Mengurus Visa Rusia

UPDATE PENTING PER JULI 2017, BACA DIBAWAH!

Berdasarkan pengalaman saya, mengurus visa Rusia untuk pemegang paspor Indonesia itu susah-susah gampang.. πŸ˜€ banyak informasi tersedia di Internet, tapi ternyata banyak juga informasinya yang sudah tidak valid. Kali ini saya mau berbagi pengalaman dan tips mengurus Visa Rusia, yang telah saya peroleh pada 10 Februari 2017. Berikut langkah-langkahnya:

1.Pesan Tiket Pesawat.

Idealnya, tiket sudah di terbitkan (sudah dibayar) saat kita mengajukan permohonan visa. Meskipun demikian, beberapa travel blogger menceritakan mereka berhasil mendapatkan visa Rusia meskipun tiket pesawatnya baru reservasi (belum dibayar). Tiket pesawat tidak harus dari Indonesia ke Rusia, bisa juga anda memasuki Rusia dari negara tetangga lewat darat, pastikan reservasi/tiket p.p ke negara tetangga tersebut sudah anda dapatkan, plus reservasi kereta atau bus atau ferry menuju Rusia. Β Saya sudah membeli tiket Jakarta-Moscow p.p pada bulan Oktober 2016 lalu, dengan maskapai Thai Airways (dapat tarif promo Rp 5,2 juta p.p).

2. Pesan Hotel/Akomodasi

Pesanan hotel untuk akomodasi selama anda berada di Rusia. Bisa dengan pesanan yang dapat dibatalkan (cancellable), ataupun yang sudah bayar dimuka. Saya awalnya melakukan reservasi di booking.com yang cancellable, tapi akhirnya sebagian saya bayar dimuka. Ceritanya ada di poin berikut

3. Urus Visa Support Letter

Ini proses yang membuat saya banyak belajar. Visa support letter ini wajib anda dapatkan sebelum mengajukan permohonan visa di kedutaan Rusia. Visa support letter bisa di keluarkan oleh beberapa pihak, antara lain institusi yang mengundang anda ke Rusia (jika tujuan anda ke Rusia untuk bisnis atau seminar/training), perorangan (jika anda mengunjungi kerabat di Rusia), hotel atau travel agent, jika tujuan anda untuk berwisata.

Saya punya teman kuliah warga negara Rusia, saat saya kontak dia untuk prosedur mendapatkan Visa Support letter, dia bilang dia bisa membuat surat tersebut untuk saya, namun kalau dari perorangan, surat yang dia buat musti dia laporkan dan di setujui otoritas imigrasi disana, prosesnya mungkin sekitar 2 minggu. Karena tidak mau merepotkan teman, saya memilih untuk mengurus Visa Support Letter sendiri.

Setelah saya browsing, hotel yang saya booking di Moscow (Izmailovo Beta Hotel) dapat mengeluarkan Visa Support letter ini. Tawaran ini tentu menarik untuk menghemat biaya, saya lalu email mereka, memberi tahu bahwa saya sudah book hotel di tempat mereka, dan meminta bantuan Visa support letter. Tak lama email saya dibalas, mereka menginformasikan bahwa visa support letter bisa mereka berikan kalau pesanan hotel sudah dibayar dimuka. Saya kemudian membatalkan pesanan saya di booking.com dan melakukan reservasi langsung di website mereka dengan pembayaran dimuka. Setelah itu saya email lagi ke hotel, melampirkan konfirmasi pembayaran hotel, serta detail paspor saya dan istri serta tanggal kedatangan dan kepulangan. Beberapa jam kemudian email saya dibalas, ternyata oh ternyata… hotel tersebut tidak bisa membuat visa support letter untuk warga negara Indonesia, saya di persilakan mengurus melalui travel agent. Duh, berasa di kerjain saya πŸ˜€ Tapi setelah saya pikir-pikir, salah saya juga tidak menginformasikan dari awal kalau saya pemegang paspor Indonesia. Tidak apalah, toh memang saya akan tinggal di hotel tersebut. Hanya saja jadi terpaksa bayar dimuka, seharusnya bisa bayar belakangan.

destinationrussia

Saya kemudian mencari informasi beberapa travel agent yang bisa menerbitkan Visa support letter ini, dari beberapa rekomendasi di travel blog, saya dapatkan beberapa referensi, antara lain http://www.expresstorussia.com, setelah saya cek di situsnya, ternyata sejak 2016 tidak lagi melayani paspor Indonesia. Kemudian http://www.waytorussia.net, juga tidak melayani paspor Indonesia. Lalu ada yang melayani paspor Indonesia, http://www.visatorussia.com, tapi sayang di situsnya tidak bisa meminta support letter untuk double entry (saya perlu double entry karena juga akan ke negara lain). Ada lagi http://www.myrussianvisa.com yang menawarkan jasa Visa support letter dengan tarif 25 euro, tapi setelah saya apply, mereka membalas untuk paspor Indonesia tarifnya 100 euro. Nggak jadi deh disitu. Kemudian nemu situs http://www.ivisaonline.com, bisa untuk paspor Indonesia dengan tarif USD 67, hampir saja saya order disini, lalu terpikir untuk bertanya di komunitas facebook, backpacker international, dapatlah saran untuk mencoba http://www.destinationrussia.com.

