Parade Ikan Pari di Male, Maldives

Male adalah ibukota negara kepulauan Republik Maldives. Pulau kecil ini merupakan salah satu daerah terpadat di dunia. Dengan luas hanya 5,8 km persegi, Male di huni oleh sekitar 135.000 penduduk. Dengan penduduk begitu padat, mungkin terbayang bagaimana kumuh dan kotornya kawasan pantai di sekeliling pulau Male ini.

20180614_131701

Namun ternyata male merupakan kota yang termasuk bersih. Meskipun padat dipenuhi bangunan dari ujung ke-ujung, warga kota pulau ini mampu menjaga kebersihan dan keindahan kota. Masjid terbesar di Republik Maldives ada di pulau ini, dan masjid ini sungguh nyaman dan bersih.

20180614_131523

Beberapa obyek wisata utama di Male adalah Male islamic centre, Male Friday Mosque, Sultan Palace dan Republic square. Di Republic Square ini banyak sekali burung merpati berkeliaran, mirip di kota-kota Eropa.  Di sekeliling Republic Square ini terdapat banyak pertokoan, baik untuk branded goods maupun toko-toko souvenir yang menjual barang-barang dengan harga terjangkau.

20180614_132406

Salah satu atraksi wisata utama di male adalah pasar tradisional dan pasar ikan yang letaknya berhadapan. Di pasar tradisional banyak pedagang berjualan buah-buahan dan keperluan masak-memasak. Sementara di pasar ikan, setiap harinya dilangsungkan lelang ikan dan hasil laut lainnya. Lelang ini berlangsung dari pagi sampai sore.

20180614_125540

Pantai di sekeliling pulau Male terbilang bersih. Bahkan kawasan pantai di depan pasar ikan Male pun bersih dan jernih. Dari kawasan pantai ini kita bisa melihat berbagai satwa laut yang berseliweran berenang di kawasan pantai.

Tidak banyak turis yang tahu, jika di salah satu kawasan pantai di pulau Male ini, setiap sore sekitar jam 5 sore, akan di datangi puluhan ekor ikan pari (stingray). Ikan-ikan pari ini datang berenang di sekitar pantai depan pasar ikan, untuk mencari makan. Kebiasaan pedagang ikan di pasar untuk membuang sisa-sisa potongan ikan ke laut saat tutup kios di sore hari, membuat ikan-ikan pari besar datang untuk memakan sisa-sisa potongan ikan tersebut.

20180614_130746

Sungguh asyik melihat puluhan ekor ikan pari berdatangan dan berbaris sepanjang kawasan pantai. Biasanya mereka datang berombongan dan  berkumpul dikawasan pantai Male ini selama sekitar 1 jam. Menjelamg matahari terbenam, mereka akan kembali menjauh menuju laut lepas.

Simak cantiknya parade ikan pari di pulau Male dalam video dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s