2 Cara Apply Visa New Zealand

UPDATE PENTING! Mulai bulan Juli 2019, biaya visa naik dari NZD 165 menjadi NZD 211, plus International Visitor Conservation and Tourism Levy (IVL) sebesar NZD 35 per orang.

Mengajukan aplikasi visa New Zealand kini semakin mudah. Ada 2 cara untuk apply visa ke kedutaan new Zealand, pertama aplikasi manual (on paper), kedua aplikasi online. Jika anda melakukan aplikasi manual, anda akan mendapatkan visa yang ditempelkan di paspor anda. Jika anda memilih aplikasi online, visa yang anda peroleh berupa electronic visa, yang terdaftar di sistem imigrasi New Zealand, tidak ada sticker visa yang di tempelkan di paspor anda. Pengajuan visa dengan cara manual biaya totalnya lebih mahal Rp 267.500 dibandingkan biaya apply visa secara online.

Jika anda memilih cara pertama, aplikasi manual, anda bisa  mengambil formulir fisik di VFS New Zealand, Kuningan City lantai 2, atau mengunduh formulirnya disini: https://www.immigration.govt.nz/documents/forms-and-guides/inz1017.pdf

Isilah formulir visa dan lengkapi persyaratannya, antara lain:

  • Paspor yang masih berlaku 6 bulan
  • pasfoto terbaru ukuran 3 x 4 dengan latar belakang putih
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Copy rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Surat keterangan bekerja/sekolah
  • Bukti reservasi pesawat ke New Zealand
  • Bukti pesanan akomodasi di New Zealand
  • Bukti pembayaran visa.

Setelah semua persyaratan lengkap, bawa paspor, formulir aplikasi visa yang sudah diisi dan dokumen-dokumen yang disyaratkan ke VFS New Zealand. Serahkan paspor anda dan bayar biaya visa di VFS, lalu tunggu kabar dari VFS mengenai aplikasi visa anda, waktu proses visa manual sekitar satu minggu.

Bila anda memilih cara kedua, dengan aplikasi visa online, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah pertama, buat RealMe account di laman https://www1.logon.realme.govt.nz/cls/logon.logon?cid=2

Step 00

isilah forms RealMe dengan data-data anda, dan buat password untuk login. Anda perlu melakukan aktivasi akun dengan mengkonfirmasi email yang dikirimkan ke alamat email yang anda daftarkan. Setelah akun RealMe anda aktif, silakan login dan memulai aplikasi visa New Zealand anda secara online, dengan mengklik tombol ‘Create New Visitor Visa Application’

Step 000

Setelah itu, anda akan memasuki halaman untuk memilih jenis visa yang diperlukan, kemudian klik tombol ‘Start My Application’

Step 01

Anda akan memasuki halaman berikut, isilah dengan data pribadi anda sesuai pertanyaan.

Step 02

Setelah lengkap, klik tombol Continue, anda akan memasuki halaman berikutnya.
Pilihlah jenis visa General Visitor Visa, dan isi semua pertanyaan yang wajib diisi (bertanda bintang). Jika ada pertanyaan wajib yang belum anda jawab, anda tidak bisa melanjutkan proses berikutnya.

Step 03

Selanjutnya anda perlu menjawab pertanyaan mengenai kesehatan anda:

Step 04

Kemudian, anda akan ditanya mengenai karakter anda dan catatan kriminal (jika ada):

Step 05

Jika sudah lengkap klik ‘Continue’, anda akan memasuki halaman berikut, untuk menjawab data pekerjaan anda:

Step 06

berikutnya, mengisi data pasangan:

Step 07

selanjutnya anda akan ditanya apakah memiliki kontak di New Zealand:

Step 08

Setelah itu anda akan ditanya apakah mengisi aplikasi untuk diri sendiri atau untuk orang lain:

Step 09

selanjutnya akan diminta untuk meng upload dokumen2 persyaratan visa, dalam bentuk PDF, dan pasfoto dalam bentuk JPG, setiap file tidak boleh lebih dari 10 MB. Dokumen yang perlu di upload adalah pasfoto, halaman detail paspor, KTP, Kartu keluarga, Bookingan travel (pesawat, hotel), keterangan bekerja, rekening tabungan, dan jika ada dokumen tambahan yang ingin anda sampaikan.

Step 10

Jika semua upload anda sukses, anda akan mendapatkan konfirmasi dokumen apa saja yang sudah masuk di akun RealMe anda. Jika anda yakin semua dokumen yang dipersyaratkan sudah lengkap, anda bisa melanjutkan ke proses pembayaran visa. Anda harus memiliki kartu kredit berlogo Visa atau mastercard untuk bisa melakukan pembayaran visa secara online. Biaya Visanya NZD 211 plus International Visitor Conservation and Tourism Levy (IVL) sebesar NZD 35 per orang.

