Mengurus Visa Rusia

Berdasarkan pengalaman saya, mengurus visa Rusia untuk pemegang paspor Indonesia itu susah-susah gampang.. πŸ˜€ banyak informasi tersedia di Internet, tapi ternyata banyak juga informasinya yang sudah tidak valid. Kali ini saya mau berbagi pengalaman dan tips mengurus Visa Rusia, yang telah saya peroleh pada 10 Februari 2017. Berikut langkah-langkahnya:

1.Pesan Tiket Pesawat.

Idealnya, tiket sudah di terbitkan (sudah dibayar) saat kita mengajukan permohonan visa. Meskipun demikian, beberapa travel blogger menceritakan mereka berhasil mendapatkan visa Rusia meskipun tiket pesawatnya baru reservasi (belum dibayar). Tiket pesawat tidak harus dari Indonesia ke Rusia, bisa juga anda memasuki Rusia dari negara tetangga lewat darat, pastikan reservasi/tiket p.p ke negara tetangga tersebut sudah anda dapatkan, plus reservasi kereta atau bus atau ferry menuju Rusia.  Saya sudah membeli tiket Jakarta-Moscow p.p pada bulan Oktober 2016 lalu, dengan maskapai Thai Airways (dapat tarif promo Rp 5,2 juta p.p).

2. Pesan Hotel/Akomodasi

Pesanan hotel untuk akomodasi selama anda berada di Rusia. Bisa dengan pesanan yang dapat dibatalkan (cancellable), ataupun yang sudah bayar dimuka. Saya awalnya melakukan reservasi di booking.com yang cancellable, tapi akhirnya sebagian saya bayar dimuka. Ceritanya ada di poin berikut

3. Urus Visa Support Letter

Ini proses yang membuat saya banyak belajar. Visa support letter ini wajib anda dapatkan sebelum mengajukan permohonan visa di kedutaan Rusia. Visa support letter bisa di keluarkan oleh beberapa pihak, antara lain institusi yang mengundang anda ke Rusia (jika tujuan anda ke Rusia untuk bisnis atau seminar/training), perorangan (jika anda mengunjungi kerabat di Rusia), hotel atau travel agent, jika tujuan anda untuk berwisata.

Saya punya teman kuliah warga negara Rusia, saat saya kontak dia untuk prosedur mendapatkan Visa Support letter, dia bilang dia bisa membuat surat tersebut untuk saya, namun kalau dari perorangan, surat yang dia buat musti dia laporkan dan di setujui otoritas imigrasi disana, prosesnya mungkin sekitar 2 minggu. Karena tidak mau merepotkan teman, saya memilih untuk mengurus Visa Support Letter sendiri.

Setelah saya browsing, hotel yang saya booking di Moscow (Izmailovo Beta Hotel) dapat mengeluarkan Visa Support letter ini. Tawaran ini tentu menarik untuk menghemat biaya, saya lalu email mereka, memberi tahu bahwa saya sudah book hotel di tempat mereka, dan meminta bantuan Visa support letter. Tak lama email saya dibalas, mereka menginformasikan bahwa visa support letter bisa mereka berikan kalau pesanan hotel sudah dibayar dimuka. Saya kemudian membatalkan pesanan saya di booking.com dan melakukan reservasi langsung di website mereka dengan pembayaran dimuka. Setelah itu saya email lagi ke hotel, melampirkan konfirmasi pembayaran hotel, serta detail paspor saya dan istri serta tanggal kedatangan dan kepulangan. Beberapa jam kemudian email saya dibalas, ternyata oh ternyata… hotel tersebut tidak bisa membuat visa support letter untuk warga negara Indonesia, saya di persilakan mengurus melalui travel agent. Duh, berasa di kerjain saya πŸ˜€ Tapi setelah saya pikir-pikir, salah saya juga tidak menginformasikan dari awal kalau saya pemegang paspor Indonesia. Tidak apalah, toh memang saya akan tinggal di hotel tersebut. Hanya saja jadi terpaksa bayar dimuka, seharusnya bisa bayar belakangan.

destinationrussia

Saya kemudian mencari informasi beberapa travel agent yang bisa menerbitkan Visa support letter ini, dari beberapa rekomendasi di travel blog, saya dapatkan beberapa referensi, antara lain http://www.expresstorussia.com, setelah saya cek di situsnya, ternyata sejak 2016 tidak lagi melayani paspor Indonesia. Kemudian http://www.waytorussia.net, juga tidak melayani paspor Indonesia. Lalu ada yang melayani paspor Indonesia, http://www.visatorussia.com, tapi sayang di situsnya tidak bisa meminta support letter untuk double entry (saya perlu double entry karena juga akan ke negara lain). Ada lagi http://www.myrussianvisa.com yang menawarkan jasa Visa support letter dengan tarif 25 euro, tapi setelah saya apply, mereka membalas untuk paspor Indonesia tarifnya 100 euro. Nggak jadi deh disitu. Kemudian nemu situs http://www.ivisaonline.com, bisa untuk paspor Indonesia dengan tarif USD 67, hampir saja saya order disini, lalu terpikir untuk bertanya di komunitas facebook, backpacker international, dapatlah saran untuk mencoba http://www.destinationrussia.com.

Saya cek ke situsnya, bisa untuk paspor Indonesia, dan biayanya hanya USD 25 untuk Visa Support double entry yang dikirim dalam 48 jam. Kalau mau yang instant, tarifnya naik 50%. Karena tidak terburu-buru, saya memilih yang 48 hours service. Saat mengisi aplikasi visa support letter secara online ini, kita wajib mengisi informasi hotel tempat kita menginap, lengkap dengan alamat dan telepon. Juga tanggal berapa jawal kedatangan dan kepulangan kita dari Rusia. Setelah saya isi lengkap, tanggal 24 Januari malam saya bayar pesanan visa support letter pakai kartu kredit, besok sorenya visa support letter tersebut sudah dikirimkan ke email saya. Phew, lewat sudah satu proses yang lumayan bikin pusing πŸ˜›

wp-image-959595469jpg

4. Mengisi aplikasi Visa

Formulir aplikasi visa Rusia bisa diperoleh di kedutaan Rusia, Jl. Rasuna Said Jakarta. Bisa juga mengunduh formulir dari situs kedutaan Rusia di Indonesia (http://indonesia.mid.ru/web/indonesia_en/visa-to-russia). Tapi entah kenapa, saya tidak pernah berhasil mengunduh file tersebut. Akhirnya saya cari informasi lain, dan ternyata kita bisa mengisi aplikasi secara online di situs  kementrian luar negeri Rusia (https://visa.kdmid.ru/PetitionChoice.aspx).

