74 negara di dunia. Ditambah beberapa Hard Rock Hotel dan Casino. Merchandise yang dijual oleh Hard Rock Café dengan nama kota dimana mereka memiliki cabang, menjadi souvenir wajib bagi banyak orang. Merchandise seperti T-shirt, pins dan magnet kulkas merupakan merchandise yang paling banyak dikoleksi dan diburu turis, sebagai salah satu penanda mereka pernah berkunjung ke kota tersebut.

Saya termasuk salah satu orang yang selalu menyempatkan berkunjung ke Hard Rock Café, jika berkunjung ke suatu kota yang ada Hard Rock Café nya. Membeli T-shirt, dan magnet kulkas menjadi suatu kewajiban bagi saya, tak lupa berfoto di depan restoran atau wall of fame di tiap Hard Rock Café yang dikunjungi.

Jika kita menjadi member Hard Rock Rewards, setiap pembelanjaan kita baik di Rock Shop atau di restoran akan tercatat sebagai kunjungan di Hard Rock Café, dan kita bisa melihat berapa banyak Hard Rock Café yang telah kita kunjungi, lengkap dengan pinned maps di website Hard Rock Café, apabila kita login ke system. Sayangnya, tidak semua cabang Hard Rock Café berpartisipasi dalam program Rewards ini, seinget saya, beberapa cabang yang saya kunjungi seperti Hard Rock Café Budapest dan Bogota, tidak berpartisipasi, jadi kunjungan saya kesana tidak tercatat dalam system.

Begitupula kunjungan yang dilakukan sebelum tahun 2011 (mulai berlakunya Hard Rock Rewards), tidak tercatat dalam system, maka bukti bahwa kita pernah kesana hanya bisa dikenang melalui foto, atau merchandise yang kita beli. Sebagian Hard Rock Café yang pernah saya kunjungi, dan sebagian koleksi merchandise Hard Rock Café saya bisa dilihat pada foto-foto di galeri ini.

Selama 30 tahun terakhir, saya telah mengunjungi lebih dari 70 Hard Rock Café di berbagai negara, sayang tidak semuanya sempat di foto. Namun merchandisenya, terutama T-shirt, masih saya koleksi, ada sekitar 150an T-shirt Hard Rock Café koleksi saya. Beberapa lokasi Hard Rock yang pernah saya kunjungi kini sudah tutup atau pindah lokasi. Berdasarkan catatan di akun Hard Rock Rewards saya, inilah list Hard Rock Café yang pernah saya kunjungi.

Bagaimana dengan anda, punya hobby yang sama..? Hard Rock Café mana saja yang pernah anda kunjungi, merchandise apa saja yang anda koleksi..?

4 Comments Add yours

  1. saya juga selalu menyempatkan diri ke HRC tapi gak sebanyak kunjungan Bapak. Kalo dari daftar diatas paling 20 tempat + New Delhi, Phuket, St Petersburg. Baru-baru ke Istanbul, HRC sudah gak ada.

    Suka

    1. Hai penyukajalanjalan..
      Sayang ya HRC Istanbul udah tutup.. lokasinya strategis padahal.. di Taksim square.. mudah2an nanti buka lagi..

      Suka

  2. Friedefreude berkata:

    Mantep mas Win.
    Saya mah cuma seneng koleksi dan nitip beli aja, belom pernah ke cafenya langsung.
    Koleksinya pun bisa dihitung jari😊

    Suka

    1. Hai Friedefreude..
      Diawali dari nitip.. nanti bisa langsung beli di HRC nya.. 😀

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s