Dua cara memperoleh visa Kanada

Untuk berkunjung ke Kanada, pemegang paspor Indonesia memerlukan visa kunjungan. Pada September tahun 2016 lalu saya mengajukan aplikasi visa Kanada, karena berencana mampir ke Kanada dalam perjalanan saya ke Amerika Serikat.

Saya lalu mencari informasi prosedur pengajuan visa Kanada di internet. Untuk Indonesia, pengajuan visa Kanada dapat di proses melalui agen VFS. Jika anda mengajukan visa melalui VFS Canada, anda akan dikenakan biaya logistik sebesar CAD 27.15, diluar biaya visa yang sebesar CAD 100.

Tetapi selain mengajukan visa melalui VFS, ternyata pemegang paspor Indonesia juga bisa mengajukan aplikasi secara online, bayar biaya visa secara online, dan kemudian menyerahkan paspor di kedutaan Kanada, di Gd. World Trade Center, Jl. Sudirman, Jakarta. Dengan cara ini, anda tidak dikenakan biaya logistik, lumayan hemat CAD 27.15 😀

Untuk bisa apply online, anda harus memiliki file scan paspor dan file foto digital, serta kartu kredit untuk membayar biaya visa secara online. Berikut ini panduan mengajukan visa Kanada secara online:

1. Anda perlu cek dulu apakah anda memenuhi syarat untuk mengajukan visa secara online, dengan membuka laman web: http://www.cic.gc.ca/ctc-vac/getting-started.asp

01

isilah pull down menu yang tersedia, semua pertanyaan harus dijawab. Jika jawaban-jawaban anda memenuhi syarat, system akan menampilkan halaman berikut:

02

Anda dapat melanjutkan proses aplikasi visa online. Anda akan mengisi beberapa pertanyaan lanjutan sekitar 4 halaman.

03

Selanjutnya anda perlu mengisi pertanyaan2 sekitar 10 halaman online, antara lain data pekerjaan, catatan kriminal, catatan medis, ketersediaan dokumen dalam bentuk digital, dan apakah bisa membayar biaya secara online. Jika semua sudah terisi lengkap, anda akan diberikan kesempatan untuk mereview jawaban-jawaban anda seperti berikut:

04

Setelahnya anda akan diberikan personal reference code, terdiri dari 2 digit alfabet dan 10 digit angka, yang diperlukan untuk register dan login. Catat baik-baik kode ini. Anda akan diberikan step by step instruction untuk mengajukan visa online.

05

2. Anda perlu mengisi beberapa form secara online. Di halaman diatas ada link-link yang perlu di klik untuk mengisi form nya, dalam bentuk pdf format yang dapat diisi.

Form pertama IMM5257, ini adalah form aplikasi visa. Isilah dengan lengkap sebanyak 5 halaman, dan save file anda (pdf). Setelah form di lengkapi dan di save anda akan melakukan validasi dan electronic sign, kemudian anda akan mendapatkan barcode di halaman terakhir.

06

Form kedua IMM5707, di form ini anda mengisi data keluarga, isilah dengan lengkap, terdiri dari 2 halaman.

07

Setelah kedua formulir terisi lengkap perhatikan langkah-langkah berikut:

08

3. Anda perlu membuat akun baru dengan meng klik link ‘Register to get a key’. Di halaman berikutnya anda dapat memilih ‘continue to sign in partner’ atau ‘Continue to GCKey’. Pilihlah yang ‘Continue to GCKey’

09

Anda perlu register membuat username dan password

10

Setelah mendapatkan username dan password, login dengan username dan password anda, kemudian anda akan masuk ke akun anda di situs pemerintah Canada. Kemudian pilihlan “Visitor visa, study and/or work permit” dan lanjutkan.

Kemudian masukan personal reference code yang telah anda peroleh sebelumnya. Setelahnya, anda akan diminta mengupload data-data yang diperlukan:

  • Scan halaman passport
  • Scan riwayat perjalanan (visa dari negara lain, stempel2 imigrasi di paspor)
  • Form IMM5257
  • Form IMM5707
  • Pasfoto
  • Rekening bank
  • Tiket Pesawat
  • Keterangan lain yang diperlukan (misalnya keterangan bahwa kita akan memasuki Canada lewat darat dari perbatasan USA, dengan melampirkan tiket pesawat ke USA)

Setiap kali kita upload dokumen, sistem akan memeriksa apakah dokumen yang kita submit memenuhi syarat atau tidak. Jika tidak memenuhi syarat, upload akan di tolak dan anda akan diminta memperbaiki dokumen.

Setelah semua dokumen diterima, anda akan memasuki halaman pembayaran biaya visa. Pembayaran hanya bisa dengan kartu kredit, sebesar CAD 100. Jika pembayaran anda sukses anda akan menerima konfirmasi pembayaran.

4. Selanjutnya, anda dapat membawa konfirmasi pembayaran ini dan Paspor anda beserta pasfoto ukuran 3,5×4,5 cm ke Kedutaan Kanada di gedung World Trade Centre Lantai 6, Jl. Jend. Sudirman Jakarta. Ada loket penerimaan paspor disana, cukup serahkan paspor dan konfirmasi pembayaran, anda akan diberikan tanda terima. Dalam waktu 4-5 hari kerja anda akan mendapatkan email untuk pengambilan paspor.

Masa berlaku visa turis yang diberikan kedutaan Canada disesuaikan dengan masa berlaku paspor anda, dan bersifat multiple entry. Enaknya apply visa Kanada kalau baru perpanjang paspor, dengan demikian bisa dapat visa selama 5 tahun 🙂

Selain apply visa online dengan cara diatas, anda juga mengajukan aplikasi visa on paper, ke VFS Canada di Kuningan City, namun dikenakan biaya proses CAD 27,15, pilihan ada di tangan anda.. 🙂

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s