Machu Picchu, Peru

Machu Picchu..
Sudah lama saya pingin kesini.. selain karena Machu Picchu merupakan salah satu dari New 7 Wonders of The World, Machu Picchu juga menjadi lokasi utama dalam komik Tintin, Prisoners of The Sun (Tawanan Dewa Matahari).

Perjalanan ke Machu Picchu dimulai jam 5 pagi dengan naik mobil dari kota Cusco selama 1,5 jam ke stasiun kereta di kota Ollantaytambo. Dari Ollantaytambo naik kereta jam 7.45 ke Aguas Calientes selama sekitar 1,5 jam. Ada 2 perusahaan kereta yang melayani jalur ini, Peru Rail dan Inca Rail. Kereta Peru Rail yang saya naiki memiliki gerbong dengan panoramic roof, bisa melihat pemandangan gunung-gunung diatas sana.

Sampai di stasiun kereta Aguas Calientes, harus naik bus lagi sampai ke gerbang Machu Picchu, perjalanan bus sekitar 30 menit. Sampai di gerbang Machu Picchu sekitar jam 10.45.pagi, hujan turun cukup deras. Saya agak khawatir hujan ini akan membuat pemandangan Machu Picchu tertutup awan, tapi tour guide kami bilang tidak perlu khawatir, pasti ada momen-monen dimana pemandangan akan terlihat jelas.

Jika ke Machu Picchu, sangat disarankan pake atau ikut guided tour, agar tahu sejarah Machu Picchu, dan bisa minta tolong fotoin ke tour guide.. 😀

Benar saja, meskipun hujan masih turun selama 1 jam pertama saya ikut guided tour, dalam beberapa kesempatan awan tebal menghilang dari kawasan puncak Machu Picchu, kesempatan ini tak dilewatkan peserta tour untuk ambil foto 😀

Oh iya, jumlah pengunjung ke Machu Picchu ini dibatasi per hari 5.000 orang, sangat disarankan book tiket sebelumnya secara online, jangan sampai udah jauh-jauh kesini tiketnya soldout. Di teras bawah Machu Picchu banyak berkeliaran Llama dan Alpaca, meski terlihat jinak, hewan-hewan ini terkenal suka meludah.. 😅

Sekitar 3 jam saya ikut guided tour keliling Machu Picchu ini. Sekitar jam 2 lewat saya meninggalkan kawasan wisata Machu Picchu, karena kereta saya dari Aguas Calientes berangkat jam 4.45, sementara dari Pintu gerbang Machu Picchu ke Aguas harus naik bus plus antri.

Kereta saya dari Aguas Calientes ke Ollantaytambo ternyata dapat gerbong yang Vistadome. Gerbong ini lebih mewah dari gerbong standar yang saya naiki.saat berangkat. Di gerbong vista dome ini dapat makan dan minum, serta ada pertunjukan tarian tradisional Peru di dalam kereta.

Untuk ke Machu Picchu perlu waktu seharian penuh, dari jam 5 pagi sampai jam 9 malam, sebagian besar waktunya habis di perjalanan pergi dan pulang. Harga tiket kereta dan bus PP serta tiket masuk Machu Picchu totalnya berkisar USD 250-350 per orang, tergantung kereta apa yang anda pilih. Meski di Machu Picchu nya sendiri hanya sekitar 3 jam, buat saya sangat worth it, Machu Picchu adalah salah satu monumen peradaban paling cantik di dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s