Ngurus Visa Amerika dan Interview Waiver 2022

Kali ini saya berbagi pengalaman dan tips mengajukan visa Amerika. Saya sudah 4x mendapatkan visa turis Amerika di tahun 1991, 2011, 2017 dan 2022. Saat ini pengajuan visa turis (B2 Visa) dari Indonesia harus dilakukan secara online. Berikut adalah langkah-langkah pengajuan visa Amerika Serikat:

  1. Buka laman web: https://www.ustraveldocs.com/id/index.html, disana ada keterangan dalam bahasa Indonesia. Jika anda baru pertama kali membuka laman ini, akan ada pertanyaan: Apakah anda mengajukan visa imigran atau non-imigran?, klik tombol non-imigran, anda akan masuk laman ini: 001
  2. Laman ini menyarankan langkah kedua agar anda melakukan pembayaran visa terlebih dahulu, bisa melalui teller di bank CIMB Niaga, atau secara online melalui bank yang masuk dalam jaringan ATM Bersama. Tapi saran saya, anda mengisi formulir DS-160 terlebih dahulu, baru setelah formulir terkirim ke sistem kedutaan Amerika, kita melakukan pembayaran. Jika anda sudah bayar biaya visa, uang yang sudah anda bayarkan tidak dapat dikembalikan, meskipun anda batal mengajukan visa.
  3. Isi formulir aplikasi visa (form DS-160) secara online dengan mengklik link yang tersedia di laman tersebut, atau link langsung nya di: https://ceac.state.gov/genniv/default.aspx anda harus memiliki soft copy pas foto berwarna, idealnya ukuran 5×5 cm, dengan latar belakang putih dan tidak boleh memakai kacamata. Siapkan juga paspor anda, karena data-data paspor diperlukan saat mengisi form DS-160 ini. Pilih negara dan lokasi dimana anda akan memproses visa, isi CAPTCHA code sesuai yang ditampilkan di layar, kemudian klik tombol ‘START AN APPLICATION’, anda akan memasuki halaman berikut dan mendapatkan nomor application ID di bagian atas layar. Catat atau print nomor aplikasi anda jika anda sewaktu-waktu perlu kembali ke laman ini untuk melanjutkan proses aplikasi yang tertunda.003a Pilih dan isi jawaban Security Question yang anda perlukan untuk login di waktu kemudian, lalu klik tombol Continue. anda akan masuk ke halaman isian form sebagai berikut:004 Selanjutnya isilah semua kolom pertanyaan dengan lengkap dan benar. Anda akan mengisi data pribadi, data paspor, rencana perjalanan, alamat rencana tinggal dan data kerabat di Amerika Serikat, data keluarga, data pekerjaan dan latar belakang, serta banyak pertanyaan terkait security, apakah ada keterlibatan dalam kegiatan yang melanggar hukum, HAM, human trafficking, pencucian uang dan terorisme. Jika ada kolom isian wajib yang belum anda lengkapi, anda tidak bisa melanjutkan ke halaman berikutnya. Cukup banyak pertanyaan yang harus anda jawab dengan lengkap. Perkiraan waktu yang diperlukan untuk mengisi seluruh jawaban pertanyaan, meng upload foto, mereview seluruh jawaban sampai mengirimkan aplikasi, sekitar 60-90 menit untuk setiap aplikasi. Jika anda sekaligus mengajukan aplikasi untuk beberapa anggota keluarga, proses ini harus di jalani satu per satu. Beberapa tips dalam mengisi form DS-160:
    • Jika anda berhenti mengisi dalam 20 menit, sesi anda akan berakhir dan perlu login kembali.
    • Jika anda belum memiliki rencana perjalanan yang pasti, anda dapat mengisi tanggal perkiraan perjalanan. Tidak wajib memiliki tiket pesawat yang sudah dibayar saat mengisi formulir ini, namun jika sudah ada, lebih baik.
    • Untuk mengisi alamat tinggal di Amerika, anda dapat mengisi dengan alamat hotel atau alamat kerabat di Amerika. Bisa menggunakan bookingan hotel yang cancellable.
    • Jika anda punya keluarga atau kerabat yang tinggal di Amerika, anda perlu nama, alamat lengkap, telepon dan email mereka untuk di isi dalam form DS-160 ini, sebaiknya minta izin mereka terlebih dahulu sebelum mencantumkan data-data kerabat di form tersebut.
    • Umumnya, jawaban yang diisi terkait keterlibatan dalam aktivitas yang melanggar hukum, HAM, human trafficking, pencucian uang dan terorisme adalah NO pada semua jawaban. Tapi sebaiknya juga jujur jika anda pernah terlibat dalam aktivitas2 tersebut dan pernah mendapatkan hukuman atau pengampunan. Jika pernah terlibat, anda harus jelaskan pada saat wawancara,  kans anda mendapatkan visa akan lebih kecil jika pernah terlibat dalam hal-hal tersebut.
