Panduan Mengajukan Visa Turis Amerika dan Interview Waiver

Dari semua visa turis yang diperlukan bagi pemegang paspor Indonesia, bisa jadi visa Amerika Serikat adalah salah satu visa yang paling di inginkan, karena visa turis Amerika berlaku selama 5 tahun, multiple entry, dan setiap kunjungan di bolehkan tinggal sampai 6 bulan. Namun demikian, berdasarkan pengalaman beberapa orang, visa Amerika ini termasuk yang lumayan sulit diperoleh, padahal kalau kita lihat, syarat-syarat dokumen untuk pengajuan visa Amerika tidak terlalu banyak.

Kali ini saya berbagi pengalaman dan tips mengajukan visa Amerika. Saya sudah 3x mendapatkan visa turis Amerika di tahun 1991, 2011 dan 2017. Saat ini pengajuan visa turis (B2 Visa) dari Indonesia harus dilakukan secara online. Berikut adalah langkah-langkah pengajuan visa Amerika Serikat:

  1. Buka laman web: http://ustraveldocs.com/id_bi/index.html, disana ada keterangan dalam bahasa Indonesia. Jika anda baru pertama kali membuka laman ini, akan ada pertanyaan: Apakah anda mengajukan visa imigran atau non-imigran?, klik tombol non-imigran, anda akan masuk laman ini: usvisa01
  2. Laman ini menyarankan langkah kedua agar anda melakukan pembayaran visa terlebih dahulu, bisa melalui teller di bank CIMB Niaga, atau secara online melalui bank yang masuk dalam jaringan ATM Bersama. Tapi saran saya, anda mengisi formulir DS-160 terlebih dahulu, baru setelah formulir terkirim ke sistem kedutaan Amerika, kita melakukan pembayaran. Jika anda sudah bayar biaya visa, uang yang sudah anda bayarkan tidak dapat dikembalikan, meskipun anda batal mengajukan visa.
  3. Isi formulir aplikasi visa (form DS-160) secara online dengan mengklik link yang tersedia di laman tersebut, atau link langsung nya di: https://ceac.state.gov/genniv/default.aspx usvisa02anda harus memiliki soft copy pas foto berwarna, idealnya ukuran 5×5 cm, dengan latar belakang putih dan tidak boleh memakai kacamata. Siapkan juga paspor anda, karena data-data paspor diperlukan saat mengisi form DS-160 ini. Pilih negara dan lokasi dimana anda akan memproses visa, isi CAPTCHA code sesuai yang ditampilkan di layar, kemudian klik tombol ‘START AN APPLICATION’, anda akan memasuki halaman berikut dan mendapatkan nomor application ID di bagian atas layar. Catat atau print nomor aplikasi anda jika anda sewaktu-waktu perlu kembali ke laman ini untuk melanjutkan proses aplikasi yang tertunda.usvisa03 Pilih dan isi jawaban Security Question yang anda perlukan untuk login di waktu kemudian, lalu klik tombol Continue. anda akan masuk ke halaman isian form sebagai berikut:visaus04 Selanjutnya isilah semua kolom pertanyaan dengan lengkap dan benar. Anda akan mengisi data pribadi, data paspor, rencana perjalanan, alamat rencana tinggal dan data kerabat di Amerika Serikat, data keluarga, data pekerjaan dan latar belakang, serta banyak pertanyaan terkait security, apakah ada keterlibatan dalam kegiatan yang melanggar hukum, HAM, human trafficking, pencucian uang dan terorisme. Jika ada kolom isian wajib yang belum anda lengkapi, anda tidak bisa melanjutkan ke halaman berikutnya. Cukup banyak pertanyaan yang harus anda jawab dengan lengkap. Perkiraan waktu yang diperlukan untuk mengisi seluruh jawaban pertanyaan, meng upload foto, mereview seluruh jawaban sampai mengirimkan aplikasi, sekitar 60-90 menit untuk setiap aplikasi. Jika anda sekaligus mengajukan aplikasi untuk beberapa anggota keluarga, proses ini harus di jalani satu per satu. Beberapa tips dalam mengisi form DS-160:
    • Jika anda berhenti mengisi dalam 20 menit, sesi anda akan berakhir dan perlu login kembali.
    • Jika anda belum memiliki rencana perjalanan yang pasti, anda dapat mengisi tanggal perkiraan perjalanan. Tidak wajib memiliki tiket pesawat yang sudah dibayar saat mengisi formulir ini, namun jika sudah ada, lebih baik.
    • Untuk mengisi alamat tinggal di Amerika, anda dapat mengisi dengan alamat hotel atau alamat kerabat di Amerika. Bisa menggunakan bookingan hotel yang cancellable.
    • Jika anda punya keluarga atau kerabat yang tinggal di Amerika, anda perlu nama, alamat lengkap, telepon dan email mereka untuk di isi dalam form DS-160 ini, sebaiknya minta izin mereka terlebih dahulu sebelum mencantumkan data-data kerabat di form tersebut.
    • Umumnya, jawaban yang diisi terkait keterlibatan dalam aktivitas yang melanggar hukum, HAM, human trafficking, pencucian uang dan terorisme adalah NO pada semua jawaban. Tapi sebaiknya juga jujur jika anda pernah terlibat dalam aktivitas2 tersebut dan pernah mendapatkan hukuman atau pengampunan. Jika pernah terlibat, anda harus jelaskan pada saat wawancara,  kans anda mendapatkan visa akan lebih kecil jika pernah terlibat dalam hal-hal tersebut.
  4. Setelah semua isian form terisi lengkap, anda akan mendapatan kesempatan untuk mereview semua isian anda, disini anda dapat memperbaiki informasi yang mungkin salah isi atau salah ketik. Jika semua sudah lengkap dan benar, anda dapat menekan tombol Sign application, selanjutnya anda akan mendapatkan DS-160 Confirmation. Silakan cetak DS-160 Confirmation tersebut.
  5. Selanjutnya anda wajib membuat akun baru di laman berikut dengan mengklik link Pengguna Baru: visaus05 anda akan masuk ke halaman registrasi berikut, isilah dengan alamat email anda, nama depan dan belakang dan buat password, kemudian isi CAPTCHA code untuk melanjutkan.visaus06 Setelah anda terdaftar, kembali ke halaman semula untuk login dengan email dan password anda, anda akan masuk ke halaman berikut: usvisa07
    • Pilih nonimmigrant visa dan klik continue, di halaman selanjutnya anda dapat memilih lokasi appointment di JAKARTA atau SURABAYA. klik Continue.
    • Di halaman selanjutnya pilih Business/Tourism, klik Continue.
    • Di halaman selanjutnya pilih B1/B2 – VISITOR FOR BUSINESS AND PLEASURE, klik continue.
    • Selanjutnya isilah data data anda dan paspor anda di halaman ini: usvisa08
    • Setelah semua data anda isi, klik Continue, jika anda juga mengajukan visa untuk anggota keluarga, anda bisa menambahkan dengan mengklik Add By Name, dan mengulang proses diatas, kemudian klik Continue.
    • Anda akan mendapatkan pertanyaan: Have you already dropped off your documents for renewal, but have been informed by the Embassy that an interview is required?, Klik No.
    • Kemudian akan ada pertanyaan: Each visa applicant must independently meet the following criteria:Are you an Indonesian passport holder?, klik Yes.
    • Kemudian pertanyaan:Are you younger than 14 years old?, jawab sesuai kondisi anda.
