New Jersey – New York City

Tanggal 1 Januari 2012, kami bangun agak kesiangan, karena semalamnya balik dari perayaan tahun baru di Times Square, tiba di hotel sudah hampir jam 2 dinihari. Acara tour hari ini semi bebas, yang ingin belanja akan diantarkan ke Woodbury Outlets di New Jersey, berangkat jam 9 pagi. Kami ke lobby sudah jam 9.15, dan rombongan tour kami sudah berangkat.

Akhirnya kami naik taksi ke salah satu shopping mall di New Jersey, Jersey Gardens. Mall 2 lantai ini cukup luas, banyak retailers besar berada di mall ini. Kami belanja beberapa keperluan, oleh-oleh serta makan siang di food court mall ini. Makan siang kami pilih di Lotus Express, chinese food dengan porsi makanan yang cukup besar. Sambil makan, saya mengkontak teman kuliah saya dan istri yang tinggal di New Jersey.

Kebetulan sahabat kami Marian, hari itu punya waktu luang. Dia berjanji menjemput kami di Jersey Gardens untuk jalan-jalan seputar New Jersey dan kemudian makan malam di rumahnya. Sekitar jam 3 sore, Marian menjemput kami dan mengajak kami berkeliling New Jersey dengan mobilnya. Sekitar jam 5 sore kami menuju rumah Marian, untuk makan malam. Rumahnya terletak di kawasan countryside, di sekitar perumahan masih banyak rusa besar berkeliaran. Kami makan malam dan ngobrol mengenang masa kuliah, suami Marian dan putranya juga ikut ngobrol bersama kami. Sekitar jam 9 malam, Marian mengantarkan kami kembali ke Sheraton Newark hotel.

Tanggal 2 Januari pagi, waktunya kami tour di New York City. Berangkat dari hotel sekitar jam 6.30 pagi, tujuan pertama kami kawasan city centre. Sampai di area Broadway, kami di beri waktu untuk sarapan dulu. Pilihan sarapan yang dekat Broadway kebetulan ada resto Burger King, kamipun sarapan disana. Setelah sarapan, kami diajak jalan kaki melewati teater-teater di Broadway, New York Stock Exchange di Wall Street, Metropolitan museum of Art dan kawasan Manhattan, dan juga kawasan ground zero, lokasi bekas Twin Tower World Trade Centre yang ambruk akibat serangan teroris dalam tragedi 9/11. Saat kami di kawasan ground zero, sedang dibangun gedung baru di lokasi tersebut.

Tujuan selanjutnya kami dibawa ke kawasan central pier, untuk naik kapal mengelilingi long island dan melihat patung Liberty dari dekat. Kapal Zephyr yang kami naiki memiliki dek atas yang luas dan terbuka, menyenangkan duduk di kursi dek atas ini, pemandangan gedung-gedung pencakar langit New York, Brooklyn Bridge dan tentunya patung Liberty yang menjadi highlight mini cruise ini. Perjalanan dengan kapal ini memakan waktu kurang lebih 1 jam sampai kembali ke pier.

Museum lilin Madame Tussaud menjadi tujuan berikutnya. Kami diberi waktu 1,5 jam untuk berkeliling di dalam museum ini. Dari semua patung lilin yang ada di dalam museum, antrean terpanjang untuk berfoto adalah di replika Oval Room, disini kita bisa berfoto dengan Patung lilin Presiden Barack Obama dan istrinya Michelle. Di ruangan ini juga ada podium kepresidenan, replika dari podium yang digunakan presiden Amerika saat berpidato.

Berkunjung ke New York tidaklah lengkap jika tidak naik ke gedung pencakar langit pertama di Amerika, The Empire State Building. Gedung yang pernah menjadi gedung tertinggi di dunia selama puluhan tahun ini tetap menjadi magnet pariwisata New York. meskipun saat ini ada puluhan gedung lainnya yang lebih tinggi di seluruh dunia, The Empire State Building tetap ramai dikunjungi wisatawan. Banyak film Hollywood juga mengambil lokasi shooting di gedung ini, mulai dari King Kong, Elf, Sleepless in Seattle, When harry Met Sally, The Amazing Spiderman dan banyak lainnya. Antrian untuk naik ke viewing platform tidak pernah sepi. Dari viewing platform di lantai 86 ini kita bisa berkeliling melihat pemandangan kota New York 360 derajat.

Turun dari Empire State Building, kami diajak ke Central Park. Taman ini mungkin lebih tepat disebut hutan kota. Taman yang sangat luas ini terletak di jantung kota New York. Jalan kaki di taman ini sangat menyenangkan, terasa segar, apalagi udara di musim dingin ini sangat sejuk. Kami berkeliling di Central Park selama sekitar 45 menit. Kalau lihat jembatan-jembatan dan kolam di Central Park ini, langsung teringat ulah jail namun cerdas si Kevin di film Home Alone 😀 . Kami makan siang yang agak kesorean sambil duduk-duduk di taman ini, menghabiskan takeaway food yang kami beli seusai kunjungan di Empire State Building sebelumnya.

Sekitar jam 5 sore kami meninggalkan New York CIty menuju kota berikutnya, Philadelphia. Perjalanan dari NYC menuju Phildelphia ditempuh selama sekitar 2 jam. Kami tiba di Philadelphia sekitar jam 7 malam, dan langsung makan malam di Chinese restaurant dekat hotel. Jam 9 malam kami check in di hotel Coco Key Water resort. Hotel dengan indoor waterboom. Sayang kami tiba sudah malam dan hanya menginap semalam disini, tidak sempat mencoba waterboomnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s