Mengurus Visa Rusia

UPDATE PENTING PER JULI 2017, BACA DIBAWAH!

Berdasarkan pengalaman saya, mengurus visa Rusia untuk pemegang paspor Indonesia itu susah-susah gampang.. πŸ˜€ banyak informasi tersedia di Internet, tapi ternyata banyak juga informasinya yang sudah tidak valid. Kali ini saya mau berbagi pengalaman dan tips mengurus Visa Rusia, yang telah saya peroleh pada 10 Februari 2017. Berikut langkah-langkahnya:

1.Pesan Tiket Pesawat.

Idealnya, tiket sudah di terbitkan (sudah dibayar) saat kita mengajukan permohonan visa. Meskipun demikian, beberapa travel blogger menceritakan mereka berhasil mendapatkan visa Rusia meskipun tiket pesawatnya baru reservasi (belum dibayar). Tiket pesawat tidak harus dari Indonesia ke Rusia, bisa juga anda memasuki Rusia dari negara tetangga lewat darat, pastikan reservasi/tiket p.p ke negara tetangga tersebut sudah anda dapatkan, plus reservasi kereta atau bus atau ferry menuju Rusia. Β Saya sudah membeli tiket Jakarta-Moscow p.p pada bulan Oktober 2016 lalu, dengan maskapai Thai Airways (dapat tarif promo Rp 5,2 juta p.p).

2. Pesan Hotel/Akomodasi

Pesanan hotel untuk akomodasi selama anda berada di Rusia. Bisa dengan pesanan yang dapat dibatalkan (cancellable), ataupun yang sudah bayar dimuka. Saya awalnya melakukan reservasi di booking.com yang cancellable, tapi akhirnya sebagian saya bayar dimuka. Ceritanya ada di poin berikut

3. Urus Visa Support Letter

Ini proses yang membuat saya banyak belajar. Visa support letter ini wajib anda dapatkan sebelum mengajukan permohonan visa di kedutaan Rusia. Visa support letter bisa di keluarkan oleh beberapa pihak, antara lain institusi yang mengundang anda ke Rusia (jika tujuan anda ke Rusia untuk bisnis atau seminar/training), perorangan (jika anda mengunjungi kerabat di Rusia), hotel atau travel agent, jika tujuan anda untuk berwisata.

Saya punya teman kuliah warga negara Rusia, saat saya kontak dia untuk prosedur mendapatkan Visa Support letter, dia bilang dia bisa membuat surat tersebut untuk saya, namun kalau dari perorangan, surat yang dia buat musti dia laporkan dan di setujui otoritas imigrasi disana, prosesnya mungkin sekitar 2 minggu. Karena tidak mau merepotkan teman, saya memilih untuk mengurus Visa Support Letter sendiri.

Setelah saya browsing, hotel yang saya booking di Moscow (Izmailovo Beta Hotel) dapat mengeluarkan Visa Support letter ini. Tawaran ini tentu menarik untuk menghemat biaya, saya lalu email mereka, memberi tahu bahwa saya sudah book hotel di tempat mereka, dan meminta bantuan Visa support letter. Tak lama email saya dibalas, mereka menginformasikan bahwa visa support letter bisa mereka berikan kalau pesanan hotel sudah dibayar dimuka. Saya kemudian membatalkan pesanan saya di booking.com dan melakukan reservasi langsung di website mereka dengan pembayaran dimuka. Setelah itu saya email lagi ke hotel, melampirkan konfirmasi pembayaran hotel, serta detail paspor saya dan istri serta tanggal kedatangan dan kepulangan. Beberapa jam kemudian email saya dibalas, ternyata oh ternyata… hotel tersebut tidak bisa membuat visa support letter untuk warga negara Indonesia, saya di persilakan mengurus melalui travel agent. Duh, berasa di kerjain saya πŸ˜€ Tapi setelah saya pikir-pikir, salah saya juga tidak menginformasikan dari awal kalau saya pemegang paspor Indonesia. Tidak apalah, toh memang saya akan tinggal di hotel tersebut. Hanya saja jadi terpaksa bayar dimuka, seharusnya bisa bayar belakangan.

destinationrussia

Saya kemudian mencari informasi beberapa travel agent yang bisa menerbitkan Visa support letter ini, dari beberapa rekomendasi di travel blog, saya dapatkan beberapa referensi, antara lain http://www.expresstorussia.com, setelah saya cek di situsnya, ternyata sejak 2016 tidak lagi melayani paspor Indonesia. Kemudian http://www.waytorussia.net, juga tidak melayani paspor Indonesia. Lalu ada yang melayani paspor Indonesia, http://www.visatorussia.com, tapi sayang di situsnya tidak bisa meminta support letter untuk double entry (saya perlu double entry karena juga akan ke negara lain). Ada lagi http://www.myrussianvisa.com yang menawarkan jasa Visa support letter dengan tarif 25 euro, tapi setelah saya apply, mereka membalas untuk paspor Indonesia tarifnya 100 euro. Nggak jadi deh disitu. Kemudian nemu situs http://www.ivisaonline.com, bisa untuk paspor Indonesia dengan tarif USD 67, hampir saja saya order disini, lalu terpikir untuk bertanya di komunitas facebook, backpacker international, dapatlah saran untuk mencoba http://www.destinationrussia.com.

Saya cek ke situsnya, bisa untuk paspor Indonesia, dan biayanya hanya USD 25 untuk Visa Support double entry yang dikirim dalam 48 jam. Kalau mau yang instant, tarifnya naik 50%. Karena tidak terburu-buru, saya memilih yang 48 hours service. Saat mengisi aplikasi visa support letter secara online ini, kita wajib mengisi informasi hotel tempat kita menginap, lengkap dengan alamat dan telepon. Juga tanggal berapa jawal kedatangan dan kepulangan kita dari Rusia. Setelah saya isi lengkap,Β tanggal 24 Januari malam saya bayar pesanan visa support letter pakai kartu kredit, besok sorenya visa support letter tersebut sudah dikirimkan ke email saya. Phew, lewat sudah satu proses yang lumayan bikin pusing πŸ˜›

wp-image-959595469jpg

4. Mengisi aplikasi Visa

Formulir aplikasi visa Rusia bisa diperoleh di kedutaan Rusia, Jl. Rasuna Said Jakarta. Bisa juga mengunduh formulir dari situs kedutaan Rusia di Indonesia (http://indonesia.mid.ru/web/indonesia_en/visa-to-russia). Tapi entah kenapa, saya tidak pernah berhasil mengunduh file tersebut. Akhirnya saya cari informasi lain, dan ternyata kita bisa mengisi aplikasi secara online di situs Β kementrian luar negeri Rusia (https://visa.kdmid.ru/PetitionChoice.aspx).