    • Pertanyaan berikut:Were you previously issued, in Jakarta or Surabaya, a full-validity B1/B2 visa (valid for five years)?. Jawablah sesuai kondisi anda, Jika sebelumnya sudah punya visa B2 klik Yes, dan jika belum klik No. Jika anda sebelumnya punya visa B2 yang diterbitkan setelah Desember 2007 dan expired dalam 12 bulan terakhir, anda bisa mengajukan  visa baru tanpa wawancara, jika tidak, anda wajib wawancara ke kedutaan Amerika Serikat dengan mengambil jadwal wawancara.
    • Kemudian anda akan masuk halaman untuk pengiriman dokumen, jika di Jakarta defaultnya adalah RPX di Jl. Prof. Dr. Satrio. Klik Continue.
    • Anda akan masuk ke halaman  selanjutnya untuk reservasi appointment, di halaman tersebut anda perlu memasukan Receipt number.
    • Ini artinya sebelum anda menjadwalkan wawacara, anda harus membayar biaya visa terlebih dahulu.
    • Pembayaran visa bisa di counter bank CIMB Niaga, dengan membawa print out DS-160 Confirmation anda,  biaya visa adalah USD 160, dibayarkan dalam rupiah, pada saat ini setara dengan Rp 2.160.000. Teller bank kemudian akan memproses pembayaran anda, dan anda akan mendapatkan Receipt Number, nomor inilah yang and isikan di kolom receipt number di bawah ini: usvisa09
    • Anda juga bisa melakukan pembayaran biaya visa secara online. Jika anda memilih pembayaran secara online (ETF), anda akan mendapatkan virtual account number yang unik. Dari internet banking anda, pilih menu transfer ke bank lain, pilh nama bank Bank of America, masukkan nomor virtual account number anda dan jumlah dana Rp 2.160.000, setelah pembayaran anda diproses oleh bank, anda akan mendapatkan receipt number.
    • Pengalaman saya saat melakukan pembayaran online di malam hari, receipt number ini tidak langsung saya terima, baru setelah menanyakan ke contact center besok paginya, receipt number saya peroleh via email.
    • Jangan mengulang pembayaran jika belum mendapatkan receipt number, tunggu atau hubungi contact center. Jika anda mentransfer lagi, kelebihan pembayaran tidak dapat di kembalikan.
    • Setelah anda mengisi receipt number dan klik Continue, anda dapat memilih beberapa opsi tanggal wawancara di kedutaan Amerika Serikat.
    • Jika anda memenuhi syarat perpanjangan visa dengan interview waiver program anda dapat memilih drop paspor dan dokumen di RPX, Jl. Prof. Dr. Satrio.
  6. Setelah anda memilih tanggal wawancara, selesaikan aplikasi anda, anda akan menerima konfirmasi tanggal wawancara. Print konfirmasi tersebut dan bawa ke kedutaan Amerika pada saat yang telah di tentukan.
  7. Menjelang tanggal wawancara, siapkan dokumen2 pribadi anda selengkap mungkin. Meskipun tidak di tulis sebagai syarat pengajuan visa, sebaiknya anda siapkan akte kelahiran, kartu keluarga, surat keterangan kerja dari kantor, SIUP kalau anda pengusaha, rekening bank, tiket pesawat jika sudah ada, bookingan hotel jika sudah ada. Saya pernah melihat beberapa orang ada yang membawa sertifikat deposito, sertifikat rumah dan dokumen pendukung lainnya, meskipun tidak disyaratkan. Menyiapkan dokumen tambahan selengkap mungkin lebih baik, daripada harus bolak-balik melengkapi dokumen.
  8. Saya dan keluarga wawancara di kedutaan Amerka pada november 2011. Pada tanggal wawancara, sebaiknya anda sudah hadir di kedutaan Amerika, di Jl. Merdeka Selatan, 1 jam sebelum jadwal waktu anda. Jika mengajukan visa bersama keluarga, semua anggota keluarga wajib hadir, tidak bisa diwakilkan. Biasanya antrian cukup panjang, anda akan di cek dokumen jadwal wawancara dan aplikasi visa oleh petugas sekuriti diluar kedutaan, jika memang jadwal anda sesuai, anda akan dipersilakan masuk ke kedutaan Amerika. Jika anda terlambat dan jadwal anda sudah terlewat, anda akan diminta membuat jadwal baru secara online. Petugas sekuriti akan membagi antrian dalam beberapa kelompok. Pengantri visa masuk ke dalam kedutaan dalam kelompok. Setelah di dalam kedutaan, anda akan melewati pemeriksaan sekuriti.  Alat komunikasi, kamera dan alat elektronik, makanan dan minuman, tidak boleh di bawa masuk, titipkan di locker depan. Kemudian anda akan menyampaikan paspor dan dokumen2 aplikasi visa di loket depan, ada beberapa counter di loket depan ini, aplikasi dan dokumen2 anda akan diperiksa petugas disini, jika semua lengkap, anda akan diberikan nomor group, dan masuk ruang tunggu. Tunggulah nomor group anda di panggil. Jika nomor group sudah dipanggil, anda akan menuju loket pengambilan sidik jari, 10 jari anda akan direkam datanya. Setelah itu kembali duduk untuk menunggu panggilan ke loket wawancara. Ada sekitar 6 loket wawancara, saat group anda di panggil, anda akan mengantri di loket wawancara bersama orang2 lain yang satu grup dengan anda.
  9. Saat wawancara ini anda bisa mendengar orang-orang di depan anda, atau di loket sebelah di wawancara, karena petugas di loket menggunakan pengeras suara yang tertempel di kaca loket. Wawancara dilakukan dalam bahasa Indonesia. Ada yang ditanya tujuan, rekening bank, slip gaji, support dari keluarga dan lain-lain. Saat giliran keluarga saya, kami hanya di tanya 3 pertanyaan, ke Amerika mau ngapain, apakah ada kerabat di Amerika, dan saat ini bekerja dimana. Tidak lebih dari tiga menit. Dokumen2 tambahan yang sudah saya siapkan, sama sekali tidak ditanyakan. Tapi ada juga di loket-loket sebelah yang wawancaranya lama dan banyak pertanyaannya atau diminta menunjukkan berbagai dokumen. Setelah wawancara tersebut, kita langsung di informasikan apakah aplikasi visa kita disetujui atau tidak. Di akhir wawancara, saya di beri slip putih, yang artinya aplikasi visa di setujui. Paspor saya dan keluarga bisa di ambil di RPX dalam waktu sekitar 4-5 hari kerja. Jika slip yang diberikan berwarna pink, artinya aplikasi visa di tolak. Jika slip berwarna kuning, kedutaan Amerika memerlukan waktu atau memerlukan dokumen tambahan sebelum memutuskan status aplikasi visa anda.
  10. Bagi yang memenuhi syarat untuk interview waiver program, tinggal membawa DS-160 Confirmation, Dropbox Confirmation Letter, bukti pembayaran, paspor (termasuk paspor yang ada visa lama) dan pasfoto ukuran 5×5 ke RPX di Jl. prof Dr. Satrio, disana anda akan mendapatkan tanda terima dokumen, dan dalam 3-4 hari kerja paspor anda akan dikirimkan kembali ke RPX. Saya mengajukan visa dengan interview waiver ini pada Selasa 21 Februari 2017, Jumat 24 Februari saya mendapatkan email bahwa paspor saya sudah dapat di ambil di RPX Jl. Prof. Dr. Satrio. Visa Amerika yang berlaku 5 tahun kembali saya dapatkan.

