Tips Mengajukan Visa Schengen

Schengen area adalah wilayah di Eropa yang saat ini terdiri dari 26 negara, yaitu Austria, Belgium, Czech, Denmark, Estonia, Finland, France, Germany, Greece, Hungary, Iceland, Italy, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luxembourg, Malta, Netherlands, Norway, Poland, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spain, Sweden, dan Switzerland. Dengan memiliki visa Schengen, pengunjung dapat memasuki negara-negara tersebut hanya dengan satu visa saja. Beberapa negara diluar Schengen area, juga membolehkan pemegang visa Schengen memasuki wilayahnya, antara lain Bulgaria, Romania, Cyprus, Croatia, Serbia, Bosnia-Herzegovina, Albania, Macedonia, Montenegro, Kosovo, Monaco, Andorra dan San Marino.

Sampai Februari 2017 ini, pemegang paspor Indonesia wajib memiliki visa Schengen untuk mengunjungi negara-negara tersebut, kecuali pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas yang mendapatkan kemudahan bebas visa. Sejak tahun 2015 pemerintah Indonesia melakukan lobby dengan negara-negara Schengen agar pemegang paspor hijau dapat masuk wilayah Schengen tanpa visa, kabarnya beberapa negara seperti Netherlands, Lithuania dan Hungary sudah menyetujui usulan ini, namun belum semua negara anggota Schengen setuju, semoga bisa terlaksana dalam waktu dekat.

Secara umum, pengajuan visa Schengen diajukan di kedutaan negara yang merupakan tujuan utama kunjungan, negara dimana kita berkunjung paling lama. Misalnya kita akan mengunjungi Eropa selama 10 hari, 2 hari di Netherlands, 4 hari di France, 3 hari di Italy dan 1 hari di Switzerland, maka visa diajukan ke kedutaan France, meskipun tiket pesawatnya Jakarta-Amsterdam p.p. Dalam 10 tahun terakhir saya pernah mengajukan visa atau mencoba mengajukan visa Schengen di beberapa kedutaan yang berbeda, Netherlands, Germany, Spain, France, Greece dan Norway. Berdasarkan pengalaman saya, syarat, biaya, dan proses pengajuan visa Schengen ada perbedaan di beberapa kedutaan.
Kedutaan Spain misalnya, tidak menerima paspor yang ada halaman perubahan nama, jika paspor anda pernah menambahkan nama ketiga untuk keperluan haji dan umrah, anda akan diminta mengganti paspor baru tanpa perubahan nama (Pengalaman tahun 2013). VisaHQ untuk Greece, mengenakan biaya pengurusan paling mahal, Rp 5 juta, dan mensyaratkan surat keterangan kerja yang di legalisir oleh notaris, kementrian luar negeri dan kementrian hukum dan HAM. Kedutaan Norway, mensyaratkan asuransi perjalanan sampai 15 hari setelah anda pulang. Kedutaan Germany, termasuk yang ketat dalam pemberian visa, saya pernah mendapatkan undangan meeting di Frankfurt selama 3 hari. Perusahaan yang mengundang saya mengirimkan surat undangan untuk keperluan pengajuan visa, setelah visa saya keluar dari kedutaan Germany, visa yang di berikan berlaku untuk 3 hari saja sesuai undangan. Sebaliknya kedutaan France, pada tahun 2014 memberikan saya visa Schengen yang berlaku selama 3 tahun.