onlineapplication

Saya mengisi online di situs itu, data yang harus di isi relatif standar dan tidak terlalu banyak pertanyaannya, hanya 2 halaman. Namun salah satu bagian yang harus di isi adalah nama, alamat dan nomor registrasi travel agent yang menerbitkan Visa Support letter dan nomor referensi visa support letter yang diberikan. Karenanya, jika belum mendapatkan visa support letter tersebut, kita tidak bisa mengisi aplikasi visa secara lengkap.Β Setelah semua kolom isian saya lengkapi, saya print aplikasi tersebut untuk saya ajukan ke kedutaan Rusia di Jakarta.
5. Mengajukan aplikasi Visa di Kedutaan

Saya kemudian cek website kedutaan Rusia, dokumen apa saja yang diperlukan untuk mengajukan aplikasi visa Rusia. ternyata syaratnya tidak banyak, yaitu:

  1. Formulir aplikasi visa yang telah di isi lengkap
  2. Paspor asli dan foto kopi nya (minimal berlaku 6 bulan)
  3. 2 pasfoto berwarna ukuran 3×4 dengan latar putih
  4. Visa support letter
  5. Tiket (pesawat/bus/kereta) masuk dan keluar Rusia

Syaratnya hanya itu saja, namun saya juga menambahkan print out bookingan hotel yang sudah saya bayar dimuka, untukΒ informasi tambahan. Kedutaan Rusia tidak meminta dokumen yang biasanya di syaratkan kedutaan lain seperti asuransi perjalanan, rekening bank, surat keterangan kerja, kartu keluarga dan lainnya. Relatif mudah persyaratan nya.

wp-image-688758262jpg

 

Saya mengajukan aplikasi visa tanggal 27 Januari ke kedutaan Rusia di Jl. HR Rasuna Said. Perlu diperhatikan kedutaan Rusia tidak menyediakan parkir untuk tamu konsuler. Saya parkir di gedung Kementrian Koperasi & UKM di sebelahnya πŸ˜› Di bagian konsuler, saya ditanya apakah perlu layanan ekspres atau standar.Β Layanan ekspres selesai dalam 1-3 hari kerja, sedangkan layanan standar selesai dalam 4-20 hari kerja, tapi di informasikan rata-rata selesai 10 hari kerja. Saya memilih layanan normal, untuk double entry biaya visa nya USD 100 (kalau anda hanya perlu single entry biaya USD 70). Kalau layanan ekspres biayanya dua kali lipat. Sebaiknya anda membawa uang tunai US Dollar, karena kalau bayar dengan Rupiah, kurs nya di patok Rp 14.000 per dollar. Setelah dokumen dan paspor saya di cek, bayar biaya visa, saya di berikan kuitansi dengan tanggal pengambilan paspor pada tanggal 10 Februari 2017, berarti proses 10 hari kerja.
Jumat pagi tanggal 10 Februari, saya datang kembali ke kedutaan Rusia untuk mengambil paspor saya dan istri. Setelah menyerahkan kuitansi ke petugas, tidak sampai 3 menit paspor saya dan istri diserahkan, dengan visa Rusia di dalamnya.. cihuuy..! πŸ˜€ saya kemudian diminta untuk mengecek nama dan tanggal berlaku visa, setelah saya cek semua sesuai dengan aplikasi yang saya ajukan.. Moscow Calling..! πŸ˜‰

Info tambahan, jika anda memasuki Rusia dengan naik kapal laut dari Finland atau Swedia melalui kota St. Petersburg, anda bisa masuk Rusia tanpa visa untuk maksimum 48 jam, tapi terbatas hanya di kota St. Petersburg saja, dan harus di dampingi travel agent lokal.

UPDATE MEI 2017

Pada Maret 2017, beberapa rekan saya yang mengajukan visa Russia diminta melampirkan bukti pesanan hotel yang telah dibayar dimuka. Ada yang sampai bolak balik untuk memenuhi syarat tambahan ini.

Tapi setidaknya dua rekan lain yang mengajukan visa Russia di akhir April 2017, tidak diminta bukti pesanan hotel sama sekali. Kesimpulan sementata, persyaratan bukti pesanan hotel yang dibayar dimuka ini belum tentu dikenakan kepada seluruh pengajuan.

Namun tentunya lebih lengkap dokumen anda lebih baik.

UPDATE JULI 2017

Informasi dari pembaca blog ini, Bayu, bahwa kedutaan Rusia di Jakarta mulai Juli 2017 ini memperketat penerbitan Double Entry visa. Mulai Juli 2017, kedutaan Rusia di Jakarta hanya dapat memberikan Double Entry visa jika keluar dan masuk kembali ke Rusia melalui negara-negara yang memiliki perbatasan darat dengan Rusia, seperti Finland, Belarus, Ukraine, Kazakhstan dan lainnya. Tentunya hal ini akan mempersulit calon pengunjung yang membeli tiket pulang pergi ke Russia, namun juga berencana ke negara Eropa lainnya yang tidak berbatasan langsung dengan Rusia. Semoga proses aplikasi Double Entry visa dapat kembali dipermudah seperti sebelumnya.

235 Comments Add yours

  1. Latif berkata:

    Halo mas,

    Makasih nih info update nya, bermanfaat banget!

    Maret 2016 saya apply visa & alhamdullilah lancar, visa support dari destinationrussia, tanpa dimintain bookingan hotel, dan ticket bookingan belum dibayar juga.. karena saat itu sih mbak nya saranin tiket jangan bayar dulu, takut ditolak :/

    Nah sekarang kayanya banyak perubahan ya?

    Destinationrussia masih trusted kan ya mas buat visa support buat kita ?

    Saya rencana awal september mau berangkat lagi, rencana mau pake si destinationrussia lagi, masih trusted kan yah ?

    Single entry aja kok..

    Nah yang bikin pusing kalo dimintain tiket fully laid dan hotel fully paid nih.. ada rekomendasi hotel yg free cancelation gak yaa?

    Nakasi mas..:)

    Suka

    1. Latif berkata:

      Oh oya satu lagii..

      Di destinationrussia harus isi ittn gak sih? Apa itu gak perlu ya isi ittn?

      Saya single entry aja sih, cuman ke 2 kota aja..

      Makasiih

      Suka

      1. Latif berkata:

        Siap mas!

        Kalo menurut mas saya book tiket dan hotel aja atau saya book dan bayar tiket dan hotel trus apply visa ?

        Travel historynya lumayan sih, 2016 maret juga ada visa russia yang udah di approve.. jadi bingung. Hehe

        Suka

    2. Hi Mas Latif..
      Sampai sekarang teman2 yang apply visa rusia masih banyak yang pake destinationrussia, so far belum ada keluhan tentang destinationrussia.

      Sepertinya memang kedutaan rusia di Jakarta saat ini banyak meminta bukti pembayaran hotel yang sudah dibayar penuh. Bookingan dari agoda atau booking.com banyak yang tidak diterima aplikasinya.