Saya cek ke situsnya, bisa untuk paspor Indonesia, dan biayanya hanya USD 25 untuk Visa Support double entry yang dikirim dalam 48 jam. Kalau mau yang instant, tarifnya naik 50%. Karena tidak terburu-buru, saya memilih yang 48 hours service. Saat mengisi aplikasi visa support letter secara online ini, kita wajib mengisi informasi hotel tempat kita menginap, lengkap dengan alamat dan telepon. Juga tanggal berapa jawal kedatangan dan kepulangan kita dari Rusia. Setelah saya isi lengkap,Β tanggal 24 Januari malam saya bayar pesanan visa support letter pakai kartu kredit, besok sorenya visa support letter tersebut sudah dikirimkan ke email saya. Phew, lewat sudah satu proses yang lumayan bikin pusing πŸ˜›

wp-image-959595469jpg

4. Mengisi aplikasi Visa

Formulir aplikasi visa Rusia bisa diperoleh di kedutaan Rusia, Jl. Rasuna Said Jakarta. Bisa juga mengunduh formulir dari situs kedutaan Rusia di Indonesia (http://indonesia.mid.ru/web/indonesia_en/visa-to-russia). Tapi entah kenapa, saya tidak pernah berhasil mengunduh file tersebut. Akhirnya saya cari informasi lain, dan ternyata kita bisa mengisi aplikasi secara online di situs Β kementrian luar negeri Rusia (https://visa.kdmid.ru/PetitionChoice.aspx).

onlineapplication

Saya mengisi online di situs itu, data yang harus di isi relatif standar dan tidak terlalu banyak pertanyaannya, hanya 2 halaman. Namun salah satu bagian yang harus di isi adalah nama, alamat dan nomor registrasi travel agent yang menerbitkan Visa Support letter dan nomor referensi visa support letter yang diberikan. Karenanya, jika belum mendapatkan visa support letter tersebut, kita tidak bisa mengisi aplikasi visa secara lengkap.Β Setelah semua kolom isian saya lengkapi, saya print aplikasi tersebut untuk saya ajukan ke kedutaan Rusia di Jakarta.
5. Mengajukan aplikasi Visa di Kedutaan

Saya kemudian cek website kedutaan Rusia, dokumen apa saja yang diperlukan untuk mengajukan aplikasi visa Rusia. ternyata syaratnya tidak banyak, yaitu:

  1. Formulir aplikasi visa yang telah di isi lengkap
  2. Paspor asli dan foto kopi nya (minimal berlaku 6 bulan)
  3. 2 pasfoto berwarna ukuran 3×4 dengan latar putih
  4. Visa support letter
  5. Tiket (pesawat/bus/kereta) masuk dan keluar Rusia

Syaratnya hanya itu saja, namun saya juga menambahkan print out bookingan hotel yang sudah saya bayar dimuka, untukΒ informasi tambahan. Kedutaan Rusia tidak meminta dokumen yang biasanya di syaratkan kedutaan lain seperti asuransi perjalanan, rekening bank, surat keterangan kerja, kartu keluarga dan lainnya. Relatif mudah persyaratan nya.

wp-image-688758262jpg

 

Saya mengajukan aplikasi visa tanggal 27 Januari ke kedutaan Rusia di Jl. HR Rasuna Said. Perlu diperhatikan kedutaan Rusia tidak menyediakan parkir untuk tamu konsuler. Saya parkir di gedung Kementrian Koperasi & UKM di sebelahnya πŸ˜› Di bagian konsuler, saya ditanya apakah perlu layanan ekspres atau standar.Β Layanan ekspres selesai dalam 1-3 hari kerja, sedangkan layanan standar selesai dalam 4-20 hari kerja, tapi di informasikan rata-rata selesai 10 hari kerja. Saya memilih layanan normal, untuk double entry biaya visa nya USD 100 (kalau anda hanya perlu single entry biaya USD 70). Kalau layanan ekspres biayanya dua kali lipat. Sebaiknya anda membawa uang tunai US Dollar, karena kalau bayar dengan Rupiah, kurs nya di patok Rp 14.000 per dollar. Setelah dokumen dan paspor saya di cek, bayar biaya visa, saya di berikan kuitansi dengan tanggal pengambilan paspor pada tanggal 10 Februari 2017, berarti proses 10 hari kerja.
Jumat pagi tanggal 10 Februari, saya datang kembali ke kedutaan Rusia untuk mengambil paspor saya dan istri. Setelah menyerahkan kuitansi ke petugas, tidak sampai 3 menit paspor saya dan istri diserahkan, dengan visa Rusia di dalamnya.. cihuuy..! πŸ˜€ saya kemudian diminta untuk mengecek nama dan tanggal berlaku visa, setelah saya cek semua sesuai dengan aplikasi yang saya ajukan.. Moscow Calling..! πŸ˜‰

Info tambahan, jika anda memasuki Rusia dengan naik kapal laut dari Finland atau Swedia melalui kota St. Petersburg, anda bisa masuk Rusia tanpa visa untuk maksimum 48 jam, tapi terbatas hanya di kota St. Petersburg saja, dan harus di dampingi travel agent lokal.

UPDATE MEI 2017

Pada Maret 2017, beberapa rekan saya yang mengajukan visa Russia diminta melampirkan bukti pesanan hotel yang telah dibayar dimuka. Ada yang sampai bolak balik untuk memenuhi syarat tambahan ini.

