Apply Visa Israel!

UPDATE PENTING PER 30 MEI 2018!

Kedutaan Israel di Singapura mengumumkam bahwa mulai 9 Juni 2018, semua permohonan visa Israel dari pemegang paspor Indonesia tidak akan diproses. Semoga kebijakan ini segera dirubah.

————————

Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik. Sampai akhir tahun 80an, paspor Indonesia di beri cap tidak berlaku untuk masuk Israel. Tapi sejak tahun 90an, larangan bagi WNI untuk berkunjung ke Israel tidak lagi diterapkan. Meskipun tetap belum membuka hubungan diplomatik, pemegang paspor Indonesia sudah dibolehkan untuk berkunjung ke Israel.

Bagi umat agama Yahudi, Kristen dan Islam, banyak lokasi yang diriwayatkan dalam kitab suci berada di kota-kota Israel dan Palestina. Biasanya orang Indonesia ke Israel dan Palestina untuk tujuan wisata ziarah. Saat ini wilayah Palestina berada di dalam wilayah yang dikelilingi wilayah Israel. Palestina tidak memiliki bandar udara ataupun perbatasan darat dengan negara lain selain Israel. Jika ingin berkunjung ke Palestina, otomatis harus melewati wilayah Israel, dan WNI wajib memiliki visa untuk masuk ke wilayah Israel.

20170831_123452

Lantas bagaimana apply visa Israel jika Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik? mau tidak mau kita harus mengurusnya melalui kedutaan Israel di negara lain. Bagi yang punya keleluasaan waktu dan biaya, bisa mengurus di kedutaan Israel terdekat di Singapore, alamatnya di 22 Stevens Close, Singapore, Tel: +65 6834 9200. Fax: +65 6834 9299, email: info@singapore.mfa.gov.il

Bagi pengunjung yang ingin berwisata ke Israel atau ziarah, perlu mangajukan visa jenis B/2 (visitor visa). Syaratnya apa saja untuk apply visa B/2 Israel?:

  • Paspor yang masih berlaku 6 bulan
  • Mengisi aplikasi visa B/2, formulirnya bisa download disini: http://mfa.gov.il/MFA_Graphics/MFA%20Gallery/Consular%20forms/EntryVisa.pdf
  • Fotokopi paspor
  • Rekening keuangan 3 bulan terakhir
  • Surat Keterangan kerja
  • Tiket pesawat p.p (ke dan dari Israel, atau negara tetangga Israel)
  • Bukti Akomodasi di Israel
  • 2 buah pasfoto warna ukuran 5×5 atau 4×6
  • Membayar biaya visa sebesar 23 USD atau 22 Euro

Pengisian formulir B/2 visa cukup simple, hanya 3 halaman yang perlu di isi. Anda perlu menjelaskan maksud dan tujuan anda ke Israel, berapa lama waktu kunjungan dan akan tinggal dimana.

form visa israel

Jika mengurus visa sendiri di kedutaan Israel di Singapore tanpa ikut organized tour, anda perlu melengkapi dokumen tambahan, yaitu:

  • Invitation letter dari warga negara Israel atau dari travel agent Israel
  • Surat pernyataan jika dalam 5 tahun terakhir pernah ke negara-negara berikut: Afghanistan, Algeria, Bahrain, Iran, Iraq, Kuwait, Lebanon, Libya, Oman, Pakistan, Saudi Arabia, Sudan, Syria, Yemen dan Uni Emirates Arab, form nya bisa download di sini: http://embassies.gov.il/singapore/ConsularServices/Documents/Visaapp2.doc
  • Itinerary selama di Israel

Selain mengurus di kedutaan Israel di Singapore, banyak juga WNI yang mengurus visa Israel dari kedutaan Israel di Amman, Jordan atau di Cairo, Egypt. Umumnya yang mengurus di Amman atau di Cairo adalah rombongan wisata ziarah, dan aplikasi visanya di proses oleh agen perjalanan di sana. Untuk pengurusan visa Israel di Amman atau Cairo, WNI tidak perlu mengirimkan paspornya kesana, cukup membuat scan dari halaman paspor, dan melengkapi persyaratan seperti diatas, lalu softcopy nya dikirimkan ke agen.