Beberapa tips tambahan:

  • Jangan gugup saat wawancara, santai dan yakin aja. Gugup dapat membuat petugas curiga jika anda menyembunyikan sesuatu/informasi
  • Jangan sekali-sekali melampirkan dokumen palsu, ini adalah tindak pidana berdasarkan hukum Indonesia dan hukum Amerika, anda dapat dipidanakan jika melakukan hal ini.
  • Gunakan visa sesuai tujuan. Jika visa anda visa turis B2, jangan gunakan untuk mencari kerja atau cari sekolah saat sampai di Amerika. Anda akan menyusahkan diri sendiri dan mungkin akan ada konsekuensi hukum terhadap anda.
  • Jika anda memiliki visa turis, jangan membawa ijazah atau raport sekolah ke Amerika. Jika kena periksa di imigrasi, anda mungkin dianggap akan menyalah gunakan visa turis untuk sekolah atau cari kerja. Visa turis 5 tahun anda bisa dibatalkan. Seorang teman saya pernah mengalami hal ini.
  • Jangan overstay. jika anda pernah tinggal lebih dari 6 bulan di Amerika dengan menggunakan visa turis, anda akan sulit mendapatkan visa baru.
  • Jika aplikasi visa anda ditolak, anda bisa saja segera mengajukan kembali aplikasi, dengan mengisi kembali form DS-160 dan membayar kembali biaya visa, tapi sebaiknya anda evaluasi hal-hal apa saja yang menyebabkan aplikasi visa anda di tolak. Jika hal-hal tersebut masih tetap sama, kemungkinan besar aplikasi baru anda akan kembali di tolak.

Oh ya, dengan memiliki visa Amerika Serikat yang masih berlaku, anda juga bisa memasuki beberapa negara lain tanpa perlu mengajukan visa tersendiri. Negara-negara yang membebaskan visa jika memiliki visa Amerika Serikat antara lain: Albania, Antigua & Barbuda, Bahamas, Belize, Costa Rica, Dominica, Honduras, Jamaica (jika menumpang kapal Cruise dari USA), Meksiko, Montenegro, Panama, Serbia, South Korea (jika stopover dalam perjalanan menuju/dari USA), Taiwan, Turks & Caicos.

Semoga sukses mengajukan aplikasi visa turis Amerika 🙂

 

 

117 Comments Add yours

  1. Meylin berkata:

    mas saya mau tanya, ketika mengisi form DS 160, untuk pertanyaan dibawah diisi apa yah?
    1. Contact Person Name in U.S
    2. Organization Name in the U.S
    3. Relationship to you
    4. U.S Contact address
    kalo misalkan kita traveling sendiri dan ga ada kenalan dan ga ada yang undang juga di sana? mohon infonya mas. thank you

    Disukai oleh 1 orang

    1. Jika kita punya keluarga atau kerabat di sana, bisa diisi dengan nama keluarga atau kerabat tersebut.. misalnya:
      1. Nama kerabatnya
      2. bisa dikosongkan
      3. Cousin/Nephew/Friend
      4. Alamat dari keluarga / kerabat tsb. di USA.

      Jika tidak punya sama sekali keluarga atau kerabat di USA, bisa di isi dengan nama dan alamat Hotel/akomodasi rencana Meylin menginap.

      Suka

      1. Meylin berkata:

        Thanks mas atas info nya
        saya ada pertanyaan lagi nih mas
        Saya sudah melakukan pembayaran VISA di CIMB Niaga tapi saya bingung untuk receipt numbernya yang mana yah mas? karena saya hanya di minta untuk isi form ( Multi Purpose Form ) dan di form tersebut hanya ada no validasi aja.mohon infonya mas.

        Thank you

        Suka

        1. Hi Meylin..
          seharusnya di slip multi purpose form nya ada print nomor referensi dari bank CIMB Niaga. terdiri dari 16 digit angka.
          Coba dilihat slip nya mba.
          Saya bayarnya online, dari system diberikan 16 digit angka tersebut.

          Suka

      2. Meylin berkata:

        Hi Mas Nelwin,
        Thank you, info nya. tadi saya udah telp bank nya
        kata nya siy direcipt number di input aja Virtual Account Number ( 16 Angka ) kita
        tapi saya harus coba input lagi diatas jam 01.00 siang
        btw, thanks yah mas infonya
        minta doanya semoga Visa nya diapproved 🙂

        Thank you

        Suka

        1. Hi Meylin..
          iya itu yang saya maksud 16 digit angka.. semoga sukses aplikasi visanya 🙂

          Suka

  2. Endah berkata:

    Selamat siang, saya berencana ingin ke USA dlm rangka jalan2. jenis visa apa yang cocok? Apakah sy hrus melmpirkan srt undangan Dr teman sy yg berkewarganegaraan USA? Trimakasih.

    Suka

    1. Hi mba Endah..
      Untuk tujuan jalan2 anda perlu visa B2..
      Undangan dari warga negara US tidak diperlukan kalau untuk tujuan wisata, kecuali jika pihak pengundang yang menanggung biaya perjalanan anda.
      Dari beberapa pengalaman teman, mengandalkan surat undangan malah mengundang banyak pertanyaan saat wawancara visa..

      Suka

      1. Endah berkata:

        Berarti apply dengan biaya sendiri ya. Sy coba Isi Form, pads bagian U.S social security number Dan U.S taxpayer ID number dikosongi (dicentanc pada doesn’t apply)

        Suka

        1. Iya mba.. doesn’t apply..

          Suka

          1. Endah berkata:

            Tanya lagi pak, untuk US contact diisi apa? Nama hotel atau nama teman saya yg disana? Trimaksih

            Suka

          2. Ya.. kalau punya kerabat atau teman boleh diisi dengan nama dan alamatnya disana. Sebaiknya minta izin mereka dulu…just in case di cek oleh bagian konsuler visa.
            Jika tidak punya kerabat, bisa masukan nama dan alamat hotel..

            Suka

  3. Permisi, saya mau tanya kalo apply visa turis yg B2 itu pasti dapat untuk 5 tahun atau belum tentu?

    Suka

    1. Hampir selalu diberikan 5 tahun. Ada yang diberikan hanya 6 bulan.. tapi sangat jarang..

      Suka

  4. Jenny berkata:

    Salam kenal mas Nelwin,

    Sy akan mengajukan visa B1/B2 dgn interview waiver program. Apakah dokumen pendukung juga harus saya sertakan lagi saat pengiriman dokumen ke RPX?
    Mengingat kedutaan tidak mau menerima fotocopy dokumen melainkan harus asli sy takut dokumen2 penting bisa hilang di jalan atau tidak kembali ke sy lg.
    Apakah cukup hanya mengirimkan dokumen mandatory nya saja? ( passport, lembar konfirmasi,bukti bayar, foto, dll).
    Mohon advice nya Mas..
    Hatur nuhun.

    Jenny.

    Suka

    1. Hi Jenny.. salam kenal juga..
      Untuk pengajuan visa dengan interview waiver cukup melampirkan dokumen mandatory aja.. paspor baru, paspor lama yg ada visa US, confirmation letter dan bukti bayar serta foto..
      Kalau membawa dokumen tambahan pun oleh petugas nya dikembalikan, tidak perlu katanya..

      Suka

      1. Jenny berkata:

        Ohh begitu ya mas…?
        Ok klo gt rencana nya besok sy mau ke RPX buat drop dokumen karena semua udh rampung.
        Thanks buat advise nya ya.. 😉

        Suka

  5. Jenny berkata:

    Sore Mas Nelwin..
    Sy mau tanya lagi nih.. Sy udh drop dokumen ke RPX di bandung (sesuai dgn rekomendasi dari kedutaan). Tp ternyata dokumen sy dikirim lagi dr RPX Bdg ke RPX Kebon Jeruk Jakarta dan dari sana baru akan dikirim ke Kedutaan AS.
    Waktu pengalaman mas dulu apakah sama di pool juga di RPX Kebon Jeruk atau dikirim langsung dari RPX Prof. Satrio ke Kedutaan?
    Saya lost tracking mas soalnya AWB nya hanya dari RPX Bandung ke RPX Kebon Jeruk saja (di tracking memang sdh sampai di Kbn Jeruk).
    Sedangkan dr RPX Kbn Jeruk ke Kedutaan tidak bisa dilacak.