Tapi setidaknya dua rekan lain yang mengajukan visa Russia di akhir April 2017, tidak diminta bukti pesanan hotel sama sekali. Kesimpulan sementata, persyaratan bukti pesanan hotel yang dibayar dimuka ini belum tentu dikenakan kepada seluruh pengajuan.

Namun tentunya lebih lengkap dokumen anda lebih baik.

UPDATE JULI 2017

Informasi dari pembaca blog ini, Bayu, bahwa kedutaan Rusia di Jakarta mulai Juli 2017 ini memperketat penerbitan Double Entry visa. Mulai Juli 2017, kedutaan Rusia di Jakarta hanya dapat memberikan Double Entry visa jika keluar dan masuk kembali ke Rusia melalui negara-negara yang memiliki perbatasan darat dengan Rusia, seperti Finland, Belarus, Ukraine, Kazakhstan dan lainnya. Tentunya hal ini akan mempersulit calon pengunjung yang membeli tiket pulang pergi ke Russia, namun juga berencana ke negara Eropa lainnya yang tidak berbatasan langsung dengan Rusia. Semoga proses aplikasi Double Entry visa dapat kembali dipermudah seperti sebelumnya.

435 Comments Add yours

  1. Vanda berkata:

    Russian Visa (Double-Single Entry)

    Hai semuanya, mau ngucapin makasih banget buat mas Nelwin yang udh bikin blog ini dan teman-teman lainnya, jadi kita semua bisa share2 pengalaman.

    saya mau sharing pengalaman buat visa dan beberapa hal yang perlu di note (kalau ngalamin hal yang sama kaya saya nanti di Rusia)

    pertama-tama proses apply visa di rusia:
    1. tiket keluar masuk rusia yg udah issued eticketnya
    2. akomodasi yang sudah fully paid terus minta aja mereka emailin bukti pemesanan dan pembayarannya, kalau saya pesan melalui ostrovok.ru lalu masing2 penginapan saya emailin untuk minta surat dari mereka yang nerangin kalau sudah pesan dan bayar (moscow: fasol hostel, st. petersburg: station A1 Hotel)
    3. visa invitation dari bronevik (super cepet dan waktu itu ada ngerubah tanggal mereka responnya bagus bgt tanpa dibayar lagi)
    4. foto
    5. persyaratan lainnya yang ada di korum ini ya
    6. yang paling penting ini nih, untuk double entry saya diminta untuk bikin visa schengen (yang berbatasan langsung sama russia, contoh: finland, estonia) terlebih dahulu (karena saya berencana keluar dari rusia dan lalu kembali lagi), cuma waktu saya apply sempet liat ada yang dibolehin rusia nya dulu. cuma berhubung visa schengen saya keluarnya mepet akhirnya apply yang single dengan merubah jadwal tiket jadinya

    yeap kira-kira itu yang diperluin buat persyaratannya

    Disini saya liat juga banyak yang nanya tentang registrasi waktu kita udh sampai rusia, saya kurang ngerti juga yang bagian ada di deportasi ini, tapi ini berdasarkan pengalaman saya, please do register diri kalian di penginapan selama di rusia dan kalau bisa sesuai dengan invitation.

    Karena trip saya kemarin, sewaktu saya mau cross border ke finland ternyata visa saya kurang 2 jam untuk keluar dari rusia (ini pure miskom antara saya ga ngeh dengan imigrasi cross border by bus dengan kedutaan di awal pun juga kita ga nanya padahal udah nunjukin tiket keluar dari rusia). walhasil jadilah saya dan teman jadi β€œtahanan” di rusia, tepatnya di St. Petersburg.

    nah salah satu fungsi registrasi itu disini nih, karena St. Petersburg itu bagian federal, jadi sewaktu saya mau ajukan visa keluar dr Rusia itu kita harus di proses di rayon setempat kita ter-registrasi, fyi di rusia tiap rayon itu punya banyak kantor imigrasinya, jam buka yang berbeda dan section nya beda-beda juga, ditambah lagi mereka ga bisa bahasa inggris sama sekali, kemarin saya urus sekitar hampir 1 mingguan, itu juga karena sulit banget nyari kantor imigrasi yang benar2 ngurus bagian kita, ini saya urus sendiri dengan bantuan mahasiswa indonesia yang ada di st. petersburg dan translator tersumpah (kenapa bukan KBRI? karena KBRI hanya ada di Moscow, bahkan Konjen pun ga ada).