Jika anda WNI yang tinggal di Indonesia, saat ini tidak bisa mengajukan aplikasi visa Israel secara online. Namun jika anda WNI yang tinggal di luar negeri, anda bisa juga mengajukan aplikasi visa Israel secara online, melalui portal pihak ketiga penyedia jasa pembuatan visa, VisaHQ. Misalnya, WNI yang tinggal di Singapura, bisa mengisi aplikasi secara online di https://israel.visahq.sg/requirements/indonesia/resident-singapore/. Biaya pengurusan visa Israel di VisaHQ Singapore ini sebesar SGD 120.

Proses visa Israel memakan waktu antara 2-4 minggu. Setelah aplikasi visa disetujui, anda akan mendapatkan pemberitahuan via email atau via agent. Paspor anda tidak di tempelkan sticker visa Israel. Fisik visa baru akan anda peroleh setelah anda tiba di Israel, baik di bandara ataupun perbatasan darat. Saat anda menyerahkan paspor anda ke petugas Imigrasi, di sistem keimigrasian mereka sudah tercatat data visa anda yang telah disetujui, petugas imigrasi tinggal mencetak visa anda, ukuran nya kira-kira sebesar KTP. Waktu saya ke Israel, visa yang saya peroleh hanya untuk 3 hari saja, sesuai dengan rencana kunjungan kami di Israel, tidak dilebihkan barang satu haripun šŸ™‚

visa israel_clean

Visa ini harus anda simpan baik-baik bersama paspor anda jika sewaktu-waktu ada pemeriksaan paspor selama di Israel. Saat meninggalkan wilayah Israel, petugas Imigrasi akan memberikan kartu exit permit, yang bentuknya hampir sama dengan visa yang anda peroleh sebelumnya, hanya saja kertasnya lebih tipis.

Beberapa teman bertanya kepada saya, apakah sulit memperoleh visa Israel..? Terus terang sulit menjawab pertanyaan ini. Waktu saya ikut wisata ziarah ke Israel dan Palestina, ada 3 orang di rombongan kami yang visa nya di tolak. Dari diskusi saya dengan pihak travel, umumnya yang visanya di tolak adalah pria yang berumur antara 18-50 tahun, dikhawatirkan mereka akan mencari kerja di Israel.

Selamat mengajukan visa Israel šŸ™‚

17 Comments Add yours

  1. Joko Ngalimanto berkata:

    Halloooo again mas Nelwin, ketemu lagi hehehe…mas saya mau tanya ttg visa israel nih, kalo baca2 visa israel harus diurus dgn datang ke embassy nya di singapore ya mas? Kalo lewat travel agent gitu bisa ga? Atau harus ikut tour ya? Ada referensi mas? Tq sebelumnya

    Suka

    1. Eh ketemu lagi… šŸ˜€
      Apakabar mas Joko..?
      Kalo mau ke Israel/Palestina secara independen, memang harus urus visa sendiri, paling dekat di Istael embassy, singapore.. mininal 2x datang.. saat apply dan saat ambil paspor..
      Travel lokal di Indonesia biasanya tidak mau kalau hamya mengurus visa saja.. mereka diberikan kemudahan menguruskan visa dengan syarat peserta organized trip.. dari berbagai artikel, Israel cukup ketat mrmberikan visa kepada wisatawan independen..
      Kabarnya ada beberapa travel di Jordan yang bisa menguruskan visa saja.. tapi ya harus ngurus dari Amman.. proses dua mingguan..

      Suka

  2. Iffah Mahadewi Han berkata:

    Terima kasih postingnya
    Sangat membantu bagi saya
    Kebetulan sy pns,mau ada riset yg mengharuskan stay di israel selama 6 bulan
    Kantor bingung dg visanya bgmn

    Suka

    1. Hi iffah,
      jika bukan untuk tujuan ziarah, anda harus apply visa kunjungan melalui kedutaan Israel di Singapura.

      Suka

  3. Yoma berkata:

    Salam kenal Pak, terima kasih artikelnya sangat membantu. Saat apply apakah perlu disertakan itinerary selama di Israel? Terima kasih

    Suka

    1. Hi Yoma..
      Ya.. itinerary selama di Israel dicantumkan dalam aplikasi visa.
      Jika kita ikut tour ziarah, biasanya sudah disiapkan oleh travel agent.