    Suka

    1. Hi Jenny, saya drop paspor dan dokumen di RPX Prof. Dr. Satrio. Disitu ada petugas dari US embassy yang memeriksa kelengkapan dokumen. Kalau lihat dari trackingnya, dari Prof Satrio langsung dikirim ke US Embassy..

      Suka

      1. Jenny berkata:

        Sore Mas Nelwin…
        Lupa ngabarin nih… Saya sdh dapet visa B1/B2 nya.
        Prosesnya cukup cepat juga ya.. Cuma 3 hari kerja passpor sy udh dibalikkin lagi dengan visa di dalamnya, tepatnya kamis minggu kemarin tgl 1 juni sdh tiba di rpx bandung tp krn libur sy ambil keesokan harinya.
        Rencana saya berangkat ke Arizona nanti bulan Agustus.

        Thanks ya Mas buat advice nya.
        Mgkn suatu saat kita bisa ketemu pas lg liburan di negara paman Sam.

        Jenny

        Suka

        1. Hi Jenny..
          selamat ya udah dapat visa barunya.
          memang cepat prosesnya, saya juga 3 hari sudah dikembalikan paspornya di RPX..
          Agustus besok travelnya ya.. semoga menyenangkan liburannya 🙂

          Suka

  6. Sandra berkata:

    Hai Mas Nelwin,

    Mau tanya, saya bisa tahu saya dapat mengikuti pilihan pengajuan visa tanpa wawancara setelah saya masukan nomor bukti pembayaran yah? Karena pada saat proses pengisian data wawancara sampai ke proses pembayaran tidak ada tanda tanda atau pilihan untuk drop box.

    Thanks

    Suka

    1. Hi Sandra..
      Untuk memilih program interview waiver, dilakukan setelah pengisian fotm DS-160 selesai.
      Kemufian kan wajib bikin akun dan menjawab beberapa pertanyaan, nah salah satu pertanyaan disini adalah apakah anda pernah mendapat visa B2 sebelumnya.. disinilah anda bisa menjawab ya dan memilih interview waiver.
      Ini bisa diisi sebelum.melakukan pembayaran.visa.

      Suka

  7. Sandra berkata:

    Hai mas nelwin,

    saya sudah menjawab beberapa pertanyaan terkait untuk syarat interview waiver, dan dilanjutkan ke halaman spesifikasi pengiriman dokumen, lalu ke pembayaran visa, dan harus mengisi nomor pembayaran.. saya siang ini baru akan melalukan pembayaran, apa itu artinya saya lolos untu interview waiver atau baru saya bisa ketahui setelah melakukan pembayaran dan mengisi nomor pembayaran?

    Suka

    1. Hi Sandra,
      sebelumnya Sandra sudah punya B2 Visa yang expired dalam 12 bulan terakhir kan..? Jika ya, Sandra memenuhi syarat untuk interview waiver.
      Setelah bayar biaya visa, masukan kode pembayaran dan nanti bisa memilih untuk drop dokumen di RPX, kemudian print dropbox confirmation letternya.
      Setekah itu bawa DS-160 confirmation, Dropbox confirmation, paspor lama yang ada visa USA yg lama, paspor baru dan pasfoto ke RPX jl. Prof Dr. Satrio.
      Disana nanti ada petugas kedutaan Amerika yang memeriksa dokumen2 anda, jika memenuhi syarat akan mendapat tanda terima untuk proses visa tanpa wawancara. Biasamya 3 hari kerja visa baru sudah diperoleh.

      Suka

      1. Sandra berkata:

        Hai mas nelwin,

        Iya visa B1/B2 saya habis oktober ini, rencana pergi di Desember tahun ini makanya mau mengajukan visa lagi.

        Makasih yah mas infonya, saya sudah melakukan pembayaran siang ini, mau coba masukkam kode pembayaran.

        Thanks a lot 🙂

        Suka

  8. Harry Salim berkata:

    MEMANG BANYAK TEMAN-TEMAN KITA DITOLAK VISANYA BUKAN KARENA MEREKA TIDAK LAYAK ATAU MEMENUHI SYARAT, TAPI LEBIH BANYAK HANYA KESALAHAN SAAT PENGISIAN APPLIKASINYA DAN SAAT WAWANCARA

    Suka

    1. Trims infonya mas Harry.. 😊

      Suka

  9. wkalipatera berkata:

    Hi Mas Nelwin,

    Mau konfirmasi aja, kalau kita mau apply visa B2 reguler (bukan waiver), kita tidak perlu drop dokumen ke RPX lagi kan?

    Makasih sebelumnya

    Regards
    Windy

    Suka

    1. Hi Windy..
      Jika apply visa dg interview, tidak perlu drop dokumen ke RPX. Dokumen2 tsb dibawa ke kedutaan saat jadwal interview anda.

      Suka

    2. wkalipatera berkata:

      Oke, makasih banyak ya mas

      Suka

  10. Imelda berkata:

    Hii..kalo udah punya visa usa trus mau ajuin visa rusia, ada kemungkinan ditolak g?

    Suka

    1. Hi Imelda..
      Kemungkinan ditolak bisa saja.. tidak ada jaminan aplikasi visa pasti diterima.. tapi biasanya kalau sudah punya visa dari negara2 besar, akan lebih besar kans dapat visa rusia..

      Suka

  11. Andy Eko berkata:

    Bang Nelwin, kalau saya berniat bawa bibi yang asuh anak-anak bersama keluarga apakah wawancaranya bisa saya didampingi….(Rencana saya sekeluarga ajuin visa bersamaan, hanya saya dikeluarga yang sdh pernah ke Amrik)….Terimakasih

    Suka

    1. Hi Mas Andy..
      Dalam hal ini sebaiknya apply visa nya bersamaan, sehingga saat wawancara juga bareng.
      Kalau mas Andy visanya masih berlaku, mungkin bibinya di dampingi iatri mas Andy.. karena yang tidak apply visa tidak boleh masuk ke ruangan interview

      Suka

      1. Andy Eko berkata:

        Terimakasih atas jawaban yang cepat, kebetulan visa saya habis pada saat nanti mau liburan keluarga, jadi saya juga mesti apply lagi…..nah pada saat itu kita bisa ajukan online untuk jadwal interview bersamaan ya. Karena yang bibi KKnya berbeda, khawatirnya pada saat apply online eksekusinya kan satu-satu terus kena sela pemohon lain sehingga jadwalnya beda hari….apakah cukup meng klik Add By Name seluruh anggota termasuk bibi yang beda KK bisa dieksekusi bersamaan?

        Suka

        1. Hi mas Andy..
          Terus terang kalau KK nya berbeda, saya kurang tahu apakah bisa mengajukan visa secara bersamaan saat isi form online nya.
          Sebaiknya telpon bagian konsuler kedutaan Amerika untuk informasi yang tepat. Dalam hal ini saya belum ada pengalaman mas.. 😊

          Suka

  12. Kevin berkata:

    Terima kasih pak atas penjelasan dan tips nya, saya mau tanya nih. Misal dapat visa touris 5 tahun, apa boleh tinggal d US selama 1/2 tahun ?