      Hotel tempat saya menginap, Izmailovo Beta (dan grupnya, Izmailovo Gama, Izmailovo Alpha), menerima pembayaran dimuka, dan bisa cancel reservasi. Tapi yang refundable ini rate nya lebih mahal daripada yang non refundable. Booking langsung di website nya, dan disitu ada keterangan cancellation policy nya.

      Saat apply visa support letter ke destinationrussia perlu mencantumkan kota2 yang dikunjungi, sampai 5 kota. lebih dari 5 kota harus mengisi detailed itinerary dengan biaya tambahan.

      Suka

      1. Joko Ngalimanto berkata:

        Mas nelwin bantu jawab ya, mas latif bisa pake website ostrovok.ru saja, itu kayak booking.com nya rusia, cari yg pay now and free cancellation, saya kmrn proses refundnya cepet, cuman kena selisih kurs aja, cari hotel yg paling murah dgn 2 feature tsb.

        Suka

      2. Thank you tips nya mas Joko.. bentar lagi berangkat ya.. πŸ˜‰

        Suka

      3. Joko Ngalimanto berkata:

        Sudah berangkat dari tgl 16 mas Nelwin, sekarang di st petersburg, kemarin di moscow ga nemu beeline yg 200 rubel, yg di airport malah dapatnya MTS 1000rub unlimited 1 bulan, ya udah pake itu saja hehehe

        Suka

      4. Wah.. lagi di Rusia yah.. ditunggu sharing ceritanya nih mas Joko..
        Beeline yg 200 rubel saya belinya di hotel.. paket warga lokal kali.. di bandara adanya paket untuk turis

        Suka

      5. Joko Ngalimanto berkata:

        Iya mas Nelwin, kayaknya begitu, saya tanya di hotel saya di vega izmailovo ga nyediain 😰 Cerita saya di IG aja ya mas, ga pinter cerita soalnya hehehe…otw helsinki mas

        Suka

      6. Latif berkata:

        Mas Nelwin, siap mas, makasih info nya, mudah2an nanti pas apply lancar yah.. hehe padahal tahun kemarin gampang banget, tanpa bookingan hotel aplikasinya diterima sama mbaknya. Makasi ya mas nanti saya update lg deh..

        Mas Joko, makasih banyak mas infonya!! Nanti saya book dari sana deh trus di cancel hehe.. soalnya mau nginep di tempat temen sih, tahun kemarin kaya gini juga hehe

        Suka

      7. Latif berkata:

        Oh ya mas Joko,

        Hotel di rusia kok kebanyakan no credit card needed ya? Nanti kalo kaya gitu, gimana tuh mas ?

        Apa nanti diterima form bookinggannya sama kedutaan?

        Suka

      8. Latif berkata:

        Oh iya cerewet lagi yah..

        Mas, kalo urusan tiket, harus yang benar2 udah paid fully yah atau kedutaan masih nerima tiket yang baru di booked ajah ?

        Soalnya aku mau ke Siberia, naik S7, mereka ada sih yang refundable tapi kena fee.. mau aku tanyain lagi sih rencananya..

        Duh mudah2an lancar deh, rencana apply akhir bulan ini .. jadi deg2an euy!

        Pertama kali ke Russia tahun lalu lancar jaya, masih gampang ya 😦

        Suka

      9. Iya, kedutaan sekarang minta tiket yang sudah issued. Ada saran dari pengunjung pakansi.com, book aja tiket yang full fare, memang mahal, tapi refund nya 100% katanya.. baru kemudian cari tiket yang sesuai budget..

        Suka

      10. Latif berkata:

        Oke mas Nelwin,

        Aku incer S7 nya langsung aja, mereka refundable dengan 1,000rub fee kalo cancellation, jadi karena 2x connecting flights, jadi kena 4,000rubles kalo cancel.
        Tapi mudah2an ngga yah.

        Tapi aneh deh mas, temen ku bilang dia apply visa pake tiket bookingan aja..

        Suka

      11. sepertinya dilihat travel history nya juga mas.. mei kemarin ada temen saya yang apply visa nggak diminta bookingan hotel, tapi pesawat sudah issued, karena ambil tiket promo

        Suka

      12. Latif berkata:

        Siap mas!

        Kalo menurut mas saya book tiket dan hotel aja atau saya book dan bayar tiket dan hotel trus apply visa ?

        Travel historynya lumayan sih, 2016 maret juga ada visa russia yang udah di approve.. jadi bingung. Hehe

        Suka

      13. Di coba aja dengan bookingan dulu.. kalo bisa cerita2 yaa…😊

        Suka

      14. Joko Ngalimanto berkata:

        Mas latif nyarinya di ostrovok.ru? Coba cari yg pay now dan free cancellation, bisa kog pakai kartu kredit. Cari yang pay now atau pay in advance mungkin, saya lupa. Untuk tiket keluar masuk dan hotel selama di rusia harus fully paid in advance, intinya gt sih mas, kalo antar rusia ga perlu. Saya pakai SAS dan Aeroflot tapi beli tiket yg harganya lebih tinggi jadi bisa free cancellation mas. S7 juga harusnya ada kog, yg flexible gt…

        Suka

      15. Latif berkata:

        Siap mas Joko!

        Kapan berangkat nih? Hehe

        Iya tadi udah email CS S7, katanya refund process fee nya 30 euro per tiket, gpp deh.. mau ambil yg itu aja..

        Mudah2an sih approved yah nanti pas apply & ga butuh dokumen2 lain.. hehe udah kangen ama hawa Siberia..

        Suka

      16. Joko Ngalimanto berkata:

        Hahaha udah mau meninggalkan rusia, mampir ke finland mas latif. Trans siberia keren jg kayaknya ya. S7 seingat saya ada lho mas yang bener free cancellation, cm mmg tiketnya mahal banget. Coba airlines lain kayak aeroflot?

        Suka

      17. Latif berkata:

        Gpp sih kalo kena charge 30 euro kalo cancel, asal jangan melayang semua, hehe..

        Aku rencana ke Novosibirsk aja sih sama bbrp kota lainnya, kalo naik trans siberia sendirian agak garing ah.. kalo rame2 baru seru!

        Wah enak bgt mas mau ke Finland.. pengen ke Europe jg kalo ada rejeki πŸ™‚

        Mas Nelwin, iya nanti aku pasti update ceritanya pas udah appply visaa hehehe

        Suka

      18. Joko Ngalimanto berkata:

        Hahaha, saya di helsinki saja sehari, hanya transit saja mas, ngejar ferry ke stockholm, garing karena lama sendirian dan tidak ada yg bisa berbahasa inggris ya 😬

        Suka

      19. Latif berkata:

        Oh ya mas joko, setelah bayar di ostrovok, nanti pas apply di lampirin print out bookingannya aja kan yah? Ga perlu statement card dll?

