Jangan Salah Visa Mesir

Beberapa waktu lalu, ada berita tentang beberapa wisatawan Indonesia yang di deportasi dari Mesir, karena tiba di bandara Cairo tanpa memiliki visa. Mereka mendapat informasi yang tidak akurat bahwa pemegang paspor Indonesia bisa memanfaatkan Visa on Arrival (VOA) di bandara Cairo.

(https://m.detik.com/news/berita/2913480/pemerintah-mesir-perketat-izin-visa-wni-tahun-ini-6-orang-ditolak)

Informasi ini keliru. Memang ada ‘semacam VOA’ bagi pemegang paspor Indonesia, namun ini terbatas bagi rombongan wisatawan yang pergi ke mesir dalam ‘organized trip’, alias ikut paket tour yang di selenggarakan biro perjalanan, dengan jumlah peserta minimal 10 orang.

Itupun tidak bisa langsung berangkat begitu saja. Biro perjalanan ini harus meminta izin ke otoritas Mesir, minimal dua minggu sebelum keberangkatan, ke Imigrasi dan kepolisian Mesir, dengan mengirimkan daftar nama dan nomor paspor peserta tour.

Setelah persetujuan diperoleh, barulah peserta tour bisa berangkat ke Mesir. Sampai di bandara Cairo atau land border Taba, peserta tour membayar ‘semacam VOA’ dengan biaya USD 25-60, dan akan di tempelkan stiker visa di paspor.

(http://www.kemlu.go.id/id/berita/siaran-pers/Pages/Aturan-VISA-bagi-WNI-yang-Berkunjung-ke-Mesir.aspx)

Jika tidak ikut rombongan tour, pemegang paspor Indonesia wajib mengajukan visa terlebih dahulu di kedutaan Mesir di Jl. Teuku Umar, Menteng, Jakarta.  Pengajuan visa disini biayanya Rp 500.000 untuk visa turis single entry. Proses visanya sekitar 5 hari kerja.

Syarat pengajuan visa Mesir:

– Mengisi formulir aplikasi visa

– pas foto warna 4×6 2 buah

– surat keterangan kerja / sekolah

– rekening bank 3 bulan terakhir

– paspor yang masih berlaku 7 bulan

– copy paspor

– copy kartu keluarga

– bookingan pesawat dan hotel

Telepon kedutaan Mesir (021) 3143440. Jika aplikasi visa anda telah diperoleh, kedutaan Mesir akan mengirimkan email.

Selain mengurus sendiri ke kedutaan, bisa juga mengurus melalui visahq.id dengan biaya Rp 1.227.000.

Sudah bebetapa tahun terakhir situasi politik dalam negeri Meair bergejolak. Dalam kondisi ini Imigrasi Mesir cukup selektif dalam memberikan visa. Jika.ada indikasi tujuan ke Mesir selain untuk tujuan wisata dan bisnis, bisa jadi aplikasi visa akan di tolak.

Bulan Juli 2017 lalu, ada 4 mahasiswa Indonesia yang di deportasi dari Mesir, karena memasuki wilayah yang sedang bergejolak. Jadilah wisatawan yang cerdas, sebagai tamu di satu negara, ikuti semua aturan dan pembatasan yang di tetapkan oleh pemerintah setempat.

18 Comments Add yours

  1. Neno berkata:

    Masalahnya visa mesir ntu susah sekali diperoleh mkn lbh sulit dr visa amrik atau eropa. Saya dan tmn saya mngajukan visa sjak mid maret namun hingga kini tmn saya blm jelas apakah ditolak atau diterima sedang saya sudah diterima lbh dulu, namun ttp blm bisa berangkat krna sndiri hrs minimal bdua

    Suka

    1. Hi Neno..
      Betul.. banyak yang cerita visa mesir susah diperoleh kalau urus sendiri dan jalan sendiri.. maklum aja.. kondisi politik Mesir sedang tidak stabil.. mereka ingin memastikan yang berniat ke Mesir hanya untuk tujuan wisata. Karenanya yang urus visa dengan ikut paket tour lebih dipermudah..

      Suka

    2. هرني سفرياتين berkata:

      Saya jga sama udh satu bulan blom dpt izin jga apa krna saya kerja di Madinah jdi menghambat permohonan visanya saya kerja di salon infonya dong yang teu mksih kalau misah ya permohonan di tarik terus daftar baru lgi bisa ga yach mungkin aja wktu saya ngisi formulirnya ada yg salah krna ada yg gk ngrti asal isi aja

      Suka

      1. Bisa jadi mas.. sebaiknya di cek lagi ke kedutaan proses visanya sudah sampai mana.. dan apakah ada yang kurang dokumen nya..

