Dua Jenis Visa Masuk Turki

Buat pemegang paspor hijau Indonesia, ada dua jenis visa yang dapat diperoleh untuk memasuki negara Turki. Keduanya bisa anda peroleh tanpa harus berkunjung ke kedutaan Turki ataupun mengirimkan paspor untuk proses visa. Tinggal berangkat aja kesana 🙂

1. Visa on Arrival

20170906_005754

Cara pertama adalah cara yang paling mudah. Anda tinggal cari tiket pesawat menuju Turki, atau yang transit di Turki dalam perjalanan anda ke negara lain. Sampai di bandara Ataturk Istanbul, carilah counter untuk visa on arrival, ikuti signboard VISA yang cukup jelas, dan siapkan uang tunai USD 35. Jika tidak bawa uang tunai USD, dekat counter VOA ada mesin ATM yang mengeluarkan uang tunai USD, bukan Turkish Lira.

20170906_005549

Saat di counter VOA, anda akan diminta pembayaran USD 35 tunai, atau ekivalen dalam Euro dan Poundsterling (counter tidak terima pembayaran dengan kartu kredit atau mata uang lain), dan paspor anda akan di tempel sticker visa Turki. Untuk paspor Indonesia, visa on arrival yang anda peroleh berlaku selama 30 hari. Setelah mendapatkan sticker VOA, anda dapat menuju counter imigrasi dan welcome to Istanbul.

20170906_005806

 

Selain dengan mendatangi counter VOA, kabarnya pemegang paspor Indonesia juga bisa menggunakan mesin E-Visa Kiosk yang ada di dekat counter VOA. Saya sendiri belum mencoba menggunakan mesin E-Visa kiosk ini, namun jika melihat daftar negara yang diminta menggunakan E-Visa Kiosk (foto saya ambil September 2017), Indonesia tidak termasuk di dalamnya.

20170906_005541

Tips bagi yang transit di bandara Ataturk Istanbul: Jika waktu transit anda lebih dari 6 jam, anda punya cukup waktu untuk sekedar melihat-lihat Blue Mosque dan Grand Bazaar, kemudian kembali ke bandara. Jika waktu transit anda kurang dari 6 jam, tidak disarankan keluar bandara. Waktu antrian VOA dan imigrasi bisa 1 jam, waktu tempuh dari bandara ke Blue Mosque sekitar 1 jam dan kembali ke airport perlu 1 jam lagi, dan kemudian antri imigrasi lagi. Efektif anda hanya punya waktu kurang dari 2 jam di kota Istanbul, terlalu mepet dan beresiko. Jika terkena macet atau halangan lain, anda bisa ketinggalan pesawat.

2. E-Visa

Pemegang paspor hijau Indonesia juga bisa mendapatkan visa masuk Turki sebelum ketibaan di Turki, dengan memproses E-Visa secara online dengan beberapa langkah mudah:

Pertama buka halaman web https://www.evisa.gov.tr/en/ dan klik apply now.

turkey evisa 01

anda akan memasuki halaman berikut, dimana anda perlu memilih asal negara dan jenis paspor di pull down menu nya.

turkey evisa 02

kemudian anda perlu mengisi tanggal kedatangan di Turki, dimana masa berlaku E-Visa anda adalah 180 hari sejak tanggal diterbitkan, dan dapat digunakan satu kali saja selama maksimum 30 hari.

Kemudian anda perlu mengisi data pribadi dan data paspor di halaman berikut:

turkey evisa 04

Setelah terisi lengkap, klik save and continue, anda akan mendapatkan halaman konfirmasi bahwa data anda sudah benar, kemudian anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa aplikasi telah diselesaikan dan instruksi pembayaran E-Visa telah dikirim ke alamat anda. Ikuti petunjuk di email untuk pembayaran E-Visa, anda harus memiliki kartu kredit untuk pembayaran E-Visa ini, biaya E-Visa nya USD 25 plus USD 0.70 untuk processing fee.

Setelah pembayaran sukses, anda akan dikirimkan E-Visa melalui email. Print E-Visa ini dan bawa serta bersama paspor anda saat memasuki imigrasi Turki. E-Visa juga bisa di cetak di bandara Ataturk melalui semacam mesin interaktif, dengan menginput nomer konfirmasi E-Visa yang diperoleh dari email.

