Ziarah Bob Marley, Jamaica

Kalo ditanya siapa Perdana Menteri Jamaica, mungkin sebagian besar orang gak tahu.. tapi kalo ditanya siapa orang Jamaica yang anda tahu, bisa jadi jawabannya kalo nggak Usain Bolt, ya Bob Marley.

Bob Marley lahir pada tanggal 6 Februari 1945 di desa 9 mile, kawasan perbukitan di utara Jamaica. Robert Nesta Marley, nama asli Bob, merupakan anak tunggal dari pasangan Norval Sinclair Marley (bule Inggris) dan Cedella Booker (asli Jamaica). Karena setengah putih setengah hitam, Bob kecil sering dipanggil cappuccino oleh teman2nya.

Saat menuai sukses di dunia musik reggae, Bob meninggal dunia di usia yang relatif muda, 36 tahun. Ia menderita kanker kulit saat tinggal di Miami. Bob adalah penganut Rastafarian yang menolak pengobatan modern, ia hanya mau menjalani pengobatan herbal berbasis marijuana yang tumbuh subur (dan legal) di Jamaica. Setelah Bob meninggal dunia, jenazahnya dimakamkan di samping rumah masa kecilnya di 9 Mile Jamaica.

Rumah masa kecil Bob kini telah direnovasi, dijadikan museum. Untuk menuju rumah masa kecil Bob ini perlu naik bus selama 2 jam dari Falmouth. Di museum dan makam Bob Marley ini terdapat display berbagai memorabilia Bob Marley, mulai dari tempat tidurnya, piano, platinum.dan gold awards, toko yang menjual kaos dan album2 Bob, serta makam Bob, ibunya Bob, salah satu anak Bob dan sahabat Bob.

Sayang di dalam makam Bob pengunjung tidak dibolehkan mengambil foto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s