  4. Setelah semua isian form terisi lengkap, anda akan mendapatan kesempatan untuk mereview semua isian anda, disini anda dapat memperbaiki informasi yang mungkin salah isi atau salah ketik. Jika semua sudah lengkap dan benar, anda dapat menekan tombol Sign application, selanjutnya anda akan mendapatkan DS-160 Confirmation. Silakan cetak DS-160 Confirmation tersebut.
  5. Selanjutnya anda wajib membuat akun baru di laman berikut dengan mengklik link Pengguna Baru: CGI 01 anda akan masuk ke halaman registrasi, isilah dengan alamat email anda, nama depan dan belakang dan buat password, kemudian isi CAPTCHA code untuk melanjutkan. Setelah anda terdaftar, kembali ke halaman semula untuk login dengan email dan password anda, anda akan masuk ke halaman berikut: CGI 02
    • Pilih nonimmigrant visa dan klik continue, di halaman selanjutnya anda dapat memilih lokasi appointment di JAKARTA atau SURABAYA. klik Continue.
    • Di halaman selanjutnya pilih Business/Tourism, klik Continue.
    • Di halaman selanjutnya pilih B1/B2 – VISITOR FOR BUSINESS AND PLEASURE, klik continue.
    • Selanjutnya isilah data data anda dan paspor anda di halaman ini: CGI 03
    • Setelah semua data anda isi, klik Continue, jika anda juga mengajukan visa untuk anggota keluarga, anda bisa menambahkan dengan mengklik Add By Name, dan mengulang proses diatas, kemudian klik Continue.
    • Anda akan mendapatkan pertanyaan: Have you already dropped off your documents for renewal, but have been informed by the Embassy that an interview is required?, Klik No.
    • Kemudian akan ada pertanyaan: Each visa applicant must independently meet the following criteria:Are you an Indonesian passport holder?, klik Yes.
    • Kemudian pertanyaan:Are you younger than 14 years old?, jawab sesuai kondisi anda.
    • Pertanyaan berikut:Were you previously issued, in Jakarta or Surabaya, a full-validity B1/B2 visa (valid for five years)?. Jawablah sesuai kondisi anda, Jika sebelumnya sudah punya visa B2 klik Yes, dan jika belum klik No. Jika anda sebelumnya punya visa B2 yang expired dalam 48 bulan terakhir, anda bisa mengajukan  visa baru tanpa wawancara, jika tidak, anda wajib wawancara ke kedutaan Amerika Serikat dengan mengambil jadwal wawancara.
    • Kemudian anda akan masuk halaman untuk pengiriman dokumen, jika di Jakarta defaultnya adalah RPX di Jl. Pal Batu I No. 19, Menteng Dalam. Klik Continue.
    • Anda akan masuk ke halaman  selanjutnya untuk reservasi appointment, di halaman tersebut anda perlu memasukan Receipt number.
    • Ini artinya sebelum anda menjadwalkan wawacara, anda harus membayar biaya visa terlebih dahulu.
    • Pembayaran visa bisa di counter bank CIMB Niaga, dengan membawa print out DS-160 Confirmation anda,  biaya visa adalah USD 160, dibayarkan dalam rupiah, pada saat ini setara dengan Rp 2.400.000. Teller bank kemudian akan memproses pembayaran anda, dan anda akan mendapatkan Receipt Number, nomor inilah yang and isikan di kolom receipt number di bawah ini: CGI 05
    • Anda juga bisa melakukan pembayaran biaya visa secara online. Jika anda memilih pembayaran secara online (ETF), anda akan mendapatkan virtual account number yang unik. Dari internet banking anda, pilih menu transfer ke bank lain, pilh nama bank Bank of America, masukkan nomor virtual account number anda dan jumlah dana Rp 2.400.000, setelah pembayaran anda diproses oleh bank, screen shot atau save konfirmasi pembayaran online. Virtual account number anda adalah nomor receipt anda.
    • Jika pembayaran online, anda baru bisa memasukkan nomor receipt di halaman atas, pada hari kerja berikutnya setelah pukul 15:00.
    • Jangan mengulang pembayaran jika belum mendapatkan receipt number, tunggu atau hubungi contact center. Jika anda mentransfer lagi, kelebihan pembayaran tidak dapat di kembalikan.
    • Setelah anda mengisi receipt number dan klik Continue, anda dapat memilih beberapa opsi tanggal wawancara di kedutaan Amerika Serikat.
    • Jika anda memenuhi syarat perpanjangan visa dengan interview waiver program anda dapat memilih drop paspor dan dokumen di RPX, Jl. Pal Batu I No 19, Menteng Dalam.