    Suka

    1. Hi Kevin..
      Boleh.. setiap kali kunjungan, maksimum tinggal disana selama 6 bulan..

      Suka

  13. Wil berkata:

    Halo Pak Nelwin, saya ingin tnya, sblmnya saya belum pernah keluar negeri. Apakah mgkn saya bisa dapat visa turis Amerika? Minta tips nya agar saya bs dapat visa turis Amerika. Terimakasih

    Suka

  14. Wil berkata:

    Halo Pak Nelwin, saya ingin tnya, sblmnya saya belum pernah keluar negeri. Apakah mgkn saya bisa dapat visa turis Amerika? Minta tips nya agar saya bs dapat visa turis Amerika. Terimakasih…

    Suka

    1. Hi Wil..
      Kalau ditanya bisa atau tidak, jawabnya bisa saja.
      Tidak ada syarat pernah ke luar negeri sebelumnya untuk mengajukan visa Amerika.
      Yang menentukan adalah jawaban2 anda pada isian formulir dan saat wawancara. Jika kedutaan yakin anda punya cukup dana untuk bepergian kesana dan pasti kembali ke Indonesia, bida saja.
      Tips nya anda harus bisa membuktikan kalau anda punya keterikatan di Indonesia, dengan bukti surat bekerja/sekolah/kuliah. Jika sudah berkeluarga, bukti2 kalau keluarga ada disini. Jangan sampai ada kesan anda ke Amerika untuk cari sekolah/cari kerja atau cari jodoh 😀

      Suka

  15. Nita berkata:

    Halo mas.. salam kenal..
    sampai dengan tahun 2017 apakah interview nya masih dengan bahasa indonesia? terus apakah ada minimum saldo?

    Suka

    1. Hi Nita..
      Interview di kedutaan dalam bahasa Indonesia.
      Kedutaan Amerika tidak pernah mensyaratkan nominal saldo tabungan tertentu, yang penting anda mempunyai dana yang cukup untuk membiayai perjalanan dan biaya hidup sw
      selama disana.

      Suka

      1. Nita berkata:

        ok deh mas.. makasi ya info nya 🙂
        sangat berguna dan membantu.

        Suka

  16. Kevin berkata:

    Mau nanya lagi nih pak. Apakah bisa b1 dan b2 itu d gabung apa beda ya ?
    Dan apabila saya kesana untuk meng-hire sebuah group/company dan tidak bekerja/tidak dapat gaji apa di hitung bekerja ?

    Suka

    1. Hi Kevin..
      Bedanya yang satu untuk tujuan bisnis, satu lagi untuk tujuan wisata, seringkali visa multiple entry yang diberikan kategorinya B1/B2 sekaligus, jadi boleh berkunjung kesana untuk bisnis atau wisata selama 5 tahun masa berlaku visa.
      Terkait pertanyaan kedua, saya tidak bisa menjawab, sebaiknya ditanyakan ke bagian konsuler apakah kegiatan tersebut dianggap bekerja atau tidak.

      Suka

      1. Kevin berkata:

        Mau minta saran lagi nih pak, yang bagian isi formulir ds-160, kan ada specify visa class dan ada 3 pilihan, B1 / B2 dan B1/B2, jika saya pilih yang gabungan B1/B2 apa mngkin akan lebih susah untuk diterima daripada pilih B2 saja ? Terimakasih pak

        Suka

        1. Kalo pengalaman saya sih.. waktu isi form nya, pilih B2..
          Pas dapet visanya B1/B2..

          Suka

          1. hwanjanim berkata:

            Jadi pilih b1/b2 aja ya mas? Saya juga bingung pas bagian itu

            Suka

          2. iya pilih B1/B2 aja..
            bentuk visanya sama.. pas di imigrasinya nanti ditulis oleh petugas sana, B1 atau B2, tergantung saat kita datang untuk turisme atau bisnis

            Suka

      2. Mulyadi berkata:

        Salam kenal, mas.

        Saya mau tanya mengenai wawancara visa turis. Yang akan wawancara adalah saya , istri , mama, dan adik lelaki yg single (usia 30 tahun) papa sudah tidak ada. Saya kebetulan pernah kuliah di amrik dan sudah pulang tahun 2009. Ketika wawancara apakah kita berempat langsung menuju loket yang sama pada saat yang bersamaan? Apakah setiap anggota keluarga tidak diwawancara lagi kalau saya yang jawab semua pertanyaan?

        Terima kasih.

        Suka

        1. Hi Mulyadi, jika saat apply online nya memilih family application, wawancaranya akan bersama-sama. Petugas wawancara bisa bertanya kepada salah satu keluarga, dan yang harus memjawab adalah yang ditanya. Wawancara dalam bahasa Indonesia.

          Suka

          1. mulyadi berkata:

            terima kasih, mas. Ya bener kita apply family application pada saat online.

            Suka

  17. Benny berkata:

    Halo pak nelwin.. salam kenal.. mau tanya nih,bagusan wawancaranya di sby ato jkrta y?

    Suka

    1. Salam kenal pak Benny..
      anda tinggal dimana?, jika lebih dekat ke Surabaya, mungkin lebih baik pilih wawancara di sana, mustinya antrian nya tidak sebanyak di Jakarta..

      Suka

  18. Benny berkata:

    Terima kasih pak atas sarannya. Mau tanya lagi nih,kalo misalnya saya kurang bisa bahasa inggrisnya trus ntar pas diwawancara ditnya ‘dengan siapa saya perginya?’ Kalo saya jawab sndri perginya,bisa dicurigai gak y? Soalnya gak lancar bahasanya tapi mau pergi sndri. Apa lebih baek bilang perginya ikut tour aja? Thanks…

    Suka

    1. Hi pak Benny..
      Wawancara dalam bahasa Indonesia kok..
      Sebaiknya jujur dalam wawancara.. mereka yang bertugas mewawancarai sudah sangat terlatih dan bisa tahu kalau kita bohong menjawab pertanyaan..
      3x saya dapat visa Amerika, belum pernah ikut tour.. tidak masalah jika kita jalan sendiri..

      Suka

  19. Benny berkata:

    ok deh pak.. makasi ya info nya 🙂
    sangat berguna dan membantu.

    Suka

  20. Neta berkata:

    Hi Bang Nelwin,
    Mau tnya donk sy udh punya visa US exp jan 2018. Klo bln des ke US msh bs berlaku ga tuh visa ? Ky paspor 6 bln sblm hrs urus baru. Ke US hnya utk 1 mggu aja rencananya. Thank ditunggu infonya.

    Suka

    1. Hi Neta..
      Masih bisa.. tanggal expiry visa adalah hari terakhir anda bisa memasuki Amerika.
      Visa lama saya expired November 2016, awal Oktober 2016 saya ke Amerika. Memang pas di imigrasi dia nanya, ‘are you aware that your visa will be expired in one month’ saya jawab.. yes.. I will be here for two weeks only.. trus paspor saya di cap.. eh ternyata tetap di kasih ijin tinggal selama 6 bulan sejak tanggal kedatangan.
      Setelah itu saya cek2 info, ternyata tanggal expiry visa adalah tanggal terakhir kita masuk US.. bdrapa lama dikasih ijin tinggalnya, tergantung kebijakan petugas imigrasi.. umumnya tetap diberikan 6 bulan..

      Suka

  21. Kevin berkata:

    Siang pak, mau tanya lagi, saya sedang mengisi formulir ds160 dan stuck di bagian US Point of Contact information. Kalau saya tidak memiliki kenalan sama sekali apa tidak bisa ? karena di sini tidak bisa di skip kalau tidak memasukkan info seorang kenalan atau organisasi. Terimkasih

    Suka

    1. Hi Kevin..
      Untuk contact information, bisa memasukan nama dan alamat hotel untuk menginap di Amerika..
      Book saja hotel lewat agoda atau booking.com yang free cancellation.. nanti kan dapat nama, alamat dan nomer telpon serta email hotelnya.

