Medellin, (once) The Most Dangerous City In The World

Medellin pernah mendapat julukan ‘The Most Dangerous City in The World’, seperti ditulis majalah Time pada tahun 1988.

Antara tahun 70an sampai awal 90an kartel narkoba (Medellin Cartel) yang dipimpin Pablo Escobar menguasai nyaris seluruh kota Medellin. Meskipun berbasis di Medellin, kartel pimpinan Escobar juga menguasai bisnis narkoba di Colombia, Bolivia, Panama, Peru, Amerika Serikat dan Eropa.

Jaman kejayaan Medellin Cartel, siapapun yang bermasalah dengan kartel biasanya berakhir dengan pembunuhan. Sampai awal tahun 90an, nyaris setiap hari ditemukan mayat bergelatakan di kota Medellin.

Selama kartel Escobar berkuasa, diperkirakan sekitar 3.500 warga Medellin tewas dibunuh oleh kartel ini, termasuk sekitar 500 personil kepolisian, jaksa dan hakim. Dengan bantuan Amerika Serikat, kepolisian Colombia akhirnya bisa menghancurkan Medellin Cartel pada tahun 1993.

Sejak akhir tahun 1990an pemerintah Colombia berupaya keras membangun citra Medellin sebagai kota yang aman. Pemerintah membongkar dan membangun ulang kawasan-kawasan slum, membangun banyak pusat rehabilitasi Narkoba. Berbagai fasilitas publik juga dibangun, termasuk Metro (satu-satunya di Colombia), Bus Rapid Transit, Cable car.

Kerja keras pemerintah ini berhasil merubah wajah kota Medellin. Kota terbesar kedua di Colombia yang berpenduduk 2,5 juta orang ini kini dikenal sebagai kota yang aman. Kemanapun kita jalan-jalan di kota Medellin, kita dapat melihat polisi berjaga dan berpatroli.

Tahun 2013 kota Medellin mendapat penghargaan sebagai the most innovative city in the world dari Urban Land Institute karena keberhasilannya merubah wajah kota dan keamanan kota. Kini medellin menjadi kota yang nyaman untuk dikunjungi dan menjadi destinasi wisata utama di Colombia.

Kota Medellin yang terletak di ketinggian 1495 meter memiliki iklim yang sejuk sepanjang tahun. Musim panas disini antara November – Januari, namun suhu udara di siang hari berkisar antara 18 – 24 derajat celcius.. nyaman dan sejuk jika berkeliling kota dengan jalan kaki.

Tempat memarik di Medellin untuk dikunjungi antara lain Plaza Botero, di lapangan ini banyak terdapat patung2 karya seni. Museo de Antioquia, Medellin adalah ibukota propinsi Antiouqia, museum ini berisi sejarah propinsi Antioqia.

Kawasan menarik lain untuk dikunjungi Comuna 13, dulunya ini adalah kampung sarang Narkoba, namun kini dikenal sebagai kampung penuh warna dan mural. Yang senang belanja bisa ke Plaza Nacional, mall antik 7 lantai yang menjual produk fashion dan shoewear, atau San Diego Plaza dengan banyak restoran di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s