Berikut ini adalah langkah-langkah pengajuan visa Schengen secara umum:

  1. Pesan tiket Pesawat pulang pergi, bisa dengan unpaid reservation. Lebih baik jika sudah dibayar. Moda transport untuk perpindahan antar negara juga sebaiknya di pesan, seperti reservasi pesawat, kereta, bus atau sewa mobil.
  2. Pesan akomodasi penginapan untuk seluruh periode perjalanan. Kurang 1 malam saja di salah satu kota tujuan, aplikasi akan dikembalikan dan diminta dilengkapi. Jika kita juga berkunjung ke negara diluar Schengen area dalam perjalanan yang sama, reservasi penginapan diluar Schengen tersebut juga wajib di pesan. Boleh menggunakan unpaid reservation.
  3. Beli asuransi perjalanan, dengan nilai perlindungan minimum 30.000 euro. Periode asuransi perjalanan sejak berangkat sampai kembali ke Indonesia. Beberapa kedutaan mensyaratkan asuransi berlaku sampai 15 hari setelah kepulangan, ada juga yang mensyaratkan nilai asuransi minimum 50.000 euro.
  4. Isi formuir aplikasi visa. Sebagian besar kedutaan negara Schengen memiliki portal  web untuk pengisian visa secara online. Sebagian lagi bisa mengisi secara online di portal agen yang telah ditunjuk (VFS, VisanHQ atau TLS), sebagian lagi bisa mengisi formulir secara manual di kedutaan.
  5. Membayar biaya visa sebesar 60 euro. Pembayaran bisa dilakukan secara online di portal kedutaan atau agen, atau dibayar cash di kedutaan atau agen yang ditunjuk.
  6. Buat Appointment untuk pengajuan visa. Beberapa kedutaan mensyaratkan pemohon visa untuk membuat appointment terlebih dahulu melalui portal web nya. Beberapa kedutaan lainnya bisa langsung datang ke kedutaan dengan dokumen lengkap, atau langsung datang ke agen yang ditunjuk.
  7. Melengkapi dokumen-dokumen yang di syaratkan, yaitu:
    1. Formulir aplikasi visa yang telah di isi lengkap dan di tanda tangani
    2. Paspor yang masih berlaku minimal 3-6 bulan sejak tanggal kepulangan dari Schengen area.
    3. Pasfoto warna dengan latar belakang putih, ukuran 3,5 x 4,5cm, ada juga yang minta ukuran 3×4 atau 4,5×4,5.
    4. Fotokopi paspor di kertas A4 (tidak boleh dipotong sesuai ukuran paspor)
    5. Fotokopi KTP di kertas A4 (tidak boleh dipotong sesuai ukuran KTP)
    6. Fotokopi akte kelahiran
    7. Fotokopi Kartu Keluarga
    8. Fotokopi Surat Nikah (jika sudah menikah)
    9. Reservasi pesawat pulang pergi
    10. Reservasi penginapan untuk seluruh periode perjalanan
    11. Reservasi pesawat/kereta/bus/sewa mobil untuk perjalanan di Schengen area
    12. Surat keterangan kerja dan keterangan penghasilan (copy slip gaji)
    13. Fotokopi rekening bank 3 bulan terakhir. Tidak ada aturan saldo yang baku, tapi secara umum idealnya ada saldo diatas Rp 40 juta.
    14. Fotokopi kartu kredit (jika mencantumkan kartu kredit sebagai salah satu support biaya perjalanan)
    15. Surat undangan jika anda ke Schengen atas undangan bisnis atau undangan keluarga dan kerabat
    16. Sponsor letter, jika kunjungan anda ke Schengen area di biayai oleh perusahaan atau orang tua atau kerabat.
    17. Surat izin orang tua, jika usia pemohon di bawah 18 tahun dan tidak pergi bersama salah satu orang tua.
    18. Asuransi Perjalanan selama periode perjalanan.
    19. Detail itinerary selama di Schengen area. Form standar biasanya ada di portal kedutaan.
    20. Bukti pembayaran visa
  8. Membawa dokumen-dokumen lengkap ke kedutaan atau agen yang ditunjuk (VFS; TLS, VisaHQ). Disana dokumen aplikasi visa anda akan di cek satu per satu, jika ada yang kurang aplikasi anda akan dikembalikan dan wajib dilengkapi sebelum dapat diproses.
  9. Merekam data Biometrik di kedutaan atau di agen. Mengambil foto, sidik jari dan foto retina. Jika anda pernah merekam data biometrik di salah satu negara Schengen dalam 5 tahun terakhir, tidak perlu lagi menjalani proses ini.
  10. Membayar biaya administrasi. Biaya administrasi ini beragam, mulai tanpa biaya admin di beberapa kedutaan, sampai yang paling mahal di VisaHQ Greece biaya administrasinya Rp. 5.000.000
  11. Tunggu pemberitahuan dari kedutaan atau agen. Biasanya proses sekitar 4-15 hari untuk layanan standar. VFS dan TLSContact memberikan kayanan notifkasi melalui email dan SMS. Beberapa kedutaan memberikan layanan emergency dalam 1-3 hari untuk kunjungan bersifat kemanusiaan (keluarga dekat meninggal, sakit kritis dll). Jika aplikasi kita sukses, umumnya visa yang diberikan bersifat multi-entry. Jangka waktunya tergantung riwayat perjalanan kita dan kebijakan kedutaan. Ada yang di berikan 3 hari, 15 hari, 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun atau lebih.

