San Diego Day Trip

Kota San Diego merupakan salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi jika kita berwisata ke pantai barat Amerika Serikat. Kota yang terletak di perbatasan Amerika Serikat – Meksiko ini memiliki banyak obyek wisata keren.

Bulan Oktober 2019, untuk ketiga kalinya saya berkunjung ke San Diego. Sama seperti kunjungan sebelumnya di tahun 1991 dan 2012, kunjungan kali ini saya juga tidak menginap di San Diego, tapi melakukan day trip dari Los Angeles. San Diego berjarak sekitar 200km dari L.A., dan dapat ditempuh dengan mobil selama sekitar 2 jam, atau naik bus selama sekitar 3 jam.

Ada beberapa operator bus yang melayani rute L.A. – San Diego, antara lain Greyhound bus dan Flixbus. Tarif bus one way berkisar USD 10-20 tergantung jam keberangkatan dan kapan booking. Bus Grey hound yang saya pilih berangkat dari L.A. jam 8 pagi dan tiba di San Diego jam 11, sementara jadwal kepulangan saya pilih jam 4.10 sore dan tiba di L.A jam 19.15.

Dalam waktu sekitar 5 jam, apa saja yang bisa dilihat di San Diego? Obyek wisata paling populer di San Diego adalah kawasan Old Town. Di kawasan ini terdapat bangunan-bangunan bergaya jaman cowboy dan gaya arsitektur Meksiko.

Di Old Town ini juga ada panggung seni yang menampilkan tarian-tarian Meksiko. Meskipun San Diego berada di Amerika Serikat, mayoritas penduduknya adalah keturunan atau pendatang dari Meksiko, tidak heran jika kebudayaan Meksiko sangat mendominasi kota San Diego.

Saat saya di Old Town, kebetulan sedang ada Festival Day of The Dead (Fiesta de Muertos). Masyarakat hispanik Meksiko memiliki kepercayaan, setiap akhir Oktober – awal November, arwah orang yang sudah meninggal akan turun ke bumi untuk menemui orang-orang yang mereka kasihi. Berbagai manekin, dekorasi dan tarian disiapkan untuk menyambut kedatangan para arwah ini.

Di kawasan old town ini juga terdapat beberapa museum, toko-toko souvenir dan restoran. Sudut-sudut old town San Diego ini banyak yang menarik untuk difoto atau mengambil selfie. Masuk old town San Diego ini gratis. Untuk menuju ke Old Town San Diego, bisa naik Metro green line dengan tarif USD 2.50 sekali jalan dari terminal bus Greyhound.

Selain Old Town, yang menarik dikunjungi adalah Maritime museum. Musium ini berupa kapal layar kayu yang bersandar permanen di pantai San Diego. Cantik untuk difoto kapal Star of India yang dijadikan museum ini.

Kawasan Glass Lamp Quarter juga wajib dikunjungi. Kawasan di downtown San Diego ini memiliki banyak bangunan-bangunan tua yang terawat baik, sebagian besar bangunan tua ini dijadikan restoran. Kawasan ini menjadi pusat kuliner San Diego. Di kawasan ini terdapat juga Hard Rock hotel dan Hard Rock cafe.

Jika anda punya waktu banyak, jangan lupakan berkunjung ke Sea World San Diego. Ini adalah Sea World pertama di dunia. Di Sea World San Diego ini kita bisa melihat atraksi killer whale, paus pembunuh berwarna hitam putih. Harga tiket masuk SeaWorld USD 91.99.

Jika anda bersama keluarga, jangan lupa berkunjung ke San Diego Zoo, salah satu kebun binatang terbaik di Amerika Serikat. Di tahun 1980an – 1990a , San Diego zoo melengkapi koleksinya dengan sepasang Badak Sumatera, Bagus dan Barakas. Sayang keduanya sudah mati.

Jika anda punya jiwa avonturir, San Diego bisa menjadi base anda untuk berkunjung ke Meksiko. Visa USA yang anda miliki berlaku juga untuk memasuki Meksiko. Kota Tijuana yang berbatasan dengan San Diego merupakan tujuan favorit sebagian warga San Diego untuk berakhir pekan, karena harga-harga makanan dan barang-barang di Tijuana relatif lebih murah dibandingkan dengan harga di San Diego.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s