20170906_005746

Sama seperti Visa On Arrival, dengan E-Visa ini anda bisa tinggal di Turki sampai 30 hari. Biaya E-visa ini lebih murah dibanding biaya Visa on Arrival yang sebesar USD 35. Pilihan di tangan anda 🙂

 

146 Comments Add yours

  1. Fita Ariyanti berkata:

    Selamat sore kak
    Saya rencana September-October mau ke turki, ga sampe 30 hari sih. Apakah masih bisa apply E-visa untuk waktu tersebut? Dan Apakah perlu upload persyaratan untuk apply visa?
    Dan jika nanti saya tinggal di rumah reman, Apakah harus menyertakan surat rekomendasi dari teman saya kalau saya akan stay disana selama di Turki?
    Terima kasih mas

    Suka

    1. Hi Fita..
      Jika kunjungan di Turki kurang dari 30 hari, bisa apply e-visa atau ambil VOA di bandara. Saat apply e-visa, anda tidak perlu upload dokumen, cukup mengisi form online. Rekomendasi tidak diperlukan saat apply e-visa.. tapi tidak ada salahnya untuk dipegang, just in case saat di counter imigrasi ditanya mau nginap dimana..

      Suka

      1. Fita berkata:

        Kalau saya dtg awal September, kira-Kira waktu yg pas buat apply e-visa kapan ya kak? Terima kasih

        Suka

        1. Akhir agustus bisa… ini beberapa menit aja kok proses e-visa nya

          Suka

          1. Fita berkata:

            Baik. Terima kasih banyak kak for warm respondnya . Feednya sangat bermanfaat sekali. Once again, thanks 😊😊

            Suka

  2. Alfira Z berkata:

    Halo mas, untuk Visa on Arrival turki ada dokumen yg harus diajukan ga selain paspor? Mohon infonya. Terimakasih 🙂

    Suka

    1. Hi Alfira..
      Tidak perlu dokumen apapun.. cukup paspor.. di bandara turki tinggal ke loket VOA.. bayar VOA…baru ke imigrasi..

      Suka

  3. apriani sitio berkata:

    sore../
    mas mau tanya, untuk visa turki itu nama yang di pakai hal pertama atau nama di hal 4 (nama tambahan di pasport) ??

    Suka

    1. Hi Apriani..
      Jika ada nama tanbahan di hal.4.. lebih baik gunakan nama.tambahan tersebut sebagai nama keluarga

      Suka

  4. Herman berkata:

    mas mau tanya kl bawa keluarga itu untuk 3 sd 6 bln bagaimana apply visa nya

    Suka

    1. Hi Herman..
      Kalau berkunjung lebih dari 30 hari, tidak bisa dengan VOA.. harus mengurus visa ke kedutaan Turki di Jakarta terlebih dahulu..

      Suka

  5. Rizki Rifai Balk berkata:

    Hi kak, Salam kenal Saya Rizki.
    Mau nanya dong, waktu bikin VOA di Bandara, Ada formulir yang harus diisi kah? Atau interview sama petugasnya langsung?

    Dan adakah dokumen2 spesifik yang harus ditunjukkan ke petugas selain passport?

    Saya berencana mau Ke Turki Februari nanti.
    Lagi nyari info hehehe….

    Suka

    1. Hai Rizki..

      Tidak perlu isi formulir vIsa atau wawancara.. langsung aja ke counter VOA. Tidak perlu dokumen2 yang disiapkan selain paspor untuk ambil VOA.

      Setelah dapat VOA, di counter imigrasi mungkin saja ditanya reservasi hotel dan tiket pesawat pulang. Counter VOA dan counter imigrasi berbeda.

      Suka

  6. Ratu Tias berkata:

    Hlo Pak Nelwin, permisi tanya jika kita mau menikah di turki dengan warga negara turki saya harus buat visa apa ya? Terima kasih

    Suka

    1. Halo Ratu..
      Jika baca di website imigrasi Turki, yang bisa apply VOA atau eVisa hanya untuk tujuan wisata atau bisnis.
      Untuk tujuan lain harus mengurus visa di kedutaan Turki.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s