onlineapplication

Saya mengisi online di situs itu, data yang harus di isi relatif standar dan tidak terlalu banyak pertanyaannya, hanya 2 halaman. Namun salah satu bagian yang harus di isi adalah nama, alamat dan nomor registrasi travel agent yang menerbitkan Visa Support letter dan nomor referensi visa support letter yang diberikan. Karenanya, jika belum mendapatkan visa support letter tersebut, kita tidak bisa mengisi aplikasi visa secara lengkap. Setelah semua kolom isian saya lengkapi, saya print aplikasi tersebut untuk saya ajukan ke kedutaan Rusia di Jakarta.
5. Mengajukan aplikasi Visa di Kedutaan

Saya kemudian cek website kedutaan Rusia, dokumen apa saja yang diperlukan untuk mengajukan aplikasi visa Rusia. ternyata sayaratnya tidak banyak, yaitu:

  1. Formulir aplikasi visa yang telah di isi lengkap
  2. Paspor asli dan foto kopi nya (minimal berlaku 6 bulan)
  3. 2 pasfoto berwarna ukuran 3×4 dengan latar putih
  4. Visa support letter
  5. Tiket (pesawat/bus/kereta) masuk dan keluar Rusia

Syaratnya hanya itu saja, namun saya juga menambahkan print out bookingan hotel yang sudah saya bayar dimuka, untuk informasi tambahan. Kedutaan Rusia tidak meminta dokumen yang biasanya di syaratkan kedutaan lain seperti asuransi perjalanan, rekening bank, surat keterangan kerja, kartu keluarga dan lainnya. Relatif mudah persyaratan nya.

wp-image-688758262jpg

 

Saya mengajukan aplikasi visa tanggal 27 Januari ke kedutaan Rusia di Jl. HR Rasuna Said. Perlu diperhatikan kedutaan Rusia tidak menyediakan parkir untuk tamu konsuler. Saya parkir di gedung Kementrian Koperasi & UKM di sebelahnya πŸ˜› Di bagian konsuler, saya ditanya apakah perlu layanan ekspres atau standar. Layanan ekspres selesai dalam 1-3 hari kerja, sedangkan layanan standar selesai dalam 4-20 hari kerja, tapi di informasikan rata-rata selesai 10 hari kerja. Saya memilih layanan normal, untuk double entry biaya visa nya USD 100 (kalau anda hanya perlu single entry biaya USD 70). Kalau layanan ekspres biayanya dua kali lipat. Sebaiknya anda membawa uang tunai US Dollar, karena kalau bayar dengan Rupiah, kurs nya di patok Rp 14.000 per dollar. Setelah dokumen dan paspor saya di cek, bayar biaya visa, saya di berikan kuitansi dengan tanggal pengambilan paspor pada tanggal 10 Februari 2017, berarti proses 10 hari kerja.
Jumat pagi tanggal 10 Februari, saya datang kembali ke kedutaan Rusia untuk mengambil paspor saya dan istri. Setelah menyerahkan kuitansi ke petugas, tidak sampai 3 menit paspor saya dan istri diserahkan, dengan visa Rusia di dalamnya.. cihuuy..! πŸ˜€ saya kemudian diminta untuk mengecek nama dan tanggal berlaku visa, setelah saya cek semua sesuai dengan aplikasi yang saya ajukan.. Moscow Calling..! πŸ˜‰

Info tambahan, jika anda memasuki Rusia dengan naik kapal laut dari Finland atau Swedia melalui kota St. Petersburg, anda bisa masuk Rusia tanpa visa untuk maksimum 48 jam, tapi terbatas hanya di kota St. Petersburg saja, dan harus di dampingi travel agent lokal.

UPDATE MEI 2017

Per Maret 2017, beberapa rekan saya yang mengajukan visa Russia diminta melampirkan bukti pesanan hotel yang telah dibayar dimuka. Ada yang sampai bolak balik untuk memenuhi syarat tambahan ini.

Tapi setidaknya dua rekan lain yang mengajukan visa Russia di akhir April 2017, tidak diminta bukti pesanan hotel sama sekali. Kesimpulan sementata, persyaratan bukti pesanan hotel yang dibayar dimuka ini belum tentu dikenakan kepada seluruh pengajuan. 

Namun tentunya lebih lengkap dokumen anda lebih baik.

106 Comments Add yours

  1. Lisa berkata:

    Halo..thanks infonya. Blh tanya apakah visa bs diwakilkan shg tdk usah dtg? Apakah blh minta visanya skrg utk keberangkatan 4 bln lg?

    Disukai oleh 1 orang

    1. Hi Lisa,
      Pengalaman saya boleh.. saya urus visa saya dan istri, istri saya tidak datang sama sekali ke kedutaan. Saat saya mengurus visa disana juga ada beberapa pegawai travel agent yang mengurus visa buat pelanggan mereka.
      Biasanya visa mulai bisa diajukan 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan.

      Suka

  2. Titin berkata:

    Saya mo nanya, itu hotelnya harus sudah bayar di muka semua dan harus dimasukkan dalam visa support semua ya? Misal kita tinggal di bbrp kota semuanya harus dilaporkan waktu mo buat visa supportnya ya mas, bingung nih soalnya.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Hi Titin,
      Kemarin waktu apply visa support letter, Saya sudah bayar dimuka sebagian.
      Yang untuk moscow saya sudah bayar, yang di St. Petersburg baru booking aja, belum dibayar.
      Sebaiknya sebagian hotel sudah ada yang dibayar dimuka. Seorang teman cerita ke saya, semua bookingan hotel dia belum dibayar, aplikasinya di kembalikan kedutaan.. diminta bayar hotel dimuka terlebih dahulu..

      Suka

      1. Titin berkata:

        Ok. Makasih infonya ya. Membantu banget update nya.

        Disukai oleh 1 orang

  3. indri anastasia berkata:

    halo, untuk visa support hanya dibutuhkan 1 saja atau bagaiamna? sya berencanan ke moskow di apartemen teman saya disana, lalu kami ke petersburg menginap di hotel. Visa support yang harus saya urus yang ke petersburg atau yg moskow atau keduanya ya? thanks

    Disukai oleh 1 orang

    1. Hi Indri.. kalau visa support nya dari travel agent, cukup 1 untuk seluruh periode kunjungan di Rusia.. kalau visa support dari hotel, umumnya mereka hanya kasih visa support selama kita stay di hotel mereka.. kalau pindah2 hotel ya harus minta visa support letter dari masing2 hotel.. visa support dari hotel tidak semua gratis, ada yang bayar juga..
      Kalau mau simple, urus dari travel agent aja, cukup 1..

      Suka

  4. indri anastasia berkata:

    thankyou mas nelwin πŸ˜€

    Disukai oleh 1 orang

  5. Ibu berkata:

    Hi.. mau tanya kl kita ke rusia kemudian lanjut eropa jalur darat, ngurus visa schangen nya bgmn ( bukti tiketnya ), thanks

    Disukai oleh 1 orang

    1. Halo Ibu,
      saya juga dari Rusia lanjut ke Eropa, tapi kebetulan saya naik pesawat.
      Saat apply visa Schengen dilampirkan bookingan pesawat / bus //kereta dari Rusia ke negara Schengen nya..