      Suka

  22. Kevin berkata:

    Ok baik terimakasih pak, dan pak mau tanya lagi. Misal pas bikin visa kan bilang nya nginep di hotel ini, berangkat tanggal sekian dll. Tetapi misal nyatanya sampai sana ganti hotel atau ganti tanggal pulang/berangkat apa tidak apa2 ? apa nanti saat sampai di airport US imigrasi nya akan mencocokan dengan data apply visa atau bagaimana ? terimakasih ya pak

    Suka

    1. Hi Kevin..
      Biasanya tidak masalah…umumnya visa Amerika diberikan untuk 5 tahun… jadi sangat umum.jika setelah memperoleh visa kemudian rencana kunjungannya berubah tanggal atau kota tujian.. beberapa kali saya ke Amerika, tidak pernah imigrasi sampai mengecek ke hotel.. tapi mungkin saja pengalaman orang lain berbeda dengan saya..

      Suka

      1. Kevin berkata:

        Makasih pak untuk jawabannya, sama satu lg nih pak, yang di tanya apakah saya termasuk suku/bangsa apa jawabnya bagaimana ya ?

        Suka

        1. Hi Kevin..
          Bagian itu saya isinya Indonesia..

          Suka

  23. Desy berkata:

    Malam Pak,
    Sebelumnya thank you sdh post info selengkap2nya di blognya.
    Sy mau renew visa sy dgn program interview krn sdh memenuhi semua syarat yg tertera di website.

    Namun saat mengisi aplikasi online sy tidak langsung upload foto melainkan klik next dan mengisi data2 dan di save. Sy jg sdh catat application iD’nya. Besok sy berencana utk
    foto… apakah sy masih dapat menggunakan application ID/form yg telah sy isi dan bs klik back untuk tupload foto atau sebaiknya bikin form baru ya?

    Mohon sarannya. Terima kasih banyak

    Suka

    1. Desy berkata:

      Maksudnya dengan program tanpa interview

      Suka

    2. Hi mba Desy..
      Bisa mba.. nanti login lagi dengan memasukan application ID nya..
      Data-data yang belum lengkap, termasuk foto, bisa di upload setelah login kembali.
      Nantinya sebelum di finalisasi, di beri kesempatan untuk mereview kembali aplilkasi kita.

      Suka

      1. Desy berkata:

        Baik pak. Terima kasih banyak ya atas replynya.

        Suka

  24. hwanjanim berkata:

    Hai mas.. thank you bgt infonya
    Mau tanya, kalo semua biaya nya di bayarin sama temen saya yg US Citizen gmn tuh? Dokumen apa aja yg harus dibawa ya?
    Terimakasih sebelumnya

    Suka

    1. Hi hwanjanim

      Saran saya sebaiknya anda bisa menunjukan kalau anda mampu membiayai sendiri perjalan ke Amerika dan biaya hidup selama disana.
      Saat antri interview tahun 2011, saya melihat sendiri di antrian loket sebelah, dua orang.remaja putri ditolak aplikasi visa nya karena saat ditanya siapa yang akan membiayai, mereka jawab teman2 kami di Amerika, padahal mereka menunjukkan printout email dari teman2nya tersebut..

      Lain hal kalau biaya anda dijamin oleh perusahaan atau universitas karena mendapatkan beasiswa atau undangan training.. ini biasanya langsung di approve

      Suka

      1. Mulyadi berkata:

        Salam kenal, mas.

        Saya mau tanya mengenai wawancara visa turis. Yang akan wawancara adalah saya , istri , mama, dan adik lelaki yg single (usia 30 tahun) papa sudah tidak ada. Saya kebetulan pernah kuliah di amrik dan sudah pulang tahun 2009. Ketika wawancara apakah kita berempat langsung menuju loket yang sama pada saat yang bersamaan? Apakah setiap anggota keluarga tidak diwawancara lagi kalau saya yang jawab semua pertanyaan?

        Terima kasih.

        Suka

      2. hwanjanim berkata:

        Haduh jadi jiper deh mas.. tapi kalo kita bawa surat undangan dr dia,copy id sm keuangan dia.. kebantu ga ya.. nah itu remaja putri cuma kasih email doank kali mas? Hhe

        Trs satu lagi.. kalo sdh menikah tp saya travel kesana sendiri,ga perlu surat izin suami kan ya?

        Suka

        1. Tidak perlu izin suami..
          Kalau ada keterikatan kuat di Indonesia.. misalnya suami dan anak ada disini dan tidak ikut pergi, kemungkinan visa diberikan lebih besar.
          Mereka ingin memastikan pemegang visa turis kembali ke negara asal.. menghindari kemungkinan warga asing yang kesana untuk cari kerja secara illegal..

          Suka

          1. hwanjanim berkata:

            Oya?? Hehe.. iya ya.. saya juga merasa gitu.. tadinya mau kesana sama anak tp kayaknya mending gak.. biar mereka tau kita pasti balik ya mas?
            Ok mas makasih banyak.. kalo saya ada pertanyaan saya hubungin mas lagi ya ..

            Suka

  25. Arif saiful huda berkata:

    Mohon penjelasan detail tentang rekening bank yang dimaksud? Terima kasih

    Suka

    1. hi pak Arif,
      yang di tanyakan rekening bank untuk pembayaran visa?
      Jika itu yang dimaksud, untuk pembayaran di teller, datang ke bank CIMB Niaga dan bilang akan membayar visa Amerika. Teller sudah ounya form standarnya.
      Jika anda bayar online, anda akan mendapatkan nomor rekening virtual untuk di bayarkan ke Bank of America. Nomor ini di keluarkan oleh sistem, tiap aplikasi nomor virtyualnya berbeda.

      Suka

  26. krisna berkata:

    halo min
    gimana cara mendapatkan fom slip pembayaran untuk di bawa ke bank nantinya? saya masih bingung disitu
    terimakasih sebelumnya

    Suka

    1. Hi Krisna,
      Setelah anda selesai mengisi form DS-160 secara online, anda akan mendapatkan DS-160 confirmation yang dapat anda cetak, Cetak konfirmasi tersebut yang ada application ID anda, lalu bawa ke teller bank CIMB Niaga, bilang aja anda mau bayar aplikasi visa Amerika, anda serahkan copy DS-160 confirmation anda ke teller, tidak perlu isi formulir lagi di bank. Teller bank akan menginput data anda, dan setelah pembayaran di proses, anda akan menerima kuitansi yang ada Receipt number nya.
      Anda kemudian bisa melanjutkan proses aplikasi online dengan memilih jadwal wawancara dengan memasukkan kode receipt number yang diperoleh dari bank CIMB Niaga.