Jika anda apply visa untuk satu keluarga dalam 1 KK (maksimum 2 dewasa dan 3 anak), anda cukup membayar 1x biaya aplikasi visa sebesar NZD 211, plus International Visitor Conservation and Tourism Levy (IVL) sebesar NZD 35 per orang. Misalnya apply untuk 2 dewasa dan 2 anak, total biaya aplikasi menjadi NZD 351.

Submitted Docs online

Setelah pembayaran sukses, anda akan mendapatkan pdf konfirmasi pembayaran di akun RealMe anda, di tab ‘Submitted’, anda bisa mengklik ‘Visitor Visa’ untuk mengunduh konfirmasi pembayaran, nama file nya ‘Tax or invoice receipt’.

Submitted

Anda bisa mencetak dan membawa konfirmasi pembayaran visa tersebut ke VFS New Zealand, bersama paspor anda. Tidak perlu mencetak formulir dan dokumen2 persyaratan visa yang telah di submit online.

Saat anda menyerahkan paspor di VFS New Zealand akan dikenakan biaya proses VFS sebesar Rp 200.500. Proses visa New Zealand yang di submit secara online, akan memakan waktu sampai 24 hari kerja.

Jika aplikasi visa anda sukses, anda akan mendapatkan email dari VFS New Zealand bahwa sudah ada keputusan atas aplikasi visa anda. Silakan login ke RealMe account anda, dan di tab ‘Submitted’ anda akan menemukan satu file baru yang dikirimkan oleh imigrasi New Zealand. Ini adalah konfirmasi bahwa visa anda telah di setujui, dengan masa berlakunya berapa lama, single atau multiple entry. Anda dapat mencetak konfirmasi visa ini untuk back-up, jika saat memasuki New Zealand ada gangguan komunikasi di sistem imigrasi mereka, anda masih punya backup bukti visa anda.

28081281_10156140939453953_492559215_o

Saya sendiri mendapatkan visa multiple entry yang berlaku selama satu tahun lebih, setiap kunjungan maksimum 90 hari.

New Zealand, here I come..! 😉

Kredit foto Sticker Visa New Zealand: milik teman saya, inisial K.A.S 🙂

102 Comments Add yours

  1. Etlin berkata:

    Pak Nelwin yth,
    Trims atas infonya. Sangat jelas dan lengkap. Saya cuma ingin tanya, kalau kita apply online, memang masih tetap perlu ke VFS New Zealand menyerahkan pasport? Bukankah bentuk visa kita itu elektronik jadi tak perlu dicetak di paspor?
    Trims sebelumnya
    Etlin

    Suka

    1. Hi Etlin..
      Jika apply online tetap perlu mengantarkan aspor asli ke VFS NZ.. dari VFS dibawa ke NZ embassy untuk di cek fisik paspor saja.. besoknya paspor akan dikembalikan ke VFS..
      Visanya sendiri baru dapat sekitar 5 hari kerja, dalam bentuk elektronik.. tercatat di imigrasi NZ.. kalau mau print surat konfirmasi visanya bisa juga

      Suka

  2. Yenty berkata:

    Mas boleh tau kontact no more nya gak, mau tanya Mengenai visa NZ online

    Suka

    1. Hi Yenty.. WA saya japri by email

      Suka

  3. Rere berkata:

    Yth. Pak Nelwin,
    Terima kasih atas info nya. Sy mau tanya untuk mendapatkan visa multiple entry itu apakah emang ada di isian form nya atau pada saat bapak dpt visa tau2 dapat multiple entry?

    Suka

    1. Patnya single entry atau multiple tergantung keputusan konsuler. Di formulir visanya tidak ada pilihan single atau multiple.

      Suka

  4. Ocha berkata:

    Salam pak Nelwin,
    Masa berlaku visa paling sebentar yg dikasih embassy kira kira brp lama ya pak? Kl sy ajukan pembuatan visa 4bln sebelum keberangkatan kira kira bisa ga ya?

    Suka

    1. Hi Ocha..
      Teman saya ada yang dapat visa nya hanya 1 bulan..
      Biasanya kedutaan menyesuaikan masa mulai berlaku visa, dekat2 rencana keberangkatan..