  6. Setelah anda memilih tanggal wawancara, selesaikan aplikasi anda, anda akan menerima konfirmasi tanggal wawancara. Print konfirmasi tersebut dan bawa ke kedutaan Amerika pada saat yang telah di tentukan.
  7. Menjelang tanggal wawancara, siapkan dokumen2 pribadi anda selengkap mungkin. Meskipun tidak di tulis sebagai syarat pengajuan visa, sebaiknya anda siapkan akte kelahiran, kartu keluarga, surat keterangan kerja dari kantor, SIUP kalau anda pengusaha, rekening bank, tiket pesawat jika sudah ada, bookingan hotel jika sudah ada. Saya pernah melihat beberapa orang ada yang membawa sertifikat deposito, sertifikat rumah dan dokumen pendukung lainnya, meskipun tidak disyaratkan. Menyiapkan dokumen tambahan selengkap mungkin lebih baik, daripada harus bolak-balik melengkapi dokumen.
  8. Pada tanggal wawancara, sebaiknya anda sudah hadir di kedutaan Amerika, di Jl. Merdeka Selatan, 1 jam sebelum jadwal waktu anda. Jika mengajukan visa bersama keluarga, semua anggota keluarga wajib hadir, tidak bisa diwakilkan. Biasanya antrian cukup panjang, anda akan di cek dokumen jadwal wawancara dan aplikasi visa oleh petugas sekuriti diluar kedutaan, jika memang jadwal anda sesuai, anda akan dipersilakan masuk ke kedutaan Amerika. Jika anda terlambat dan jadwal anda sudah terlewat, anda akan diminta membuat jadwal baru secara online. Petugas sekuriti akan membagi antrian dalam beberapa kelompok. Pengantri visa masuk ke dalam kedutaan dalam kelompok. Setelah di dalam kedutaan, anda akan melewati pemeriksaan sekuriti.  Alat komunikasi, kamera dan alat elektronik, makanan dan minuman, tidak boleh di bawa masuk, titipkan di locker depan. Kemudian anda akan menyampaikan paspor dan dokumen2 aplikasi visa di loket depan, ada beberapa counter di loket depan ini, aplikasi dan dokumen2 anda akan diperiksa petugas disini, jika semua lengkap, anda akan diberikan nomor group, dan masuk ruang tunggu. Tunggulah nomor group anda di panggil. Jika nomor group sudah dipanggil, anda akan menuju loket pengambilan sidik jari, 10 jari anda akan direkam datanya. Setelah itu kembali duduk untuk menunggu panggilan ke loket wawancara. Ada sekitar 6 loket wawancara, saat group anda di panggil, anda akan mengantri di loket wawancara bersama orang2 lain yang satu grup dengan anda.
  9. Saat wawancara ini anda bisa mendengar orang-orang di depan anda, atau di loket sebelah di wawancara, karena petugas di loket menggunakan pengeras suara yang tertempel di kaca loket. Wawancara dilakukan dalam bahasa Indonesia. Ada yang ditanya tujuan, rekening bank, slip gaji, support dari keluarga dan lain-lain. Saat giliran keluarga saya, kami hanya di tanya 3 pertanyaan, ke Amerika mau ngapain, apakah ada kerabat di Amerika, dan saat ini bekerja dimana. Tidak lebih dari tiga menit. Dokumen2 tambahan yang sudah saya siapkan, sama sekali tidak ditanyakan. Tapi ada juga di loket-loket sebelah yang wawancaranya lama dan banyak pertanyaannya atau diminta menunjukkan berbagai dokumen. Setelah wawancara tersebut, kita langsung di informasikan apakah aplikasi visa kita disetujui atau tidak. Di akhir wawancara, saya di beri slip putih, yang artinya aplikasi visa di setujui. Paspor saya dan keluarga bisa di ambil di RPX dalam waktu sekitar 4-5 hari kerja. Jika slip yang diberikan berwarna pink, artinya aplikasi visa di tolak. Jika slip berwarna kuning, kedutaan Amerika memerlukan waktu atau memerlukan dokumen tambahan sebelum memutuskan status aplikasi visa anda.
  10. Bagi yang memenuhi syarat untuk interview waiver program, tinggal membawa DS-160 Confirmation, Dropbox Confirmation Letter, bukti pembayaran, paspor (termasuk paspor yang ada visa lama) dan pasfoto ukuran 5×5 ke RPX di Jl. Pal Batu I No. 19, Menteng Dalam, disana anda akan mendapatkan tanda terima dokumen, dan dalam 5-10 hari kerja paspor anda akan dikirimkan kembali ke RPX. Saya mengajukan visa dengan interview waiver ini pada Kamis 24 Februari 2022, Rabu 2 Maret saya mendapatkan email bahwa paspor saya sudah dapat di ambil di RPX Jl Pal Batu. Visa Amerika yang berlaku 5 tahun kembali saya dapatkan.