    Well ini cuma mau info tambahan aja bukan nakutin, jangan sampai ada yang kena kejadian kaya saya atau kesialan lainnya hehe, kalau-kalau ada yang mau pake bus keluar rusia buat ke finland, do check visa kalian masih cukup apa engga buat keluar dari rusia ya. sisi positifnya karena kedutaan ini pelit ngasih visanya untuk stay, saya bahagia juga sih lebih lama disana, karena rusia canytik banget banget banget (pendapat saya sendiri)

    nb: selama di rusia jangan lupa paspor dibawa terus ya, ini cerita mahasiswa yang nemenin saya selama ngurus visa keluar, temannya cuma keluar dari areal gerbang dormnya ga bawa paspor, kena random cek, bayar fine sekitar 1000rub jadinya…

    Suka

    1. Halo Vanda..
      Terima kasih sharing dan update infonya..
      Kalo waktu saya apply double entry visa tahun lalu, saya kebetulan masih ada visa schengen yang berlaku, sementara istri saya visa schengen nya sudah expired. Kita saat itu dibolehin apply visa Russia dulu.. setelah visa Rusia jadi, baru istri saya apply visa schengen via VFS Norway.
      Kemaren Vanda di tahan seminggu di SPB? Ini di tahan di tahanan imigrasi gitu? Atau gimana?.. baca ceritanya seminggu nyari2 kantor imigrasi..?
      Selama seminggu ditahan/tertahan bisa jalan-jalan..?
      Lantas skedul di Finland dan schengen countries lainnya berantakan dong karena ditahan seminggu di SPB?
      Seru banget pasti pengalamannya.. πŸ˜€

      Suka

      1. Ronald berkata:

        Hi Mas Nelwin, terima kasih banyak atas blog ini. Berguna sekali untuk kita yang berencana pergi ke Russia. Setelah saya baca untuk masalah double entry visa, saya punya case begini:

        Dalam trip ke Russia, saya berencana untuk pergi ke Inggris beberapa hari dan flight kembali lagi ke Moscow untuk transit sekitar 8 jam untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Indonesia. Untuk apply double entry visa, apakah saya tetap harus mengurus visa schengen? Atau cukup dengan visa UK saja (karena saya akan ke Inggirs dan tidak akan ke negara schengen)?

        Mohon pencerahannya Mas Nelwin, terima kasih

        Suka

        1. Hi Ronald..
          Jika tidak le negara shengen tidak.perlu buat visa schengen.
          Hanya saja, sejak 2017 lalu kabatnya kedutaan Russia di Jakarta hanya mengeluarkan double entry visa jika keluar/masuk Russia nya.ke.negara yang berbatasan darat dengan Russia.
          Dalam.hal ini Inggris kan tidak berbatasan dg Russia.. mungkin ini yang perlu anda konsultasikan le kedutaan. Kebijakan mereka sering berubah.

          Suka

  2. styven berkata:

    haloowe Mas Nelwin… mau nanya lg ni…πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    sy berencana ke rusia nanti tanggal 27 juni terus pulangnya tanggal 8 juli..

    nah tanggal 27 terbang dr jakarta transit bangkok.. tanggal 28 baru tiba di moscow…

    klo utk pemesanan hotelnya apakah sy harus pesan jg untuk tnggal 27 ataukah pesan hotelnya untuk tanggal 28 sampai tanggal 8 juli …???

    sedangkan klo tanggal 27 itu msh bermalam di bangkok..

    mohon penjelasan ya mas Nelwin…

    makasi ya

    Suka

    1. Hi Styven..
      Untuk tgl 27 nya nggak perlu melampirkan bookingan hotel saat apply visanya..
      Kan tiba di Rusianya baru 28.
      Cukup bboking akomodasi 28 Juli-8 Juli.

      Suka

      1. styven berkata:

        Thank You Mas Nelwin…😊😊😊

        Suka

  3. styven berkata:

    Maaf Mas Nelwin… mau nanya lg ni . . .

    sy berencana ke moscow dan st.peter..

    perjalanan sy dr jakarta ke moscow terus ke st.peter dan kembali lg ke moscow..

    kalo seperti ini bgaimama sy harus mengisinya datanya di destinationrusia utk visa supportnya..??

    apakah tidak bermasalah kalo dalam 3 kolom tersebut di isikan 2 kota dan nama hotel yg sama..??? πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘

    Suka

    1. Hi Styven..
      untuk pengisian data di destination russia di isi:
      1. Moscow, nama hotel, periode stay yg pertama
      2. SPB, nama hotel, periode stay
      3. Moscow, nama hotel, periode stay yg kedua

      Suka

  4. andrian berkata:

    Hai mas nelwin,
    saya punya beberapa pertanyaan mengenai proses visa rusia:
    1. kalo saya masuk dari rusia dari negara schengen apakah proses pengajuan visa rusia sama saja?
    2. apa yang dimaksud dengan double entry? krn saya berencana masuk ke rusia dari negara schengen dan keluar rusia dari st. petersburg ke negara schengen juga.
    3. maksudnya harus registrasi waktu sampai dirusia?

    terimakasih atas jawaban nya mas…

    Suka

    1. Hi Andrian..
      1. Sama saja.. jika tiket pesawat anda dari jakarta ke negara schengen. Maka tiket ke negara schengen itu harus dilampirkan saat apply visa Rusia, plus tiket masuk Rusia dari negara Schengen nya juga harus dilampirkan. (Tiket pesawat, kereta atau bus)
      2. Double entry visa jika anda memasuki wilayah Russia dua kali. Misalnya flight anda dari Jakarta langsung ke Moscow PP. Dari moscow anda ke Finland, saat anda harus kembali ke moscow dari Finland anda perlu visa Rusia lagi. Karenanya perlu double entry visa.
      Kalau dari penjelasan anda diatas, cukup single entry visa yang Russianya.
      Tapi visa schengen anda harus yang multiple entry.
      3. Rusia mewajibkan turis melakukan registrasi di kepolisian dan otoritas setempat. Jika anda menginap di hotel, pihak hotel yang akan melakukan registrasi. Jika anda menginap dirumah kerabat, anda perlu registrasi sendiri ke kepolisian setempat. Mirip2 tamu 1×24 jam wajib lapor di banyak tempat di Indonesia.

