Mendadak ke Cozumel, Mexico

Mirip dengan cerita perjalanan saya sebelumnya ke Doha, Qatar yang tidak di rencanakan, kunjungan saya ke Cozumel juga merupakan suatu ketidak sengajaan. Ceritanya, pada bulan Oktober 2012, saya dan istri ikut serta dalam The KISS Kruise II, paket wisata musik di atas kapal pesiar, dengan artis utama band KISS, di dukung beberapa band pendukung seperti Skid Row, Adler, The Big Rock Show dan beberapa band lainnya.

The KISS Kruise II yang berlangsung dari 31 Oktober-4 November 2012 seharusnya mengambil rute Miami-Key West-The Great Stirrup Cay di kepulauan Bahamas. Namun pada tanggal 28-29 Oktober 2012 terjadi badai Sandy, yang merusak banyak fasilitas dan infrastruktur di kepulauan Bahamas, termasuk pelabuhan di Great Stirrup Cay. Akibatnya kapal pesiar Norwegian Pearl tidak mungkin berlabuh di sana seperti rencana semula.

Sehari menjelang keberangkatan, saya di informasikan melalui email bahwa tujuan kapal pesiar terpaksa di alihkan ke Cozumel, Mexico. Mendengar informasi ini saya merasa senang karena saya belum pernah ke Mexico sebelumnya, tetapi saya juga was-was karena tidak memiliki visa Mexico. Saya segera mengontak organizer The KISS Kruise II menginformasikan bahwa saya tidak memiliki visa Mexico. Tak lama email saya dibalas, bahwa penumpang kapal pesiar yang turun di Mexico tidak memerlukan visa, selama penumpang tersebut akan kembali ke kapal. Lega rasanya medapatkan informasi tersebut. Belakangan saya baru tahu juga, jika kita memiliki visa Amerika Serikat, tidak diperlukan visa Mexico secara terpisah jika kita memasuki Mexico dari wilayah Amerika Serikat.

crop

Setelah berlayar 2 hari dari Miami. Florida, kapal Norwegian Pearl yang saya tumpangi merapat di pelabuhan Cozumel sekitar pukul 6 pagi, pada tanggal 2 November 2012. Cozumel adalah sebuah pulau di laut Karibia, kawasan the Gulf of Mexico. Pulau ini berjarak sekitar 15 km dari pantai timut Mexico, dengan populasi sekitar 100.000 jiwa. Saya dan istri baru turun dari kapal sekitar jam 9 pagi, setelah sarapan. Keluar dari kapal, kami masuk ke Cozumel tanpa melewati pos Imigrasi, jadi paspor kami tidak ada cap Mexico nya 😦 Saat kami berjalan keluar pelabuhan, ada kapal perang Amerika yang sedang merapat, seluruh crew kapal perang berbaris di atas anjungan memberi salam kepada mereka yang berada di pelabuhan.

dscf2181

Terus terang, karena kunjungan ke Cozumel ini tidak direncanakan, saat itu saya belum tahu banyak mengenai Cozumel dan tempat wisata apa saja yang menarik untuk di kunjungi. Begitu keluar pelabuhan, kami memasuki pusat perbelanjaan yang terletak persis di pintu keluar pelabuhan. Disitu ada information center, saya mengambil beberapa brosur atraksi wisata yang ditawarkan di Cozumel. Dekat information centre itu ada standee face in the hole, untuk berfoto lucu-lucuan sebagai pertanda udah pernah ke Cozumel.

dscf2237

Setelah melihat-lihat brosur, ternyata cukup banyak atraksi wisata menarik di Cozumel. Ada kawasan perbelanjaan Vista Del Mar, ada lokasi reruntuhan kuil Maya, ada atraksi berenang bersama lumba-lumba, mercusuar dan tentunya beberapa lokasi pantai untuk berenang dan olahraga air. Sayangnya, beberapa lokasi wisata tersebut, seperti situs reuntuhan kuil Maya, berada cukup jauh dari pelabuhan, memerlukan waktu 3-4 jam untuk kesana pulang-pergi dan mengeksplorasi lokasi situs, sementara kami sudah harus berada di atas kapal pada pukul 3 sore. Jika kami ke lokasi reruntuhan kuil Maya, tidak cukup sisa waktu untuk berkeliling kawasan pelabuhan dan kota San Miguel de Cozumel.

dscf2278

Akhirnya saya dan istri memilih untuk berkeliling kota dengan berjalan kaki. Di depan pelabuhan terdapat menara mercusuar Cozumel. Menara mercusuar ini tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan mercusuar lain. Sayang menara mercusuar ini tertutup untuk wisatawan. Di sekitar menara mercusuar ini merupakan kawasan pertokoan dan restoran. Kami menyempatkan berbelanja t-shirt dan beberapa cindera mata khas Cozumel. Meskipun Cozumel adalah pulau di Mexico, hampir semua toko di kawasan ini hanya menerima pembayaran dengan dollar Amerika. Berbelanja dengan kartu kredit pun transaksinya dalam US dollar.

picture-853

Hard Rock Cafe Cozumel juga berlokasi di kawasan ini. Saat berkunjung ke Hard Rock Cafe Cozumel ini saya agak heran, karena tempatnya sangat kecil. Hanya ada counter souvenir di depan dan sedikit meja bar di belakang. Ternyata memang ini adalah Hard Rock Cafe terkecil di dunia, seperti tertulis diatas pintu masuknya 🙂 Kabarnya saat ini Hard Rock Cafe Cozumel sudah pindah ke lokasi baru yang lebih besar, sehingga gelar HRC terkecil mungkin bukan lagi berlokasi di Cozumel.

hard-rock-cafe-cozumel

Kami melanjutkan perjalanan ke kawasan perbelanjaan Vista del Mar. Ini adalah kawasan perbelanjaan tradisional, mirip-mirip pasar seni Ancol. Disini banyak dijual kerajinan tangan Mexico seperti baju poncho, topi sombrero dan puebla, pakaian wanita khas Mexico. Sebetulnya saya pengin juga beli topi Sombrero asli Mexico, tapi mengingat setelah cruise ini saya masih akan banyak bepergian ke beberapa kota di Amerika Serikat, rasanya akan sangat merepotkan bawa-bawa topi segede itu. Di pasar Vista del mar ini wisatawan juga bisa berfoto dengan burung-burung Macaw yang berwarna-warni. Meski terlihat jinak, burung-burung Macaw ini suka mematuk juga, turis yang saya foto ini beberapa kali dipatuk selama persiapan foto 😀

dscf2238

Saya dan istri kemudian melanjutkan jalan kaki ke kawasan pantai. Di kawasan pantai ini ada beberapa penyewaan mobil antik untuk berkeliling kota San Miguel. Setelah makan siang di salah satu restoran Taco disana, kami kembali ke arah pelabuhan sekitar jam 2 siang, tak ingin terlambat tiba di atas kapal. Kalau telat dan di tinggal kapal bisa nyesel seumur hidup, karena malam harinya band favorit saya, KISS, akan manggung di atas kapal.. “I.. wanna rock and roll all nite.. and party everyday.. ” 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s