        Suka

      20. Joko Ngalimanto berkata:

        Ga perlu mas latif, hanya konfirmasinya saja dari ostrovok. Kan ada tandanya paid seingat saya. Tp kadang ostrovoknya minta konfirmasi bahwa charge ke kartu kita udah masuk belum, kemarin dari 3 book. 1 book dimintain. Ada temen yg juga gitu, saya tinggal email balik konfirmasi dari bank kita saja

        Suka

  2. Vanda berkata:

    Halo mas, aku mau nanya dong info yang tentang double entry itu bisa diliat dimana yaa ? atau mas ada info lebih lanjutnya lagi tidak ? soalnya udah terlanjur beli tiket buat ke schengen country tapi bukan yang berbatasan langsung sama rusia hehe

    Suka

    1. BAYU berkata:

      Informasinya ada di website kedutaan Rusia untuk Malaysia, kak. Tapi itu berlaku untuk semua negara. Ini webnya https://malaysia.mid.ru/web/malaysia-en/visa-information1 atau kalau gabisa dibuka, coba google russian embassy malaysia trus cari bagian visa. Itu dijelasin dikasih font merah gitu.

      Suka

      1. Vanda berkata:

        terimakasih ya mas bayu infonya, aku udah email konsul visa rusia tapi disuruh telpon mereka, cuma waktu ada kesempatan telfon linenya sibuk terus, anw mas mau nanya lagi kalau masukin detailed itinerary di destinationrussia itu apa hanya itinerary di rusia saja, atau include itinerary negara schengen lainnya ?

        Suka

  3. Update baru nih Mas buat para pemburu visa Rusia. Tadi saya apply untuk keberangkatan tgl 1 September tapi dikembalikan setelah proses pemeriksaan. Diberi catatan kalau berkas lengkap tapi disuruh apply visa bulan Agustus saja. Jadi buat yang tanggal keberangkatannya masih lama (September atau Oktober) jangan apply visa skrg.

    Suka

    1. Trims infonya mba..
      Malah sekarang baru boleh apply 1 bulan sebelum berangkat berarti ya..?
      Agak repot jika musti apply visa lain juga..
      Kemaren ini sih sudah bisa apply 3 bulan sebelum berangkat..

      Suka

    2. Latif berkata:

      Wah, sekarang bisanya 1 bulan sebelum keberangkatan aja dong yah?

      Bearti aku apply awal agustus juga dong.. mana prosesnya 7-20 hari pula yaa.. bikin tambah deg-deg’an.

      Kalo boleh tau, berkasnya ticket issued paid full sama hotel yang sudah paid full juga ya?

      Visa invitation dari destinationrussia juga?:)

      Suka

      1. Betul. Dengar-dengar katanya karena banyak yang apply untuk liburan summer jadi didahulukan yang keberangkatannya mendekati tanggal. Well…saya ga paham juga sih sebenarnya padahal kan ga berhubungan ya…tapi ya sudahlah.
        Kemarin itu saya lampirkan semua tiket pesawat (PP Rusia dan domestik) sudah issued dan 2 dari 3 bookingan hotel sudah paid. Yang satu ga bisa dibayar di muka karena memang hotelnya benar2 ga mau dibayar di muka. Visa dari destinationrussia juga kok, tapi karena saya cuma mau ngunjungi 3 kota (Moskow, St Petersburg dan Murmansk) dan sesuai dengan yang tercantum di invitation letter jadi ga bermasalah

        Suka

    3. tiaraaliapratiwi berkata:

      Hai mba,

      Aku mau tanya dong,mba ke moscow-murmansk-st.petersburg juga ya? Total hotel ada 3 atau 4 ya? Soalnya di destinationrussia kan hanya bisa input 3 yah. Soalnya visa saya masih dikembalikan karna mereka maunya 4 hotel itu di list dalam satu kertas invitation letter aja. Sedangkan karna saya 4 jd saya buat 2 invitation letter di destinationrussia. Mohon info nya ya mba.

      Terima kasih

      Suka

  4. Tiara berkata:

    Halo Mas Nelwin,

    Saya sudah ke kedutaan tadi pagi, dan visa saya masih belum diterima dan disuruh balik lagi, karena di invitation letter saya dari destination russia kan hanya disuruh isi 3 kota utama yang mau dikunjungi, kebetulan yaitu moscow-murmansk-st.petersburgh. jadi saya hanya masukin 3 hotel disitu saja, sedangkan dari st.petersburgh itu sebenernya saya balik lg ke moscow dan menginap lg semalam. Dan pada saat isi form di destination russia kan hanya bisa masukin 3 kota ya mas? Tapi di cerita mas nelwin diatas bilang bisa sampai 5 kota itu gimana caranya ya mas? jd visa saya dibalikin karna di invitation nya masih kurang 1 nama hotel yg belum dicantumkan, jadi saya sekarang bingung karna tidak bisa “add city 4” di website destination russia nya mas. Mungkin Mas Nelwin tau caranya kah?

    FYI juga sampai dengan per hari ini di Kedubes Russia memang diminta tiket dan bookingan hotel yang sudah dibayar, soalnya td ada yg ditolak karna tiketnya belum issued.

    Terima Kasih.

    Suka

    1. Hi Tiara..
      Iya.. saya cek sekarang hanya 3 kota di formnya destinationrussia. Lebih dari itu musti buat detailed itinerary dengan biaya tambahan 7.8 poundsterling.

      Mungkin bisa dicoba, saat balik ke Moscow, memginap di hotel yang sama dengan saat tiba.. dengan hotel yang juga sudah dibayar dimuka. Mungkin jika hotelnya sama, kedutaan bisa menerima.

      Alternatif lainnya, kontak destination russia untuk membuat lampiran detailed itinerary, jadi bisa memuat 4 hotel dalam.visa support letternya.

      Suka

      1. Tiara berkata:

        Kalo dulu mas nelwin memang bisa masukin sampai 5 kota ya mas? Bisa aja sih saya ganti hotel nya sama seperti hotel saat tiba di moscow. Tapi sayang aja hotel saya yg terakhir di moscow (izmailovo delta hotel) udah fully paid. Saya sudah contact destinationrussia juga tadi tapi belum ada balasan. Pilihan terakhir saya buat invitation letter ulang di destination russia tp khusus untuk moscow yg terakhir aja mas. Jadi saya nanti akan punya 2 invitation letter. Gpp kan ya mas kalo kita kasih 2 invitation letter di kedutaan?

        Suka

      2. Seingat saya bisa 5 tujuan.. lebih dari itu baru isi detailed itinerary.
        Sebelum pesan lagi visa support utk hotel yg terakhir, saran saya telpon dulu ke kedutaan.. apakah sebaiknya buat visa support terpisah untuk hotel yang ke 4.. atau buat visa support baru yang memuat 4 tujuan..