      Suka

  6. Jordan berkata:

    Hi Nelwin,
    Akhirnya menemukan proses aplikasi visa Rusia yang paling baru.
    Saya mau nanya mengenai asuransi. Pada saat saya mengisi formulir online, ada pertanyaan bahwa apakah saya mempunyai asuransi yang berlaku di Rusia, nah kalau saya lihat2 dari pengalaman asuransi tidak required, berarti di form ini saya bisa kasih jawaban β€œno” tidak masalah khan?
    Terima kasih!

    Suka

    1. Hi Jordan..
      Memang tidak wajib punya asuransi.. saya jawabnya No.. dan tidak ada masalah di kedutaan Rusia..

      Suka

  7. Joko Ngalimanto berkata:

    Hi Mas Nelwin,

    Thanks untuk info detail dan terbaru untuk visa rusianya. Hotel Izmailovo Beta enak ya mas? Lokasinya dekat dengan metro station?
    Kelihatannya sekarang untuk ngajuin visa rusia memang harus dibayar didepan semua hotelnya, info dari web sebelah sih…

    Suka

    1. Hotelnya lokasi agak jauh dari pusat kota seperti Kremlin.. tapi bisa dijangkau dengan metro, 5 stasiun saja dari Kremlin. Dari stasiun ke hotel hanya 150 meter. Hotelnya cukup bagus, bintang 3. Tapi ada beberapa lantai yang belum di renovasi. Pertama saya kedana, dapat di lantai 18.. kamarnya terlihat tua.. tv tabung, furniture tua, kamar mandi lantai retak.. tap di kunjungan ke 2 sekembali dari St. Petersburg, dapat kamar di lantai 9, sudah modern.. tv lcd, furniture modern, kamar mandi juga bagus.. Hotel ini sebelahan sama kompleks little Kremlin dan pasar Izmailovsky.. pusat belanja souvenir murah

      Suka

      1. Joko Ngalimanto berkata:

        Thanks mas Nelwin untuk info lengkapnya.
        Oya mas Nelwin juga langsung sambung ke Eropa kan? Eropa kemana saja mas? Saya juga rencana dari Russia mau ke Finland, Sweden dan Norway cuman masih bingung rutenya bagaimana soalnya flight balik ke Indonesianya juga dari Moscow
        Untuk visa schengennya berarti saya harus mencantumkan semua tiket pesawat/kereta/ferry selama saya di schengen? apakah tiket2 tersebut bisa di cancel mas? Mengingat itinerary saya juga masih belum fix?

        Thanks

        Suka

      2. Saya kemarin dari Moscow naik pesawat ke Athens, Greece lalu naik pesawat ke Sofia, Bulgaria. Disitu sewa mobil untuk keliling 8 negara Balkans (Bulgaria, Romania, Serbia, Bosnia, Montenegro, Albania, Kosovo dan Macedonia). Kemudian naik pesawat lagi ke Oslo. Dari situ naik kereta ke stockholm, naik kapal ke Helsinki dan masuk rusia lagi dari Helsinki naik kereta ke St Petersburg.

        Saat mengajukan visa schengen, tiket2 pesawat, kereta, kapal dan bookingan hotel harus dilampirkan semuanya. Ada yg kurang 1 hari aja aplikasi akan dikembalikan.

        Saya mensiasatinya dengan mensecure tiket masuk dan keluar schengen saja. Akomodasi hotel pesan yang bisa dibatalkan. Setelah visa dapat dan mendekati tanggal berangkat, baru saya book tiket2 kereta dan kapal, kemudian re-book hotel yang sesuai itin final, yang bookingan sebelum2nya saya cancel semua 😊

        Suka

      3. Joko Ngalimanto berkata:

        Mantap mas sampai ke Balkans countries, saya rencana dari moscow ke st petersburg trus masuk ke scandinavian countrie (finland, sweden dan norway) kemudian pulangnya balik ke moscow. Untuk secure tiketnya utk in dan out schengen itu maksudnya issued and paid ya mas? Atau cuman booking confirmation saja? Cara untuk booking tiket saja bayar kemudian bagaimana mas?

        Thanks infonya

        Suka

      4. Saya juga kemarin dari Sofia lanjut ke Oslo naik KLM, lalu dari oslo naik kereta ke Stockholm, sambung kapal laut ke Helsinki, lanjut kereta lagi ke St. Petersburg. kemudian pulang dari Moscow lagi

        Suka

      5. Iya, sebaiknya issued and paid. Dari semua segmen, saat apply visa schengen kemarin saya ada 1 yang masih open reservation, dari stockholm ke St Petersburg, sama petugas VFS di tanya detail, kenapa belum issued, saya bilang mungkin mau naik kereta juga. Akhirnya di kasih juga visa nya, dan akhirnya beneran naik kereta keluar schengen nya πŸ™‚

        Suka

      6. Joko Ngalimanto berkata:

        Thanks mas infonya.
        Oya mas kalau dari Moscow ke St Petersburg lebih enak flight atau sleeper train? Kalau dilihat dari segi biaya? Mengingat saya nanti sama istri jadi untuk sleeper trainnya lebih afdol kalau yang 1st class (isi 2 berths) atau sekalian yang isinya banyak berths dalam 1 kereta. Berdasarkan pengalaman mas Nelwin, lebih baik mana? Karena saya lhat flight juga ga terlalu mahal dan cepat, tapi memang biaya penginapan kena lagi kan?

        Thanks

        Suka

      7. Saya pake express train Sapsan mas Joko.. 3,5 jam sampe.. tiket juga tidak mahal.. sekitar 40an usd kalau pesan online..

        Suka

      8. Joko Ngalimanto berkata:

        Oh murah ya mas, soalnya harga belum keluar kalo mau beli online, kayaknya minimal 60 hari sebelum keberangkatan baru bisa dipesan. Oke oke mas Nelwin thanks untuk infonya, nanti kalau mau tanya – tanya lagi boleh ya mas πŸ™‚

        Suka

      9. Joko Ngalimanto berkata:

        Mas Nelwin, tanya lagi πŸ™‚
        Kemarin booking online untuk sapsan dimana ya mas? kog saya liat dengan keberangkatan tanggal 18 july harganya Euro 96 😦
        Kemudian untuk overnight ferry dari stockholm ke helsinki itu katanya bagus banget ya untuk view nya? Dapat harga berapa mas? Naik yang silja atau viking lines?

        Thanks

        Suka

      10. Booking sapsan langsung di website nya KA rusia, di http://eng.rzd.ru/
        Meskipun halaman awal bahasa Inggris.. ntar pas lanjut booking, isi form, pilih kursi banyak nyampur bahasa dan huruf rusia.. pake google translate aja biar gak bingung..
        Jangan booking di http://www.russianrail.com atau http://www.russiantrain.com.. itu agen pihak ketiga dan nyatut harga nya gila2an.. bisa 2x lipat lebih dari harga resmi.

