Mensiasati Mahalnya Wisata New Zealand

New Zealand adalah salah satu negara yang pemandangan alamnya paling indah di dunia. Tidak heran jika banyak wisatawan berkeinginan untuk berkunjung ke New Zealand. Namun kendalanya adalah biaya wisata ke New Zealand tergolong mahal. Tiket pesawat PP harga normal ke Auckland atau Christchurch dari Jakarta rerata harganya diatas USD 1.000, lebih mahal dari harga tiket ke Eropa.

Tapi terkadang full service airline seperti Qantas atau Singapore mengadakan promo khusus, tiket ke Auckland pp kadang bisa ditebus dengan harga sekitar 8 juta rupiah, saat low season tentu saja. Masih terasa mahal? Sejak beberapa tahun lalu maskapai berbiaya rendah Air Asia melayani rute Jakarta-Auckland, via Kuala Lumpur dan Gold Coast. Di masa normal tiket AA Jakarta-Auckland bisa diperoleh sekitar 7-9 juta rupiah, tanpa bagasi. Tapi jika sedang Ada promo khusus, tiket Jakarta-Auckland pernah ditawarkan sekitar 3 juta rupiah pp.

Harga yang sungguh menggiurkan, karenanya, pada saat promo ini ditawarkan pada bulan Maret 2017 lalu, Saya langsung membeli 2 tiket untuk saya dan anak, dengan jadwal keberangkatan Maret 2018. Saat itu Saya dapat harga 3,2 juta rupiah pp per orang, sementara seorang teman ada yang dapat di harga 2,8 juta saja.

Ternyata kemudian anak saya tidak bisa berangkat, karena kuliahnya tidak bisa ditinggal. Jadilah saya kemudian mengurus visa New Zealand sendiri, dengan biaya visa NZD 165. Padahal jika anak saya ikut, pengajuan visa keluarga juga sama biayanya. Jadi kalau anda pergi sekeluarga ke New Zealand, cukup membayar 1 biaya aplikasi visa saja.

Karena Saya jalan sendiri, untuk menuju tempat-tempat wisata populer di New Zealand Saya harus naik angkutan umum atau ikut tour harian (day tours). Menyewa Mobil tidak Saya pertimbangkan, karena selain jatuhnya mahal kalau pergi sendirian, rasanya bosen dan cape juga kalo kemana-mana mustinya nyetir sendiri.

Akhirnya sayapun browsing paket-paket tour harian di New Zealand. Ternyata, dibandingkan dengan paket day tours di negara-negara lain, day tours di New Zealand in sangat mahal biayanya. Contohnya, paket day tour dari Auckland ke Rotorua, rata-rata harga paketnya NZD 250. Jika mau mengunjungi set film Lord of The Rings dan The Hobbit, biayanya juga diatas NZD 250an. Mau lihat glow worm caves di Waitomo? Siapkan setidaknya NZD 200.

Padahal tiket masuk atraksi-atraksi wisata tersebut berkisar NZD 40-NZD 80. Yang mahal biaya transport dari Auckland ke tempat-tempat tersebut dan biaya guidenya. Sialnya, tidak semua tempat wisata tersebut dapat ditempuh dengan kendaraan umum. Jika anda ke Hobbiton dan setelahnya ingin lanjut ke Waitomo, yang jaraknya tidak terlalu jauh, tidak ada bis yang menghubungkan kedua lokasi ini. Anda harus kembali ke Auckland atau ke Rotorua dulu.

Akhirnya setelah cari-cari info di internet, Saya bisa melakukan wisata independent dengan biaya yang jauh lebih murah daripada ambil paket day tours. Jika ingin ke Hobbiton, bisa membeli tiket bus dari Auckland ke Matamata, harga tiket bus nya NZD 20, disarankan sekaligus beli tiket pulang dihari yang sama, kalau pas mau pulang bus nya penuh, wassalam, anda bisa nyangkut di Matamata. Sampai di Matamata langsung ke information center, disitu jual tiket Hobbiton seharga NZD 79, termasuk bus transfer dari Matamata ke Hobbiton yang jaraknya sekitar 7km. Dengan cara ini and bisa berkunjung ke Hobbiton dengan total biaya NZD 119, hemat separo dibanding ambil paket day tour dari Auckland.

Mau lihat Pohutu Geyser di Te Pua, Rotorua..? Kalo ambil day tour dari Auckland siapkan dana NZD 250. Mau yang hemat? Bisa beli tiket bus Auckland-Rotorua pp dari Manabus.com atau nakedbus.com (Saya dapat harga tiket PP NZD 34). Sampai di Rotorua naik bus kota nomor 11 dengan tarif NZD 2.7, sampai di Te Pua anda bisa beli tiket masuk Pohutu Geyser seharga NZD 54. Total biayanya NZD 94, jauh lebih hemat dibandingkan harga paket Rotorua day tour dari Auckland.

