Napak Tilas The Sound of Music

Siapa yang tak kenal film The Sound of Music, dengan lagu-lagu seperti Do Re Mi, Edelweiss, So Long, Farewell..? Film musikal ini dipenuhi lagu-lagu keren dan pemandangan yang sangat indah.

Sound of Music (1965)
Julie Andrews
Credit: 20th Century Fox/Courtesy Neal Peters Collection.

Film ini mengisahkan tentang keluarga Captain Georg von Trapp, seorang perwira angkatan laut dari kekaisaran Austro-Hungarian. Film The Sound of Music sebagian ceritanya diangkat dari kisah nyata dan mengambil setting di tahun 1938, meskipun peristiwa sebetulnya terjadi di sekitar tahun 1926-1927. Dikisahkan, Kapten von Trapp kerepotan mengurus ketujuh anaknya setelah istrinya meninggal, sehingga dia mempekerjakan seorang governess (pengasuh anak) bernama Maria. Anak-anak von Trapp yang semula tidak suka pada Maria perlahan jatuh hati, terlebih setelah Maria banyak mengajarkan mereka menyanyi dan menari. Kapten von Trapp yang semula bertunangan dengan Baroness Elsa pun akhirnya jatuh cinta pada Maria dan menikah dengannya.
Pembuatan film The Sound of Music sebagian besar mengambil lokasi di Salzburg, Austria dan Bavaria, Jerman, terutama untuk adegan di luar ruangan, sedangkan adegan dalam ruangan menggunakan studio milik 20th Century Fox di Hollywood. Pemandangan alam Salzburg dan Bavaria yang sangat indah menjadi salah satu kekuatan film ini. Popularitas film The Sound of Music yang tidak pernah surut membuat banyak orang penasaran untuk mengunjungi lokasi-lokasi shooting film ini. Minat wisatawan ini lantas ditangkap oleh beberapa pengusaha di Salzburg, yang kemudian membuat paket tour The Sound of Music.
Sayangnya, paket wisata dari operator tour The Sound of Music ini hanya mengunjungi lokasi-lokasi di Salzburg saja, tidak mengunjungi lokasi pegunungan di Bavaria, yang menjadi lokasi adegan pembuka film, poster film serta sebagian adegan pada lagu Do Re Mi. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saat melakukan napak tilas lokasi-lokasi The Sound of Music secara independen, pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Berikut ini lokasi-lokasinya..
Mirabell Gardens
Taman ini merupakan halaman dari Mirabell Palace, yang sekarang digunakan sebagai kantor walikota Salzburg. Taman Mirabell merupakan salah satu lokasi utama film The Sound of Music, adegan anak-anak kapten von Trapp berlarian naik turun tangga di taman di akhir scene lagu Do Re Mi mengambil lokasi di tempat ini.

TSOM_008

Yang menakjubkan, rentang waktu 50 tahun antara film tersebut dibuat sampai kunjungan saya kesana, tidak banyak merubah wajah Mirabell Gardens, saat berdiri di depan pagar taman, pemandangan yang saya lihat nyaris sama persis dengan yang saya lihat di film. Banyak sekali spot di taman ini yang diabadikan di film, kolam air mancur, patung unicorn, patung2 kurcaci, semua masih relatif sama kondisinya sampai saat ini.

TSOM_002
Residenz Square dan Residenz Fountain
Lokasi ini digunakan dalam film pada adegan Maria naik bus menyebrangi Residenz square saat menuju Villa kapten von Trapp. Di adegan ini maria menyanyikan ‘I have confidence in me’. Lokasi Resedenz Square dan Residenz Fountain berada di pusat kota Salzburg. Dari Mirabell gardens kita bisa berjalan kaki sekitar 10 menit menuju lokasi ini.

TSOM_006

Leopoldskron Castle
Ini adalah sebuah puri di tepian telaga Leopoldskroner Weiher. Puri dan telaga ini menjadi lokasi pengambilan berbagai scene the Sound of Music, antara lain saat keluarga von Trapp minum lemonade di taman, atau anak-anaknya tercebur di danau saat bermain perahu. Saat film ini dibuat, Gazebo juga berlokasi di Leopoldskron castle ini, namun karena beberapa alasan, Gazebo tersebut kemudian dipindah ke Hellbrunn Palace.