Beberapa tips tambahan:

  • Jangan gugup saat wawancara, santai dan yakin aja. Gugup dapat membuat petugas curiga jika anda menyembunyikan sesuatu/informasi
  • Jangan sekali-sekali melampirkan dokumen palsu, ini adalah tindak pidana berdasarkan hukum Indonesia dan hukum Amerika, anda dapat dipidanakan jika melakukan hal ini.
  • Gunakan visa sesuai tujuan. Jika visa anda visa turis B2, jangan gunakan untuk mencari kerja atau cari sekolah saat sampai di Amerika. Anda akan menyusahkan diri sendiri dan mungkin akan ada konsekuensi hukum terhadap anda.
  • Jika anda memiliki visa turis, jangan membawa ijazah atau raport sekolah ke Amerika. Jika kena periksa di imigrasi, anda mungkin dianggap akan menyalah gunakan visa turis untuk sekolah atau cari kerja. Visa turis 5 tahun anda bisa dibatalkan. Seorang teman saya pernah mengalami hal ini.
  • Jangan overstay. jika anda pernah tinggal lebih dari 6 bulan di Amerika dengan menggunakan visa turis, anda akan sulit mendapatkan visa baru.
  • Jika aplikasi visa anda ditolak, anda bisa saja segera mengajukan kembali aplikasi, dengan mengisi kembali form DS-160 dan membayar kembali biaya visa, tapi sebaiknya anda evaluasi hal-hal apa saja yang menyebabkan aplikasi visa anda di tolak. Jika hal-hal tersebut masih tetap sama, kemungkinan besar aplikasi baru anda akan kembali di tolak.

Oh ya, dengan memiliki visa Amerika Serikat yang masih berlaku, anda juga bisa memasuki beberapa negara lain tanpa perlu mengajukan visa tersendiri. Negara-negara yang membebaskan visa jika memiliki visa Amerika Serikat antara lain: Albania, Antigua & Barbuda, Bahamas, Belize, Costa Rica, Dominica, Honduras, Jamaica (jika menumpang kapal Cruise dari USA), Meksiko, Montenegro, Panama, Serbia, South Korea (jika stopover dalam perjalanan menuju/dari USA), Taiwan, Turks & Caicos.