        Suka

  5. Latif berkata:

    Mas nelwin, mau nanya lg dong πŸ™‚

    Visa support kalo 16 hari di rusia harus isi detailed ittn gak sih? Aku cuma ke 2 kota aja soalnya. Tahun lalu sih aku 15 hari, 2 kota juga, bagian visa support di destinationrussia belum ada opsi detailed ittn nya..

    Apa ga perlu2 bgt yah? Yang penting isi hotel sesuai yg udah di book & paid, dan tiket yang udah paid ?

    Baru bayar tiket aja nih, lg nyari hotel yg murah dulu buat bayar & apply visanya.. tapi masih bingung soal detailed ittn dari destinationrussia.. kayanya ga di isi ga apa2 yah ?

    Suka

    1. Latif berkata:

      Kalo nginepnya beda sama yang di tempat visa support gak apa2 kan yah ? Tahun lalu sih aku begitu, banyak yang bilang gak masalah ya?

      Udah lama jadi agak bingung apply2nya lagi.. takut ada peraturan baru :p

      Suka

    2. Hi Latif..
      Kalo hanya 2 kota dan di 2 hotel, tidak perlu sepertinya. Cukup dengan mengisi di pull down menu di web nya destinationrussia.

      Hotel akhirnya beda sepertinya juga bisa. Pengalaman saya, hotel di St. Petersburg akhirnya beda dengan yang saya book awal di visa support letter. Saya sih tidak mengalami kendala.

      Suka

      1. Latif berkata:

        Siap mas Nelwin!

        Tanggal 1 meluncur apply deh, mudah2an di terima aplikasinya & visa nya juga hehehe..

        Makasi banyak ya mas & yang lainnya, nanti saya update deh pas udah apply πŸ™‚

        Suka

      2. Latif berkata:

        Mas Nelwin, cerewet lagi yah.. mo nanya πŸ™‚

        Aku kan codeshare flight sama Korean airlines, jadi dari jakarta-incheon naik korean airlines, transit 3 jam.. abis tu lanjut naik S7 ke russia nya.

        Nah aku baca, katanya yg ke beberapa negara termasuk russia, korean airlines, nanti pas sampe incheon kita claim bagasi lagi sendiri.. jd katanya ga sampe rusia bagasinya..

        Kalo gini, gimana ya mas ? Aku jadi harus apply visa transit di Korea dong kalo harus ambil bagasi sendiri ya ?

        Bingung euy

        Suka

      3. Saya terus terang kurang tahu prosedur transit di Incheon mas Latif.. baru sekali ke seoul dan bukan untuk transit..
        Mungkin bisa ditanyakan ke perwakilan Korean Air disini?

        Suka

  6. Tiara berkata:

    Hi Mas Nelwin,

    Mau update saya hari ini sudah datang lagi ke kedutaan dan lagi lagi dokumen saya masih dikembalikan,karena kemarin akhirnya saya buat inv. letter lagi dari destinationrussia,jd saya lampirin 2 inv.letter. Masih ditolak dengan alasan inv.letter harus dalam 1 lembar aja ga boleh ada 2 padahal kemarin saya udah tlp kedutaan dan katanya tidak apa-apa kalau ada 2 asal agen yg menerbitkan sama. Lalu saya tanya lagi, kalau saya punya inv.letter dari masing-masing hotel saya (yaitu ada 4) apakah boleh?Mereka bilang boleh,tapi lagi-lagi dengan kasus yg sama ada orang lain yg tadi berbarengan juga dengan saya, inv.letter dia masing-masing dari 2 hotelnya dan ditolak juga, pihak kedutaan maunya dijadikan 1. Jadi benar-benar tidak ada standar nya. Mungkin ada saran mas? Pihak destination russia sudah saya tanya apakah bisa issued untuk 4 nama hotel saya dan mereka hanya jawab begini ” you should have only mentioned hotels as shown on invitation to avoid such problems. Please advice other hotel and full address to add”. Saya bingung sekali soalnya harus bagaimana inv.letter nya.

    Terima Kasih

    Suka

    1. Ribet banget ya kedutaan Rusia ini..
      Padahal via telpon udah bilang boleh ya..?
      Kalau memang harus dalam 1 visa support letter, sepertinya memang harus buat lagi ya.. mungkin di email ke destination russia agar ke 4 hotel tab di masukkan ke dalam 1 visa support letter..
      Mustinya mereka bisa provide.. dan mudah2an tidak di charge lagi.
      Kalo liat email mereka ke Tiara, sepertinya mereka sudah minta nama dan alamat ke 4 hotel yang sudah di book Tiara.. mustinya itu akan tercantum dalam 1 visa support letter

      Suka

  7. lucia berkata:

    Hi Mas Nelwin
    tanya dong..saya lagi ngisi aplikasi visa, Invitation Letter / Support letter itu masuknya kemana ya… (bagian mana / pertanyaan apa?)
    berasa bloon banget deh…
    mkasih..

    info utk teman2 yg belum punya visa support
    saya dapat yg gratisan dari saint-petersburg.com. Prosedurnya ga susah sih karena biasa book hotel di booking.com jadi klik link/ banner booking.com yg sudah ada di web saint-petersburg tsb dan pilih hotel yg bayar dimuka.
    Setelah selesai booking dan dapat nomor konfirmasi, segera hubungi hotel ybs dan minta diterbitkan invoice full prepayment dan payment slip (dari mesin EDC ).. Setelah mendapatkan dokumen ini dari hotel, masuk lagi ke web saint petersbur.com dan klik Request visa support, isi formnya dan submit. Mereka akan membalas dan minta dokumen yang kita dapatkan dr hotel tsb.
    Saya takjub karena kurang dari 30 mins setelah sent dokumen tsb, visa support masuk inbox, dan gratistis.

    mas Nelwin.. jawab pertanyaan ku yaaa
    tks.

    Suka

    1. Hi Lucia..
      Saat mengisi form visa online..
      salah satu bagian yang harus di isi adalah nama, alamat dan nomor registrasi travel agent yang menerbitkan Visa Support letter dan nomor referensi visa support letter yang diberikan.
      Jadi di bagian itu isi sesuai dg nomor registrasi si agen dan nomot visa support yg diberikan agen ke anfa.