TSOM_005

Hans Donnenberg Park
Tidak jauh dari Leopoldskron castle, ada ladang dengan jalan setapak ditengahnya, dengan latar belakang puri Hohensalzburg di atas bukit. Tempat ini adalah lokasi pengambilan gambar lagu Do Re Mi, dimana Maria dan anak-anak kapten von Trapp bermain sepeda sambil bernyanyi. Saat saya mendatangi tempat ini, kebetulan berpapasan dengan belasan remaja rombongan wisatawan, mereka lewat mengendarai sepeda sambil bernyanyi Do Re Mi… langsung inget adegan filmnya

TSOM_003

The Gazebo dan Hellbrunn Palace
Sebuah kompleks istana dengan taman luas, dimana Gazebo The Sound of Music saat ini ditempatkan. Saat kami tiba di Hellbrunn Palace, tempat ini sudah ramai dikunjungi wisatawan, jadi musti antri untuk berfoto di sekitar Gazebo. Gazebo ini digunakan sebagai latar belakang dalam beberapa scene di film the Sound of Music, namun untuk adegan di dalam Gazebo, di shoot di dalam studio di Hollywood. Saat kami mau berfoto disitu, datang serombongan wisatawan, yang ternyata dari Indonesia, rombongan mereka cukup besar, hampir 30 orang. Jadi lama juga nunggu giliran foto di depan Gazebo ini..

TSOM_004

St. Michael’s Church
Ini adalah gereja yang digunakan untuk adegan pernikahan Maria dan kapten Von Trapp. Gereja ini lokasinya agak diluar kota, cukup jauh dari pusat kota Salzburg, jaraknya sekitar 23 kilometer, tepatnya di desa Wredeplatz, Mondsee. Perjalanan dari Salzburg ke Wredeplatz di tempuh sekitar 30 menit, melewati bukit-bukit yang cantik pemandangannya.

TSOM_010

Mondsee
Mondsee adalah sebuah desa di tepi danau yang juga bernama Mondsee, dipinggiran kota Salzburg. Di awal film The Sound of Music, panorama seputar danau dan desa Mondsee ini terlihat begitu cantik di ambil dari udara. Ada beberapa spot di tepi danau Mondsee ini dimana kita bisa melihat pemandangan danau dari arah yang cukup tinggi. Cantik seperti di film..

TSOM_009

Mehlweg
Kalo pernah lihat poster film The Sound of Music, di Mehlweg inilah lokasinya. Berbagai scene film The Sound of Music, termasuk adegan piknik, juga sebagian besar adegan lagu Do Re Mi dimana Maria pertama kali megajarkan anak-anak kapten Von Trapp bernyanyi, bertempat di bukit ini. Mehlweg sebetulnya berlokasi di luar Salzburg, tepatnya di wilayah Bavaria, Jerman, namun dapat dijangkau dalam 30 menit dengan mobil. Desa terdekat dari Mehlweg adalah Marktschellenbeg. Sampai di desa tersebut, patokannya ada jembatan kayu dekat gereja, dan dari sana ada jalan kecil naik keatas bukit. Sebagian lokasi shooting di Mehlweg ini sekarang merupakan private property, pemiliknya melarang turis masuk ke property nya. Namun masih ada beberapa spot public place dengan latar belakang yang juga tertangkap di film the Sound of Music.

TSOM_001

Sebetulnya ada beberapa lagi lokasi shooting The Sound of Music yang berada di seputar Salzburg yang menarik untuk dikunjungi, tapi karena saat saya kesana waktunya terbatas, saya hanya memilih 8 lokasi utama saja, dari sekitar 10 lokasi yang di rekomendasikan.

2 Comments Add yours

  1. winnymarlina berkata:

    keren banget kak bs ke tmpt yg ada di lokasi

    Suka

    1. Di niatin Winny.. 😊

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s