Philadelphia – Washington DC

Philadelphia adalah salah satu kota penting dalam sejarah Amerika Serikat. Di kota inilah para pendiri Amerika Serikat berkumpul untuk menyatakan kemerdekaan pada tahun 1776. Konstitusi Amerika Serikat juga dirumuskan di kota ini pada tahun 1787. Pagi hari tanggal 3 Januari 2012, kami checkout dari Coco Key hotel, untuk city tour di Philadelphia.

Tujuan pertama pagi ini mengunjungi Independence Hall. Di gedung inilah para bapak bangsa Amerika Serikat menyatakan kemerdekaan (declarataion of independence), juga tempat perumusan konstitusi negara. Gedung dengan menara jam di bagian depan ini merupakan landmark utama kota Philadelphia.

Di depan Independence hall ini terdapat lapangan yang cukup luas, Independence National Historical Park. Di sisi barat lapangan ini terdapat monumen Liberty Bell. Lonceng ini dulunya berada di menara gedung Independence Hall. Dulunya lonceng ini dibunyikan untuk memanggil anggota legislatif untuk sidang-sidang dewan dan lonceng ini dibunyikan pada tanggal 8 Juli 1776 menjelang pembacaan Declaration of Independence kepada publik. Pada tahun 1976 lonceng ini dipindahkan ke Independence Mall dan kemudian pindah lagi ke Liberty Bell Center sejak tahun 2003. Setelah foto-foto di Liberty Bell, kami diajak sarapan pagi di Philadelphia Bourse, yang berjarak sekitar 200 meter dari Liberty Bell.

Selesai sarapan, kami melanjutkan perjalanan ke ibukota Amerika Serikat, Washington DC. Perjalanan dari Philadelphia ke DC ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Sekitar jam 11 pagi kami memasuki Washington DC. Perhentian pertama adalah Jefferson Memorial. Bangunan yang dibuat untuk mengenang Presiden Thomas Jefferson ini terletak di tepi Potomac Tidal Basin. Jika dilihat di peta Wahington DC, lokasi memorial ini satu garis lurus dengan Washington Monument dan The White House. Di dalam memorial ini terdapat patung Thomas Jefferson dengan pose berdiri .

Kami lalu menuju Lincoln memorial yang berjarak sekitar 1 km dari Jefferson Memorial. Jika dilihat di peta Washington DC, Lincoln memorial berada satu garis lurus dengan Washington Monument dan Capitol House. Lincoln Memorial dibuat untung mengenang presiden Abraham Lincoln. Gedung yang selesai dibangun tahun 1922 ini di dalamnya terdapat patung besar Abraham Lincoln duduk di kursi. di sayap kiri dan kanan memorial terdapat ruang pameran sejarah Amerika dan Abraham Lincoln. Di halaman depan Lincoln Memorial terdapat kolam panjang, reflection pool, sementara di sisi kiri Lincoln memorial terdapat dinding marmer yang bertuliskan nama-nama tentara Amerika yang tewas di perang Korea. Saat kami di halaman Lincoln Memorial ini sempat turun hujan salju ringan.

Dari Lincoln Memorial kami diajak ke Gedung Putih, The White House, yang merupakan kediaman resmi Presiden Amerika. Namun kami hanya bisa berfoto dari jauh saja, tidak bisa sampai ke pagar White House. Entah ada acara apa, halaman depan White House dipasang barikade beton beberapa puluh meter dari pagar White House. Saat saya ke Washington DC tahun 1991 dulu, kita bisa foto persis di depan pagar White House.

Kemudian kami dibawa ke Capitol Building, salah satu gedung paling ikonik di Washington DC dengan kubahnya yang besar dan megah. Gedung ini adalah gedung congress Amerika Serikat. Di depan Capitol juga terdapat reflection pool. jika cuaca cerah, kita dapat mengambil foto Capitol dengan bayangan nyaris sempurna di kolamnya. Karena keterbatasan waktu, kami tidak masuk ke Capitol Building, hanya mengambil foto dari depan saja.

Perhentian terakhir sore ini di Washington DC, kami diajak ke Smithsonian National Museum of National History dan National Museum of Man. Museum ini cukup besar dan untuk masuk museum tidak dipungut biaya masuk, namun tetap harus mengambil tiket, untuk mendata jumlah pengunjung. Di aula utama museum ini terdapat patung Mammoth besar. Rizki yang sangat menggemari buku dan film tentang dinosaurus, sangat bersemangat melihat-lihat display dan fossil dinosaurus di museum ini.

Dari museum, kami makan malam di Chinese restaurant, lalu check in di Howard Johnson hotel Washington DC. Ini adalah malam terakhir kami bersama paket tour yang kami pesan dari Tours4fun. Tanggal 4 Januari pagi, rombongan tour akan kembali ke New York City, sementara kami memilih berpisah di Washington DC, karena akan melanjutkan perjalanan kami ke Orlando.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s