      Suka

  5. madannang berkata:

    Hi Mas Nelwin,

    Kalau mau apply online, untuk dokumen pendukung seperti KTP, SIUP/TDP apakah perlu di translate terlebih dahulu? harus pakai sworn translator atau nggak?

    Suka

    1. Hi Madannang..
      Pengalaman saya tidak perlu.
      Saya scan dan upload dokumen aslinya saja, tanpa translation..

      Suka

      1. madannang berkata:

        Wah very fast response. Okay noted. Makasih ya Mas Nelwan. Have a nice day.

        Suka

  6. Yenty berkata:

    Mas…. Saya Uda dapat visa NZ saya seperti gambar Di Atas
    Namun saat saya pakai buat apply visa transit australia malah di bilang ini bukan visa valid…. Ini cuma submitted

    Suka

    1. Sudah ada perkembangan dari kedutaan Aussie?

      Suka

    2. TrisnaTheng berkata:

      aku punya plannya sama ne mbak, mo apply visa transit after dapet visa NZ, ini akhirnya gmn mbak? dapet gak visa transitnya?

      Suka

    3. Nila berkata:

      Jadi gmn ini casenya. Bisa ga sih, kalau udh beres visa nz nya.. trus apply visa transit aussie untuk transit 3 hari saat brgkt dan transit 3 hari saat pulang. Bisa cuma pakai visa transit?

      Suka

  7. Pika berkata:

    Mas,
    Klo evidence that you are a bona fide applicant…
    Itu attach nya document apa ya?
    Sy lihat klo surat keterangan kerja sdh ada kolomnya sendiri..
    Mohon infonya.. Thankss

    Suka

    1. Hi Pika..
      Kalo dilihat di website imigrasi NZ, bona fide applicant adalah pengunjung yang mempunyai keterikatan di tanah air, bisa Karena punta ikatan keluarga, pekerjaan, aset dll, yang membuat si applicant pasti balik ke tanah air.
      Bukti dokumen bisa kartu keluarga, sertifikat aset.. kalo Saya melampirkan KK..

      Suka

      1. Hi Mas Nelwin,
        Untuk kartu keluarganya ga perlu di translate juga mas? Terima kasih

        Suka

        1. Halo Nico,
          Pengalaman saya tidak perlu.. baru Januari 2019 lalu saya apply visa Schengen lagi dari TLS Perancis, serahkan fotokopi KK cukup, tanpa perlu terjemahan.

          Suka

  8. Fikri berkata:

    Hallo pak,
    Saya may Tanya apakah waktu apply manual harus menyertakan bookingan pesawat pergi & pulangnya juga??
    Terimakasih

    Suka

    1. Hi Fikri..
      Reservasi perjalanan salah satu dokumen yang di syaratkan.. baik online maupun manual..

      Suka

  9. icha soraya berkata:

    halo mas,saya kemarin pengajuan sekeluarga visa ZN dan alhamdulilah dapet multyple 2thn,yang sama mau tanyakan misalkan kalau saya berangkat sendiri apakah ada masalah??apakah nanti banyak pertanyaan dari pihak imigrasi NZ?? makasih : )

    Suka

  10. icha soraya berkata:

    halo mas,saya kemarin pengajuan sekeluarga visa ZN dan alhamdulilah dapet multyple 2thn,yang sama mau tanyakan misalkan kalau saya berangkat sendiri apakah ada masalah??apakah nanti banyak pertanyaan dari pihak imigrasi NZ?? makasih : )

    Suka

    1. Halo Icha..
      Mustinya tidak masalah ya.. karena masing2 data paspor anggota keluarga sudah terhubung secara individual dengan imigrasi NZ..

      Suka

  11. yanti berkata:

    Hi Pak Nelwin,
    Mau tanya, kenapa setelah keluar Thank you page, status di Real Me nya masih submitting ya?
    Visitor Visanya juga belum bisa diklik jadi belum keluar Tax Invoice.
    Apa memang seperti itu dulu?

    Terima kasih,

    Suka

  12. Kaka berkata:

    Gan setelah visa online di aply lantas gmana cara cetak visa ke paspor? Kan harus ad stempel segala

    Suka

    1. Hi Kaka..
      Tidak perlu ditempel ke paspor.. Visa and sudah ada dalam database imigrasi NZ.
      Kalau perlu backup, print di kereta biasa aja.. just in case sistem imigrasinya ada gangguan..

      Suka

  13. Darli berkata:

    Mas,ada watsap ga? Ada yang mau dityin mengenai apply visa online nya

    Thanks

    Suka

  14. silviana berkata:

    tks infonya, pak.. klo apply visa online ..dan mereka minta pasport ..kita kirim by pos sj boleh to? sy tggl di surabaya
    juga ketika upload buku tabungan hrs semua lengkap ya? krn minta 3 bln ..dan ada 3 buku tabungan. jd nya bnyk banget. apa mgln lbh baik apply manual dlm arti lewat agen tour travel ?

