Melihat Spa Monyet di Jigokudani

Pernah melihat foto monyet berendam di kolam air panas..? Gemas rasanya melihat foto-foto monyet lucu yang lagi asik berendam air panas di musim salju ini. Jika anda penasaran ingin melihat Snow Monkey Spa ini, anda bisa melancong ke Jigokudani Monkey Park, di perfektur Nagano, Jepang.

Untuk menuju Jigokudani Monkey Park, jika anda dari Tokyo bisa naik kereta ke stasiun Nagano, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit jika naik Shinkansen. Di stasiun kereta Nagano, anda bisa membeli Monkey Park 1 day pass, yang termasuk tiket bus pulang pergi dari stasiun Nagano ke Monkey Park, dan tiket masuk kawasan Monkey Park. Harga 1 day pass ini 3.500 Yen, lebih murah dibandingkan jika anda beli tiket bus dan monkey park secara terpisah (bus one way 1.500 Yen dan tiket masuk 800 Yen). Perjalanan dengan bus dari stasiun kereta Nagano ke Monkey Park sekitar 1 jam.

Monkey Spa di Jigokudani ini sejarahnya cukup unik. Awalnya, hotspring spa ini dibuat pada tahun 1964 untuk penduduk sekitar Jigokudani. Warga Jepang memang suka berendam di kolam air panas (onsen), terutama di musim dingin. Namun karena onsen ini dibuat di kawasan dekat hutan yang banyak dihuni monyet, pada musim dingin banyak monyet yang ikut berendam di onsen tersebut.

Melihat pemandangan yang unik tersebut, warga setempat akhirnya merelakan onsen tersebut menjadi spa untuk monyet. Belakangan, kehadiran monyet-monyet yang gemar berendam di air panas ini menarik banyak wisatawan berkunjung, membuat Jigokudani Monkey park menjadi salah satu obyek wisata musim dingin yang populer di Jepang.

Pada bulan November-Maret, obyek wisata ini buka setiap hari mulai jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Sedangkan di bulan April-Oktober buka dari jam 8.30 – 5 sore. Saat terbaik untuk berkunjung ke Jigokudani Monkey Park adalah di musim salju antara bulan Desember-Februari, pada masa ini monyet yang berendam lebih banyak jumlahnya. Pemandangan sekitar onsen yang diselimuti salju juga memberikan nuansa yang berbeda.

Meskipun monyet-monyet di Jigokudani Monkey Park ini tidak takut dengan kehadiran manusia dan terlihat jinak, pengunjung dilarang keras menyentuh ataupun memberi makan monyet-monyet ini. Berfoto dari jarak dekat diperbolehkan, selama tidak mengganggu monyet-monyet disana.

Jika anda penasaran ingin ikut spa bareng monyet, di onsen yang menjadi obyek wisata publik ini pengunjung dilarang ikut berendam, tapi anda bisa berkunjung ke Korakukan Ryokan, penginapan terdekat di kawasan Jigokudani. Hotel ini memiliki private onsen dimana monyet sekitar juga sering ikut berendam bersama pengunjung.

Foto-foto oleh Ananda Rizki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s