Berikut ini tabel rangkuman dimana kita mengajukan visa untuk setiap negara Schengen, biaya dan catatan khusus.

schengen

Alamat VFS Global: Kuningan City Mall, 1st & 2nd Floor, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18 – Setiabudi, Kuningan, Jakarta – 12940

Alamat TLS Contact: Menara Anugrah Lantai 3, Lingkar Mega Kuningan, Kuningan Timur, Setiabudi, RT.1/RW.2, Kuningan Tim., Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12950, Telpon: (021) 29852777

Alamat VisaHQ: Level 2, Gedung Krakatau Steel, Jalan Gatot Subroto, Kav 54, Jakarta Selatan, Jakarta 12950, Telpon:+62 21 30306200E-mail:info@visahq.id

Alamat BLS: Kuningan City Mall, 1st Floor L1 30-32, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 18, Setiabudi, Kuningan 12940, Jakarta – Indonesia,  Helpline: +62 21 30418704

62 Comments Add yours

  1. Stefany berkata:

    Halo mas 😊
    Mas mau tanya kalau untuk apply visa. Akte lahir harus di terjemahin kedalam bahasa Inggris? Terimakasih

    Suka

    1. Hi Stefany..
      Kalau dilihat persyaratannya memang tertulis demikian..
      Tapi pengalaman saya beberapa kali apply visa schengen di kedutaan yang berbeda, mereka menerima copy akta lahir apa adanya, saya sudah 4x dapat visa schengen, tapi belum pernah menterjemahkan akta kelahiran.. 😊

      Suka

  2. Candra berkata:

    Hallo mas

    Mau tanya. Untuk tiket harus yg sudh confirmed atau boleh yg baru dibooked (blom dibayar) ?

    Thank
    Candra

    Suka

    1. Hi Candra..
      Tiket yang masih status unpaid bisa saja.untuk mrngajukan aplikasi visa, tapi kans memdapatkan visa Schengen akan lebih besar jika tiket sudah issued and paid…

      Suka

      1. aliang berkata:

        Mas Nelwin, sarannya gimana biar aman ? takutnya tiket sdh dibayar, tau2 visa kita ditolak…. bisa nangis bombay …. : )
        Terus misalkan sy sdh beli tiket bulan Juli ini, rencana terbang Desember, kapan kita sudah bisa apply visa ?

        Suka

        1. Hi aliang..
          Idealnya beli tiket yang refundable..kalo dapetnya yang non refundable, usahakan kelengkapan dokumen sesuai syarat.. jika semua syarat terpenuhi jarang ditolak aplikasi visanya..
          Aplikasi visa bisa dimulai 3 bulan sebelum tanggal berangkat..