      Suka

  27. Harry Salim berkata:

    Banyak pemohon Visa Amerika, ketakutan sebelum mengajukan, ada baiknya membaca artikel pengalaman dan pengetahuan, seputar Visa Amerika, seperti Mba Bijo menulis sesuatu yang bermanfaat bagi calon pemohon, untuk informasi lebih banyak sebagai pengetahuan, silahkan kunjungi juga blog UVC
    http://www.usvisaconsultan.blogspot.com
    semoga bermanfaat
    salam
    Harry Salim

    Suka

  28. ASRI AYU berkata:

    Selamat siang. saya berencana akan pergi ke Houston, TX tahun depan. dari beberapa laman yang saya baca. kita di wajibkan mempunyai deposit sebesar 50jt di tabungan kecuali mendapatkan sponsor. dan rencana nya pacar saya yg warga negara US akan mensponsori saya selama disana. dan dr lama lama yg saya baca katanya di butuhkan surat penyataan sponsor, paspor sponsor dan rekening koran sponsor sbg dokumen pendukung. Yang jadi pertayaan saya. apakah doumen tersebut harus asli? mohon infonya terima kasih

    Suka

    1. Hi Asri..
      sepanjang pengetahuan saya tidak diwajibkan punya deposito dengan nominal tertentu. Kadang travel agent memberikan info seperti itu, meskipun kalau kita baca persyaratannya di website kedutaan tidak ada yang seperti itu.
      Pengalaman saya pribadi, tidak diminta menunjukkan tabungan atau deposito sama sekali, ditanyapun tidak. Tapi ada juga diminta menunjukkan tabungan/deposito saat wawancara. Petugas kedutaan punya wewenang untuk meminta informasi tambahan dari yang di persyaratkan. Ada baiknya bersiap dengan dokumen2 selengkao mungkin.
      Untuk wawancara, sebaiknya bawa dokumen2 asli dan siapkan foto copynya.

      Suka

      1. ASRI AYU berkata:

        apabila biaya kita di sponsori oleh kerabat yang warga negara US dokumen tambahan yang di perlukan apa saja? apa hanya perlu menunjukan surat invitation dari kerabat yang di US, Passport dan rekening tabungan si sponsor saja?

        terimakasih

        Suka

        1. Hi Asri,
          Surat dan dokumen2 tersebut bisa digunakan sebagai dokumen tambahan untuk aplikasi visa kita saat wawancara.

          Semoga sukses aplikasi visa nya.

          Suka

  29. Hi Mas Nelwin,

    Saya akan melakukan interview visa USA dalam minggu ini utnuk visa Turis. Nah pertanyaannya, Pekerjaan saya adalah sebagai pemilik perusahaan. Untuk dokumen pendukungnya apakah SIUP dan TDP sudah cukup untuk membuktikan bahwa saya memiliki pekerjaan di Indonesia?

    Suka

    1. Hi Gregorius..
      Selain SIUP Dan TDP, sebaiknya juga bawa statement rekening perusahaan dan rekening pribadi. Lebih baik menyiapkan dokumen2 yang mungkin ditanyakan daripada musti bolak balik..

      Suka

  30. Diana berkata:

    Hi Mas Nelwin

    Saya menikah dengan US Citizen 2 bulan yang lalu, saya berencana mengunjungi keluarga suami saya awal tahun depan selama 2 bulan. Pekerjaan saya adalah PNS, kira2 saya mengajukan visa baiknya mengguna visa tourist atau visa apa? suami dan mertua saya bersedia akan menjadi sponsor selama kunjungan saya disana.
    Mohon infonya, terima kasih.

    Suka

    1. Hi Diana..
      Untuk WNI yang menikah dengan US citizen, visa yang diperlukan adalah CR1 Visa. Tapi yang say baca2, proses visa CR1 ini sangat lama.. bisa setahun lebih..
      Mungkin bisa konsultasi ke kedutaan.. apakah sebaiknya ambil B1/B2 visa yang prosesnya cepat.. atau CR1 Visa untuk Diana..

      Suka

      1. Diana berkata:

        Saya mau yang prosesnya cepat jadi mungkin apply visa B1/B2. Apakah pas wawancara harus saya sebutkan telah menikah dengan US citizen? saya takutkan nanti susah di approve karna mengira saya akan pindah kesana.

        Suka

        1. Hi Diana..
          Terus terang saya tidak bisa jawab mana yang lebih baik buat anda.. Saran saya sebaiknya anda berkonsultasi dengan kedutaan tentang hal ini..

          Suka

  31. ESTER berkata:

    Dear Pak Nelwin,

    Terimakasih atas informasinya Pak. Sangat membantu.

    Saya akan wawancara dalam minggu ini,rencananya saya akan pergi liburan bersama tunangan saya yg juga orang Indonesia dan sama-sama bekerja di Indonesia. Dia sudah duluan punya visa Amerika 🙂
    Sebaiknya saya harus menjawab apa ketika ditanya Pergi bersama siapa ? Apakah Pergi sendiri atau dengan tunangan saya ? Mohon sarannya Pak.

    Cuma saya agak khawatir, karena menurut beberapa sumber yang saya baca Perempuan single (belum menikah) & secara keuangan stabil lebih susah utk mendapatkan visa Amerika tsb. Apakah benar demikian Pak ?
    Dan saya baru sekali ke LN, itupun hanya dekat (Singapore), belum pernah ada pengalaman lain utk ke LN.

    Oh ya satu lagi, sebaiknya ketika wawancara kita menggunakan Bhs Ingrris atau Indonesia yah Pak.. Agak nerveous juga nih.

    Mohon sarannya yah Pak, ketika wawancara nanti.

    Suka

    1. Hi Ester..

      Jika memamg anda pergi bersama tunangan anda, saran saya anda sebutkan anda pergi bersama dia. Siapkan dokumen perjalanan seperti reservasi tiket pesawat yang mencantumkan nama.anda dan tunangan.
      Saran saya juga anda siapkan fotokopi paspor tunangan anda yang ada visa USA nya.
      Memang ada kabar2 seperti yang Ester sampaikan, yang jelas kedutaan ingin memastikan bahwa yang kesana dengan visa turis akan kembali ke Indonesia. Karenanya jika punya pekerjaan tetap disini, punya ikatan keluarga disini, kans dapat visanya lebih besar.
      Wawancara dalam bahasa Indonesia kok.. bule2 nya fasih bahasa Indonesia 😊
      Saran saya, tenang dan tidak perlu gugup.. jangan bohong saat interview.. 😊

      Suka

  32. Grace berkata:

    Mas, kalau untuk oembuatan visa turis proses dari mulai isi form sampai dapat visa berapa lama ya?
    Saya baca kan mengajukan visa 3 bulan sebelum keberangkatan, kalau kurang dari 3 bulan apa kemungkinan visa ditolak?
    Terus untuk jadwal interviewbya sendiri apa padat ya? Misalnya apply bulan ini kira2 kosongnya bulan apa ya? Saya belum pernah liat applikasi interviewnya.
    Thanks ya sebelumnya.

    Suka

    1. Hi mba Grace..
      kalo dari isi form, bayar, ambil jadwal interview.. sekitar 5 hari sampai 2 minggu ya, tergantung dapat jadwal interview nya. Kalo yang qualified untuk interview waiver, 3 hari kerja sudah dapat perpanjangan visa.
      sebetulnya pengajuan visa 3 bulan sebelum keberangkatan itu common practice aja.
      Dari pengalaman saya, setelah kita bayar visa, saat memilih jadwal interview yang paling dekat biasanya 3 hari kerja depan, sampai 2 mingguan setelahnya.

      Suka

  33. Angela berkata:

    Selamat siang, terimakasih untuk penjelasannya di blog ini.
    yang mau saya tanyakan:
    1. saya mau pergi seorang diri, apakah nanti rekeningnya bisa menggunakan rekening orang tua? karena saya akan diback up oleh orang tua saya (saya punya rekening sendiri dan mencukupi). Bagaimana ya?
    2. Katanya dokumen yang diperlukan harus di translate ke bahasa inggris ya? kalau iya, jasa yang bisa buatin dimana ya?
    3. Kalau mau pergi ke US kan ada transit di negara lain misalnya saya liat ada transit di Jepang. Ada yang bilang butuh visa transit. Apakah perlu apply visa lagi ke kedutaan Jepang?
    terimakasih Mas untuk waktunya menjawab pertanyaan saya

    Suka

    1. Hi Angela..
      Jika bukti dana di support juga oleh orang tua, lebih bagus, memperkuat bukti kalau kita punya cukup dana untuk berlibur ke Amerika.
      Saya yang dalam bahasa Inggris hanya surat keterangan kerja dari kantor saja, kalau dokumen2 lain seperti akte keahiran, ktp, KK, rekening tetap dalam bahasa Indonesia. itupun ternyata semua dokumen yang sudah saya siapkan tidak ditanyakan sama sekali.
      Kalau transit di Jepang tidak keluar bandara, tidak perlu visa Jepang. Saya sendiri pernah naik joint flight JAL-American Airlines, dari Jakarta-Los Angeles, ganti pesawat di Narita Tokyo, saya tidak punya visa Jepang saat itu dan tidak masalah.

