Visa 5 Tahun Korea Selatan

Jika anda berencana ke Korea Selatan, anda harus memiliki visa Korsel (kecuali jika hanya ke Jeju island, bebas visa untuk paspor RI). Visa kunjungan wisata ke Korsel saat ini ada visa single entry, double entry dan multiple entry, dengan tarif visa yang berbeda-beda.


Visa single entry, biaya visa Rp 544.000
Visa double entry, biaya visa Rp 952.000 (untuk 2x masuk dalam 6 bulan)
Visa multiple entry, biaya visa Rp1.224.000 (berlaku 5 tahun)

Proses visa single dan double entry memerlukan waktu 6 hari kerja, sedangkan visa multiple hanya perlu 1 hari kerja. Karena proses yang singkat dan masa berlakunya 5 tahun, saya dan keluarga memilih visa multiple entry.

Jika sudah menentukan visa yang anda inginkan, anda perlu mengisi formulir visa, yang dapat diunduh disini: http://overseas.mofa.go.kr/id-id/brd/m_2711/view.do?seq=731527

Formulir ini berisi 5 halaman, cetak formulir yang telah diunduh dan isilah formulir secara manual, dengan data pribadi, data paspor, data pekerjaan, rencana perjalanan anda ke Korea dan pendanaan perjalanan anda.

Setelah formulir anda isi lengkap, siapkan dokumen persayaratan visa, untuk pengajuan visa 5 tahun, syaratnya sebagai berikut:

  1. Pegawai Negeri Sipil(PNS) Republik Indonesia, Pejabat dan Pegawai Perusahaan BUMN Indonesia (Dokumen: Surat Keterangan Kerja)
  2. Pejabat dan Pegawai Perusahaan Penerbangan tertentu yang melayani rute Korea Selatan (Dokumen: Surat Keterangan Kerja)
  3. Orang yang sudah pernah mengunjungi Korea Selatan minimal satu kali (Doumen: Bukti kunjungan di paspor – fotokopi visa)
  4. Pemegang visa Negara OECD yang masih berlaku (dokumen: Bukti kunjungan di paspor – fotokopi visa)
  5. Orang yang pendapatannya diatas USD8,000 pertahun (Dokumen: SPT PPH 21 Formulir 1721-A1/A2)
  6. Pekerja Profesional, seperti Dokter, Pengacara, Dosen, dan lainya. (Dokumen: Sertifikasi sesuai keahlian atau Surat Keterangan Kerja)
  7. Orang yang lulus dari Universitas di Korea Selatan (Dokumen: Ijazah atau sertifikat kelulusan)
  8. Pasangan sah(suami/istri), anak dibawah umur dan orang tua dari pemegang Visa Multiple(c-3) (Dokumen yang dapat menunjukan hubungan kekeluargaan)
  9. Bukti keuangan (Rekening 3 bulan terakhir dari bank -bukan copy buku tabungan atau printout internet banking- ; slip gaji ; SPT)
  10. Pas foto latar putih ukuran 3,5 x 4,5 cm

Jika formulir sudah diisi lengkap dan dokumen persyaratan sudah lengkap, bawa aplikasi anda ke kedutaan Korea Selatan di Jl. Gatot Soebroto (sebelah RS Medistra) setiap hari kerja jam 9.00-11.30.

Sampai di kompleks kedutaan, anda perlu membayar biaya visa terlebih dahulu di Hana Bank yang berlokasi di depan bagian konsuler. Setelah membayar visa, anda akan diberikan “perangko / stamp”, bawalah stamp tersebut ke bagian konsuler, setelah melewati gerbang pemeriksaan, masuk ke gedung konsuler dan ambil nomor antrian dari satpam yang bertugas. Beritahu petugas jika anda mengajukan aplikasi visa multiple, karena loket antriannya berbeda. Pengamatan saya, loket visa multiple hanya ada 1-2 antrian, sedangkan loket visa single antriannya puluhan orang.

Jika nomor anda sudah dipanggil, berikan paspor dan dokumen anda ke petugas loket. Dia akan memeriksa formulir dan kelengkapan dokumen anda, jika semua sudah lengkap, anda akan diberikan tanda terima untuk mengambil paspor dalam 1 hari kerja. Ya, sangat cepat prosesnya.


Besoknya, saya sudah bisa mengambil paspor saya dengan visa 5 tahun didalamnya. Pengambilan paspor bisa dilakukan mulai jam 13.30 – 16.00

6 Comments Add yours

  1. Fitri berkata:

    Kak, saya sudah punya multiple entry untuk Korea selatan (habisnya th 2024).. nah saat ini saya study di Korea selatan (sejak 26juni)..
    Kalau sudah 30hari stay di korsel saya hanya perlu keluar negara korsel minimal sehari dan tdk harus balik Indonesia kan kak? Benar begitu?

    Saya berencana keluar tgl 25 july menuju Vietnam Dan balik Korea selatan Lago tgl 30 July? Apakah diperbolehkan untuk visa multiple entry?

    Email : fitri.karunia21@gmail.com

    Suka

    1. Hi Fitri..
      Visa turis berbeda dengan visa study.. sebaiknya anda mengurus visa study yang proper, agar tidak perlu kucing2an atau khawatir kewat masa tinggal..

      Suka

  2. permisi kak. saya pernah ke korea sekali kemarin april dan bulan ini mau kesana kemudia november juga, saya mau membuat visa multiple kira2 bisa tidak ya kak?

    Suka

    1. Hi Difta..
      Salah satu syaray visa multiple Korsel adalah pernah ke Korsel sebelumnya. Jadi bisa saja dapat visa multiple.. selama syarat2 lainnya terpenuhi

      Suka

  3. ROni berkata:

    Halo, mau tanya, untuk multiple visa 5 tahun, hanya salah 1 syarat saja kan yg dibutuhkan? Misalnya gaji diatas USD 8500 per tahun, tapi tidak pernah ke korea bisa tidak ya? Atau pernah ke jeju sekali tapi tidak ada visanya, hanya cap di paspor, bisa tidak ya?

    Terimakasih,

    Suka

    1. Hi Roni..
      Salah satu syarat dipenuhi, teorinya entitled untuk visa 5 tahun..
      Namun tentunya keputusan akhir ada di kedutaan..

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s