        Stockholm-Helsinki saya pake Viking Line, kabin di lt 4 utk 2 orang bayar 69 euro. Sayangnya portal viking line gak bisa terima CC Indonesia, jadi saya book lewat http://www.directferries.co.uk.. rate nya beda sekitar 1-2 euro. Memang pemandangan saat keluar teluk Stockholm cakep banget.. melewati ratusan pulau2 kecil..

        Suka

      11. Joko Ngalimanto berkata:

        Wah mantap utk info russian trainnya, complete!
        Oya mas Nelwin, untuk viking line kalo baca2 katanya disebut “party boat” jadi banyak orang yg naik dan minum2 gitu, apa benar mas? Tidak setenang silja line? Mmg harga lebih murah utk viking line mas.

        Thanks!

        Suka

      12. Baik Viking dan Silja tarifnya hampir sama.. mereka bersaing ketat. Silja kapalnya lebih besar dari Viking.
        Keduanya dijadikan party boat bagi warga stockholm dan helsinki.. karena selepas perairan masing2 negara, toko2 duty free menjual alkohol bebas pajak.. harganya jadi murah sekali bagi orang sana.. pada puas2in minum.. dan belanja buat dibawa pulang sampe limit maksimum.. banyak yang pergi bawa koper kosong buat diisi minuman aja.. sampe tujuan cuma ngabisin waktu aja nunggu kapal balik.. πŸ˜€

        Suka

      13. Joko Ngalimanto berkata:

        Hahaha thanks infonya mas.
        Jadi kurang lebih sama ya dari 2 lines tersebut. Saya masih nunggu visa schengen keluar baru bisa urus visa rusia mas, semoga di approved hehehe. Oya mas ada info tentang wifi atau sim card untuk rusia dan scandinavia? ada referensi?

        Thanks before

        Suka

      14. Kalo di rusia saya pake sim card beeline. Starter pack nya 200 rubel, sudah termasuk pulsa 110 rubel. Tiap hari saldo berkurang 10 rubel untuk internet unlimited, jadi cukup lah untuk 11 hari internetan dan telepon lokal kalo mau pesan taksi yandex. di Scandinavia saya ngandelin free wifi di hotel, kereta dan restoran/kafe.. hehehe..

        Suka

  8. ahmadisultan berkata:

    Pengajuan visa harus booking jadwal dulu atau bisa datang kapan saja?
    Kalau misalnya 3 hari saya nginap di hotel trus selebihnya nginap di rumah teman, apakah cukup satu visa support?

    Suka

    1. Bisa datang ke kedutaan kapan saja. Tidak perlu appointment. Jika sebagian stay di rumah teman, sebaiknya apply visa support dari travel, jangan dari hotelnya. Mustinya bisa dengan 1 visa support dari travel agent.

      Suka

      1. ahmadi sultan berkata:

        Terima kasih informasinya mas. Sangat membantu.
        Tapi saya masih ada pertanyaan lagi. Apakah boleh mengajukan visa tiga bulan sebelum keberangkatan?

        Suka

      2. 3 bulan sebelum keberangkatan sudah bisa ajukan visa..

        Suka

  9. Rendra berkata:

    Haii.. mau nanya soal bikin visa support. Saya baru nyoba di destinationrussia.com, katanya buat passport indonesia wajib ngisi full itinerary yang di charge $ 9.52. itu beneran wajib ga ya? Soalnya by sistem di formnya ga wajib.

    Suka

    1. Hi Rendra, waktu saya isi sih tidak wajib. Beberapa teman yang isi dalam sebulan terakhir juga tidak dimintakan. Coba saja isi tanpa full itin dulu.. mungkin karena tiba2 banyak yang mengajukan dari Indonesia, mereka ingin cari tambahan.. πŸ˜€

      Suka

  10. Erwin Nasution berkata:

    Mas Nelwin, utk visa support letter di destinationrussia, harus pesan hotel dari mereka yah? Kalau kamarnya pesan dari airbnb, mereka bisa urus tidak? Terimakasih.

    Suka

    1. Tidak harus pesan hotel di destinationrussia.. saya book hotel nya yg di moscow langsung ke beta hotel, yg di st petersburg book lewat booking.com.. kalau airbnb terus terang saya tidak tahu apa mereka bisa terima atau tidak..

      Suka

  11. Vian Boyzz berkata:

    hy mas itukan menggunakan support letter yaa, “itukan palsu ibaratnya yaa” naah cara ngejelasin di imigrasinya gimana, apaa harus sesuai di support letter, atauu nge leess gitu

    Suka

    1. Maksudnya palsu bagaimana? Visa support letter nya dari travel agent resmi di rusia. Diterma oleh kedutaan rusia di jakarta. Di imigrasi saat tiba tidak perlu menjelaskan apa-apa..

      Suka

  12. Erma berkata:

    Wah, terima kasih banyak buat sharingnya.. pengen ke Rusia juga dalam waktu dekat 😁

    Suka

    1. sama-sama Erma, semoga segera sampai ke Rusia πŸ™‚

      Suka

  13. fira berkata:

    Hi aku mau nanya mas, tgl 16 juni nangi aku mau ke rusia dengan rute Jakarta-St Peter, pulang Moscow-Jakarta. Invitation letter sudah jadi, hotel di moscow dan peter sudah DP. Tiket pesawat pulang juga sudah ada, namun saya blm beli tiket pergi karena harganya masih mahal, kira-kira bisa ngga ya kalo aku beli tiket perginya Jakarta-Moscow, nanti langsung naik kereta sapsan ke Peter, di tanggal 17 nya. Jadi di moscow cuma transit aja, soalnya tiket jkt-moscow murah. Apakah tidak masalah?

    Suka

    1. Mustinya tidak masalah ya.. kereta dari Moscow ke St Peter ada banyak setiap harinya, ada yang express (Sapsan) ada yang kereta biasa, ada yang kereta malam (sleeper train). Tiket kereta bisa beli di stasiun atau beli online.
      Saya waktu ajukan visa ke kedutaan rusia baru punya tiket jakarta-moscow pp dan reservasi hotel moscow dan st petersburg, tiket2 kereta nya belum pesan sama sekali.

      Suka

      1. fira berkata:

        Jadi ngga ngaruh ya kalo beli tiket pesawat tanggal 15 juni sampe moscow tanggal 16 juni malem, tapi langsung naik kereta ke peter yang sampenya tgl 17. Karna di invitation letter nya hotel chekin nya di peter tgl 17 nya. Takutnya nanti di tolak pas ajuin visa hehe.

        Suka

      2. saat ajukan visa di kedutaan sebaiknya di jelaskan aja rencana tsb.. dan sebaiknya kereta moscow-st petersburg nya juga sudah di pesan..

        Suka

      3. fira berkata:

        Mau tanya lagi, waktu apply visa kalo boleh tau berapa ya mas? Makasih atas informasi sebelumnya.

        Suka

      4. Hi fira,
        Visa single entry USD 70, double entry USD 110. Waktu proses nya 10 hari kerja (normal service). Ada juga yang express service selesai dalam 1-3 hari kerja, biayanya dobel..

