Rock And Roll All Nite and Party Everyday

Kali ini saya mau sharing pengalaman travel yang agak berbeda, dimana destinasi wisatanya nggak terlalu penting.. tapi perjalanannya yang lebih penting..

ceritanya gini.. sejak awal tahun 80an, saya sangat menggemari musik rock. Band-band rock favorit saya banyak, mulai band rock 70an seperti KISS, Queen, The Police, sampai band hard rock dan metal 80an macam Quiet Riot, Motley Crue, Twisted Sister, Night Ranger, Def Leppard, Warrant, Skid Row, Slaughter, Extreme, Mr. Big dan lainnya.

Sambil dengerin lagu-lagu rock dari pita kaset, saya sering berkhayal nonton konser band-band favorit ini.. lalu berkhayal bisa ketemu dan hangout dan ngobrol-ngobrol dengan mereka.. tapi tahun 80an itu mana ada band rock kelas dunia yang konser di Jakarta, keinginan untuk nonton konser-konser mereka pada saat saya masih SMP-SMA pun gagal tercapai.. 😀

Sejak bekerja, kegemaran saya bertambah dengan traveling. Kebetulan pekerjaan saya seringkali memerlukan perjalanan dinas ke luar negeri. Di sela-sela perjalanan dinas, kadang saya menyempatkan nonton konser band-band rock favorit, jika mereka pas ada konser di kota tempat saya bertugas. Sebagian cita-cita masa kecil pun tercapai, bisa nonton konser band-band favorit, yang sebagian besar tidak pernah datang ke Jakarta.

Tapi ya namanya nonton konser yang dihadiri ribuan penonton, kita nggak bisa ketemu secara langsung dengan band-band favorit, nggak bisa ngobrol-ngobrol, foto-foto dan hangout dengan mereka. Datang nonton konser, selesai nonton konser, langsung pulang.. cita-cita hangout dengan rockstars masih harus tertunda..

Sampai kemudian sekitar tahun 2011 muncul trend konser baru, menggabungkan pengalaman berwisata, nonton konser, hangout dengan musisi rock idola, dalam program ‘Rock Cruise’, naik kapal pesiar selama 5 hari 4 malam, dari Amerika Serikat, menuju tempat-tempat wisata di sekitar Amerika. Ada rock cruise yang spesifik untuk 1 band saja, seperti KISS Kruise (sudah 7x di selenggarakan), Def Leppard Cruise, Kid Rock Cruise, ada juga yang menampilkan banyak bands seperti Monsters of Rock Cruise (band2 hard rock dan glam metal), 70,000 Tons of Metal cruise (band2 thrash metal), Southern Rock Cruise, Progressive Rock Cruise dan lainnya.

Rock cruise semacam ini menarik minat banyak penggemar musik rock, karena selama kita mengikuti rock cruise ini, di atas kapal terus menerus ada penampilan band-rock dari siang sampai tengah malam. Jika kita ikut rock cruise biasanya diberikan kesempatan foto bareng dengan band-band yang tampil, bisa ketemu, hangout dan minta tanda tangan para musisi. Selama cruise berlangsung, para rocker ini berbaur dengan peserta cruise, bisa ketemu mereka saat sarapan pagi, di bar, atau saat nongkrong di pool deck, kemana-mana ketemu rockstars.. 😀

Banyak peserta rock cruise yang tidak mementingkan kemana tujuan cruise nya, bagi mereka konser-konser diatas kapal dan hangout dengan rockstars ini merupakan tujuan utama. Tidak heran jika saat kapal merapat di tujuan persinggahan, banyak yang tidak mau turun jalan-jalan di destinasi wisata, sebagian mereka memilih tinggal di atas kapal, karena banyak rockstars yang juga lebih memilih tetap di atas kapal, melakukan soundcheck, atau sekedar hangout di berbagai bar dan restoran yang ada di atas kapal. Bagi sebagian peserta, It’s the journey, not the destination..

