Melacak Calculus ke Nyon

Nyon adalah satu kota kecil di Swiss, terletak sekitar 25km di timur Geneva. Kota kecil yang terletak di tepian Lac Leman (Lake Geneva) ini sebetulnya bukan merupakan kota destinasi wisata utama di Swiss. Lantas apa yang menarik untuk dilihat dan dikunjungi di kota kecil ini..? Bagi wisatawan umum, biasanya yang dikunjungi adalah Nyon castle, gereja Notre Dame, dan kawasan kota tua Nyon yang cukup artistik, dengan jalan kota yang sempit.

Namun bagi penggemar komik Tintin, kota Nyon dan Geneva mempunyai arti khusus. Dalam episode The Calculus Affair (Penculikan Calculus) yang terbit pada tahun 1956, sebagian adegan dalam panel komik mengambil setting di kota Nyon dan Geneva. Yang menarik, banyak bangunan, tempat dan landmark di kota Nyon dan Geneva ini di gambar dari lokasi yang benar-benar ada, dan setelah lebih dari 60 tahun sejak komik ini diterbitkan, bangunan, tempat dan lokasi yang digambarkan di komik masih tetap ada dan tak banyak mengalami perubahan.

Pada bulan Februari 2019 lalu, saya berkunjung ke kota Nyon untuk melihat lokasi-lokasi yang ada di komik Tintin. Untuk melengkapi napak tilas, saya mengawali petualangan dengan menginap di hotel Cornavin Geneva, lokasi dimana Professor Calculus menginap dan dicari-cari oleh Tintin dan Kapten Haddock di komik.

Hotel Cornavin ini cukup banyak dimuat di panel komik The Calculus affair, mulai dari exterior hotel dan pintu masuknya, meja respsionis, lift hotel dan kamar 122 tempat Professor Calculus menginap. Kita dapat mengenali bagian-bagian hotel ini yang tidak banyak berubah dari yang digambarkan di panel komik. Sebagai kenangan bahwa hotel ini pernah dijadikan lokasi dalam komik Tintin, di lobby hotel dipajang manekin Tintin dan Snowy.

Dari hotel Cornavin, untuk menuju kota Nyon kita menyebrang ke stasiun kereta Geneva, yang terletak persis di depan hotel. Gerbang masuk stasiun ini masih sama dengan yang digambarkan di komik 60 tahun lalu. Di stasiun ini saya membeli tiket seharga 9 Swiss Franc untuk menuju kota Nyon. Perjalanan kereta ditempuh selama sekitar 15 menit.

Sampai di stasiun Nyon, tujuan pertama adalah patung di pancuran Maitre Jacques Fountain. Pancuran kecil ini digambarkan di panel komik, saat Tintin dan kapten Haddock berjalan-jalan di old town Nyon. Pancuran kecil ini terletak di Rue de Rive, dapat ditempuh dengan berjalan kaki santai sekitar 15 menit dari stasiun kereta Nyon, melewati gang-gang sempit di old town.

Tujuan berikutnya Le Quai des Alpes, kawasan di tepian Lake Geneva, yang dapat ditempuh dengan jalan kaki selama 5 menit dari Maitre Jacques Fountain. Di komik digambarkan Tintin dan kapten Haddock berjalan kaki menyusuri jalur pedestrian di tepian danau ini. Sayang waktu saya kesana masih musim dingin, sehingga pohon-pohon di tepian danau terlihat meranggas tanpa dedaunan, tidak seperti di panel komik yang daunnya lebat.

Satu landmark lagi di kota Nyon adalah ‘rumah Professor Topolino’, rekan Professor Calculus, yang terletak di Route de St. Cergue nomer 113. Rumah ini tampil beberapa kali dalam panel komik, termasuk saat adegan rumah meledak. Untuk menuju rumah ini, dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar 15 menit dari stasiun Nyon. Rumah ini tak banyak berubah dari yang digambarkan di komik, hanya saja pepohonan di depan rumah saat ini terlihat makin rimbun.

Sebetulnya ada satu lagi Tintin related place di kota Nyon, yaitu markas pemadam kebakaran kota Nyon. Menurut informasi, di depan markas pemadam kebakaran ini dipajang satu mobil pemadam kebakaran antik, yang digambarkan di komik saat memadamkan kebakaran di rumah profesor Topolino. Namun saat saya ke gedung pemadam kebakaran ini, tidak terlihat mobil pemadam antik ini. Mungkin sudah tidak lagi dipajang untuk umum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s