      Suka

      1. lucia berkata:

        hi. ok.. akhirnya kutemukan tempat utk ngisi support letternya.
        minggu depan baru apply visa ke kedutaan sesuai saran teman2.. tks yaa

        Suka

  8. korry berkata:

    Hi Mas Nelwin,
    Visa saya akhirnya sudah jadi tgl 25 Juli kemarin.
    Saya apply tgl 7 Juli buat keberangkatan 6 September masih diterima, walau lebih dari 1 bulan dgn tgl berangkatnya. Tapi saya lihat emang kemarin yg apply visa rame, jauh lebih rame daripada saya ke kedutaan tgl 7 Juli.
    Thx atas informasi2 yg membantu bgt mas

    Suka

    1. Congrats Korry.. ditunggu ceritanya di Rusia.. 😊
      Sepertinya Rusia makin diminati turis dari Indonesia, terutama dengan seringnya promo dari Thai dan Vietnam airlines.. mudah2an makin dipermudah dan makin standar persyaratan pengajuan visa di kedutaan Rusia.

      Suka

      1. Latif berkata:

        Aamiin buat yang ini.
        Malah denger kabar agustus 2015 rusia kepikiran untuk kasih free visa buat WNI, tapi udah 2 tahun belom terwujud ya.. kali aja deh 2018 πŸ™‚

        Suka

  9. Joko Ngalimanto berkata:

    Amiiin buat temen2 semoga visa nya di approve, cuma sharing info abis kunjungan dari rusia kemarin :
    1. Orang rusia banyak yg tidak ramah, yg ramah hanya yg di visitor center πŸ˜…, petugas2 disana ditanyain cuman jawab nyat nyet nyat nyet (no no no no)
    2. 90% yang saya tanya tidak bisa baca huruf latin, apalagi ngomong inggris
    3. Aplikasi wajib punya di hp : google map, google atau yandex translate, metro yandex, taxi yandex, xe currency
    4. Jgn lupa download map metro yg dua bahasa : English dan Rusia, karena semua petunjuk dlm huruf cyrillic
    5. Jangan lupa beli minuman, muraaaah banget disana, di supermarket2 banyak
    6. Yg paling akhir dan paling penting : Rusia sangat cantik banget, kota kuno nan megah, pengen kesana lagi pas winter hehehhe, it is worth it!

    Suka

    1. Thanks mas Joko sharing pengalamannya di Rusia.
      No. 6 bukan hanya kota2nya yang cantik.. gadis2nya juga cantik2.. biar yang bujangan pada semangat ke Rusia.. πŸ˜€

      Suka

      1. Joko Ngalimanto berkata:

        Ga berani nulis gitu mas, ada istri di sebelah hahahaha, tp benar, memang cantik2!

        Suka

    2. Latif berkata:

      Hai Mas Joko! Ahahaha.. orang rusia bukan gak ramah sih, tapi mereka agresif & straight to the point, jadi kesannya begitu.. padahal sih kalo udah kenal lumayan baik lho.. tapi emang bener, orang kita deh yang paling ramah sedunia πŸ™‚

      Iya mas, kekurangannya di rusia mereka inggrisnya jelek dan tulisan mereka dimana2.. Apalagi di Siberia, menu makanan jarang ada yg alphabet, jadi terpaksa belajar bahasa mereka ngomongnya & baca nya, gampang kok maas πŸ˜€

      tanggal 1 aku mau ajuin visa nih, doain di terima yah! πŸ™‚

      Suka

      1. Joko Ngalimanto berkata:

        Hahahaa amiiin semoga sukses visa nya mas latif. Mungkin jg yah karena kita belum kenal dan dianggap orang asing. Tapi benar mas tulisan dan bahasanya bikin pusing, tp ya untungnya kog ga nyasar2, gampang juga dipelajari sistem transport disana.

        Suka

  10. Latif berkata:

    Iya nih mas joko πŸ™‚
    btw, booking di ostrovok ternyata kalo hari minggu gak bisa yah, bisanya senin-sabtu aja ? tadi coba bayar buat 2 hotel payment fail, karena sistem mereka offline.. jadi disuruh coba besok πŸ˜€

    Suka

    1. Joko Ngalimanto berkata:

      Waduh saya kurang tau itu mas latif, mungkin saja ya, tp di hari biasa respondnya cukup cepat kog, fast reply jg emailnya, coba senin pagi mas…

      Suka

      1. Latif berkata:

        iya nih mas, ntah kenapa masih gak bisa buat bayar, katanya We still haven’t got a confirmation from the hotel you are trying to book. aneh ya.. iya CS nya ostrovok cepat kok mas balasnya.. coba nanti siangan deh saya coba lagii πŸ™‚

        Suka

      2. Latif berkata:

        Masih gak bisa bayar via ostrovok nih mas joko.. udah telp call centernya katanya lagi di cek masalahnya.

        Kalo mas joko pas bayar lancar aja ya?

        Ada alternatif lain gak ya selain ostrovok buat bayar hotel yang terima pembayaran dimuka & free cancellation? 😦 harus apply visa besok nih..

        Suka

      3. Joko Ngalimanto berkata:

        Mungkin memang lagi error kali mas, coba aja di saint-peterburg.com itu ada free visa invitation, dengan catatan kudu booking di booking.com lewat linknya mereka, dan harus yang prepayment, karena untuk bikin visa invit gratis, hotel yang di book di booking.com lewat linknya mereka itu harus sudah dibayar…cuman problem nyari yang prepayment ini kog ga ada menunya di booking.com, kemarin saya coba booking di superhostel nevsky prospekt 95 bisa prepayment mas, secara kebetulan…

        Suka

      4. Latif berkata:

        Udah nih mas, dah bayar 3 hotel. Hehe
        Tapi dapet 2 email, kalo butuh verifikasi cc saya, jadi mereka kirim kode gitu, saya disuruh email ke mereka ngasih tau kodenya, tapi saya telp ke halobca kode transaksi dari ostrovok belum masuk.. kalo gak di reply dlm 3 hari, bookingannya cancelled.

        Nah besok pagi mau apply visa, kalo ga masuk2 trus ke cancel, nanti pihak kedutaan tau dong?:( mudah2an masuk deh nih sebelom 3 harii yah..

        Suka

      5. Joko Ngalimanto berkata:

        Kog sama persis seperti saya ya, sama temen kapan hari juga ada yang dimintain verifikasi. Waktu itu saya tanyakan ke bank kartu saya, dan memang bank bilang bahwa hanya terpending saja tapi tidak ada masalah, dan kebetulan juga billing online saya, saya lampirkan mas. dan langsung dibalas sudah confirmed bookingannya. Coba aja di cek di bank nya mas, minta mereka balas by email atau bagaimana….

        Suka

      6. Latif berkata:

        Hahaha iya mas sepertinya prosedurnya gitu.. iya nih, nanti pulang dari kedutaan ta coba telp halobca lagi deh, soalnya online statement aku blom ke linked di klikbca, jd harus halobca deh.

