AVE Argentina, Bikin Deg-degan..!

Sejak tahun 2018 lalu, Argentina memberikan sedikit kemudahan bagi pemegang paspor Indonesia. Bagi WNI yang telah memiliki visa USA atau visa Schengen yang masih berlaku minimal 3 bulan lagi, dapat mengajukan AVE (Autorizacion de Viaje Electronica = Electronic Travel Authorization) secara online. Tidak perlu lagi mengajukan aplikasi visa ke kedutaan.

Informasi dasar mengenai AVE dapat dibaca di website http://www.migraciones.gov.ar/ave/index.htm. Informasi tersedia dalam bahasa Spanyol, Inggris dan China. Segmen Bahasa Inggris harus scroll agak kebawah. Di akhir segmen berbahasa Inggris ada link ‘See Procedure’, jika anda klik akan menampilkan halaman pdf untuk prosedur pembayaran AVE dan pengisian formulir AVE.

Ada 5 langkah untuk pengajuan AVE secara online.

Pertama, anda harus melakukan pembayaran biaya AVE sebesar USD 50, dengan kartu kredit. Klik tautan https://dnm.provincianet.com.ar/Login/IndexRegister, anda perlu melakukan registrasi akun DNM terlebih dahulu, dengan mengisi formulir di laman tersebut. Setelah registrasi berhasil, anda akan menemukan tampilan halaman web sebagai berikut, dan klik kotak AVE.

Kemudian isi kembali dengan data yang telah anda isi pada saat registrasi sebelumnya, dan klik tombol Pay di kanan bawah. Lakukan pembayaran dengan kartu kredit visa atau mastercard anda, sebesar USD 50. Saya sempat ragu-ragu melakukan pembayaran, karena dilayar tertulis bahwa aplikasi berlaku selama 10 hari sejak pembayaran diterima, sementara rencana ketibaan saya di Argentina masih 1,5 bulan lagi. Ternyata 10 hari itu adalah waktu maksimum antara anda melakukan pembayaran dan submit aplikasi AVE. Jika pembayaran berhasil, anda akan menerima email bukti pembayaran dan Transaction ID (di bukti pembayaran tertulis ‘Sticker’).

Kedua, anda perlu memasukkan nomer sticker ini untuk login dan mengisi formulir AVE secara online, di laman https://www.dnm.gov.ar/avevisa/login. Setelah login, isilah formuliar aplikasi AVE secara lengkap dan benar. Anda perlu memasukkan data-data personal dan data paspor.

Ketiga, Setelah pengisian formulir AVE, anda harus mengupload file paspor yang terdapat visa USA atau visa Schengen yang masih berlaku. Awalnya, saya hanya mengupload 3 halaman scan, halaman data paspor, halaman visa USA dan halaman visa Schengen. Setelah upload selesai, anda diminta informasi itinerary selama di Argentina, transportasi masuk dan keluar Argentina, serta bukti pesanan akomodasi di Argentina. Setelah semu formulir dan scan paspor terekam di sistem AVE, anda akan menerima pemberitahuan bahwa aplikasi AVE anda dalam status ‘Requested’

Keempat, anda menunggu hasil aplikasi AVE melalui email. 3 hari setelah submit aplikasi saya menerima email bahwa scan paspor yang saya kirimkan tidak memenuhi syarat. Di email di jelaskan bahwa scan paspor harus lengkap semua halaman, termasuk halaman kosong juga harus discan, dalam format pdf. Apabila visa USA atau Schengen yang masih berlaku ada di paspor lama, maka paspor lama tersebut juga harus discan lengkap semua halamannya, dengan resolusi minimal 300 dpi. Keterangan ini tidak disebutkan di petunjuk aplikasi AVE di website. Email yang dikirim.juga tidak bisa di reply, jadi kalau ada hal yang kita kurang paham, tidak bisa tanya-tanya.

Setelah kedua paspor saya scan, saya coba upload ulang, tapi setiap kali upload selalu gagal, tidak ada keterangan kenapa gagal. Saya cek file pdf kedua paspor saya, masing-masing file size nya sekitar 12 mb, saya menduga upload gagal karena size file dianggap terlalu besar. Masalahnya, di website AVE tidak disebutkan berapa ukuran maksimal file yang dapat diupload. Saya coba compress kedua file scan paspor saya, setelah di compress, ukuran file masing-masing berkurang jadi sekitar 4 mb. Saya coba upload kembali, dimulai dengan paspor lama saya yang ada visa USA. Ternyata upload dengan file size 4 mb ini berhasil.

Aplikasi saya lalu dinyatakan lengkap, padahal file scan paspor baru saya belum saya upload. Sepertinya hanya dibolehkan upload 1 file saja. Tidak ada tombol ataupun link untuk memgupload file lain. Saya khawatir, karena yang saya upload hanya file paspor lama saya, aplikasi AVE saya akan kembali dinyatakan tidak lengkap. Mau bertanya, tidak ada fasilitas helpline ataupun contact us sama sekali di portal AVE tersebut. Sayapun hanya bisa pasrah menunggu tanggapan atau email mengenai aplikasi AVE saya.

Sehari, 2 hari, 5 hari, seminggu, dua minggu.. tidak ada kabar apapun dari imigrasi Argentina, padahal kalau dibaca di website, keputusan pemberian AVE akan disampaikan dalam waktu 10 hari. Akhirnya setelah 18 hari, saya menerima email bahwa aplikasi AVE saya disetujui. Saya mendapatkan AVE multiple selama 3 bulan. Phew.. tuntas sudah proses aplikasi AVE yang menegangkan ini.. 😅

Kelima, AVE yang telah anda terima harus dicetak dan dibawa saat masuk ke imigrasi Argentina, untuk berjaga-jaga, sebaiknya receipt pembayaran AVE juga anda cetak dan dibawa. Tentunya paspor anda, termasuk paspor lama jika visa USA atau Schengen ada di paspor lama, juga wajib dibawa untuk memasuki Argentina.
Bienvenido a Argentina !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s