      Suka

  5. Santi berkata:

    Hello mas nelwin (moga2 tidak slh ya)
    Sy rencana ke moscow dan st peterburgh ke moscow lg. Sy kira2 pake 2 hotel. Nah yg sy mau tnykan sy minta visa support letter nya 1 hotel aja atau smua hotel yg sy stay? Krn sy stay dia 2 hotel berbeda. Apakah bole cm 1 hotel aja yg sy lampirkan vissa support letternya.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Hi Santi..
      Pengalaman teman2 yang mengurus visa dalam beberapa bulan terakhir, kedutaan Russia hanya menerima 1 visa support letter yang memuat semua hotel yang akan kita stay.
      Jadi anda perlu buat visa support dari travel agents yang berwenang mengeluarkan visa support letter.

      Suka

      1. Santi berkata:

        Sy ada coba email ke slh satu hotel yg sy akan nginep itu namanya nevsky grand hotel dia suruh sy ke website yg di sediakan dan byr 25 euro. Nah sy pkr klo 1 aja cukup di hotel itu jd sy ga perlu yg hotel 1 lg. Or sy ke website saran bapak yg http://www.destinationrussia.com yg ada di atas?

        Suka

        1. Iya..
          Kalau ngurus visa support letter nya ke hotel, dia hanya mau kasih sesuai jadwal anda tinggal di hotel tsb, jadi kalau stay di 3 hotel berbeda.. harus buat 3 visa support letter.. nah ini kedutaan rusia gak lagi menerima visa support letter terpisah2..

          Selain dari website yang saya sarankan, beberapa teman ada yg urus lewat stpetersburg.com.. katanya sih bisa free visa support letter untuk keseluruhan stay.. asal booking hotel2nya lewat portal dia..

          Suka

          1. Santi berkata:

            Wah booking hotel sdh sy lakukan bahkan smua sdh di byrkan pak. Jd sy coba lewat portal yg bapak sarankan ya. Thanks for the info bnr2 detail πŸ™

            Suka

    2. steven kefi berkata:

      halloowww kak Santi…
      mau ke moacow n st.peter jg ya.?? sama donk…πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
      kak..mau nanya…

      sdh dpt hotel kah di moscow n st.peter ..????

      Suka

      1. Santi berkata:

        Sory br bls. Ya sdh dpt hotel nya. Sy beli hotel sdh lama sekali dr thn lalu sy beli nya πŸ˜€πŸ˜€

        Suka

  6. Nana berkata:

    Halo mas nelwin, mau tanya
    Kalo di visa rusia emang tidak ada fotonya ya? Ga kaya visa yang lain? Hehe
    Aku baru dapet visanya nih, kata orang kedutaan semuanya udah secara elektronik jadi ga ada fotonya lagi. Tapi tetep aja takut..

    Suka

    1. Hi Nana..
      Iya.. memang tanpa foto sticker visanya..
      No problem untuk in and out Russia..

      Suka

    2. styven berkata:

      halloo kak Nana…. selamat y sdh diterima visanya…πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      oia..sekalian mau tnya kak..

      sy sdh tlpn ke travellerpalacehostel …dan msh ad kendala saat melakukan pembayarn tetapi tdk di izinkan…

      oia…kak Nana…

      klo ga keberatan , apkah bs di share kah pengalaman mngurus visa rusianya.?

      mgkin bs tambah refrensi bagi yg lainnya..

      terima kasih bnyk ya kak Nana…☺☺

      Disukai oleh 1 orang

  7. Nana berkata:

    Okay makasih ka nelwin πŸ™πŸ»
    Hi styven.. jadinya ke travellerpalace? Sama ko aku juga di situ, malah aku ga telepon sih mahal! chat aja lewat fb. oh emang kemarin juga aku pembayaran nunggu sekitar 2 minggu karena mereka ada kendala sama bank nya katanya memang susah narik uang kalo dari luar negri, tapi mereka bantu banget ko dan sabar banget balesin chat”nya.
    Tips nya? Baca komen di blog ini dari atas sampe bawah.. semua ada di situ kok, ikutin persyaratan nya..
    oh iya kemarin pas ngajuin visa ada bapa bapa yg di tolak karena ga ada lampiran polis asuransi, untung aku udah beli polis asuransi jadi aman :)) kebayang harus bulak balik ke jakarta kalo sampe di suruh pulang.. btw aku dr luar kota. Buat asuransi yang penting bisa ngecover di rusia, aku ga ngerti macem” dan merk asuransi yang mana aku minta tmn di travel agent sih buat beliin polis jadi ga ngerti apa apa ttg asuransi hehehe

    Suka

    1. steven kefi berkata:

      ia pembayarannya masih bermasalah ni kak Nana…
      mungkin harus di coba terus..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      makasi bnyk ya utk informasinya . . .

      ditunggu ceritanya stelah kembali dr rusia..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Suka

    2. Hi Nana..
      Thanks updatenya..
      Jadi sekarang kedutaan Russia Jakarta minta asuransi ya..? Baru denger nih.. kemarin2 sih pada nggak pake asuransi..