        Suka

      5. fira berkata:

        Kalau yang udah kerja apa diminta rekening koran beberapa bulan terakhir untuk pengeluaran dan pemasukan??

        Suka

      6. Saat apply, rekening koran dan slip gaji sama sekali tidak diminta. Di syarat pengajuan visa juga tidak dicantumkan

        Suka

    2. Joko Ngalimanto berkata:

      Mbak Fira nimbrung tanya πŸ™‚
      Untuk DP hotel di moscow dan st Petersburg lewat apa? Pakai hotel apa?
      Untuk visa invitationnya pakai punya hotel atau online?
      Saya mau mengajukan lewat destinationrussia diminta bayar didepan semua, cuman saya bingung caranya? kontak hotel langsung?
      Thanks before

      Suka

      1. fira berkata:

        Halo, saya dibantu teman kaka saya yang punya bank rusia, kalo ga salah pake sberbank. Saya di peter nginep di budapest apart, kalo di moscow nginep di kresnaya apart. Pihak apart peter dan moscow minta DP dulu sisanya di bayar cash. Untuk visa support saya kmrn dari VisitRussia.com. Saran saya kalo buat pembayaran hotel minta kwitansi yang jelasnya mas yang formal, nanti kaya saya di tolak, makanya ini lg minta buatin kwitansi yang formal

        Suka

      2. Joko Ngalimanto berkata:

        Thanks infonya mbak fira.
        Wah ribet ya sekarang ngurus visanya. Kalau saya pakai booking.com tapi yg non refundable apakah bisa dipakai? Saya juga udah kontak salah satu hotel rencana saya nginap, katanya kalo mau bayar didepan pakai website ostrovok β€œHello! We are working with ostrovok, and they have on-line payment. I give you a link, but it’s in russian language. I hope, they have english version And if you’d pay throu ostrovok, please, сancel the reservation on the Booking.com”
        Apakah bisa dipakai ya? Atau harus dari hotelnya langsung?
        Thanks

        Suka

  14. Lena berkata:

    Mas pengurusan visa rusia harus secara online ya? Kalau sy daftar online besok, ke kedutaan nya bole 1 hari setelah pengisian online ga mas

    Suka

    1. Bisa isi online, bisa juga isi formulir di kedutaan. Untuk.ke kedutaan bisa langsung datang pagi hari, tidak perlu appointment…bisa lsg ke kedutaan setelah isi aplikasi online

      Suka

  15. hadi berkata:

    siang
    mau sharring:
    sy sudah dapat balasan visa support dari ivisaonline (ma…tapi mbak yg di service counter visa rusia bilang tidak berlaku, dia bilang harus pihak hotel membuat keterangan dan suda dibuat juga .tapi setelah diperiksa ke dalam kantor ternyata bukan itu
    sy pesen hotel lewat hotel booking.com, nonrefundable
    rencana 28 juni 2017 ke moskow
    bisa kasih saran
    tksh ya
    hadi ..

    Suka

    1. Maaf mas hadi, dari ivisaonline hanya balasan email saja, atau sudah dapat visa support letter nya..?

      Mustinya kalau sudah dapat visa support letter yang berbayar itu, kedutaan Rusia di Jakarta bisa menerima, entah kalau sekarang ivisaonline di blacklist?

      Saya dapat visa support letter nya dari destinationrussia.com

      Suka

  16. fira berkata:

    Mas mau cerita sedikit, dua hari lalu saya apply visa, mereka menanyakan bukti pembayaran apart, saya stay di apart peter dan moscow, saya sidah bayar DP, saya udh print bukti pembayaran berupa screenshootan dari sberbank, dan bukti chat WA dari pemiliknya, tetep aja ditolak. Kesel banget. Kemaren ada travel agen yang udh 17 tahun kerja utk turis rusia, katanya sekarang jadi ketat, jadi ribet, ditambah bbrp waktu lalu ada pejabar indonesia ketauan buat malsuin surat apply visa, makin susah. Dan dua tahun lalu saya terakhir kesana masih boleh parkir mobil di dalem, sekarang udh ngga bisa gara-gara banyak orang kantoran yang cuma mau makan deket situ parkirnya di kedubes rusia. Sekarang jadi ribet apply visanya.

    Suka

    1. Trims sharingnya Fira.. kelihatannya memang nggak standar ya persyaratan dokumen akomodasi ini.. teman saya cerita.. akhir April lalu apply, nggak diminta bukti bookingan hotel sama sekali.. dia udah siapin print our, waktu di serahkan di bagian reception langsung di kembalikan, paspornya di proses tanpa bukti bookingan hotel..
      Tapi ya sebaiknya well prepared sih.. lebih baik kelebihan dokumen dan dikembalikan kelebihannya, daripada kurang dan jadi bolak balik melengkapi..

      Suka

  17. Sutikno Gresik berkata:

    Dear Mas Nelwin,

    Mohon informasinya Mas. Waktu mengurus visa, diminta surat pernyataan dari Travel Agent yang mengeluarkan Visa Support Mas.

    Saya lagi mengurus, dan pihak kedutaan minta Stetement Letter dari pihak Travel Agent yang mengeluarkan Visa Support tersebut Mas. Mudah2an ini bukan fake.

    Saya kebetulan juga ngikut Travel Agent yang Mas Nelwin pake (destinationrussia).

    Terima kasih sebelumnya Mas…

    Suka

    1. Hi mas Sutikno..
      Waktu saya apply visa di kedutaan, tidak dimintakan statement letter dari travel agent. Saya hanya melampirkan visa support letter dari travel agent saja.
      Dari cerita beberapa teman, ada beberapa pelamar visa yang dimintakan dokumen2 tambahan.. dalam hal ini sebaiknya kita penuhi sebisa mungkin permintaan dokumen tambahan tersebut..

      Suka

  18. Ayu berkata:

    Hi pak,

    Sy rencana ke moscow bulan agustus dg suami
    Untuk visa support letter yg dari travel agent, itu masing2 harus punya atau cukup 1 utk suami istri? Terimakasih infonya

    Suka

    1. 1 orang harus punya 1 visq support letter sendiri, tidak bisa di gabung.

      Suka

  19. Sutikno Gresik berkata:

    Dear Mas Nelwin,

    Terima kasih banyak atas response cepatnya ya Mas.

    Saya sudah minta “STATEMENT LETTER” ke travel agent di Russia (destinationrussia) tapi sampai sekarang gak di response Mas. email mereka memang “book@go4travel.net” ini ya Mas Nelwin? saya dapat balasan dari mereka dengan alamat tersebut waktu terima Visa Supportnya yang saya minta.

    Mas Nelwin, mohon sumbang sarannya ya Mas. Kalo misalnya Staff “destinationrussia” gak respose gimana ya Mas. Apakah email mereka bisa dijadikan evidence Mas?