    Suka

    1. Hi Silviana..
      Kalau kedutaan meminta paspor anda, bisa dikirim via pos ke VFS Jakarta atau Bali.
      Buku tabungan atau rekening, dijadikan satu file saja (scan multiple pages saved in one file).
      Apply lewat agen tour bisa juga, anda akan dibantu agen dalam pengecekan dokumen aplikasi dan penyampaian aplikasi.

      Suka

  15. prema berkata:

    hi mas nelwin saya mau nanya . saya kan domisili di medan trus untuk ngrusu surat polisi atau SKCK bisa yang dari medan atau harus yg di jakarta? thankyou

    Suka

    1. Hi Prema..
      kalau untuk visa turis, tidak diperlukan SKCK..
      Untuk visa bekerja mungkin diperlukan SKCK, tapi saya tidak punya pengalaman mengurus visa kerja.

      Suka

  16. Yosi berkata:

    Kalau ingin apply visa NZ online, kita diminta memberikan alamat email kita. Kalau bisa JANGAN GUNAKAN alamat email GMAIL. Istri saya baru apply online. Awalnya menggunakan alamat email GMail. Tapi reply dari imigrasi NZ-nya untuk verifikasi emailnya lama sekali, bisa berjam-jam. Begitu dia ganti dengan alamat email iCloud, reply-nya cepat. Entah kenapa.

    Suka

    1. Trims infonya Yosi..
      Saya dulu pakai yahoomail.. cepat responnya

      Suka

  17. Desi yanti berkata:

    pak Nelwin,btw nominal rek.tabungan minimal berapa ya? thx u.

    Suka

    1. Hi Desi..
      Tidak diatur musti punya rekening tabungan berapa..
      Yang penting tabungan selama 3 bulan terakhir terlihat aliran dana masuk dan keluar yang regular, jangan sampai rekeningnya tidak aktif, tiba2 ada setoran dalam jumlah besar menjelang aplikasi visa.. bisa dicurigai meminjam uang.
      Saldo kira2 cukup untuk membeli tiket PP serta biaya hidup, akomodasi dan travelling selama di sana..

      Suka

  18. trihstories berkata:

    Selamat Sore, Pak Nelwi, saya boleh minta kontak whatsappnya? Saya ada kendala pada bagian payment. Mohon informasi wa nya pak, terima kasih. Email : hartotri@yahoo.com

    Suka

  19. lola berkata:

    sore pak, mau tanya itu kalau kita sudah lakukan payment , berarti kalau visa kita ditolak , rugi dong yah?

    Suka

    1. Hi Lola..
      iya.. semua aplikasi visa, di kedutaan negara manapun, biaya yang sudah dibayarkan tidak akan kembali jika visa ditolak..

      Suka

  20. peter berkata:

    Mas mau tanya, pas upload document ada diminta chest xray gak ? wajib kah? mas menyertakan atau tidak?

    Suka

    1. Halo Peter..
      Saya tidak diminta, dan tidak menyertakan chest x ray.

      Suka

  21. Yulie berkata:

    Hi Mas, mau nanya.
    setelah submit online, kita menunggu email untuk submit passport ke vfs nya atau langsung saja ke vfs bawa bukti submit dan bayarnya.

    Suka

    1. Hi Yulie..
      Setelah submit, tunggu email konfirmasi dari sistem. Print konformasi tersebut dan bawa beserta paspor anda me VFS.

      Suka

      1. Yulie berkata:

        thank you info nya Mas
        btw, email konfirmasi nya di hari yang sama pada saat submit atau beberapa hari setelah submit?

        Suka

        1. Saya tahun lalu hanya beberapa jam setelah submit dan melakukan pembayaran.. sudah dapat konfirmasi di akun dan email..

          Suka

          1. Yulie berkata:

            wah, cepat sekali ya. saya sudah 3hari blm ada email. padahal saya sdh bayar juga. mgkn senin saya akan coba telp ke vfs nya.
            btw, ke vfs nya bawa semua doc yg kita upload atau hanya passport saja ya mas?

            Suka

          2. Hi Yulie..
            Coba cek di akun realme anda..
            Di tab submitted, mustinya ada file tanda terima aplikasi dan pembayaran visa anda.
            Download file pdf tersebut dan print.
            Printout nya anda bawa ke VFS dengan paspor anda. Tidak perlu bawa semua dokumen yang di upload.