          Suka

  3. Sutikno Gresik berkata:

    Mas Nelwin, waktu mengunjungi Balkans kan Mas Nelwin harus mengunjungi Yunani dulu (kalo gak salah tangkap).

    Waktu itu Mas Nelwin menggunakan visa Yunani atau pake Visa dari negara lain? Trm Ksih Mas…

    Suka

    1. Iya betul mas..
      Saya visa schengen nya kebetulan masih berlaku dari kedutaan peramcis 3 tahun lalu…istri saya apply visa schengen baru dari kedutaan Norway.. karena kan ke norway juga..

      Suka

  4. Mas Kit berkata:

    Hai, Mas Nelwin. Maret 2018 saya akan melakukan perjalanan ke Munich selama 3 malam, dilanjutkan ke Praha selama 2 malam, kemudian terbang ke Moskow untuk tinggal selama 3 malam. Dengan demikian, saat apply visa Schengen, berarti saya harus apply ke Kedutaan Jerman? Apakah saya harus menunjukkan visa Rusia juga saat apply visa Schengen?

    Suka

    1. Hi Mas Kit..
      Jika melihat paling lama stay di Jerman dan entry point nya juga dari Jerman, apply visa schengen nya ya di kedutaan Jerman.
      Visa Rusia mustinya bisa belakangan setelah memproses visa schengen.

      Suka

  5. Dewi Utami berkata:

    hai mas mau tanya, apa betul visa Schengen (Spain) dikasih expiry datenya cuma sesuai dengan tanggal travelling kita aja?

    Suka

    1. Hi Dewi..
      Tidak tentu juga.. tergantung history travel kita.. kalau sudah pernah.ke schengen sebelumnya bisa diberi masa berlaku visa lebih panjang

      Suka

  6. Hi Mas Nelwin,

    Pernah buat visa Schengen pake undangan dari teman/kerabat? Syarat dari kitanya ngga terlalu sulit ya?
    Akhir bulan Oct ini saya akan apply visa dari teman dari Slovakia. Kemungkinan besar kami akan stay di Slovakia + Ceko aja. Total durasi saya 24 hari. Apa saya harus kasih itinerary juga? Sedangkan kami mobile akan lebih banyak menggunakan mobil pribadi (karena masih reachable). Dan apa saya juga harus memberikan rekening koran & keterangan kerja? Since dia yg akan cover all the expenses during my stay.

    Terima kasih.

    Suka

    1. Hi Rengga,
      Sorry baru respon, entah kenapa comment anda masuk ke spam folder, jadi tidak terlihat..
      Saya tidak pernah buat visa dengan undangan kerabat. pernahnya buat visa dengan surat undangan bisnis. Pengalaman saya waktu bikin visa dengan undangan bisnis di kedutaan Germany, malah sangat ketat. Undangan untuk 3 hari, visanya juga diberikan hanya 3 hari.
      Kalau buat visa Schengen dengan undangan dari kerabat, dari info yang pernah saya baca, kerabat yang mengirim undangan tersebut harus mengurus semacam verifikasi ke imigrasi setempat disana. Jika kerabatnya yang akan menanggung semua biaya, dalam undangan tersebut harus disebutkan dengan jelas bahwa kerabat anda yang menanggung biaya, dan ada kemungkinan akan dimintakan bukti keuangan dari kerabat anda. Itinerary harus tetap dibuat meskipun hanya mengunjungi 1-2 negara.

      Suka

  7. Andi Mulya Ali berkata:

    Mas Nelwin, mau tanya
    kalau kita hanya ingin pergi ke negara2 balkan saja seperti Bosnia, Kosovo, Kroatia, apakah harus mengajukan visa schengen juga, atau bagaimana?

    Suka

    1. Hi Andi..
      Ada 2 versi pendapat tentang hal ini.. versi pertama bilang visa schengen nya harus sudah dipakai dulu masuk salah satu negara Schengen, baru busa masuk negara2 Balkan dengan visa Schengen tersebut.. cara ini pernah saya lakukan dan tidak ada masalah di setiap checkpoint imigrasi negara2 Balkan.
      Jadi kalau nggak masuk schengen dulu anda tidak bisa langsung masuk negara2 Balkan dengan visa schengen.