    Terima kasih sebelumnya ya Mas…

    Suka

    1. Hi mas Sutikno..
      Bikin pusing yah apply visa rusia ini..
      Waktu saya sih nggak diminta statement letter.. tapi ya konsuler memang bisa saja meminta tambahan dokumen jika dianggap perlu.
      Jika agent nya tidak merespon.. mungkin bisa di coba jelaskan dengan bukti2 email ke kedutaan..
      Worst case nya kalau ditolak, minta rekomendasi dari staf kedutaan tsb, agent mana yang mereka terima tanpa harus ada statement letter.. mungkin terpaksa bikin visa support letter yang baru lagi..

      Suka

  20. Sutikno Gresik berkata:

    Dear Mas Nelwin,

    Terima kasih banyak ya Mas atas semua responsenya.

    Iya Mas, saya akan coba kontak travel agent yang membantu saya urus Visa ini untuk menawarkan email communication saya dengan staff “destinationrussia”. Mudah2an mereka mau terima.

    Dan terakhir (mesti terasa pahit dan gak enak tentunya), saya akan ikutin saran Mas Nelwin untuk minta pihak kedutaan memberi rekomendasi Travel Agent apa yang ditunjuk agar tidak perlu supporting document tambahan.lalinnya.

    Sekali lagi terima kasih banyak ya Mas Nelwin atas arahan dan kesabarannya.

    Suka

    1. Joko Ngalimanto berkata:

      Mas Sutikno,
      Ikut nimbrung ya, yang dimaksud dengan Statement Letter ini yang mana ya mas? Atau mungkin yang dimaksud adalah statement letter bahwa semua hotel yang di visa support tersebut sudah dibayar di muka? Saya rencana ngajuinnya kalau ga rabu ya kamis besok mas, coba nanti saya udpate juga hasilnya. Semua hotel saya sudah dibayar di depan, semoga ga dimintain statement letter seperti mas Sutikno 😦

      Suka

  21. fira berkata:

    Mas saya mau tanya lagi, selasa saya mau apply lagi karna bbrp waktu lalu sempet diminta dokumen tambahan. Apply tgl 23 mei, tgl 15 juni berangkat ke moscow. Mending apply yang standart atau express ya??

    Terus kan saya udah kerja, apakah nanti kedutaan akan meminta surat keterangan kerja atau ngga ya? Apa fi form gausah saya tulis aja kalo udah kerja. HEHEHE. Makasih

    Suka

    1. Kalau dilihat waktu proses nya 10 hari kerja.. mustinya masih keburu ambil yang standard service..
      saya tidak diminta surat keterangan kerja ataupun rekening bank..
      Namun jika dianggap perlu, kedutaan bisa saja meminta dokumen tambahan diluar yang tertera di website..
      Semoga sukses aplikasi visanya ya fira 😊

      Suka

  22. Nindya berkata:

    Halo Mas Nelwin, bolehkah bertanya untuk bukti membayar DP Hotel tersebut tercantum dalam support letter atau terpisah datang dari hotelnya?

    Suka

    1. Hi Nindya..
      Sepertinya, saat kita mengurus visa support letter ke Agent dengan mencantumkan nama dan alamat hotel, mereka melakukan pengecekan ke hotel yang bersangkutan.
      Bukti pembayaran dari hotel di print dan dibawa ke kedutaan saat mengajukan aplikasi visa.

      Suka

  23. Stefany berkata:

    Halo mas ☺️ Mas mau tanya kalau web yg mas pakai untuk request Visa support letter ke Rusia tersebut di approve langsung oleh kedutaan Rusia di Jakarta? Soalnya saya lagi mengurus visa untuk ke Rusia di balikin semua karena visa support letter dari web HotelsPro di tolak. Terimakasih mas πŸ˜‰

    Suka

    1. Hi Stefany..
      Yang saya pakai langsung di approve oleh kedutaan rusia di Jakarta.
      Beberapa temen pakai agent yg sama juga di approved.
      Tapi ada juga yang diminta dokumen tambahan seperti bukti pembayaran ke hotelnya.
      Semoga lancar pengurusan visanya..

      Suka

  24. Rendra berkata:

    Saya mau update juga. Saya tanggal 24 Mei 2017 apply visa Rusia ga perlu melampirkan booking hotel sama sekali. Tapi dengan catatan saya pake visa support dari destinationrussia yang menyantumkan statement bahwa semua akomodasi telah fully paid.

    Suka

    1. Hi mas Rendra..
      Thanks banget nih update nya..
      Boleh saya share di artikel saya ya..?

      Suka

  25. Nana berkata:

    Hai mas,
    Thank you bgt utk share info nya. Tapi kalo liat komen2 pembaca yg lain jadi balik deg2an lagi, krn byk yg ribet πŸ˜€

    Saya baru mo bikin visa support dari temen yg kebetulan kerja disana dan dibikin dari kntr nya. Semoga gak nunggu lama jadinya.
    Deg2an krn sebenarnya byk yg mo dipesen, kyk tiket sapsan maupun tiket pertunjukan di Bolshoi. Saya brgkt tengah Agustus.
    Tadinya mo pede pesen itu semua tapi baca komen2 jadi gak jadi lagi.wkwkw takut visa nya gagal.
    Nasib mo murah jadi susah ya..

    Mas pas kesana khan barengan ke schengen area, jadi sbnrnya udh py travel insurance pasti ya. Krn itu syarat wajib visa schengen. Soalnya temen saya yg 2016 keRusia, ditanya walo gak usah dilampirkan.

    Soal sapsan, di web link http://eng.rzd.ru/ semua jenis cc terima berarti ya.. ?
    Satu lagi, sim card bee line ini beli dimana ya? Airport? apa di minimarket2 or lgsg di seller provider? Baca2 kadang kalo nemu staf yg dodol, dia gak mau jual ke turis. Bisa share beli dimana simcard nya? Kuota hariannya kira2 cukup gak tuh buat socmed yg cukup gede ngabisin kuota?
    Saya malah rencananya mo pake MTS “smart” sekitar 450rubel dpt 3GB.Krn di indo aja kuota saya 3GB 2minggu lgsg abis.. ^^v

    Sori jadi panjang bgt kyk nulis novel. Thanks sblmnya πŸ™‚

    Suka

    1. Hi mba Nana..
      Iya.. visa schengen wajib punya insurance.. jadi saya dan istri beli asuransi.. tapi ini saya beli setelah isa rusia diperoleh.. saat apply visa rusia belum ada asuransi dan tidak ditanya.
      Beli tiket Sapsan di website tsb bisa dengan CC.
      Beeline ada counternya di arrival hall bandara daemodeodovo.. tapi saya beli di lobby hotel, diminta paspor untuk aktivasi nomer.
      Beeline sim perdana harganya 200 rubel, sudah termasuk pulsa 110 rubel. Pulsa ini berkurang 10 rubel setiap hari untuk pemakaian internet unlimited, jadi cukup untuk internetan unlimited 11 hari..

      Suka

      1. Joko Ngalimanto berkata:

        Hi mas Nelwin.