        Lagi mau apply nih ke kedutaan! Mudah2an diterima ya πŸ™‚ nanti aku update deh kalo ada peraturan / berita baru

        Suka

      7. Joko Ngalimanto berkata:

        Amiiiin, semoga sukses mas latif

        Suka

      8. Vanda berkata:

        wihh goodluck ya mas, dari kemarin nyimak convo disini… ditunggu update2nyaa dan kalau ga keberatan saya titip tanya yg double entry dong mas hihi, siapa tau mereka punya penjelasan lebih detail, karena sampe skrg blm berhasil nembus line call mereka juga πŸ˜‚

        Suka

      9. Joko Ngalimanto berkata:

        Bantu jawab ya mbak vanda, kl saya kemarin awal juli sih intinya semua transport masuk dan keluar rusia baik yg pertama maupun yg kedua harus issued and paid semua, begitu jg hotelnya. Kalo rencana kunjungan kota nya banyak, mending di pengajuan visa ajukan 2 kota saja tp malamnya diperbanyak, karena tujuan kota tidak tercantum di visa, hanya tgl masuk dan tgl keluar yg tercantum….

        Suka

      10. Vanda berkata:

        makasii mas jokoo… iyanih soalnya kmrn ada update berita kalau skrg double entry itu dikasih kalau kita ngunjungin baltic states atau cis states yg berdampingan sama rusia, jadi agak bingung mau ngatur negara diluar rusianya..

        kemarin aku udah coba datengin kedutaan langsung juga buat konsul, tapi ga berhasil juga karena ibunya udah ga keluar lagi (securitynya sih bilang gt) πŸ™πŸ™

        kalau kmrn mas joko apply double entry itu, semua flight ke negara lainnya udah confirm atau belum ?

        Suka

      11. Joko Ngalimanto berkata:

        Sudah konfirm and paid semua mbak vanda, makanya saya book pake tiket yg flex yg bisa free cancellation, ke negara2 scandinavia sih, cari aja flight ke negara tetangga yg paling deket dgn rusia, jd tiketnya murah meskipun yg flex/bisnis, jd bisa dapet free cancellation mbak…yg penting flight keluar masuk dua dua nya harus confirmed semua

        Suka

      12. Vanda berkata:

        siappp makasi banyak mas jokko, berarti hunting tiket negara tetangga rusia dulu mas πŸ˜‚πŸ˜‚
        tapi mau nanya lagi nih mas, klo akomodasi kita diluar rusianya apa harus yg fully paid juga mas ? teruss kmrn mas joko pake airline apa yg full cancellationnya mas ?

        laluu saty lagi mas jokoo (maaf ya bawel bgt πŸ™πŸ»πŸ™πŸ») berarti kmrn di visa invitation mas joko, detailed itinerary yg keluar rusianya dimasukin juga ga yaa ?

        Suka

      13. Joko Ngalimanto berkata:

        Hehehe no problem mbak vanda.
        Utk negara tetangga coba pake tiket kereta allegro saja, dr st petersburg ke helsinki, itu murah harganya, dan kyknya ada yg free cancellation cm nambah bbrp euro saja. Kmrn saya pake SAS dan Aeroflot, tp kena selisih kurs nya lumayan jg nih 😰Kan direfund balik ke kartu kredit kita.
        Di visa invit hanya tercantum : Entry date and exit date, hotel mana saja (tanpa disebutin tinggal brp lama per hotelnya) dan agent yg invite kita. Waktu itu saya pake destinationrussia saran dari mas nelwin….
        Di visa invit jg ga perlu detail itinerary, cm perlu hotelnya dmn saja, tp waktu saya apply saya buat sendiri detail itinerarynya, pake excel gt
        Utk hotel diluar rusia, saya ga cantumin sama sekali, saya cantumin waktu apply visa schengen, dan saya pake booking.com semua dan ga harus paid mbak vanda
        Saya rasa utk visa rusia mereka ga perlu tau kemana kita setelah atau sebelum rusia, tp ga ada salahnya dilengkapin, toh pengajuan visa rusia ini enaknya kita sudah tau dr awal kurang ato ga nya, jd tinggal dilengkapi aja kekurangannya, kalo ga lengkap ya lgs dikembalikin, jadi ga berharap2 cemas hehehe

        Suka

      14. Latif berkata:

        Wah tadi udah keabisan nomer, sehari cuman 20.. yang ngantri kata satpamnya dari jam 7 pagi, jadi besok coba lagi deh.

        @Vanda, siap nanti aku bantu tanyakan soal double entry ya:)

        Mas Joko, tadi udah nelp Halobca dari mereka gak bisa kasih online statement karena belom terposting, kalopun udah itu dikirimnya gak bisa langsung. Wah jadi deg-deg’an ini calon bookingan saya dicancel semua, tapi voucher + cek dari ostrovok udah saya print sih mas, kalo misalkan pas apply visa terus pas di cek ke hotelnya ternyata udah kecancel, gimana ya ? 😦

        Suka

      15. Joko Ngalimanto berkata:

        Kog kayaknya ga sampai ngecek kesana deh mas, tetap coba aja konfirm by email ke ostrovoknya bahwa tidak ada masalah di bank saya, dan hanya tinggal proses posting pembayaran saja. Kalo perlu attach aja billing terakhir mas tunjukin limit dan status kreditnya, tp info2 lain jgn lupa ditutup ya mas….blg saja there’s nothing wrong with my credit card, semoga bisa mas….

        Suka

      16. Latif berkata:

        Iya sudah mas, pihak ostrovoknya udah verifikasi.. udah confirmed semua πŸ™‚
        Nanti harus ngambil nomer nih sebelum jam 9 pagi ke kedutaan..

        Buat yang mau apply sekarang2 ini mending dateng pagian deh, soalnya rame bgt tumben & cuma 20 no antrian πŸ™ˆ

        Suka

      17. Joko Ngalimanto berkata:

        OK mas, semoga diapprove…mungkin lagi rame aja jadi dibatasin 20 orang, kemarin saya apply juga sama ditolak, padahal masih jam 10 pagi….maklum lagi summer mungkin ya

        Suka

  11. BAYU berkata:

    Halo semua,
    Seneng banget karena visa sudah diapproved. Apply tgl 7 Juli, terima tanggal 25 Juli untuk keberangkatan 24 September. Waktu saya apply tgl 7 gila masi sepiiii bgtt mungkin efek hari Jumat juga sihh uda gitu pas lagi shalat Jumat juga jadi sepi banget. Tapi pas mau ambil tgl 25 Juli yaampun penuh banget yang ngantri 😦 kayaknya emang deh lagi peak season karena summer. Untungg banget apply sejak awal jadi masih bisa diterima.

    Ohiyaa tapi ada yg bikin agak insecure nih. Kan akhir2 ini lagi heboh tuh sanksi Amerika ke Rusia. Itu berpengaruh ga ya sama penarikan tunai ATM berlogo VISA di sana? Takut banget kalau uda ke sana malah gabisa tarik tunai karena ada masalah ini. Apa sanksi kayak gitu berpengaruh juga ke hal2 kayak gini tidak ya Pak? Terima kasih.