            Suka

  22. Tin berkata:

    Hi Mas Nelwin,
    Terima kasih atas informasinya. Apakah boleh share whatsapp? Saya ada pertanyaan mengenai sponsorship di bagian upload document. Terima kasih.

    Suka

  23. ira berkata:

    halo mas , saya ada rencana apply ke NZ untuk visitor , apa hrs ada account realme dahulu ya , saya rencana di thn depan mas . apakah oke saya buat acount di Realme dahulu?

    Suka

    1. Hi Ira..
      Buat akun realme nya bisa kapan aja.. tapi apply visanya paling cepat 3 bulan sebelum rencana ketibaan di NZ..

      Suka

  24. Yulie berkata:

    Halo, saya baru saja mengajukan Visa NZ bbrp mgu lalu secara online,dan approved hanya setelah 5hari. tidak ada proses submit passport, dikarenakan saya sudah mempunyai visa Ausie. info nya per July 2019 proses visa NZ semua nya online, tidak ada yg submit doc ke vfs. saran saya, upload semua doc yg berkaitan. saat itu saya jg upload itinerary. selamat mencoba teman2.

    Suka

    1. Hi Yulie..
      Terima kasih update nya. Tidak perlu submit passport ini hanya untuk yang sudah punya visa Aussie saja..?

      Kalau lihat peraturan di website VFS masih diperlukan submit passport, bisa jadi webaite VFS belum update ya?

      Suka

      1. Yulie berkata:

        iya. sepertinya begitu.

        Suka

        1. Melisa berkata:

          Mbak yuli, boleh tanya? Benar ga perlu kirim pasport? Tandanya apa ya dengan yg harus kirim? Saya baru ngajuin visa nz, sudah punya visa ausi, tp blm dapet email konfirmasi. Sy telp vfs global katanya harus kirim pasport asli. Apa ada keterangan perlu kirim atau tidak? Terimakasih. Mohon balasannya.

          Suka

    2. Siaw wie berkata:

      Mbak yulie saya mau tanya .setelah sumit selesai .apakah kita tunggu saja..atau ada konfirmasi nya?saya submit tgl 12 /2 . sampai saat ini blm ada konfirmasi .

      Suka

    3. Siaw wie berkata:

      1lg mbak saya mau tanya .apakah perlu kita kirim email Thank you page ke vfs atau apa yg harus saya lakukan .trims

      Suka

  25. Ayu Krsna berkata:

    Kak nelwin, saya mau tanya, saat bikin surat referensi kerja atau surat cuti itu ditujukan ke embassy NZ di jakarta atau langsung ditujukan kepada : New Zealand Immigration Office? saya soalnya apply langsung online, ga pake ke VFS

    Suka

    1. Hi Ayu..
      Ditujukan ke New Zealand Embassy – Visa Counsellor Services

      Suka

  26. Riani berkata:

    Halo, mau tanya, kalau apply visa online, langkah berikutnya kan submit visa untuk verifikasi, nah mau tanya:
    1. Submit visa verifikasi ke VFS berapa hari setelah submit online visa?
    2. Proses verifikasi berapa lama untuk ambil kembali passport nya?
    3. Biaya Rp. 200.500 itu per passport kan ya?
    Sekian ya pertanyaannya. Terima kasih sudah bikin thread ini, sangat membantu sekali..

    Suka

    1. Hi Riani..
      1. Setelah submit online anda akan menerima email instruksi untuk menyerahkan paspor ke VFS untuk verifikasi. Saya dapat email tsb sehari setelah submit online.
      2. Pengalaman saya, 1 hari paspor sudah bisa diambil kembali. Visanya sendiri di email sekitar seminggu kemudian.
      3. Sepertinya ya, per paspor. Saya sendiri hanya mengajukan untuk 1 orang. Mungkin teman2 yang sudah pernah apply visa keluarga bisa share info.

      Sama2, semoga sukses aplikasi visanya.. 😊🙏

      Suka

      1. Riani berkata:

        Thank you so muchhhh untuk balasannya yang super cepat dan jelas.

        Suka

        1. Riani berkata:

          Halo, saya mau tambahkan beberapa informasi. Semoga kiranya berguna.

          Jadi, saya submit Group Application secara online untuk 4 orang (non-family). Walaupun submit Group Application, apabila pendaftar tidak dalam 1 Kartu Keluarga yang sama, harga Visa yang dikenakan bukan harga group melainkan harga per orang NZD 211 + NZD 35.
          Apabila lebih dari 1 orang dan dalam 1 Kartu Keluarga, simulasi harga dapat di check di website Imigrasi NZ.