        Mau update aja nih, visa russia saya udah diapproved thanks buat guidance dari mas Nelwin πŸ™‚
        Share info aja buat temen2, dari pengalaman saya kemarin pas ngajuin visa double entry, yang paling penting adalah harus ada visa invitation letter (saya beli dari destinationrussia) dan semua tiket pesawat in dan out rusia harus fully issued and paid, begitu juga hotel selama di Rusia harus fully paid in advance, selama itu dipenuhin pasti di approved visanya. Sebagai tambahan saya juga buatkan itinerary detail saya. Untuk tiket dari Indo ke Rusia PP memang saya udah issued lama karena promo, tp untuk tiket dari Rusia ke Schengen dan balik ke Rusia saya beli langsung lewat website SAS dan Aeroflot, saya pilih yang fare tertinggi (SAS PLUS dan Aeroflot Flex) supaya bisa full refund, karena rencana saya sebenarnya naik train ke Schengen. Untuk hotel saya pakai website Ostrovok.ru, jadi kayak booking.com nya Rusia cuman ada fasilitas PAY NOW dan FREE CANCELLATION, jadi saya book and paid trus ajukan visa kemudian saya cancel lagi karena saya rencana pake AIRBNB.
        Oya mas Nelwin, kalau di Rusia pasti bawa Rubel ya, kalau di schengen bagaimana mas untuk mata uang yang dibawa? Untuk di schengen pakai operator apa mas?

        Thanks

        Suka

      2. Selamat mas Joko..
        Thanks buat update dan sharingnya..
        Saya kemaren nggak bawa rubel sama sekali dari Jakarta.. tarik tunai via atm aja disana.. saya pake atm cimb niaga.. penarikan dari rekening tabungan bebas biaya.. kurs tukar juga lebih bagus dari money changer.
        Di schengen countries saya juga kebanyakan tarik tunai aja.. dari jakarta cuma bawa 500 euro..

        Suka

  26. Nindya berkata:

    Mas Nelwin, mau tanya lagi, pake CIMB Niaga di Schengen countries dan Russia bagaimana ratenya? dan biaya tarik tunainya apakah mahal?

    Suka

    1. Hi Nindya..
      Rate nya lebih bagus dari money changer di jakarta.. biaya penarikan umumnya gratis.. kecuali di beberapa negara..

      Suka

      1. Nindya berkata:

        Mas Nelwin, aku mau pesan tiket kereta langsung dari website onlinenya seperti saran mas, namun setelah saya pilih tanggal dan konfirmasi class dan pilih gerbong (sepertinya) tidak ada lagi tombol next untuk pembelian tiket pulang, kalo boleh info pencet yg mana ya mas? mohon maaf merepotkan..

        Suka

      2. hi Nindya.. kalau saya nggak salah, pembelian tiket paling cepat 60 hari sebelum keberangkatan.. navigasi website nya memang agak susah karena pakai bahasa russia.. saya pake google translate pas pesan dulu.. πŸ˜€
        jadwal kembali nya apakah masih lebih dari 60 hari dihitung dari sekarang?

        Suka

  27. Indi berkata:

    Halo mas, jadi saya tgl 27 Juni 2017 mau ke Ryazan via Moscow, terus mau tanya2 nih..
    1. Sim card lokal yg punya harga paling bagus utk paketan internet di rusia kira2 apa ya mas? Lalu utk harganya kira2 berapa?
    2. Apakah bank lain seperti Mandiri atau BNI memiliki rate yang tidak jauh seperti CIMB Niaga? Atau mendingan saya buka rekening di CIMB Niaga dan menabung disana utk keperluan pengeluaran saya selama di Rusia? Mohon dibandingkan dari segi rate dan biaya tarik tunai tiap banknya jika mas punya datanya… kalau tidak mungkin bisa beri saya pencerahan yg lain hehehe.
    3. Utk colokan charger disana apakah sama sperti di Indonesia (2 tusukan sejajar) atau tidak? Kalau tidak kira2 saya harus bawa yang sperti apa ya?
    4. Utk simcard beeline, kan saya akan ke kota Ryazan, apa lebih baik saya beli simcard beeline di Domodedovo airport atau di kota tujuan saya?

    Sementara itu saja mas.. mungkin kalau ada pertanyaan lagi saya akan ajukan disini.. terima kasih

    Suka

    1. Hi Indi.. saya coba jawab ya..
      1. Dari info saya dapat.. sim card yang paling murah untuk turis, Beeline. Sim perdana 200 rubel, sudah termasuk pulsa 110 rubel. Untuk internetnya unlimited, memotong pulsa 10 rubel per hari.
      2. CIMB Niaga dan Mandiri rate nya lebih baik CIMB Niaga sedikit. Bank2 Rusia umumnya tidak mencharge biaya penarikan di ATM mereka.. jadi baik CIMB Niaga dan Mandiri sama2 tidak kena biaya penarikan.
      3. Colokan sama seperti Indonesia
      4. Jika sempat sebaiknya beli di bandara Domodedovo, langsung bisa internetan kan…😊

      Suka

      1. Indi berkata:

        Terimakasih atas balasannya mas, saya mau tanya lagi nih.. mengenai uang juga..
        1. Lebih baik saya bawa rubel dari Indonesia atau tidak ya mas? Kalau iya, sebaiknya saya bawa kira2 bawa berapa rubel ya?
        2. Sebelum sampai di Moscow saya akan transit di beberapa tempat.. kira2 lebih baik bawa Euro atau USD ya? Kira2 yg mana yang ratenya lebih baik utk ditukarkan ke rubel?
        3. Apakah mas punya rekomendasi utk money changer di Jakarta yang menyediakan rubel dengan rate yang bagus. Soalnya rubel ternyata sulit ditemukan di jakarta dan sekalinya ada ratenya jelek.. 1 rubel bisa sampai 350 rupiah. Kira2 bagaimana solusinya ya mas?
        4. Utk CIMB Niaga dan Mandiri kira2 rate utk 1 rubelnya berapa rupiah ya?

        Maaf saya banyak pertanyaan berhubung saya sudah berangkat di bulan ini, terima kasih😊

        Suka

      2. Hi Indi..
        1. Memang jarang money changer yang punya stock rubel di Jakarta.. kadang2 ada tapi rate nya di atas Rp 250. Kalau ambil di ATM disana kurs nya 236 (April 2017). Saran saya nggak perlu beli rubel di Jakarta, kalaupun buat berjaga-jaga.. cukup beli 2.000 rubel aja.. itu sudah cukup untuk bayar taksi dari bandara ke hotel atau beli tiket kereta.
        2. USD merupakan mata uang asing paling di sukai di Rusia. Semua pedagang pun menerima pembayaran dengan USD. Kurs di pedagang sekitar 55-56 rubel per USD, tanpa dipotong komisi. Kalau tukar di money changer disana, seringkali dihargai dibawah 50 Rubel.. dan kadang masih dipotong komisi.
        3. Dua sisi dan Oriental Pacific di Pacific Place kadang punya rubel, istri saya pernah beli disana.. rate nya 300an. VIP di menteng juga kadang punya rubel..
        4. CIMB Niaga bulan april lalu kurs tarik ATM nya Rp 236 per rubel..

        semoga trip Russia nya lancar mba.. 😊

        Suka

    2. Nindya berkata:

      Mas Nelwin, saya ternyata diminta bukti pembayaran hotel.. padahal awalnya udah masuk dokumennya, boleh liat ga mas contoh bukti pembayaran akomodasinya seperti apa? minta tolong dikirimkan via email ke garinindya19@gmail.com mas..