Saya sudah 3x ikut rock cruise semacam ini. Pertama kali tahun 2012 dengan mengkuti KISS Kruise II, dengan rute Miami-Cozumel (Mexico). Di event ini yang tampil band KISS, Skid Row, Adler (ex Guns N’ Roses), dan beberapa personil band Dokken, Winger. KISS tampil 3x selama cruise, sekali tampil akustik tanpa make-up, dan 2x tampil dengan make-up dan kostum full. Dalam cruise ini saya berkesempatan foto bareng dengan KISS, Steven Adler, members of Skid Row, Winger dan Dokken.

Pengalaman ikut KISS Kruise II ini sangat berkesan, sehingga tahun 2013 saya ikut lagi KISS Kruise III, dengan rute Miami-Key West-Bahamas. Di KISS Kruise III ini yang tampil KISS, Night Ranger, members of Winger, Alice Cooper dan Slash’s Snakepit, yang membentuk band Big Rock Show. Di KISS Kruise III ini KISS juga membantu mempromosikan beberapa band-band baru seperti Vintage Trouble, Leogun, dan all female KISS Tribute band, Priss.

Tahun 2016, saya mencoba ikut rock cruise yang lain, The Monsters of Rock Cruise – West, dengan rute Los Angeles – Catalina island – Ensenada (Mexico). Dalam Monsters of Rock Cruise –West (yang juga disebut Monsterwood), tampil sekitar 36 band hard rock 80-90an, antara lain Ratt, Mr. Big, The Winery Dogs, Slaughter, Kix, Vixen, Winger, Quiet Riot, Loudness, Faster Pussycat, Great White, Mike Tramp, Britny Fox, Tyketto, Rough Cutt, Firehouse, Tuff, Ted Poley, Bang Tango, Vain, Babylon A.D dan lainnya.

Karena banyak sekali band yang tampil, dan setiap band dapat jatah 2x tampil, skedul konser di Monsters of Rock Cruise ini sangat padat. Setiap hari konser dimulai sekitar jam 2 siang sampai jam 12 malam, di 6 lokasi panggung yang berbeda. Jika anda mau nonton setiap band yang ikut serta, anda harus rela pindah panggung sebelum konser selesai, karena seringkali ada dua konser dilakukan bersamaan di panggung yang berbeda, musti memilih mana yang mau kita tonton, atau terpaksa nonton setengah konser, lalu pindah stage nonton konser lain yang sudah setengah jalan. Dengan cara ini, saya berhasil nonton seluruh 36 band yang tampil di Monsterwood ini.

Yang lebih asik lagi, kita juga diberi kesempatan foto bareng dengan rockstar2 yang tampil di cruise ini. Asal kita telaten ngikutin jadwal konser dan photo session, bisalah dapet semua konser dan semua sesi foto, meskipun terpaksa nonton konsernya tidak penuh dari awal sampai akhir.

Seringkali saat kita sarapan pagi, makan siang atau makan malam, di meja sebelah kita ada rockstar lagi makan juga. Tiap kali jalan-jalan keliling kapal, pasti ketemu rockstar, dan mereka umumnya ramah, mau diajak foto bareng atau selfie, diajak ngobrol dan dimintain tanda tangan.

Apalagi kalau kita bilang dari Indonesia, mereka sangat appreciate kita bela-belain datang dari jauh untuk nonton dan ketemu mereka. Salah satu yang paling ramah, Dana Strum, bassist nya Slaughter, tiap kali papasan dia selalu ingat dan menyapa, ‘hello my Indonesian friend’.. 😀 Mike Tramp juga sangat senang pas saya bilang dari Indonesia, dia bilang.. ‘you know my wife is Indonesian, right?’..

Satu-satunya yang menolak pas saya minta foto bareng saat papasan adalah Ritchie Kotzen, dia cuma bilang ‘just come to our photo session’.. 😉
Foto2 yang saya share disini sebagian aja dari foto bareng dengan rockstars selama beberapa kali ikut rock cruise.. kalo di post semua bisa seratus foto lebih.. 😀

Kalo anda ingin ikutan Rock cruise, musti siap-siap jadi ketagihan.. saya juga masih pingin lagi ikutan Monsters of Rock Cruise atau KISS Kruise.. lagi nabung dan menghemat cuti supaya bisa ikutan rock cruise lagi.. Cuma di acara rock cruise seperti ini kita bisa mewujudkan lirik lagu rock terkenal.. “I Wanna Rock And Roll All Nite… And Party Everyday..”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s