      Opini kedua bilang bisa aaja masuk Balkan dengan visa schengen yang belum digunakan masuk negara schengen. Saya belum pernah coba cara ini, gak berani kasih konfirmasi..

      Suka

      1. Adel saja berkata:

        Mas, ini sebenarnya ada 2 cara dengan Schengen dan salah satunya saya sudah coba dengan suami saya. Visa Schengen yang aktif, yang artinya pernah ke negara Schengen, pulang, terus setelah sekian lama mau ke Eropa lagi dan visa Schengen masih berlaku, nga masalah, bisa masuk langsung di negara Balkan dan stay sampai visanya habis.
        Versi kedua – Schegen yang baru didaptkan, misalnya dari. Belanda. Ini berarti harus mendarat di Belanda beberapa hari, lalu stay di salah satu negara di Balkan. Nah, ini saya dengar banyak cerita, ada yang bisa stay lebih lama di Balkan walaupun dia appy di Belanda, misalnya 3 hari di Belanda, 30 hari di Romania. Ada pengalaman dengan ini nga? saya mau bawa suami lagi ke Romania tapi bikin visa romania ribet banget.

        Suka

        1. Hi Adel..
          Iya berarti kan visa schengennya sudah dipakai lebih dahulu masuk salah satu negara Schengen.. ini tidak masalah jika trip selanjutnya langsung masuk negara Balkan..
          kuncinya, visa Schengennya sudah dipake dulu masuk Schengen..

          Disukai oleh 1 orang

          1. Adel saja berkata:

            Iya, cuman saya masih ragu kalau kita apply Belanda tapi staynya disana cuman 2 hari, dan jauh lebih lama di Rumania. Seharusnya pas apply, bikin itinerary yang menunjukan waktu stay lebih lama di Belanda ya? lalu kalau sudah dapat visa, tiu bisa diganti ganti kan? nga perlu sesuai dengan informasi waktu pengajuan.

            Suka

          2. Rumania belum jadi anggota Schengen.. jadi saat anda keluar dari Belanda masuk Rumania, dianggap sudah meninggalkan Schengen area.. gak masalah jika berlama2 di Rumania. Saat anda kembali ke Belanda dari Rumania, dianggap masuk baru lagi..

            Suka

  8. hapsari berkata:

    Sore mas, mohon info untuk rekening 3 bulan terakhir minimal berapa ya? kalau hanya ada 30juta apakah tidak menjadi masalah? dan untuk bukti bekerja, surat keterangan dari kantor yang ditandatangani direktur apakah sudah cukup? sehingga saya tidak perlu melampirkan slip gaji/kontrak kerja? mohon infonya, saya newbie

    Suka

    1. Hi Hapsari..
      Tidak ada aturan resmi berapa saldo di rekening. Yang penting mencukupi untuk biaya tiket dan akomodasi selama berwisata di wilayah Schengen.
      Kalau tanya ke travel agent, biasanya mereka menyarankan saldo rata-rata 40 juta rupiah .. tapi sekali lagi ini tidak ada aturannya.. menurut saya 30 juta di rekening tidak masalah.. cerita dari beberapa orang, yang saldonya di bawah itupun bisa dapat visa..
      Surat bekerja yang ditanda tangani direktur mencukupi, tapi sebaiknya lampirkan juga slip gaji, lebih baik datang dengan dokumen lengkap daripada musti bolak-balik melengkapi..

      Suka

  9. Indri berkata:

    maaf mas kalau mau pergi ke spain tapi pesawat transit 3 jam di dubai apakah kita harus buat visa dubai ?

