Membuat SIM Internasional

Sebetulnya, Surat Izin Mengemudi Indonesia dapat digunakan untuk mengemudi di banyak negara, termasuk negara-negara Eropa, Amerika, Australia dan banyak lagi. Umumnya apabila kita berkunjung sebagai turis di suatu negara dan menyewa mobil disana, SIM Indonesia dapat diterima. Sejak tahun ’90an sampai 2019, saya sudah beberapa kali menyewa mobil di Spanyol, Belanda, Bulgaria, Inggris, Amerika Serikat (di 4 kota berbeda), dengan menggunakan SIM A Indonesia, dan selalu diterima oleh rental mobil.

20190523_140022.jpg

Lantas kenapa saya akhirnya memutuskan membuat SIM internasional di tahun 2019 ini? Ada 2 hal yang menjadi pertimbangan saya.

Pertama, tahun 2017 lalu saat saya mengemudi di Romania, saya terkena tilang karena mengemudi dengan kecepatan melebihi batas rambu kecepatan. Polisi yang menilang saya tidak bisa bahasa Inggris, saya tak paham bahasa Romania dan aksara cyrilic, akhirnya saya diberi selembar surat tilang dalam aksara cyrilic yang saya tidak pahami isinya apa.

SIM A saya ditahan polisi Romania. Sisa perjalanan, saya mengemudi di Balkans tanpa memegang SIM, dan ini membuat saya selalu merasa was-was. Lalu saya berpikir, enak juga kalau punya SIM internasional, jika suatu waktu kena tilang lagi di negara asing (amit-amit), dan SIM A saya ditahan, saya masih ada pegangan SIM Internasional. 😀

Kedua, saya berencana menyewa mobil di Afrika Selatan dan mengemudi ke Mozambique, negara yang belum pernah saya datangi. Dari informasi yang saya baca, turis yang menyewa mobil kerap di setop petugas di jalanan dan ditanya banyak hal. Saya merasa jika pegang SIM internasional akan menambah rasa percaya diri saya saat mengemudi di Afrika. 😀

Tanggal 21 Mei, saya mengurus SIM Internasional di Korlantas Polri SIM Internasional, Jl. MT Haryono Jakarta. Syarat mengajukan SIM Internasional:

1. Memiliki SIM Indonesia

2. Mengisi formir SIM internasional, dilengkapi dengan materai Rp. 6.000

3. Melampirkan fotokopi SIM, Paspor dan KTP.

4. Melampirkan pasfoto berwarna 4×6 dengan latar belakang biru, 2 lembar. Pria memakai kemeja dan dasi, wanita dengan pakaian rapi (bukan t-shirt)

5. Membayar biaya SIM Internasional Rp 250.000

Jika syarat-syarat anda belum lengkap, di dekat Korlantas ada studio foto lengkap dengan penyewaan kemeja, dasi. Juga menyediakan mesin fotokopi untuk dokumen2 anda. Kios ini juga menyewakan sepatu dan jual kaos kaki.. 😀 buat anda yang datang ke korlantas dengan sandal, penyewaan sepatu ini sangat berguna, karena jika anda pakai sandal, dilarang masuk. Anda juga dilarang masuk jika mengenakan celana pendek, jeans bolong-bolong atau kaos oblong.

Saat datang di Korlantas, anda ambil nomor antrian, isi formulir dan tunggulah nomor anda dipanggil. Setelah nomor anda dipanggil, serahkan formulir dan dokumen ke petugas. Jika sudah dinyatakan lengkap, anda dipersilakan membayar biaya SIM internasional sebesar Rp 250.000 ke kasir. Sekitar 15 menit kemudian, nama anda akan dipanggil, SIM Internasional pun sudah siap. Mudah dan cepat prosesnya.

2 Comments Add yours

  1. Neni berkata:

    Next trip ke Mozambique,mas Win?Ditunggu ceritanya

    Suka

    1. Hi Neni..
      Main desination ke Afrika Selatan, tapi akan mampir juga ke Ethiopia, dan jika memungkinkan, ke Mozambique.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s