      Suka

    3. steven kefi berkata:

      Halooo..Kak Nana… maaf mau nanya lg ni…

      kak Nana bayar traveller hotelnya pke CC sndri atw CC teman Kak…?
      sy mau bayarnya pke CC teman..otomatis nama kartu n nama yg nginap bedakan…
      nah kli kayak gini di invoice hotelnya atas nama yg nginap atau atas nama sesuai CC..??
      boleh lht contoh invoice hotelnya kak Nana dr traveller palace kah..?? thank you Kak

      email : kefieven@gmail.com

      Suka

  8. Inesu berkata:

    Hello all, saya baru apply tanggal 9 Feb 2018, visa udah diambil tanggal 22 Feb 2018, tidak dimintain asuransi. Tagihan cc juga dibalikin karena pakai visa support dari Bronevik. Kata Ibunya, Bronevik terpercaya jadi dokumen dari hostel sudah cukup. Kebetulan semua saya ceritakan di blog saya.. semoga membantu teman-teman. https://mochinesu.blogspot.co.id/2018/02/apply-visa-rusia.html

    Suka

  9. muhammad nasrozi berkata:

    wahhh selamat berbahagia untuk yg sudah di approved visanya .. semoga destination nya lancar .. kebetulan invitation letter sy baru turun tdi sore dari immigrations russia, karena teman sy bersedia untuk mengurusinya :)) semoga diberi kelancaran nanti saat apply untuk pengajuan perjalanan saya ke rusia 1 bulan dibulan May.. Amin

    Suka

  10. steven kefi berkata:

    selamat pagi Mas Nelwin….

    mau nanya…

    untuk penginapan di moscow chek in tnggal 28 & chek out tnggal 2 juli… nah trs sy melanjutkan perjalanan berikut ke st.peters…

    sy sdh memesan tiket pesawat yg terbangnya tnggal 2 juli pukul 20.30… dan sampai sana itu pukul 00.05 atau tanggal 3 dini hari…

    kalo untuk kasus sperti ini sy pesan hotel di st.peter bgman Mas…?
    otomatis tnggal 2 itu sy tdk bermalam di hotel….karena berada di bandara utk penerbangan ke st.peter..
    apakah tanggal 2 juli sy tdk perlu memesan hotel..?? ataukah dipesan sj ..???
    mohon penjelasan Mas Nelwin… thank you

    Suka

    1. Hi Steven..
      Untuk tanggal 2 nya sebaiknya tetap pesan hotel di st petersburg.. toh kalaupun sampainya lewat tengaj malam, sudah tanggal 3 dini hari, anda tetap perlu tempat menginap kan..?
      kalau ada akomodasi yang tidak lengkap khawatir di kedutaan malah di pertanyakan..
      Lain hal misalnya dari moscow ke st peter anda naik kereta malam.. kan sampai st peter nya sudah jam 6 pagi, anda bisa berikan bukti reservasi kereta malam sebagai pengganti akomodasi di malam tersebut.

      Suka

      1. steven kefi berkata:

        ok Mas nelwin… makasi bnyk ya…

        oia 1 lg mas…. klo pesan kereta itu lewat situs ap Mas????

        Suka

        1. Situs resmi kereta rusia di http://www.rzd.ru
          Navigasinya agak sulit karena bahasanya campur2 Inggris dan rusia.. rajin2 aja google translate..

          Suka

  11. Tinkerbell berkata:

    Halo Mas Nelwin,
    Mohon dibantu informasinya…mungkin ada yang punya pengalaman dan informasi.

    1. Sudah lakukan booking hotel dan ada receipt dengan stempel dan informasi “paid”. Apakah ini bisa dianggap sebagai “invoice”?

    2. Hotel info kalau memberikan support visa letter sesuai tanggal tinggal. Tapi karena saya ambil overnight train dari Moskow ke St Petersburg.
    Apakah dengan demikian masih perlu buat visa support letter dari website bronevik atau website lain?

    Thanks ya…semoga mendapat pencerahan.

    Suka

    1. Hi Tinkerbell,
      1. Cerita dari teman2 yang mengurus visa dalam 6 bulan terakhir, yang diminta kedutaan Russia adalah bukti pembayaran akomodasi yang berupa print out electronic receipt dari mesin EDC.
      Mungkin receipt anda bisa termasuk yang di gunakan untuk bukti pembayaran.
      2. Jika anda menginap di beberapa hotel berbeda dan masing2 hotel memberikan visa support letter, kedutaan Russia di Jakarta tidak menerima support letter yang terpisah-pisah. Anda akan diminta membuat 1 saja visa support letter dari travel agent yang terdaftar. Visa support letter dari Bronevik atau destintionrussia dapat anda gunakan.

      Salam ya buat Peter Pan.. πŸ˜‰

      Suka

      1. Tinkerbell berkata:

        Thanks ya..semoga segera beres perurusan visa ini.

        Suka

  12. steven kefi berkata:

    Terima Kasih Mas Nelwin….

    masih mau nanya lg ni mas… maaf y mas…

    Mas Nelwisy bayar hotelnya pke kartu kredit saudara…

    apakah klo sperti ini tidak menjadi masalah.?? bayar pke CC atas nama lain dan di invoice hotel atas nama lain.???

