Visa on Arrival Oman

Sebagai penghormatan atas kunjungan kenegaraan Presiden Abdurrahman Wahid  ke Oman pada tahun 2000, Sultan Oman, Sayyid Qaboos memberikan kemudahan bagi Warga Negara Indonesia yang ingin berkunjung ke Oman, dengan fasilitas Visa On Arrival (VOA). Sebelumnya, pemegang paspor Indonesia harus mengajukan aplikasi visa terlebih dahulu.


Bagi WNI yang ingin berkunjung ke Oman, proses VOA nya cukup mudah. Setelah anda tiba di Muscat International airport, anda akan dibawa dengan airport bus ke Arrival Hall.


Setibanya di Arrival Hall, kita naik le lantai 2, tempat dimana counter VOA Oman berada. Setelah di lantai 2, ada 2 lokasi counter VOA yang berbeda, satu counter di tengah khusus untuk penumpang Oman Air, dan di sisi belakang ada deretan counter untuk penumpang maskapai penerbangan lain.



Jika anda tiba dengan Oman Air dan mengambil opsi stopover/transit, VOA nya gratis. Jika anda menumpang maskapai lain, VOA nya bayar 5 Rial Oman untuk 10 hari atau 20 Rial Oman untuk 30 hari.  (1 Rial Oman sekitar Rp 35.000). Untuk mendapatkan VOA ini anda perlu mengisi formulir VOA atau transit visa sebagai berikut:


Setelah formulir anda isi lengkap, anda perlu mendapatkan cap dari counter VOA. Setelah itu, anda turun kembali ke lantai 1 untuk menuju counter imigrasi. Proses imigrasinya cukup cepat, waktu saya disana petugasnya tidak tanya apa-apa, langsung cap paspor saya, lalu diatas cap tersebut di urek-urek tulisan tangan. Tulisannya besar pula.. 😀


Mudah kan mendapatkan VOA Oman..? Tinggal cari tiket pesawat ke Muscat.. capcuss.. and Welcome to Oman..!

20 Comments Add yours

  1. Oak Lee berkata:

    Wah menarik sekali tulisannya, Mas! Kebetulan saya akan berpergian dengan Oman Air pada Mei 2018 ini dan waktu transit saya mencapai 13-14 jam. Berarti ketika di Bandara Internasional Muscat, saya mengambil visa transit untuk 24 jam dan ini 100% gratis ya, Mas? Apakah ada dokumen2 tertentu yang harus saya penuhin selain formulir transit visa di atas?

    Terima kasih, Mas.

    Suka

    1. Oak Lee berkata:

      Satu lagi Mas, apakah saya wajib mereservasi hotel di Muscat? Karena saya cuma ingin jalan2 di Muscat saja tanpa menginap karena waktu transit saya (13 jam) berada dalam 1 hari. Terima kasih.

      Suka

      1. Kelihatannya paket stopover ini sudah termasuk hotel bro..

        Suka

    2. Hi Oak Lee..
      Waktu Saya transit di Oman kebetulan mengambil paket stopover dari Oman Air.. harga paketnya sekitar USD 70an per orang, termasuk VOA, airport transfer, hotel semalam (4*) dan half day City tour.. Kita waktu itu di arrange oleh travel.. tinggal bayar ke travelnya..
      Kalau mau urus sendiri, infonya Ada website Oman air..

      Suka

      1. fanny berkata:

        Trimakasih untuk infonya.
        Ini sangat membantu karena saya akan ke turki bulan juni besok dan akan transit di Muscat.
        Dokumen yang harus di siapkan untuk membuat visa transit, apa aja mas??
        Karena saya akan transit selama 6 jam.
        Trimakasih

        Suka

        1. fanny berkata:

          Dan saya kebetulan memakai maskapai oman air

          Suka

        2. Hi Fanny..
          Jika transitnya hanya 6 jam agak mepet ya kalau mau jalan2 keliling Muscat..
          Tapi kalau tetap mau coba, untuk VOA nggak perlu dokumen apa-apa.
          Cukup paspor dan mengisi form seperti contoh, dan membayar VOA di counter.

