Corning – Niagara – Boston

Liburan akhir tahun 2011 kami sekeluarga berlibur ke Amerika Serikat selama 15 hari. Liburan kali ini kombinasi antara ikut tour dan independent travel. Tiket pesawat Jakarta-New York pp kami beli secara online melalui portal Qatar airlines. Untuk 8 hari pertama liburan, kami membeli paket tour 8 hari 7 malam dari agregator paket land tour tours4fun, seminggu sisanya kami membeli tiket pesawat Washinton DC-Orlando pp untuk berlibur ke Walt Disney World dan Universal Studios Orlando, menginap 3 malam di Orlando, dilanjutkan dengan menginap 4 malam di rumah sahabat saya di Silver Spring, Maryland.

Setelah perjalanan panjang dari Jakarta – Doha – New York, kami tiba di New York tanggal 28 Desember 2011, sekitar pukul 5 sore, kami dijemput oleh petugas dari Tours4fun di bandara JFK. Malam pertama ini kami di drop untuk menginap di hotel Sheraton bandara Newark, New Jersey, selanjutnya acara bebas. Di hotel, sahabat kuliah saya Tenri, yang tinggal di Maryland, datang menyambut kami, selanjutnya kami makan malam bersama di restoran Burger King tak jauh dari hotel. Setelah makan, kami jalan-jalan berkeliling New Jersey bersama keluarga Tenri. Jam 11 malam kami kembali ke hotel untuk beristirahat.

Tanggal 29 Desember 2011, jam 5 pagi kami sudah dibangunkan oleh wakeup call hotel. Kami bergegas mandi untuk kemudian packing dan naik bis dari tour. Jam 7 pagi bus meninggalkan Sheraton Newark, menuju Chinatown New York. Disini kami diarahkan untuk sarapan di McDonalds Chinatown, sambil bis menjemput beberapa peserta tour yang menginap di kawasan Chinatown. Paket tour yang kami ambil dari tours4fun ini termasuk hotel, transportasi dan beberapa tiket masuk wisata, namun tidak termasuk makan. Hanya ada sekitar 4x makan yang termasuk dalam tour, selebihnya, peserta tour dipersilakan membeli makanan sesuai selera.

Selesai makan pagi dan jalan-jalan sekitar Chinatown, bus kami meninggalkan New York City sekitar jam 9 pagi menuju Corning, kota kecil ini terkenal dengan kerajinan gelasnya. Perjalanan dari NYC menuju Corning ditempuh selama sekitar 5 jam, termasuk lunch stop di rest area. Sekitar jam 3 sore kami tiba di Corning Museum of Glass. Museum sekaligus workshop ini mendemonstrasikan cara-cara pembuatan vas, botol, gelas minum dan aksesoris berbahan dasar gelas, yang dilakukan secara tradisional. Museum ini juga menjual produk-produk gelas eksklusif dengan harga yang cukup mahal.

Jam 4 sore kami melanjutkan perjalanan menuju Niagara Falls. Perjalanan selama 2,5 jam tak terasa, karena saya tidur nyenyak di jalan.. 😀 Di Niagara, kami menginap di hotel Marriott Niagara. Malam ini kami makan malam di Chinese restaurant tak jauh dari hotel. Setelah makan malam, kami diajak jalan kaki ke air terjun Niagara, bagian American Falls. Malam hari pemandangan air terjun American Falls sangat cantik dengan lampu sorot berwarna warni. Konon, pemandangan air terjun Niagara ini akan lebih indah jika dilihat dari sisi Kanada, dari seberang sungai sana. Sayang kami tak punya visa Kanada, harus puas melihat air terjun dari sisi Amerika saja.

Saat kembali dari air terjun menuju hotel, turun hujan salju. Menurut tourguide, salju malam itu adalah salju pertama di musim dingin ini, dalam waktu beberapa menit saja, pohon-pohon di sekitar air terjun mulai memutih tertutup salju tipis. Vira dan Rizki begitu gembira melihat hujan salju ini. Bagi Rizki, ini adalah pengalaman hujan salju pertamanya. 😀 Sekitar jam 10 malam kami kembali ke hotel untuk istirahat.

Tanggal 30 Desember 2011, Pagi hari kami sarapan di hotel, dan sekitar jam 7 pagi berangkat menuju Niagara falls lagi. Kegiatan pertama kami menuju Niagara visitor centre, menyaksikan film dokumenter Niagara dan berbagai display foto dan fakta tentang Niagara Falls. Kemudian kami berwisata ke Horse Shoe Falls, ini adalah bagian air terjun terbesar yang bentuknya seperti sepatu kuda, namun dari sisi Amerika ini kita tidak bisa melihat keseluruhan horse shoe falls, hanya bisa melihat bagian ujungnya saja. Dari horse shoe falls, kami kembali ke American Falls. Pemandangan American Falls di pagi hari ini terlihat berbeda dibanding saat kami kesini semalam.

Sekitar jam 9.30 pagi kami meninggalkan Niagara, menuju Boston. Perjalanan panjang sejauh 700km ini ditempuh selama 9 jam, termasuk berhenti makan siang di rest area. Namun perjalanan ini tak terasa melelahkan, selain busnya nyaman dan dilengkapi wifi, pemandangan sepanjang jalan juga cukup menyejukkan mata.

Sekitar jam 18.30 malam kami tiba di Boston, dan langsung menuju restoran Lobster. Boston memang terkenal dengan lobsternya. Kami duduk di meja makan, tak lama seorang waiter membagikan piring, lalu meletakkan setumpuk lobster rebus diatas meja. Saya pikir, lobster ukuran besar itu untuk sharing beberapa orang, ternyata satu orang dapat satu lobster. Yummm… kapan lagi makan lobster segar ukuran besar sendirian.. di cocol pake mentega aja udah enak banget rasanya. Setelah kekenyangan makan lobster, baru kami diantar ke hotel untuk beristirahat.

Tanggal 31 Desember pagi kami dibangunkan jam 5, kali ini tidak sarapan di hotel, tapi di cafe Au Bon Pain yang terletak di kompleks Harvard University. Kami tiba di cafe sekitar jam 6.30 pagi. Suasana sekitar masih gelap karena Winter, nikmat sekali makan sandwich dan minum kopi hangat di tengah udara dingin pagi ini. Setelah sarapan, kami dibawa berkeliling Harvard University, mengunjungi statue of three lies, melewati library dan main hall. Dari kompleks Harvard, kami melanjutkan wisata keliling kota Boston dengan bus, melewati Massachusets Institute of Technology dan Berklee School of Music.

Bus wisata menurunkan kami di Massachusets State House, monumen Black Heritage Trail dan dilanjutkan ke Quincy Market, dimana peserta tour diberikan waktu bebas selama 2 jam untuk makan siang dan belanja. Quincy Market ini adalah pasar tradisional dengan sentuhan modern. Banyak los-los penjual sayur, buah dan daging yang tertata rapi. Di tengah pasar ada bangunan yang dijadikan mall kecil, terdapat toko-toko fashion, restoran dan cafe di gedung 2 lantai ini. Kami makan siang di restoran lokal di lantai 2. Sekitar jam 1 siang, kami meninggalkan Boston menuju New York City, acara selanjutnya adalah merayakan tahun baru di Times Square New York.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s