    Suka

    1. Nggak masalah bro Steven..
      Kadang2 pihak hotel akan konfirmasi ulang ke pemiliknya CC until memastikan tidak Ada fraud

      Suka

      1. steven kefi berkata:

        klo pke CC atas nama lain utk bayar ke bronevik tdk bermasalah kah mas???

        dan apkh kedutaan jg bs menerima sperti itu ???

        Suka

        1. selama proses verifikasi lancar, mustinya nggak massalah.
          Umumnya kalo bayar online pake CC. kan penerbit CC nya kirim one time pin (OTP) ke HP pemilik CC, untuk dimasukkan OTP nya ke sistem pembayaran hotel. Selama OTP nya confirmed, artinya pe,ilik CC mengetahui kalau kartu kreditnya diapaki untuk membayar pesanan hotel anda. Should be no problem..
          Kedutaan gak pernah nanya bayar2 pake CC siapa, bagi mereka yang penting ada bukti bayar hotel.

          Suka

          1. steven kefi berkata:

            makasi Mas Nelwin utk jawabanya

            sekali lg maaf Mas… mau nanya lg ni…

            klo seperti ini biasanya di invoice hotel atas nama yg nginap atw pemilik CC..???

            Oia… Mas…pernah ad pengalaman yg sperti ini.?

            Suka

          2. Kalau untuk russia belum ada pengalaman..
            Tapi kalo untuk booking.com atau agoda.. saya bbrp kali pesankan hotel untuk istri atau anak saya.. pake cc saya sementara saya gak ikut pergi..
            Selama ini nggak pernah masalah

            Suka

          3. steven kefi berkata:

            Klo sperti itu cara pesannya bgmna Mas..??
            pake akun booking.com teman trs pilih opsi “pesan buat orang”

            gt kah Mas..?

            Suka

          4. Di menu pesanan booking.com ada opsi booking for someone else

            Suka

  13. burhan berkata:

    untuk visa support tanggal keberangkatan dan kedatangan harus sesuai sama ticket pesawatnya nya kah atau sesuai chek in out dari hostel?

    Suka

    1. Hi Burhan..
      Iya, saat ajukan visa support tanggal kedatangan dan keberangkatan sama dengan tiket pesawat..

      Suka

  14. Pingkan Warouw berkata:

    Halo Mas,

    Terima kasih infonya. Sangat berguna bagi saya yang kebetulan berencana untuk liburan ke Rusia. Sebenarnya sih ikut paket travel, hanya saja di paket tersebut tidak termasuk pengurusan visa. Jadi saya harus mengurus sendiri. Pertanyaan saya, apakah saat visa di-approve, proses pengambilan paspornya bisa diwakilkan oleh teman/kerabat saya? Soalnya saya tidak berdomisili di Jakarta. Atau apakah kedutaan Rusia menyediakan jasa pengiriman paspor/visa ke alamat applicant?

    Terima kasih sebelumnya.

    Suka

    1. Hi Pingkan..
      Pengurusan dan pengambilan paspor bisa diwakilkan..

      Suka

      1. PINGKAN WAROUW berkata:

        Halo Mas,

        Makasih jawabannya. Pertanyaan lagi mas, maksudnya pengurusan bisa diwakilkan bagaimana? Maksudnya saat submit visa ke kedutaan (yang bawa aplikasinya) bisa diwakilkan?

        Suka

        1. Hi Pingkan,
          Iya, bisa diwakilkan orang lain saat submit aplikasi dan pengambilan paspor.
          Cukup banyak saya lihat yang diuruskan oleh travel agent.

          Suka

  15. lea kusuma berkata:

    Halo Mas… Mau tanya di rusia nginep di hotel,hostel, ato apartement? Register Visa nya bagaimana jika nginep di apartement?karena saya rencana akan book via airbnb. Yang jadi pertanyaan gimana register visa nya?

    Makasih banyak
    LK

    Suka

    1. Hi Lea..
      Saya waktu itu nginep di hotel.
      Kalau anda nginep di apartment, visa registration dilakukan di kantor polisi terdekat..

      Suka

  16. andrian berkata:

    halo mas nelwin,
    mau nanya lagi mengenai visa support:
    1. web yg disarankan mas nelwin cara bayarnya bisa pakai CC ya?
    2. setelah mengurus visa support baru bisa mengajukan visa ke kedutaan ya?
    3. mengenai invoice hotel, bagaimana cara mendaptkan invoice hotel kalau pesan via booking dot com?

    Atas jawaban mas nelwin saya haturkan terimakasih.

    Suka

    1. Hi Andrian..
      1. iya bisa pake CC
      2. Betul, karena di formulir aplikasi visa diminta nomor visa support letter
      3. Kontak langsung hiteknya via email. tapi banyak yang gak bisa kasih invoice kalo yg di booking dot com.

      Suka

  17. Ahmad berkata:

    Apakah ada uang yang diperlihatkan di kedutaan RUSSIA untuk visa

    Suka

    1. Hi Ahmad,
      saat saya mengajukan aplikasi visa, tidak diminta bukti rekening bank.
      Uang yang diperlihatkan hanya untuk pembayaran biaya aplikasi visa saja.. πŸ™‚

      Suka

  18. Andijeep berkata:

    Malam om
    Mau nanya visa support letter itu hnya untuk Satu org atau bs bust keluarga??

    Suka

    1. Hi Andi..
      Satu orang satu visa support letter.

      Suka

  19. tryz berkata:

    Halo selamat siang mas..