      Suka

      1. Angela berkata:

        terimakasih atas penjelasannya.. saya mau nanya lagi. apakah ketika mengisi form online maupun saat wawancara harus ada tiket PP dan booking hotel? kondisi saya belum book tiket PP karena belum tau kapan perginya, sedangkan untuk book hotel juga tidak karena nginapnya disana rumah teman yang ngundang, jadi tidak di hotel. Bagaimana mas?

        Suka

        1. Tiket pesawat pp Dan bookingan hotel memang tidak diwajibkan.. tapi akan lebih baik jika ada.. saya sendiri tidak ditanya tiket dan bookingan hotel saat wawancara.. tapi pengalaman orang beda2.. ada juga yang ditanya..

          Suka

          1. Angela berkata:

            baiklah terimakasih atas penjelasannya.. oh iya bagaimana dengan travel insurance? wajib kah? dulu mas Nelwin punya travel insurance tidak? ditanya juga tidak?

            Suka

          2. Hi Angela..
            Travel insurance tidak wajib untuk ke Amerika. Saya saat apply visa 2011 tanpa travel insurance. Tahun 2017 dengan interview waiver juga tanpa insurance.

            Suka

  34. Siri berkata:

    Berapa banyak saldo rekening yang diperlukan

    Suka

    1. Hi Siri..
      Mengenai saldo, tidak ada aturannya…
      Kadang juga tidak diminta tunjukkan saat wawancara.. saya waktu wawancara tidak ditanya saldo tabungan sama sekali.
      Tapi kalau tanya travel agent, umumnya mereka merekomendasikan saldo tabungan sekitar 40 juta.

      Suka

  35. Ike berkata:

    selamat siang Pak Nelwin, saya dulu pernah mendapat visa amerika tahun 1996. sekarang saya berencana hendak membuat visa amerika baru. Namun visa amerika saya yang lama dan paspornya sudah tidak ada. pada kolom apakah pernah mendapat visa amerika,apa yang harus saya tulis?karena saya tidak ingat no visa dan tgl issued,serta udah tidak ada bukti fisiknya. Trimakasih.

    Suka

    1. Hi Ike..
      Anda dapat isi sudah pernah dapat visa Amerika sebelumnya, untuk pertanyaan nomor visa atau tanggal di berikan dapat dikosongkan jika visa lamanya sudah tidak ada.

      Suka

  36. Alfikri berkata:

    Om mau tanya, saya mau ke amerika bulan januari 2018 tepatnya ke tulsa untuk kunjungan ke pabrik saya sudah dpat inivation letter dari perusahaan yg saya akan kunjungin, saya rencananya akan interview 28 desember ini yang saya mau tanyain,
    1.nanti saat interview bahasa indonesia kan?
    Soalnya saya takut gugup klo pake b.ing?

    2.Untuk surat sponsor apakah bisa di tanda tangan oleh wakil direktur perusahaan saya sedangkan direkturnya saya sendiri?

    3. Kebetulan saya akan interview bertiga
    apakah saat interview nanti langsung maju
    bertiga?

    Suka

    1. Hi Alkifri..
      1. Ya.. pakai bahasa Indonesia. Yg interview orang amerika, tapi lancar bahasa Indonesia
      2. Bisa saja.. atau dari HRD nya juga bisa
      3. Jika aplikasi onlinenya bareng.. kemungkinan akan barengan juga interview nya.. tapi jika isi aplikasi masing2.. ada kemungkinan terpisah wawancara nya

      Suka

      1. Alfikri berkata:

        Siap makasih om Nelwin tolong di doakan ya….

        Suka

        1. Di doakan sukses aplikasi visanya.. 🙂

          Suka

  37. Jenni berkata:

    mas salam kenal …mau tanya saya ibu rumah tangga saja , ada rekenig tp tidak banyak .berangkat di biayai anak , rekening anak nanti boleh di pakai sebagai pelengkap? dan di tanya tidak status seperti menikah atau tidak , saya tidak ada surat cerai

    Suka

    1. Halo ibu Jenni..
      Jika memang dibiayai anak, sebaiknya juga ada surat keterangan sponsor dari anak ibu, bahwa dia yang akan menanggung biaya perjalanan ibu ke Amerika. Untuk memperkuat surat sponsor ini siapkan juga kopi rekening bank anak ibu, dan kartu keluarga (kalau masih satu rumah dengan anak ibu), atau akta kelahiran anak ibu yang mencantumkan nama ibu.
      Belum tentu dokumen2 ini diminta, tapi lebih baik sudah menyiapkan semua dokumen pendukung apabila ditanyakan, daripada harus melengkapi di kemudian hari.
      Status pernikahan kadang ditanyakan saat wawancara, apabila ditanya sebaiknya dijawab dengan jujur, meskipun tidak ada dokumen pendukungnya.
      Semoga sukses aplikasi visanya.. 🙂

      Suka

  38. tika berkata:

    halo pak Nelwin, mau tanya
    saya dan suami sudah memiliki visa amerika.
    sekarang kami mau apply visa untuk anak anak kami. apakah kami memilih visa waiver? dan saat mengisi form DS-160 ada beberapa pertanyaan saya bingung jawabannya untuk anak anak contoh type of visa class.

    mohon bantuannya

    Suka

    1. Hi Tika..
      Apakah anak2nya sudah pernah punya visa USA..?
      Jika sudah pernah dan expiry nya masih dalam 12 bulan terakhir, bisa apply interview waiver..
      Jika belum pernah punya, harus apply proses normal..
      Type of visa class B2.. untuk tujuan wisata

      Suka

  39. Yanti berkata:

    Hi Mas Nelwin,
    saya sudah mengisi Aplikasi Visa DS 160 ,sudah membayar dan sudah mendapakan Jadwal Interviewnya. setelah saya baca2 komen di atas. ada komen dari mas nelwin kalau kita pergi kesana dibiaya oleh sponsor pihak interview akan banyak tanya (saya pergi kesana dibiaya oleh sponsor/teman) . apakah bila ada sponsor disana (orang amerika ) itu akan lebih sulit mendapatkan USA VISA ?

    Apakah bukti pembayaran Visa juga harus di bawa pada saat interview ?
    terima kasih sebelumnya 🙂

    terima kasih

    Suka

    1. Hi Yanti..
      Komen Saya mengenai biaya dari sponsor akan banyak ditanya.. itu berdasarkan pengamatan Saya waktu antri wawancara.. Ada 2 orang yang di cecar banyak pertanyaan mengenai sponsor.. apa hubungan dengan sponsor.. pekerjaan sponsor apa dll..
      Selama jawaban kita jujur dan tidak mengarang/berbohong.. kans mendapatkan visa tetap ada..
      Pada intinya kedutaan ingin memastikan wisatawan yang kesana dengan visa turis memiliki biaya yang cukup untukl selama disana dan pulang kembali ke Indonesia..

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s