      Suka

  4. Elin Herlina Rachmat berkata:

    Saya termasuk orang yang tidak diizinkan masuk kawasan Israel, namun fihak travel tidak memberikan penjelasan secara detail penyebabnya, usia saya 64 tahun perempuan. Barangkali ada informasi lain terkait pencekalan ini, terima kasih

    Suka

    1. Halo bu Elin..
      Memang semua travel tidak bisa memberikan penjelasan sebab2 penolakan masuk ke Israel. Kewenangan tersebut sepenuhnya ada di Imigrasi Israel.
      Umumnya travel wisata rohani selalu memberikan disclaimer bahwa penolakan visa diluar tanggung jawab travel.
      Waktu saya kesana, ada satu keluarga dengan anak, ayah-ibunya ditolak visanya, sementara si anak dapat.. tapi karena tidak mungkin anaknya masuk israel akhirnya oleh travel keluarga tersebut diterbangkan dari Jordan ke Mesir, menunggu rombongan disana.

      Suka

  5. Oky berkata:

    Halo mas, saya dapet invitation untuk berangkat ke palestina, tapi tetap israel kan ya untuk urus visa nya
    .
    Saya akan mengadakan meeting selama 4-5 hari disana
    .
    Apakah bisa urus visa nya di SG ?, Untuk rekening 3 bulan terakhir berarti dibuatin di bank pakai bahasa inggris ya ?,
    .
    Untuk foto nya background putih ya mas ?,
    .
    Itinerary disana kita buatkan tabel gitu ya mas, hari pertama dan seterus nya dimana aja
    .
    Masnya dulu urus sendiri di SG dan dapet ya mas ?,
    .
    Saya rencana tahun ini kesana untuk urusan bisnis

    Suka

    1. Hi Oky..

      Ya.. berkunjung ke Palestina harus tetap urus visa Israel, karena Palestina tidak punya bandara dan tidak ada imigrasi sendiri.
      urus dari SG mustinya bisa, asal dokumen dan syaratnya lengkap. Saya dulu urus via agen karena ikut group tour ziarah..

      Suka

  6. Muhammad Jordan Pratama berkata:

    Halo Pak Nelwin salam kenal dari palembang
    Saya mau bertanya nih pak ?
    Apakah kita bisa pergi traveling dan wisata per individu tidak ? maksud nya tanpa ikut grup tour .

    Terima Kasih

    Salam

    Suka

    1. Hi pak Jordan..
      WNI tidak bisa pak.. wajib ikut dalam rombongan tour..
      Beberapa tahun lalu, sampai tahun 2015 masih bisa lewat kedutaan Israel di Singapore, namun sekarang sudah tidak bisa lagi, kecuali anda punya PR Singapore..

      Suka

      1. Muhammad Jordan Pratama berkata:

        Tetapi kalau misal nya kita traveling per individu ke Kota Istanbul nih ! Nah kita mau traveling ke Israel apa bisa kita traveling solo ke sana kan kita lagi sdi kota istanbul misal nya terima kasih

        Suka

        1. Nggak bisa boss..
          Yang diliat paspornya.. bukan masuk dari mananya..

          Suka

  7. Muhammad Jordan Pratama berkata:

    Tetapi kalau misal nya kita traveling per individu ke Kota Istanbul nih ! Nah kita mau traveling ke Israel apa bisa kita traveling solo ke sana kan kita lagi sdi kota istanbul misal nya terima kasih

    Suka

  8. Anggia suci berkata:

    Hallo pak salam kenal saya anggia dari jakarta.
    Pak boleh tau dulu pakai agent travel apa ke israelnya ?
    Dan apakah wajib mengikuti semua acara dari agent travelnya pak ? Soalnya setahu saya kalo pakai agent travel jatuhnya visa group kan ya pak.

    Suka

    1. Hi Anggia,
      Terima kasih sudah mampir di pakansi.
      Saya dulu ikut paket wisata ziarah dari Saba tour & travel. Dan kita wajib ikut semua acara, nggak boleh jalan sendiri. Pengawasan dari tentara Israel sangat ketat di setiap check points. Pengajuan visa memang secara group, di rombongan kami ada 3 orang yang visa Israel nya ditolak, jadi dari Jordan mereka terbang dan menunggu di Mesir, bergabung lagi setelah rombongan keluar dari Israel masuk perbatasan Mesir.

      Suka

Tinggalkan komentar