          Kemudian..
          Setelah submit Group Application, kita akan menerima halaman konfirmasi bahwa Submission telah dilakukan. Halaman tersebut dapat diprint sebagai bukti bahwa Group Application telah disubmit.
          Informasi dari pengalaman Kak Nelwin seperti yang disebutkan diatas bahwa Kak Nelwin menerima email konfirmasi 1 hari setelah nya. Nah untuk pengalaman saya berbeda. Saya tidak menerima email konfirmasi.

          Dua hari setelah submission, saya buka website Immigration lagi untuk melihat apakah ada perbedaan. Ternyata ada. Awalnya hasil submission tidak bisa di klik, tapi sekarang bisa. Saat di klik, terbukalah halaman yang isi nya seluruh PDF file yang sudah kita submit termasuk jawaban seluruh pertanyaan dalam aplikasi tsb.

          Berhubung ngga dapat email apapun, jadilah saya inisiatif ke VFS Global di Kuningan City lantai 2 bagian Visa NZ membawa lembar Submission Group Application printout di atas beserta passport seluruh pendaftar.

          Saat tiba disana, ternyata ada dokumen yang perlu dilampirkan juga, yaitu:
          1. Fotokopi Passport (lembar pertama yang berisi data diri dan lembar paling akhir)
          2. Fotokopi Submission Group Application.

          Berhubung saya hanya bawa 1 print out Submission Group Application, saya harus fotokopi lagi. Di VFS tersedia tempat fotokopi, jadi tidak perlu khawatir. Biaya fotokopi IDR 1.000 per lembar

          Bagi yang membaca post ini dan hendak melakukan Verifikasi Passport, pastikan membawa 2 fotokopi berkas seperti yang saya sebut diatas ya. Lumayan bisa berhemat.

          Selesai passport di verifikasi dan lakukan pembayaran Rp. 200.500, passport kita akan langsung dikembalikan. Tidak perlu tunggu next day untuk ambil. Proses approval memakan waktu sampai 20 hari (termasuk weekend) dan akan di email ke PIC Group Application tsb untuk konfirmasi penerimaan visa nya.

          Oh iya, another thing..
          Kebetulan saya ke VFS sendiri perwakilan teman-teman, dan saya bawa laptop. Masuk ke VFS dilarang membawa laptop, guys.. Kalau ada teman barengan, bisa titip di teman dan perwakilan masuk ke dalam. Tapi kalau tidak ada teman barengan seperti saya, bisa titip di Informasi VFS dengan membayar Rp. 22.000 untuk sekali penitipan. Yes, bayar euy.. Awalnya mikir mau titip di Lotte Mart. Ternyata, pihak penitipan barang Lotte Mart tidak mau menerima tas berisi laptop untuk dititipkan. So, ya begitu di atas ya solusi kurang lebih.

          Sekiaaan panjang ya.
          Thank you

          Suka

          1. Hai Riani..
            Thank you banget info tambahannya yang melengkapi informasi disini.
            Tentu bermanfaat bagi yang mencari info terupdate untuk visa New Zealand.

            Suka

  27. NOVI berkata:

    Mas Nelwin

    saya mau tanya doong, kalau kita sudah apply online kita bisa liat documents apa saja yang kita upload, nah ketika saya cek tiba tiba ada tulisan upload additional document seperti digambar mas nelwin, padahal sebelumnya kalau saya cek tidak ada tulisan seperti itu, saya cek email pun tidak ada email apapa dari embassynya

    itu abaikan saja atau bagaimana mas?

    Suka

    1. Hi Novi…
      tidak apa, tulisan itu muncul dari sistem, just in case kedutaan meminta dokumen tambahan, nanti di uploadnya dari halaman tersebut.
      Tapi jika tidak ada permintaan dokumen tambahan, diabaikan saja.