Semoga sukses mengajukan aplikasi visa turis Amerika 🙂

301 Comments Add yours

  1. Asep berkata:

    Mas nelwin saya mau bertanya,visa saya waktu masuk usa tinggal 4 bulan lagi tapi di kasih ijin stay di usa nya 6 bulan..rencana saya mau pulang 5 bulan melebihi masa visa aktip dan kurang dari ijin stay nya..apakah nanti bermasalah gk kalou mau perpanjang??apa saya termasuk over stay?

    Suka

    1. Tidak masalah pak..

      Tanggal berlaku visa adalah tanggal terakhir anda diizinkan masuk Amerika. Berapa lama setelah visa expired anda masih boleh tinggal dilihat dari cap yang diberikan saat ketibaan.

      Suka

      1. Asep berkata:

        Pak nelwin saya sangan berterima kasih atas informasi nya…iya pak saya habis visa itu oktober tapi rencana pulang november..tapi tidak melebihi izin tinggal 6 bulan…tadi nya saya mau pulang sebelum visa habis bulan oktober…takut nya kalo pulang november jadi masalah kalou mau perpanjang🙏🏻🙏🏻🙏🏻

        Suka

  2. Leyaaa berkata:

    permisi pak, mau tanya, untuk apply visa sekeluarga berarti harus isi form D-160 masing2 anggota keluarga kan? lalu untuk penjadwalan interview sekeluarga bagaimana ya pak, biar tidak sendiri2 interviewnya? terima kasih sebelumnya

    Suka

  3. Jenni berkata:

    Malam Pak, mau tanya apakah benar apabila kita sudah mendapatkan visa ke Amerika tapi tidak digunakan, apakah bila di lain waktu kita apply lagi bakal ditolak?

    Suka

    1. Hi Jenni..
      Saya belum pernah dengar tentang hal tersebut. Saya pernah punya pengalaman untuk visa Schengen, sudah dapat visa tapi tidak jadi pergi sampai visanya expired. Saat apply baru lagi tidak masalah. Tapi untuk visa US saya belum ada pengalaman seperti itu.

      Suka

  4. Marsela Adriani berkata:

    Mas mau tanya, sy sudah submit form DS 160.
    Kok blm ada balasan email apa” yah.
    Sy mau bayar juga bingung.
    Langkah selanjutnya tunggu email dulu apa gmn.thank you

    Suka

    1. Bayu berkata:

      Halo mas, izin bertanya, apabila ambil interview waiver, perlukah documents tambahan (seperti surat bisnis/perjalanan, rekening koran, dll) untuk di drop off di RPX Palbatu atau hanya yg di syarat kan saja?
      Terima kasih

      Suka

      1. Cukup yang disyaratkan saja

        Suka

  5. Huttes berkata:

    Pak saya pertama kalinya mau apply visa US, lebih baik mengisi sendiri form DS-160 nya atau pakai travel agent supaya tidak ada kesalahan ya?

    Suka

    1. Hi Huttes..
      Pakai Travel agent yang berpengalaman akan banyak membantu menghindari kesalahan pengisian formulir. Tapi tidak mempengaruhi penilaian konsuler terhadap pemohon visa..

      Suka

  6. Fina berkata:

    Halo Ibu, mohon advice dari Ibu apakah jika eligible dengan interview waiver ini, ada form yang harus di isi /tandatangani dan disertakan pada saat drop documents di RPX?

    Suka

    1. Hi Fina..
      saya laki lho.. 😀
      formulir DS-140 online nya tetap harus isi seperti pengajuan visa normal, di proses terakhirnya baru pilih interview waiver..

      Suka

  7. Ami inara berkata:

    Mas…. Saya pengajuan sebelumnya di bantu agen.. Dan skrng apply sendiri setelah ditolak.. saat akan melaleuca pembayaran masuk akun (poin no 5) saya reset lupa password.. ada email masuk tp krn saya telat buka email.. waktu mau saya gunakan sudah tidak bisa.. Dan saya ulangi dgn cara yg sama berkali².. tidak ada email masuk.. saya harus bagaimana ya?? Mohon pencerahannya

    Suka

Tinggalkan komentar