    Mau tanya, Kan saya posisi di surabaya, disini belum ada kedutaan rusia, saat mengajukan visa di kedutaan itu harus langsung ke kedutaan rusia di jakarta kan ya mas? atau ada opsi online mas?

    makasii πŸ™‚

    Suka

    1. Hi tryz,
      Untuk saat ini belum bisa full online. Masih harusa menyerahkan paspor di kedutaan Rusia. Tapi bisa diwakilkan.

      Suka

      1. tryz berkata:

        hmm gitu.. oke mas. lalu misalkan begini, saya tidak memesan hotel disana, tetapi teman saya disana ada apartemen, apakah saya bisa tinggal dirumah teman saya tersebut? karna juga nanti teman saya yang bikinin support letternya (kalau bisa juga).

        jadi ini wajib booking hotel atau bisa tinggal di apartemen teman saya?

        trims πŸ™‚

        Suka

        1. Kalau tinggal di apartemen teman, minta temannya yang mengurus visa support letternya di imigrasi rusia.
          Saya baca2, prosesnya sekitar 2 minggu.

          Suka

          1. TRYZ berkata:

            oke mas, oiya sama mau tanya, visa liburan maksimal berapa hari tinggal ya disana?

            Suka

          2. Hi Tryz,
            Kedutaan rusia biasanya memberikan visa sesuai tiket pesawat.
            Tidak lebih satu haripun

            Suka

  20. steven kefi berkata:

    Haloo Mas Nelwin.. Jumpa lg Mas..πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜„

    Mas…. Sy sdh dpt tiket fifa untuk menonton pertandingan piala dunia di russia nnt…

    Nah setelah itu smentara utk proses pembuatan fan.id..

    Klo sdh ad fan.id apakah itu sdh termasuk visa ka?? Bisa masuk russia tanpa visa.. Gt kah mas??

    Suka

    1. Hi Steven..
      Fan.id memberikan akses bebas visa selama piala dunia Russia.

      Tapi setahu saya, beli tiketnya misti dari situs fan.id
      Saya belum tahu apakah bisa kalo beli tiket duluan dari tempat lain lalu urus fan.id
      Kalo bisa bagi2 info ya

      Suka

      1. steven kefi berkata:

        oia mas… Sy bli tiket lgsg dr fifa mas .. Situs resmi fifa mas. Ini sementara proses mengurus fan.id mas .. Moga aj bebas visa..biar tdk usa repot2 ngurus visa lg.. πŸ˜€πŸ˜ŠπŸ˜„

        Suka

        1. Oh kalo resmi dari fifa mustinya dapet fan.id nya.. enjoy world cup!

          Suka

        2. andrian berkata:

          halo steven, saya juga rencana nya mau nonton piala dunia di rusia. mau nya 2 tiket tapi hanya dapat satu tiket beli lewat fifa.com dan satu lagi lewat viagogo.com.. bagi2 info dong cara bikin fan.id? emang nya kalo udah bikin fan.id gak peru urus visa lagi?

          Suka

  21. Stephanie Kalyana berkata:

    Halo Mas Nelwin, perkenalkan saya Alya terimakasih infonya sangat sangat membantu πŸ™πŸ»
    Tapi ada yg ingin saya tanyakan, jadi saya sudah pesan hotel di St. Petersburg dan sudah issued, namun ternyata di keterangannya saya memilih pembayran hotel di sana ( jd blm di potong di CC saya)
    Apakah saya bisa tetap ajukan visa support dari destinationrussia.com ?
    Terimakasih πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

    Suka

    1. Hi Stephanie,
      Dedtinationrussia tetap bisa memberikan visa support letternya, tapi yang jadi masalah kedutaan russia di jakarta.. mereka seringkali meminta bukti hotel sudah dibayar penuh. Beberapa teman sharing pengalamannya disini, diminta bukti pembayaran hotel

      Suka

      1. Stephanie Kalyana berkata:

        OOhh oke, terimakasih mas.. oya mas kalo pesen hotel di rusia yg langsung fully paid dan bisa dapat reciept kira2 dimana yaa? Soalnya takut salah lg huhuhuhuhu, makasih mas😊

        Suka

        1. Kalo di Moscow, hotel yang saya gunakan, Izmailovo Beta, bisa.
          Coba aja email dulu hotel yg anda minat.

          Suka

        2. steven kefi berkata:

          hallooww mba.. klo di moscow coba cari di booking.com nama hotelnya Travel Inn Aviamotornaya…dan di st.petersburg cari hitel Traveller palace hotel…
          Smoga sukses ya…πŸ˜€πŸ˜ŠπŸ˜Š

          Suka

          1. andrian berkata:

            mas steven, hotel yg dipesan itu bisa kasih invoce kah?

            Suka

  22. Agung kuncoeo berkata:

    Maaf saya mohon info, saya akan ke rusia bersama dg 2 anak saya, booking hotel atas nama saya 1 kamar bertiga, apakah bisa dipakai sbg lampiran memohon visa ( konfirm hotel 1 nama dipakai apply visa / visa suport letter untuk 3 nama )

    Suka

    1. Hi Agung..
      Bisa, tidak masalah.
      Saya 1 bookingan hotel utk urus visa support 2 orang, saya dan istri.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s