Cape Point & Penguins of Boulders Beach

Jika anda berkunjung ke Cape Town Afrika Selatan, sempatkanlah berwisata ke taman nasional Cape of Good Hope. Taman nasional yang berjarak sekitar 75km di selatan kota Cape Town ini dapat dijangkau dengan bus atau mobil dari Cape Town, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam saja. Untuk memasuki kawasan ini wisatawan asing perlu membeli tiket seharga 315 Rand, atau sekitar Rp 300.000.

Pintu masuk taman nasional Cape of Good Hope

Apa sih yang menarik dari Cape of Good Hope ini? Di taman nasional ini, kita bisa mengunjungi salah satu ujung selatan benua Afrika, Cape Point. Di taman nasional ini kita juga bisa melihat False Bay, dari ketinggian dengan pemandangan tebingnya yang menakjubkan. Di taman nasional ini juga banyak terdapat satwa liar, antara lain burung unta (ostrich).

False Bay sign

Sekitar 10km dari pintu gerbang taman nasional, kami berhenti di False Bay sign. Ini adalah tempat melihat pemandangan ke arah False Bay, dari ketinggian. Di sekitar False Bay sign ini ada jalan setapak bagi mereka yang ingin turun ke pantai dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Disini juga ada beberapa bebatuan yang ujungnya persis di tepi jurang. Dijamin adrenalin akan naik jika berfoto di ujung tebing ini. Saya jalan jongkok untuk mencapai posisi di ujung batu ini, nggak berani berdiri, gamang rasanya.. ๐Ÿ˜€

False Bay view

Selanjutnya kami menuju Cape Point, yang merupakan ujung paling selatan di Cape of Good Hope ini. Disini terdapat tempat untuk melihat salah satu titik paling selatan di benua Afrika. Di kawasan ini juga terdapat menara mercusuar, serta sign post sebagai penanda koordinat anda di ujung selatan Afrika. Jika anda ingin mengunjungi mercusuar, anda bisa berjalan kaki mendaki selama 20 menit, atau naik kereta gondola.

Cape Point view
Cape Point sign post

Setengah perjalanan dari taman nasional Cape of Good Hope menuju Cape Town, dengan jarak sekitar 35 km, ada obyek wisata yang juga wajib dikunjungi, habitat penguin di pantai Boulders. Untuk melihat koloni penguin ini, wisatawan asing membeli tiket seharga 152 Rand. (Rp 150 rb). Pengunjung melihat penguin dari platform deck berpagar, sementara penguinnya bebas berkeliaran di pantai. Pengunjung dilarang keluar area pagar atau memberi makan penguin.

Petunjuk arah ke koloni penguin Boulders beach

Di beberapa spot, penguin hanya berjarak kurang dari 1 meter dari pagar platform. Lucu dan menggemaskan melihat penguin disini. Apalagi penguin yang masih kecil, mereka berbulu tebal dan belum bisa berenang, hidup dikawasan pantai berpasir sampai usia sekitar 1 tahun. Penguin yang ada disini merupakan spesies African penguin, salah satu dari 4 spesies penguin yang ada di dunia, beda spesies dengan penguin yang hidup di kawasan kutub selatan.

Penguin ini hanya berjarak 1 meter dari platform deck
Anak penguin yang masih berbulu tebal
Ribuan penguin hidup di Boulders beach


Selain di kawasan platform, cukup banyak penguin yang berada di luar kawasan berbayar. Anda bisa ambil jalan setapak menuju pantai umum, di sepanjang jalan setapak itu cukup banyak penguin ngadem di semak-semak. Beberapa diantaranya cuek aja kalau kita foto jarak dekat. Tapi ya harus hati-hati, karena suka mematuk juga..

Sisi lain Boulders beach
Banyak juga penguin yang berada diluar kawasan berbayar

Di kawasan Boulders beach ini juga banyak ditemui satwa Hyrax, hewan mamalia yang bentuknya mirip antara marmot dan tupai, namun ekornya pendek. Ukurannya cukup besar, sebesar kucing. Hyrax yang ada disekitar Boulders beach ini tidak takut manusia, mereka santai saja berjemur di sekitar pengunjung Boulders beach.

Hyrax berjemur ๐Ÿ˜€

Berwisata ke taman nasional Cape of Good Hope dan Boulders beach memakan waktu sehari penuh jika anda berangkat dari Cape Town. Agar puas menjelahi kedua tempat ini, usahakan berangkat dari Cape Town sekitar jam 7 pagi.

7 Comments Add yours

  1. patiransoleh berkata:

    Alam yang menarik..

    Suka

    1. Terimakasih sudah mampir patiransoleh.. ๐Ÿ˜Š

      Disukai oleh 1 orang

      1. patiransoleh berkata:

        Selamat pagi Sama sama Nelwin Aldriansyah..

        Suka

        1. patiransoleh berkata:

          pa Nelwin Ardiansyah ..boleh kan berbagi atau memberi solusi bagi kita pendatang baru

          Suka

          1. Tentu pak..
            Blog ini untuk berbagi pengalaman dan informasi seputar wisata..

            Suka

      2. patiransoleh berkata:

        Iya pa makasih sebelumnya

        Suka

        1. patiransoleh berkata:

          Iya pa nelwin ardiansyah..
          Mungkin pa punya pengalaman dalam dalam segala hal..mungkin pa bisah berbagi sedikit pengalaman hidup berbisnis tau lainnya..๐Ÿ™

          Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s