Tak Lagi Perlu Visa ke Brazil

Sejak Juni 2018 lalu, Brazil memberikan kebijakan bebas visa bagi WNI. Kebijakan ini cukup mengejutkan, mengingat sebelumnya pengurusan visa Brazil memerlukan waktu dan dokumen yang cukup banyak.

Fasilitas bebas visa ini diberikan maksimum 30 hari. Saat tiba di Brazil, anda tidak perlu mengisi formulir VOA atau membayar biaya visa. Cukup bawa paspor anda ke counter imigrasi, paling ditanya apa tujuan anda ke Brazil dan berapa lama, setelah itu paspor langsung di cap.

Namun pengalaman saya, belum semua airlines mengetahui bebas visa untuk WNI ini. Saya berangkat ke Rio de Janeiro dari Buenos Aires, Argentina. Saat check in di counter Azul Airlines di bandara Buenos Aires, petugas ngotot kalau WNI perlu visa untuk ke Brazil. Saya tidak dibolehkan check in. Saya tunjukan halaman wikipedia soal kebijakan visa Brazil, petugas bilang tidak bisa dijadikan rujukan.

Lalu dia memanggil supervisor. Supervisornya menunjukkan ke saya aplikasi di HP nya yang menuliskan WNI perlu visa. Setelah saya googling, akhirnya saya menemukan halaman dari kedutaan Brazil di Indonesia yang mengumumkan bebas visa ini. Saya tunjukkan ke petugas, barulah saya bisa check in.

So, sebaiknya siapkan dokumen yang menjelaskan bebas visa untuk WNI ini jika ingin masuk Brazil dari negara lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s