Mengunjungi Harry Potter

Sejak novel pertamanya diterbitkan pada bulan Juni tahun 1997, serial novel Harry Potter laku keras di seluruh dunia. Ketujuh novel Harry Potter yang ditulis J.K. Rowling ini terjual ratusan juta kopi di seluruh dunia, menjadikan seri Harry Potter sebagai salah satu seri novel terlaris sepanjang masa. Kesuksesan novel-novel Harry Potter ini kemudian diangkat dalam serial film bioskop, yang telah menyelesaikan 8 film dan semuanya menjadi film blockbusters, masing-masing filmnya menghasilkan gross income lebih dari 300 juta dollar. Secara total, penjualan buku, film dan merchandise Harry Potter telah mencapai lebih dari 25 milyar dollar, menjadikan franchise Harry Potter sebagai franchise paling sukses ke 3 sepanjang sejarah.

DSC_8188Resized

Kesuksesan novel dan film Harry Potter ini kemudian menginspirasi Universal Studios untuk membuat wahana the Wizarding World of Harry Potter, yang pertama kali dibuka di Islands of Adventure, Florida, menyusul kemudian di Universial Studios Florida (2014), Universal Studios Jepang (2014) dan Universal Studios Hollywood (2016). Banyak penggemar Harry Potter yang penasaran ingin melihat berbagai replika dan setting seperti di film Harry Potter, memilih untuk berkunjung ke theme park.

DSC_8185Resized

Taman atraksi Harry Potter ini merupakan wahana yang cocok untuk anak usia 5 tahun keatas, sehingga antriannya selalu panjang. Umumnya perlu waktu sekitar 2 jam untuk mengantri atraksi ini. Di Islands of Adventure Florida, yang merupakan kompleks dari Universal Studios theme park, The Wizarding World of Harry Potter ini merupakan wahana yang paling populer.  Wahana ini di tempatkan dalam bangunan berbentuk puri yang merupakan replika dari Hogwarts Castle yang muncul di film-film Harry Potter.

1280px-Harry_Potter_and_the_Forbidden_Journey_station

Wahana utamanya adalah Harry Potter and the Forbidden Journey, yang merupakan wahana berkendara dalam kabin kecil dengan 3 tempat duduk, yang mengikuti rel di bagian atas, wahana ini bisa berputar, naik turun mengikuti lintasan, seolah-olah kita melayang di atas Hogwarts castle, ikut bermain Quidditch dan lainnya. Rides nya sendiri cukup singkat, sekitar 5 menit.

DSC_8147Resized

Di kompleks wahana Harry Potter ini juga ada roller coaster Flight of The Hippogriff, Dragon Challenge, juga ada replika kereta the Hogwarts Express, replika Ollivander Wand Shop, dan salah satu yang menjadi tujuan favorit pengunjung, kedai Butterbeer, pada dasarnya minuman ini adalah minuman rasa rootbeer, antrinya juga panjang untuk membeli Butterbeer ini. Pengunjung The Wizarding World of Harry Potter juga bisa berfoto bersama staf-staf thema park yang mengenakan kostum Harry Potter.

DSC_8207Resized

Bagi anda yang ingin melihat lokasi-lokasi yang digunakan untuk shooting film Harry Potter, anda harus berkunjung ke Inggris. Sebagian besar film Harry Potter di shoot dalam studio, tapi sebagian adegan luar ruangan banyak di shoot di Inggris, utamanya di seputar kota London, Oxford, Northumberland, England juga Glencoe dan Lochaber, Scotland. Lokasi-lokasi shooting terpencar dengan jarak saling berjauhan ini membuat cukup sulit jika kita ingin mengunjungi semuanya dalam satu perjalanan.

DSC_1814

Namun jika anda berkunjung ke London, cukup banyak lokasi shooting Harry Potter yang dilakukan di seputar London. Yang paling populer adalah King’s Cross dan St. Pancras Station. Kedua stasiun kereta ini letaknya bersebelahan. Eksterior St. Pancras di gunakan untuk adegan stasiun kereta pemberangkatan menuju Hogwarts, sedangkan platform keretanya menggunakan interior dari King’s Cross station.

shop_photo1_1024x1024

Sejak beberapa tahun lalu, di salah satu dinding King’s Cross station dibuatkan platform 9 3/4, yang merupakan replika dari adegan film nya. Di dinding ini di sediakan trolley yang seolah menembus dinding. Antara jam 9 pagi sampai jam 9 malam ada fotografer yang standby di Patform 9 3/4 ini, anda bisa berfoto dengan berbagai property yang di sediakan, syal, wand, kandang burung dan lainnya. Untuk berfoto disitu gratis, boleh pake kamera sendiri, kalau anda suka dengan foto karya fotografer yang standby disitu, anda boleh menebus print nya dengan harga 10 pounds, atau 3 foto dengan harga 20 pounds. Tapi untuk berfoto disini antrinya panjaaang, saat saya dan anak-anak kesana jam 11 pagi, antrian sudah mengular, tanya petugas sana, untuk antrian sepanjang itu biasanya perlu waktu 2-3 jam sampai giliran kita berfoto. Akhirnya kita hanya foto dari jauh aja.

DSC_1824

Beberapa waktu kemudian, saya kembali ke London untuk urusan pekerjaan, iseng-iseng jam 10 malam saya ke King’s Cross station, eh ternyata antriannya tidak panjang, hanya ada sekitar 10 orang saja, rupanya kalau malam, property yang tersedia hanya trolley yang menempel di dinding, property lainnya milik fotografer yang dia bawa pulang selesai buka lapak. Karena antrian tidak panjang, kita bebas aja foto dengan berbagai gaya disana, nggak ada yang ngomel.. 😀

P1130195

Lokasi favorit lainnya di London adalah Millenium Bridge yang membentang di atas sungai Thames. Jembatan ini dihancurkan oleh Lord Voldemort di episode Harry Potter and the Half-Blood Prince. Lokasi lainnya, London Zoo, di gunakan dalam adegan saat Harry potter berkunjung ke Reptile House. Leadenhalle market di London juga kerap digunakan sebagai latar belakang adegan di seputar Leaky Cauldron, yang merupakan pintu masuk ke Diagon Alley.

h6

Jika ada kesempatan ke Inggris lagi, saya pingin berkunjung Christ Church di Oxford, yang merupakan lokasi shooting ruang kelas di Hogwarts, lalu ke Alnwick Castle di Northumberland untuk melihat puri yang sebagian eksterior nya di ambil untuk Hogwarts castle, dan ke Glencoe, lokasi dimana rumah Hagrid di bangun untuk film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Ada yang mau bareng..? 😉

h9

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s