Di South island, tempat wisata favorit antara lain Lake Tekapo, Mount Cook dan Lake Wakatipu di Queenstown. Mau day tour ke Lake Tekapo dari Christchurch? Siapin dana NZD 160. Mau ke Mount Cook? Paket day tour nya bikin sedih.. NZD 300.

Mau paket hemat? 😁 Nih saya kasih tau caranya. Anda beli aja tiket bus dari Christchurch ke Queenstown, bisa pakai Intercity bus atau Atomic travel. Harganya NZD 55 one way. Dalam perjalanan Christchurch ke Queenstown anda akan berhenti 50 menit di Lake Tekapo untuk makan siang. Sangat cukup waktu untuk beli makan dan foto2 di sekitar danau yang cantik ini. Dalam perjalanan 8 jam menuju Queenstown, anda juga akan melewati Mount Cook, Lake Pukaki, Lake Cromwell, Lake Hayes.

Pemandangan sepanjang jalan Christchurch menuju Queenstown sangat indah. Jalan ini disebut juga scenic route. Dalam perjalanan menuju Queenstown, ambillah bangku di sisi jendela kanan bus. Semua danau dan gunung cantik yang dilewati ada di sisi kanan jalan. Supir bus Intercity juga rajin memberitahu penumpang, lokasi-lokasi cantik yang dilewati. Hemat banget kan, dengan NZD 55 saja, Kita sudah bisa lihat lake Tekapo dan Mount Cook, sampai lake Wakatipu di Queenstown. Padahal kalo ambil day tour bayarnya NZD 300 lho.

Masih ada beberapa trick lagi untuk wisata lebih hemat di New Zealand, terutama di South Island. Salah satunya dengan mengambil last minutes day tour package dari beberapa travel agent lokal di Queenstown. Banyak tour disana yang sampai sehari sebelum keberangkatan masih menyisakan beberapa bangku kosong. Daripada bangkunya kosong, seringkali day tour ini di diskon 30% sampai 70%. Saat Saya jalan di Queenstown pagi hari, ada travel agent lokal yang menawarkan diskon helicopter tours 50%, dan lake cruise tours dengan diskon 75% untuk keberangkatan siang itu juga. Sayang sekali Saya siangnya sudah harus kembali ke Christchurch.

Satu situs booking paket day tours yang perlu di jadikan referensi adalah situs http://www.bookme.co.nz. Di situs ini terdapat info paket-paket wisata last minute di berbagai kota di New Zealand. Jika sedang promo, ada lho paket wisata hanya seharga 1 NZD. Tapi ya harga yang seperti ini sebentar juga lenyap di sambar orang 😁. Diskon 25-75% Setiap harinya banyak di infokan di situs ini.

Siapa bilang wisata New Zealand bikin bokek? kalau kita rajin cari alternatif, bisa kok wisata hemat di New Zealand. Saya sudah membuktikan sendiri, kamu kapan? 😁

19 Comments Add yours

  1. Yanti berkata:

    Wow banget foto2 pemandangan new zealand,cakep.Total2 kemarin abis brp bro?tks

    Suka

    1. Hi Yanti..
      Total gak sampe 15 juta rupiah..
      Sudah termasuk pesawat pp, visa NZ, pesawat dari Auckland ke Christchurch PP, Bus ke Hobbiton, bus ke Rotorua, Bus ke Queenstown, tiket masuk Hobbiton, tiket masuk Te Pua, hotel/hostel 7 malam, dan makan 8 hari..
      Itupun saya di shared hostel hanya 2 malam, yang 5 malam pilih private room. Kalau 7 malam di shared room semua, bisa hemat 3 juta rupiah lagi..

      Suka

      1. Rinj berkata:

        Boleh dishare penginapan2 yg jadi tempat stay disana gak, yg shared room dan private room

        Suka

        1. Hi Rinj..
          Di Auckland saya 2 malam di YMCA ambil private room, tapi kamar mandi diluar.
          2 malam lagi di Kiwi international hotel, private room dg km mandi luar.
          Di Queenstown saya di Haka Lodge, shared room sekamar ber 4.
          Di Christchurch di Jucy Snooze pod, sekamar ber 8, tapi pod nya private.

          Suka

  2. Ing berkata:

    Halo, salam kenal. Apakah pakai visa transit australia waktu transit di goldcoast? Semua flightnya on time ya? Gak ada delay? Thank u infonya.

    Suka

    1. Hi Ing..
      Jika kofr booking KL-Auckland nya dalam 1 kode bookingan (fly through).. tidak perlu visa transit saat masuk Gold Coast..

      Suka

      1. Ing berkata:

        Terimakasih infonya. Kebetulan saya juga akan berangkat ke NZ dengan AirAsia rute KL-Auckland sama dengan Bapak. Jadi hanya memastikan bahwa tidak diperlukan visa transit Australia untuk rute tersebut ya Pak? Buat pegangan saya saat nanti berangkat dari Kuala Lumpur ke Auckland. Terimakasih.