        Suka

  2. Ida yoshida berkata:

    Assalamu’alaikum..
    In shaa Allah Sy berencana melakukan solo travelling ke mesir akhir desember ini dlm rangka wisata. mohon d bantu utk pengurusan visa untuk single entry woman. Mksh

    Suka

    1. Hi ibu Ida..
      Ibu bisa mengambil formulir dan mengajukan visa Mesir di kedutaan Mesir, Jl. Teuku Umar, Menteng, Jakarta.  

      Suka

  3. Trisni Budiwati berkata:

    Bisa langsung datang ke kedutaan untuk ambil Formulir atau harus ada temu janji dahulu untuk pengambilan Formulir ? Terimakasih pak Nelwin

    Suka

    1. Hi Trisni,
      untuk mengambil formulir visa tidak perlu appointment, bisa langsung ke kedutaan Mesir, pagi hari antara jam 9-11.
      Pengalaman sebagian orang form bisa dikirim melalui email. Coba aja kontak dulu kedutaannya untuk permintaan formulir ini.
      Telepon
      021-3143440
      021-31935350
      021-31931141

      email: embassyofegypt.jakarta@gmail.com

      Suka

  4. ayu berkata:

    assalamualikum, mas nelwin boleh tnya ngk, saya kan ikut program au pair gitu untuk pertukaran budaya di mesir dan disana kita tinggal dengan orangtua asuh di mesir, disana kita di biaya dan tinmggal dengan orgtua asuh selama setahun dan apakah kita membuat visa turis atw visa bekerja? saya sudah email kedutaan dan mereka hnya m balas syarat visa dan formnya saja .
    makasih 🙂

    Suka

    1. Waalaikum salam Ayu..
      Setahu saya kalo di Eropa atau Australia, program au pair ini harus apply working visa yang masa berlakunya panjang (1 tahun atau lebih). Kalau visa turis umumnya pendek masa berlakunya, dan jika masuk menggunakan visa turis tapi kemudian disana bekerja, ada resiko deportasi. Sebaiknya anda apply visa kerja.

      Suka

  5. Saya masih kurang jelas dalam pembuatan visa, saya ingin berkunjung kesana tanpa keluarga, karena saya ingin melakukan bisnis disana, lalu jika saya sekedar berkunjung ke Mesir dan untuk melihat lihat terlebih dahulu dengan jenjang waktu sekitar 3-4 bulan kunjungan, karena jika saya ingin berbisnis disana, saya ingin tahu Medan kerja saya, lalu bagaimana cara pembuatan visa nya

    Suka

    1. Hi Umilia..

      Anda wajib mengajukan visa terlebih dahulu di kedutaan Mesir di Jl. Teuku Umar, Menteng, Jakarta.  Pengajuan visa disini biayanya Rp 500.000 untuk visa turis single entry. Proses visanya sekitar 5 hari kerja.
      Syarat pengajuan visa Mesir:
      – Mengisi formulir aplikasi visa
      – pas foto warna 4×6 2 buah
      – surat keterangan kerja / sekolah
      – rekening bank 3 bulan terakhir
      – paspor yang masih berlaku 7 bulan
      – copy paspor
      – copy kartu keluarga
      – bookingan pesawat dan hotel
      Telepon kedutaan Mesir (021) 3143440. Jika aplikasi visa anda telah diperoleh, kedutaan Mesir akan mengirimkan email.

      Suka

  6. Anton Wijaya berkata:

    Di salah satu persyaratan kan melampirkan bukti pendaftaran sekolah di Mesir. Nah pendaftaran ke Al Azhar kan tidak online tuh, terus gimana cara dapat visa studi nya? Daftarnua kan nanti setelah sampai disana tuh

    Suka

    1. Hi Anton,
      Yang dimaksud surat keterangan kerja/sekolah adalah surat keterangan dari kantor kita bekerja atau dari sekolah kita di Indonesia, kalau status kita pelajar di Indonesia. Bukan surat keterangan sekolah di Mesir.
      Yang saya tulis disini adalah syarat2 mengajukan VISA TURIS ke Mesir.
      Untuk Visa Study, syaratnya bisa cek ke kedutaan Mesir, saya belum punya pengalaman.

      Suka

  7. Hendriani Hendriani berkata:

    Bang mau tanya… Desember 2024 saya rencana mau umroh mandiri dari Jeddah tgl 4 Jan 2025.. saya bermaksud untuk mampir ke Mesir kapan waktu terbaik untuk mengajukan visa. Terima Kasih.

    Suka

    1. Hi Hendriani..
      Idealnya 2 bulan sebelum ketibaan di Mesir sudah mengajukan visa

      Suka

  8. countesscecilia berkata:

    Halo Mas,

    Mau nanya itu visanya berlaku 1,5 bulan kah?untuk pengajuannya gak perlu make tiket asli (booking dulu) gitu kah?

    Thanks

    Suka

  9. Icha berkata:

    mas mau nanya, kalo pemegang visa US bisa ngajuin bisa on arrival disana gak?

    Suka

Tinggalkan komentar