      Suka

      1. NOVI berkata:

        Makasih banyak mas Nelwin aku jadi lebih tenang hehehe
        tapi tetep deg degan sih karena sampe sekarang visanya belum keluar nih
        submit online tanggal 6september jumat, verifikasi passportnya senin
        dan sudah dapat balasan email juga dari vfs bahwa visanya memang sedang diproses,

        tapi sampai sekarang belum keluar juga ya, padahal baca orang orang digranted cepet 7hari , deg degan karena berangkat awal october,
        cek real me belum ada apa apa. cek email pun belum ada email apapun hiks hiksss

        Suka

        1. Hi Novi..
          Memang ditulisnya bisa sampai 20 hari proses visa NZ ini.. mudah2an segera dapat visanya..

          Suka

  28. muhammad darwis berkata:

    berapa minimal buku tabungam kita karna sya berencana ke new zealand menyambut thn baru disna

    Suka

    1. Hi Darwis..
      Tidak ada aturan harus berapa saldonya..
      Tapi setidaknya mencukupi untuk biaya tiket pp ke NZ, biaya akomodasi, transport, makan dan wisata selama di sana..
      Idealnya per hari ada dana sekitar USD 100 untuk biaya2 selama disana.. plus biaya tiket pp

      Suka

  29. Haryono berkata:

    Pak Nelwin
    Mohon infonya
    Apakah ada cara memperbaiki alamat email yang salah ?

    Suka

  30. panca berkata:

    mAs Nelvin…bisa minta WA nya ?

    Suka

  31. Siaw wie berkata:

    Hi salam kenal. Saya mau tanya kalau apply visa Nz utk keluarga Saya istri dan 2 anak.apply nya satu persatu. atau pilih yg mana ya. Thanks

    Suka

    1. Hali Siaw Wie..
      Setelah anda memulih ‘Start My Application’ salah satu pertanyaan ‘Are You apllying for family or group tour’ anda jawab yes.. nantinya anda perlu add family member, data diisi satu persatu namun aplikasinya dihitung satu aplikasi..

      Suka

      1. vina berkata:

        Biaya 200.500 itu untuk per aplikasi ya pak? Kalo kita tdk bisa dtg ke vfs bagaimana cara kirim passportnya?

        Suka

      2. vina berkata:

        Kalo saya mau apply family visa,biaya 200.500 itu untuk per aplikasi atau per org ya pak? Kalo kita tdk bisa dtg ke vfs bagaimana cara kirim passportnya?apakah ada biaya lagi?

        Suka

  32. Adiwidyaafianto berkata:

    Hallo pak nelwin , misalkan saya ingin apply Visa NZ tp dgn menggunakan visa transit aussie lalu visa transit aussie nya itu ngurusnya lewat embasy aussie atau NZ ya?

    Suka

    1. Halo Adi..
      Visa transit Aussie nya apply lewat imigrasi Australia, secara online.. visa transit tidak dipungut biaya..

      Suka

      1. Nila berkata:

        Pak nelwin. Visa transit aussie bs untuk 3 hari datang dan 3 hari pulang kah? Sy mau trip k NZ transit Aussie PP. Visa transit itu sekali apply?

        Suka

        1. Hi Nila..
          Umumnya visa transit Australia multiple entries.. setiap entry maksimum 3 hari.
          Jadi pad saat anda transit di OZ menuju NZ dan saat kembali dari NZ.. anda bisa keluar dari bandara dengan visa transit yang sama.

          Suka

  33. Guardy berkata:

    Pak Nelwin, mohon informasi untuk pengisian (upload dokumen) di halaman 17 formulir online:

    dibagian: “Evidence of sufficient funds to support all applicants in this application while in New Zealand”

    1. Evidence (ada keterangan “?” adalah Bank Statement atas nama applicant dan atau additional applicant)

    2. Evidence of sufficient funds to purchase onward travel for all applicants in this application

    nah di bagian nomer 2 ini saya bingung.. apa sama dengan nomer 1 dokumennya yg di upload ? atau dokumen apa ya ?

    *) semua travel dokumen (transport & hotel) already PAID dan saya sudah input voucher/bookingan di bagian bawahnya “Evidence you have paid for outward travel for all applicants in this application” Saya agak rancu dengan yang nomer 2 tadi

    Terima kasih

    Suka

    1. Hi pak Guardy..
      Saya waktu itu untuk nomer 1 upload file rekening, file nomer 2 upload tiket yang sudah dibayar.

      Memang ada yang dobel jadinya.
      Kalo tiket belum dibayar, bisa upload file rekening lagi, yang menunjukkan dana cukup untuk beli tiket

      Suka

  34. siaw wie berkata:

    malam pak Nelwin.mau tanya ni .kalau dalam pengajuan visa nz online 1 application 2 org tua 2anak .bolekah masukan ibu kandung saya .tapi beda kk.

    Suka

    1. Hi Siaw Wie..
      Pengajuan visa keluarga hanya bisa untuk suami/istri dan anak dibawah usia 19 tahun.
      ibu kandung harus dibuatkan aplikasi visa terpisah, meskipun 1 KK, tetap harus apply visa terpisah untuk ibu/ayah kandung.