    Suka

    1. Selamat mas Bayu..
      Soal sanksi ekonomi.. rasanya nggak akan sampe masuk ke sistem perbankan international ya rasanya sih.. mustinya akan tetap bisa tarik ATM disana.

      Suka

  12. Halo Mas Nelwin, saya tinggal tunggu visa keluar aja nih tanggal 21. Semoga diapprove. Semua berkat konsultasi gratis di blog ini πŸ‘πŸ»πŸ˜Š
    Btw Mas mau tanya dong. Kan katanya disana kita harus selalu registrasi visa kita ya di semua kota. Apa Mas kmrn itu melakukan registrasi juga? Dibantukah sama pihak hotelnya? Saya bingung karena di St Petersburg sama Murmansk cuma stay 1 malam aja jadi takut ga keburu buat registrasi visa.
    Di hotel Izmailovo Beta dibantu untuk registrasi visa ga ya Mas? Terima kasih

    Suka

    1. Biasanya sih kalo udah di proses, visanya dapat.. 😊
      Registrasi sebetulnya baru diperlukan kalau kita atay di rusia 7 hari atau lebih.
      Tapi pengalaman saya di Izmailovo beta moscow dan ibis central st petersburg, resepsionis hotel otomatis mendaftarkan visa kita.
      Di izmailovo beta free.. di ibis st petersburg bayar 200 rubel per orang..

      Suka

      1. Oke makasih infonya ya Mas πŸ‘πŸ»πŸ˜Š

        Suka

  13. Latif berkata:

    Mau update nih, makasih buat mas Nelwin, ama mas joko & yg lainnya ya info blog disini bermanfaat bgt.

    Visa nya udah jadi kemarin, hehe.. syaratnya seperti yg disebutkan aja, booking tiket ama hotel yang udah dibayar, visa invitation, sama dokumen2 lain kaya foto dll..

    Cuma cape ngantrinya aja yaa dari pagi mungkin krn lg rame pas summer yah

    Suka

    1. Joko Ngalimanto berkata:

      Hahahah selamat ya mas latif, ditunggu ceritanya pas disana….mmg lg rame banget kalo summer gini, panas banget disana, kita2 pada berteduh, yg lain pada nyari panas hahaha….

      Suka

    2. Congrats mas Latif..
      Selamat berpetualang di Rusia.. 😊

      Suka

  14. danesa berkata:

    hay mas, sy ingin bertanya mengenai confirmationl letter. sy sudah mendapatkan confirmation letter dari Hotel Pro dan telah booking dari booking.com , tp krn booking.com itu paidnya baru dkt2, sy lampirkan cuma confirmation booking dari booking.com saja. apakah cukup?

    Suka

    1. Hi Danesa..
      Maksudnya confirmation letter dari Hotel Pro itu visa support letter ya? Jika sudah dapat visa support letternya bisa langsung apply visa ke kedutaan.. tapi cerita dan pengalaman teman2 disini, kedutaan sekarang minta semua hotel sudah dibayar di muka.
      Daripada bolak balik sebaiknya menggunakan bookingan hotel yang sudah dibayar, lengkap dengan bukti pembayarannya.

      Suka

  15. Yolanda berkata:

    Pertama sekali mo ucapin selamat dulu buat Mas2 dan Mba2 yang udah dapet visanya lega banget pastinya πŸ™‚

    Terus mo ucapin makasi banget buat Mas Nelwin yg udah posting ttg visa rusia blog nya membantu sekali buat aku yg pengen banget ke Rusia tapi blom urus visa hahahaa…

    Mba2 dan mas2 ada yg mau berangkat di October atau November ga ya? Mau donk barengan biar ada temen, keder juga ke Rusia sendiri. Aku cuma mau ke Moscow ama St Petersburg aja sih. Kalau Vladivostok itu bagus ga?Ada kota lainnya ga yg wajib dikunjungi?

    Rencana aku masuk dari Lisbon muter2 dulu baru masuk ke Rusia dari sana ke London baru balik ke Indo….berati ini aku single entry doank cukup kan ya apply visanya?

    Untuk hotel ada rekomendasi ga mas?

    Berarti untuk visa Rusia surat keterangan kerja ga wajib ya mas?

    Mohon pencerahannya ya Mas..maaf banyak nanya ya πŸ™‚

    Suka

    1. Hi Yolanda..
      Untuk rencana trip anda cukup apply visa rusia yang single entry.
      Hotel saya cuma pernah di izmailovo beta moscow dan ibis central st petersburg. Kedua hotel itu buat saya cukup baik. Lokasinya sangat dekat dengan jalur subway.
      Surat keterangan kerja tidak di syaratkan (saat ini.. entah kalau nanti2, kebijakan sering berubah)

      Suka

  16. dewi berkata:

    Hai…Pak Nelwin…
    Mohon bantuan sarannya, saya mau bikin visa support lewat destination russia juga, namun dari sore sampai malam ini tidak bisa bayar. pada saat pembayaran munculnya error – contact customer services. Sudah coba email tapi tidak ada balasan. Coba telepon tidak diangkat. Sudah stress. Karena berangkat tanggal 19. Mohon dibantu apa ada yang salah dari step pengisian saya ya. Saya pesan yang instant + itinerary. Apa karena hari sabtu ya…? thanks yaa

    Suka

    1. Hi Dewi..
      Ada kemungkinan server mereka sedang down, atau memang weekend tidak ada yang standby.
      Coba aja lagi hari Minggu ini, jika masih tidak bisa terpaksa menunggu hari Senin, atau mencoba visa support provider yang lain.
      Kalau anda rencana berangkat tanggal 19 (Agustus?).. pas ajukan visa nya di kedutaan rusia sepertinya harus minta layanan express, dengan biaya 2x lipat. Sebaiknya sebelum jam 8 pagi sudah standby di kedutaan rusia, karena saat ini lagi ramai dan per hari dibatasi 20 aplikasi saja.

      Suka

  17. Mas Nelwin mau nanya lagi nih. Di bandara Suvarnabhumi kan saya juga rencana mau nginap di hotel di luar bandara, apakah keesokan harinya ketika ke bandara harus check in lagi ke counter atau bisa langsung masuk saja ke area dalam bandara? Kena bayar airport tax lagi ga Mas di Suvarnabhumi? Kalau iya, berapa airport taxnya? Terima kasih

    Suka

    1. Hi mba Linggar..
      Waktu check in di soekarno hatta.. sudah check through.. dapat 2 boarding pass.. 1 untuk segmen jakarta-bangkok.. 1 lagi untuk segmen bangkok-moscow.. bagasi ketemu di moscow.. jadi pas turun di bangkok gak usah ambil bagasi.. bawa cabin bag aja.. besok paginya tinggal lenggang masuk bandara.. gak perlu check in lagi.. gak perlu bayar airport tax..

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s