      Suka

      1. Hi Nindya..
        Saya waktu itu sebetulnya nggak diminta bukti pembayaran hotel. Meskipun udah saya siapin printout nya, tapi nggak diambil petugas saat masukin aplikasi visa.
        Saya waktu itu book dan bayar di websitr nya Izmailovo Beta hotel.. jadi bukti pembayarannya berupa printout dari email konfirmasi pembayaran dari hotel

        Suka

  28. Nana berkata:

    Seneng nih baca komen2 disini.. sangat informative saya malah baru tau kalo beli tiket pswt yg paling mahal bisa full refund. Udh keburu jiper liat nominal nya kyknya.

    Berhubung gak ada rek CIMB Niaga, bawa atm andalan saya kalo pergi ke LN, alias Bank Mandiri. Rata2 org yg pernah ke Rusia ,kyknya memang tarik tunai ya. Saya baru tau ada sedia Rubel di money changer indo.

    Dari pengalaman mas, atm yg ada pilihan bhs inggrisnya bank apa ya. Temen saya pernah cerita , hanya bank2 tertentu yg atm nya ada pilihan bhs inggrisnya. Tp berhubung tulisannya rusia, dia jg gak inget2 amat lafal nya. XD

    Suka

    1. Hi Nana..
      Semua ATM yg pernah saya pake ada menu bahasa Inggrisnya.. padahal saya asal pake ATM yang dekat aja.. kadang Sberbank, kadang VTB, kadang Alfa bank.. bank2 tsb ada menu bahasa Inggris dan di menunya tertulis.. this bank does not charge withdrawal fee..

      Suka

  29. fira berkata:

    Halo mas, mau nanya, kan saya hari ini tadi ngambil visa dikedutaan, terus do paling bawah ada tulisan saint petersburg, padahal saya tujuannya moscow-peter-moscow. Apa itu alamat si yang ngeluarin visa support? Karna saya pake sark Palytra dan alamat kantornya di peter. Mohon infonya. Makasih.

    Suka

    1. Hi Fira,
      iya.. di visa saya juga ada tulisan (dalam huruf cyrilic) S Petersburgnya.
      Sepertinya itu memang alamat travel agent yang mengeluarkan visa supportnya

      Suka

      1. fira berkata:

        Halo mas, jadi itu bukan sesuai tujuan kita kan? Jadi ga masalah ya mas? Karna di visa nya cuma ada tulisan peter aja, moscow nya ngga ada. Jadi aman yah mas? Makasih

        Suka

      2. Bukan sesuai tujuan.. πŸ™‚
        Visa yang diperoleh bisa digunakan untuk ke seluruh wilayah Russia..
        Aman kok untuk ke Moscow..
        Selamat yah udah dapet visanya.. ditunggu sharing cerita liburan di Russia nya πŸ™‚

        Suka

      3. fira berkata:

        Syukur kalo gitu. Makasih mas nelwin. Mas nelwin waktu kesana pakai maskapai apa ya? Saya pake aeroflot tapi dari indo transit di thai pake garuda, baru dari thai naik aeroflot, tapi ga dikasih keterangan aeroflotnya untuk bagasi berapa kg. Mungkin, yang baca ini bisa kasih informasi aeroflot biasanya berapa kg. Makasih

        Suka

      4. Saay waktu itu pake Thai AIrways.. transit di Bangkok juga.. kaloThai bagasinya 30kg.
        Aeroflot saya pernah pakai waktu dari Moscow ke Athens, kalo regional Eropa gitu bagasinya 23kg.. kalau antar benua saya belum cek..

        Suka

  30. MARKOVIC berkata:

    HELLO
    SAYA BOLEH TANYA MENGENAI TIKET KE RUSSIA?
    BAGAIMANA BISA DAPAT SEMURAH ITU YAAA? MOHON BANTUAN
    THX

    Suka

    1. Hi Markovic,
      Saya dapet harga segitu dari portal traveloka.com, belinya di oktober 2016..
      Untuk low season, spt maret-april 2018, booking saat ini masih bisa dapet harga 6 jutaan

      Suka

  31. Markovic berkata:

    Waktu itu beli bulan oktober untuk terbang kapan?
    Saya sudah cari sejak lama
    Untuk terbang bulan agustus ini
    Dannnnn gada yg semurah ituuu
    Rata2 total 13 juta pp
    😦
    Maaf capslock kemarin, gasadar saya nulis capslocknya nyala

    Suka

    1. Saya beli oktober 2016 untuk terbang 31 Maret-17 April 2017.
      Kalo juli-agustus memang high season, sangat jarang ada promo. Kalau sekarang pesan untuk keberangkatan februari 2018 masih bisa dapat 5,6 jutaan.. barusan saya cek.. 😊

      Suka

  32. winnymarlina berkata:

    salam kenal kak, suka blognya aku jadi tahu proses pembuatan visa rusia jd gk perlu prinan tabungan ya πŸ™‚

    Suka

    1. Hi Winny..
      Terima kasih udah mampir..
      Iya.. Russia tidak mensyaratkan tabungan untuk apply visa

      Suka

  33. korry berkata:

    hi mas Nelwin, salam kenal ya
    saya juga sedang mengurus visa rusia utk trip bln september.
    barusan saya mau masuk ke https://www.destinationrussia.com tidak bisa ya.
    mau nanya sekalian, saya juga naik thai air transit di bkk lumayan lama, rencananya mau keluar airport nginep di hotel yg deket airport (bukan di dalam airport karena mahal). kira2 masalah gak ya dgn pihak thai air kalau paspor kita ada stempel imigrasi thailand?
    thank you

    Suka

    1. Hi Korry..
      Iya barusan saya coba nggak bisa.. mungkin sedang down atau maintenance.
      Saat transit di Bangkok nggak masalah keluar bandara. Saya malah menginap di tengah kota.. lumayan bisa sekalian wiskul..

      Suka

  34. korry berkata:

    mas nelwin, thank you for the fast reply.
    saya coba2 lagi deh bbrp hari lagi di https://www.destinationrussia.com

    Disukai oleh 1 orang

  35. Ze berkata:

    Mau bertanya. Kalau mengurus visa untuk 1 bulan kemudian bisa tidak ya? Terimakasih πŸ™‚

    Suka

    1. Hi Ze..
      Bisa..
      3 bulan sebelum keberangkatan sudah bisa ajukan visa..
      Paling telat 2 minggu sebelum keberangkatan, karena prosesnya sekitar 10 hari kerja..

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s