      Suka

  35. siaw wie berkata:

    Makasakih Pak Nelwin .1lg saya mau tanya .setelah saya upload semua dokumen utk 1 keluarga .4 org 1 aplications.dan upload utk ibu kandung .1 aplications.ini masing masing submit atau buat group aplications .digabung submit .Carnya gimana ya .agak bingung ni.thanks

    Suka

    1. Hi Siaw Wie..
      Sepertinya harus di submit satu persatu..

      Suka

  36. siaw wie berkata:

    1 lg pak lupa saya tanya Jika saya ada usaha sendiri. apakah kolom work history .perlu di isi.thanks

    Suka

    1. Hi Siaw Wie..
      Bisa diisi dengan keterangan usaha / bisnis yang dijalankan.

      Suka

  37. siantini kartolo berkata:

    yth Pak Nelwin,mau tanya, apakah saya bisa submit KK saya yang namanya berbeda dari nama di passport untuk pengajuan visa NZ &Australia? di KK saya jumlahnya 2 kata, sedangkam di passport 3 kata. Mohon pencerahannya, terima kasih pak.

    Suka

  38. siantini kartolo berkata:

    yth Pak Nelwin,mau tanya, apakah saya bisa submit KK saya yang namanya berbeda dari nama di passport untuk pengajuan visa NZ &Australia? di KK saya jumlahnya 2 kata, sedangkam di passport 3 kata. Mohon pencerahannya, terima kasih pak.

    Suka

    1. Hi Siantini..
      Mustinya tidak masalah..
      Paspor saya yang untuk visa NZ dulu juga ada tambahan nama dari nama KTP/KK

      Suka

  39. siaw wie. berkata:

    pak saya mau tanya .upload foto saya gak bisa .dia muncul keterangan.The photo you uploaded for Siaw Wie is unacceptable. For further advice refer to the ‘Uploading Documents’ help page under ‘My Account’. The photo is unacceptable because – the picture is not a passport style portrait of suitable file size or otherwise does not meet our requirements. gimana caranya ya. saya bawa CD cuci foto 3,5 x 4,5 2 lembar latar putih.kemudian saya scan simpan di JPEG.trus saya upload.Tolong pak di bantu .terimakasih.

    Suka

    1. Mungkin size file nya kegedean pak.. coba di rezise lagi.. kecilin file size nya.. pake program paint di pc bisa kok..

      Suka

      1. siaw wie berkata:

        kalau size nya 546 kb pak

        Suka

    2. R.S berkata:

      coba dibaca lagi syaratnya, setahu saya fotonya ga boleh background putih deh

      Suka

  40. siaw wie berkata:

    pak mau tanya upload fotonya 2 lbr atau 1 lbr aja.thanks

    Suka

  41. Riza berkata:

    Hai mas Nelwin, apakah pengurusan visa New Zealand membutuhkan travel insurance sebagai dokumen wajib?

    Suka

    1. Hi Riza,
      travel insurance tidak wajib untuk apply visa NZ.

      Suka

  42. Ryan berkata:

    Hallo Pak Nelwin,
    Saya mau tanya di bagian upload documents, ada “Evidence that you are a bona fide applicant” ini yang diupload dokumen apa? Kemudian untuk bukti bookingan hotel selama di NZ sebaiknya saya upload dibagian mana?
    Terimakasih atas bantuannya.

    Suka

    1. R.S berkata:

      bona fide = bukti anda benar2 kesana sebagai “visitor”, tidak ada niatan lain seperti jadi imigran gelap, kalau saya masukkan lembar2 paspor yang berisi cap2 imigrasi, kalau paspor masih baru, bisa scan paspor lama. menurut saya cukup kuat, karena tiap bepergian(seharusnya) tidak pernah melanggar(overstay) visa. katanya sih bisa bukti lain, misal sesuatu yang “mengikat” anda untuk balik ke Indo.

      bukti booking hotel masukkan di tambahan “plans in new zealand”, kalau ada bukti sewa mobil/RV dan atraksi dll (misal tiket Milford Sound cruise) sekalian.

      Suka

  43. Filo berkata:

    Hai Pak Nelwin, jika saya ada niat bekerja di NZ apakah bisa di bantu kira2 apa yg perlu saya persiapkan? Thanks

    Suka

    1. Hi Filo, saya tidak punya pengalaman apply visa kerja.. hanya pernah apply visa turis

      Suka

  44. Fitri berkata:

    Assalamualaikum pak nelwin… Bisa minta wa nya pak… ?? Saya kesulitan buat visa onlinenya pak, mohon dibantu terimakasih

    Suka

Tinggalkan komentar