2019 Travel Kaleidoscope

It’s a wrap..! Tahun 2019 segera berakhir. Menarik melihat kilas balik perjalanan wisata yang telah dilakukan selama tahun 2019 ini. Sepanjang tahun 2019, saya melakukan perjalanan mengunjungi 5 benua (Asia, Eropa, Afrika, Amerika Utara dan Amerika Selatan).

Kalau kita ingin melihat kembali, negara apa saja dan kota mana saja yang telah dikunjungi sepanjang tahun 2019 ini, ada satu cara yang mudah. Salah satu kecanggihan teknologi yang membantu kita ‘mencatat’ negara dan kota mana saja yang telah kita kunjungi, secara otomatis, adalah Google Map.

Tapi ada syaratnya, jika settings ‘Location’ di HP telah kita aktifkan (on), dan settings di Google Maps anda memberikan ‘Permissions’ untuk akses lokasi, maka selama HP anda aktif dan terdeteksi di BTS sekitar anda berada, lokasi anda akan dicatat oleh Google. Di Google Map saya, arsip kunjungan paling lama yang di catat adalah tahun 2015. Entah apakah baru mulai tahun 2015 Google mencatat log lokasi anda, atau baru pada tahun 2015 saya mengaktifkan fitur ini.

Bagaimana melihat arsip lokasi anda di Google Map? Silakan bukan aplikasi Google Map di HP anda, lalu Tap ‘Menu’ (garis tiga dikiri atas), lalu anda tap ‘Your Timeline’. Disitu ada 4 Tabs yang terlihat: Day, Places, Cities dan World. Untuk melihat kota mana saja yang telah kita kunjungi, tap ‘Cities’, untuk melihat negara mana saja yang telah kita kunjungi, tap ‘World’.

Senang rasanya melihat deretan kota-kota yang telah kita kunjungi, deretan negara-negara yang telah kita kunjungi. Jika anda tidak banyak melakukan perjalanan keluar kota atau keluar negeri, bisa juga melihat tab ‘Places’. Disini tercatat Shops & Dining, Shopping, Hotel, Airport, Attractions, Sport arena yang telah anda kunjungi selama ini. Enak kan, ada yang mencatat secara otomatis perjalanan kita.. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s