Tips MendapatkanVisa Inggris

Pemegang paspor Indonesia wajib memiliki visa Inggris jika ingin berkunjung kesana, pengecualian diberikan untuk paspor diplomatik. Di Indonesia, pengajuan visa Inggris (United Kingdom) di proses oleh VFS yang berlokasi di Kuningan City, untuk kemudian dikirimkan ke visa processing centre di Bangkok, Thailand.

Jika berkunjung ke Inggris untuk tujuan wisata, anda memerlukan Standard Visitor visa, dengan biaya visa sebesar £87 (atau USD 113 dengan kurs saat ini), jika aplikasi anda disetujui, anda akan mendapatkan visa multiple entry yang berlaku selama 6 bulan. Jika ingin visa muliple entry yang lebih panjang, bisa mengajukan long term visit visa dengan biaya yang lebih mahal; 2 tahun biayanya £330, 5 tahun £600 dan 10 tahun £752. Tapi tidak ada jaminan visa diberikan sesuai keinginan kita, bisa saja kita bayar untuk visa 2 tahun, tapi hanya di berikan visa 6 bulan, atau bahkan di tolak. Biaya visa yang sudah dibayarkan tidak bisa dikembalikan.

UKVisa_01

Untuk mengajukan visa Inggris melalui VFS, kita harus mengisi aplikasi secara online di laman web https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome

Di halaman itu anda harus membuat akun terlebih dahulu, dengan mendaftarkan alamat email dan password, setelah itu baru anda login. Setelah masuk di website, anda dapat memilih tab ‘Apply For Myself’ atau ‘Apply For Someone Else’ (misalnya untuk anggota keluarga). Anda akan mendapatkan nomor aplikasi yang unik untuk setiap visa yang diajukan.

UKVisa_02

Ada 7 section yang harus anda lengkapi, mulai dari data paspor, riwayat perjalanan, data keluarga, data pekerjaan dan penghasilan, jika memiliki keluarga di Inggris, riwayat medis di Inggris (jika pernah) dan informasi tambahan. Untuk alamat di Inggris, anda dapat mengisinya dengan alamat hotel atau alamat kerabat dimana anda akan tinggal. Setelah semua data anda isi dengan lengkap, anda dapat mengklik Confirm Application di kiri bawah, dan anda akan masuk ke halaman ‘Sign Declaration’, intinya semua data yang anda input adalah benar.

UKVisa_03

Setelah itu, anda dapat melanjutkan untuk memilih tanggal appointment di VFS UK untuk menyampaikan dokumen-dokumen dan merekam data biometrik. Walk in application tanpa appointment tidak dilayani. Selain di VFS Jakarta, bisa juga mengajukan aplikasi di VFS Surabaya dan Bali.

Setelah itu anda akan diminta melakukan pembayaran biaya visa secara online  melalui WorldPay, anda bisa menggunakan kartu kredit untuk pembayaran ini. Kemudian print aplikasi anda dan bukti pembayaran.

Selanjutnya siapkan dokumen-dokumen berikut:

  1. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan
  2. Pasfoto 3,5×4,5 dengan latar belakang putih
  3. Copy KTP
  4. Copy rekening tabungan 6 buan terakhir
  5. Reservasi pesawat (bisa dummy booking)
  6. Tanggal kunjungan ke Inggris dan bukti akomodasi (boleh unpaid booking)
  7. Surat keterangan bekerja dari kantor/instansi
  8. Slip gaji/bukti penghasilan
  9. Akte kelahiran
  10. Surat nikah
  11. Kartu keluarga
  12. Surat sponsor (jika biaya di tanggung sponsor)
  13. Surat izin orang tua jika usia dibawah 18 tahun dan pergi tanpa orang tua.
  14. Asuransi perjalanan

Pada tanggal appointment yang anda pilih, anda harus datang sendiri ke VFS, menyerahkan dokumen dan kemudian merekam data biometrik, pengambilan foto dan sidik 10 jari. (jika pernah rekam data biometrik dalam 5 tahun terakhir, tidak perlu lagi). Setelah dokumen di submit dan merekam data biometrik, anda akan menerima receipt.

Jika anda mengalami kesulitan dalam pengisian form online, anda bisa meminta bantuan staf VFS dengan biaya jasa Rp 115.000. Saat penyampaian dokumen, anda juga bisa meminta bantuan jasa pengecekan aplikasi dan kelengkapan dokumen dengan biaya jasa Rp 85.000. Biaya-biaya ini diluar biaya visa yang telah anda bayarkan secara online.

Proses visa sekitar 2 minggu, cukup lama karena paspor anda akan dikirim ke Bangkok, Thailand untuk di proses di sana. Jika ada keperluan urgent, anda bisa memilih opsi Priority visa service, dengan biaya £150, dan selesai di proses dalam 3-5 hari kerja. Jika anda ssangat sering bepergian sehingga memerlukan paspor selama visa di proses, anda bisa memilih opsi passport back service dengan biaya tambahan sekitar Rp 714.000, selama visa anda di proses, paspor tetap dapat anda pakai, setelah visa keluar anda akan diminta untuk menyerahkan paspor untuk penempelan visa. Keputusan pemberian visa ada sepenuhnya di kedutaan Inggris, VFS tidak punya pengaruh apapun.

Anda akan di update melalui email progres aplikasi visa anda, jika paspor anda sudah kembali di VFS, anda dapat mengambilnya antara jam 15.00:17.00.

Semoga sukses mengajukan visa Inggris.. 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s