        Suka

        1. Hi Ing..
          Tidak perlu visa transit jika tiketnya 1 kode bookingan..

          Suka

  3. Ing berkata:

    Sebelumnya terimakasih, pertanyaan saya sudah dibalas soal visa transit. Kebetulan saya juga akan ke NZ naik AirAsia dengan rute KL-Auckland (flythru) transit di Goldcoast Juni nanti. Jadi saya ingin memastikan kembali bahwa Air Asia rute Kualalumpur-Auckland transit di Goldcoast, persis sama dengan rute Bapak, tidak diperlukan visa transit Australia ya Pak? Maaf ini buat pegangan saya saat nanti mau check in di Kuala Lumpur. Terima kasih.

    Suka

    1. Confirm tidak perlu.

      Suka

  4. Maya berkata:

    Salam kenal,

    Sangat menginspirasi Pak dan membuat saya semakin seangat mewujudkan liburan impian ke NZ.
    Apakah ada file itinerary nya Pak?

    Salam,
    Maya

    Suka

    1. Hi Maya..
      Saya ada catatan2nya..
      Nanti saya rekap dulu..

      Suka

      1. Maya berkata:

        Wahh..terimakasih Pak. Akan saya nantikan.

        Suka

        1. Hi Maya,
          ini itin saya waktu di NZ..
          Day 0: berangkat Jkt-Via KL
          Day 1: arrive Auckland jam 5 sore. Jalan2 seputaran hotel aja, karena sampai YMCA sudah malam
          Day 2: Keliling obyek wisata Auckland (liat blog saya yg Wisata Gratisan Auckland)
          Day 3: ke Hobbiton pp dari Auckland naik nakednus
          Day 4: ke Rotorua, lihat rotorua lake dan Te Pua, Pohutu Geyser, pp dari Auckland, naik nakedbus
          Day 5, siang ke Christchurch naik Jetstar. Sampai CHC keliling obyek wisata CHC sampai malam (botanic garden, city center, cardboard church dll)
          Day 6: naik bis dari CHC-Queenstown. Melewati lake tekapo, lake pukaki, mount cook; lake cromwell. Sampai Qtown sore, keliling lake Wakatipu
          Day 7: pagi sampai siang keliling Qtown. Ke taman nasional Lake wakatipu. Sorenya naik bis balik ke CHC.
          Day 8: pagi flight dari CHC-AKL naik Jetstar. Masih bisa keliling AKL dari jam 10 pagi-jam 3 sore.. balik ke Airport, jam 7 malam.balik ke Jkt via KL
          Day 9: sampe Jakarta

          Suka

  5. retha berkata:

    hi pak..
    saya mau solo travel juga ke NZ agust bsk. btw blog bapak sangat menginspirasi .
    selama di auck/ chc/ queenstown public transportasinya mudah ga ya?
    saya cek juga intercity, dan hendak book, apakah semua jam bus intercity dari chc ke qtown pasti akan mampir lake tekapo? karena ada opsi juga yang mampir makan di hermitage hotel lunch.

    terima kasih yaa pak

    Suka

    1. Hi Retha..
      Terima kasih apresiasinya.. 😊
      Saya selama di AKL/CHC/Q-Town kemana2 jalan kaki.. 😀
      Tapi saya lihat jaringan bus di AKL bagus.. di CHC ada tram.. di Qtown gak perlu public transport.. kotanya kecil banget, jalan kaki belom sempet cape udah kelar.. 😀
      Intercity bus yang makan siang di hermitage itu paket tour premium lho.. harganya NZD 200an..

      Suka

      1. retha berkata:

        nah itu dia pak.. yang hermitage itu premium sangat. kalau yang regular biasa akan tetap berhenti di lake tekapo kan pak? secara one of bucket list saya adalah ingin melihat lake tsb.

        jika saya ada waktu 3 days di south islanf, prefer muterin 2days di CHC dan 1days in Q-town, atau 2days in Qtown dan 1 day in CHC pak?
        karena saya ingin flight saya dari Q-town ke Auck

        Terima kasih untuk informasinya ya pak.

        Suka

        1. Halo lagi Retha..
          Jam2 lainnya, semua bus intercity berhenti di lake tekapo.. paling enak.yang jam.makan siangnya di lake tekapo.. waktu berhentinya.1.jam.. cukup banget untuk wander around dan foto2.. makanan beli takeaway aja dan makan di bus setelah jalan lagi.. 😀

          Kalo saya punya 3 hari di South island, saya pilih 2 hari di Qtown.. so much more to explore.. memang harus keluar kota.. tapi banyak paket day tour lokal dari qtown yang menawarkan lokasi2 cantik di seputaran qtown

          Suka

          1. retha berkata:

            thankieuuu sooo much ya pak
            really helpfulll

            wish me luck 🙂

            Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s