          Suka

  2. Febry berkata:

    Hi saya akan ke Muscat akhir mei ini, klo VOA itu ribet ga ya? Dokumen apa yg di perluin ketika VOA? Perlu invitation letter ga dari pengundang di Oman? Pesawat oman air nyaman ga ya? Terbang brp jam?

    Suka

    1. Hi Febry..
      Untuk VOA nggak perlu dokumen apa2..
      Cukup paspor, tiket pesawat keluar dari Oman dan Hotel jika anda bermalam. Jika cuma transit tanpa menginap tidak perlu bukti pesanan hotel.
      Pesawat Oman Air cukup nyaman, dari jakarta ke Muscat sekitar 8 jam terbang

      Suka

  3. Mukhlis berkata:

    Halo,,saya ada penerbangan Jkt – Zurich dgn Oman air tgl 9 Juni 2018 dan transit di Muscat selama 19 jam. Nah kalo transit selama itu, apakah dapat fasilitas penginapan dari maskapai oman air atau harus booking sendiri? Saya baca di website Oman air, pake stopover itu berlaku kalo misalnya stay minimal 2 malam di Muscat.
    Terima kasih

    Suka

    1. Hi Mukhlis,
      selain paket stopover 2 malam yang ada di website, ada juga paket stopover 1 malam. Saya waktu itu di uruskan oleh travel agent, bayarnya USD 70 per orang, sudah termasuk visa on arrival, hotel 1 malam (twin sharing), airport transfers dan half day city tour.

      Suka

  4. hazibuanz berkata:

    Oh iya,, saya tiba di Muscat jam 19.25 dan flight selanjutnya besoknya jam 14.40.
    Cukupkah waktu segitu untuk city tour?

    Suka

    1. Hi Hasibuanz,
      Cukup kok.. Saya malah waktu itu flight dari Muscatnya jam 1.30.
      Kota Muscat kecil, mulai jalan jam 8 dari hotel, jam 12 sudah selesai city tour nya dan diantar ke Bandara.

      Disukai oleh 1 orang

  5. condro berkata:

    Malam mas, mau tanya kalau bagasi ketika sampai oman, tidak perlu diambil kan. kita bawa cabin luggages aja ya saat stopover keluar airport? terimakasih

    Suka

    1. Hi Condro..
      Betul.. checked in baggage ketemu lagi di final destination.
      Pas di Muscat turun bawa cabin baggage aja..

      Suka

  6. olanadia berkata:

    Salam, hay mas saya mau tanya saya akan ke zurich pada 8 Juni dengan maskapai Oman Air dan saya udah pesan kamar hotel di Muscat untuk satu malam karena sransit 19 jam, berapa yang mesti saya bayar ya mas untuk pengurusan VOA transit 1 malam

    Suka

    1. Hi Olanadia..
      Waktu saya tahun lalu per orang USD 70 sudah termasuk VOA, hotel, airport transfer dan half day city tour..

      Suka

  7. Indra Suharman berkata:

    Saya rencana mau ke istanbul dari KUL via Muscat. Transit sekitar 14 jam di muscat. Apakah saya bisa keluar bandara dan harus ngurus visa transit?Mohon informasinya. Terima kasih. Indra Suharman Pekanbaru

    Suka

    1. Hi Indra,
      transit 14 jam sangat cukup waktu untuk keluar bandara dan melihat-lihat kota Muscat.. untuk keluar bandara anda bisa mengurus visa on arrival saat tiba di bandara, atau apply e-visa sebelumnya

      Suka

  8. andreasdimas berkata:

    Halo, menurut situs KBRI Oman, mulai 21 maret 2018 sudah tidak ada VOA untuk WNI, WNI wajib membuat visa secara online. apakah ini benar? atau adakah teman teman yang baru saja transit di muscat boleh share pengalamannya terima kasih

    Suka

Tinggalkan komentar