    Suka

    1. Hi Indri..
      Tidak perlu buat visa UAE kalau hanya transit di bandara Dubai..
      Bahkan kalau naiknya Emirates, anda bisa mendapatkan e-visa gratis, jika mau stopover di Dubai.. bisa minta urusin sama Emirates nya..

      Suka

      1. Indri berkata:

        Terimakasih balasannya mas, mas bantu infonya dong mas , kalau pergi berlibur hanya tujuan bcn spain saja apa lbh baik apply visa schengen saja atau aply visa spain saja

        Suka

        1. Hi Indri..
          untuk tujuan wisata, visa khusus Spain sudah tidak ada. Semua negara anggota schengen hanya menerbitkan Schengen visa, yang juga berlaku untuk masuk negara2 schengen lainnya.
          Jadi kalau hanya berwisata ke Barcelona saja, tetap apply visa schengen via kedutaan Spanyol, yang di proses oleh BLS.

          Suka

  10. Peter berkata:

    Hi Mas Nelwin, ada yg mau saya tanya:
    1. Saya mau ke beberapa negara schengen dan yang paling lama durasi tinggal nya di perancis dan swiss, tapi awal mendarat nya di jerman. Apakah nanti bermasalah jika visa yg di keluarkan dari perancis tapi entry nya di jerman?
    2. Kalo utk utk booking tiket kereta/ bus utk pergi antara negara schengen apakah ada yg bisa unpaid?
    Terima kasih pencerahan nya

    Suka

    1. Hi Peter..
      1. Tidak masalah.. justru kalau anda coba apply di kedutaan Jerman.. kemungkinan besar anda akajndiminta apply ke kedutaan Perancis jika bukti akomodasi nya menunjukkan paling lama di Perancis..
      2. Reservasi Bus Dan kereta umumnya tidak bisa dibatalkan. Untuk mensiasati ini, Saya biasanya bilang selama di Eropa akan sewa Mobil dengan melampirkan bukti reservasinya sewa Mobil. Hampir semua car rentals bisa dibatalkan reservasinya.

      Suka

      1. rania berkata:

        halo mas nelwin,

        urgent banget mas tadi diminta untuk melengkapi akomodasi transportasi selama di eropa oleh bls spain. nah kan katanya tips yg bisa cancel itu lewat sewa mobil, boleh tau ngga mas waktu itu pesannya bagaimana dan book di website apa hehehe

        karena saya lagi nyari mobil sewa di bookingdotcom tapi belum nemu yg available.. kira2 ada tips lain ngga ya biar bisa menyertakan transportasi yg bisa di cancel seandainya visa nya belum keluar?

        terima kasih banyak mas anwin

        Suka

        1. Hi Rania..
          Saya biasanya pesan sewa mobil di carrentals.com
          Disitu perlu kartu kredit untuk pemesanan.. tapi tidak langsung di charge, hanya perlu untuk online verification saja. Bisa di cancel tanpa biaya.

          Suka

  11. hanna berkata:

    saya sudah mendapatkan visa , ingin merubah keberangkatan dikarenakan ada perubahan jadwal , apakah yang harus saya lalkukan ? apakah bisa hanya dengan mengirimkan pengajuan by email terlebih dahulu ?

    Suka

    1. Hi Hanna..
      Apakah perubahan jadwalnya masih dalam masa berlaku visa?
      Jika masih dalam.masa berlaku visa, tidak perlu merubah visa anda.

      Jika jadwal.keberangkatan.dan kepulangan melewati masa berlaku visa yang sudah dimiliki, anda harus buat aplikasi visa baru lagi. Visa yang sudah diterbitkan tidak bisa dirubah masa berlakunya.

      Suka

  12. Fajriani berkata:

    Website vfs norway salah. Seharusnya http://www.vfsglobal.com/norway/indonesia.
    Yang dicantumkan pada blog ini terkait website vfs norway adalah website imigrasi norway.

    Suka

    1. Terima kasih Fajriani atas koreksinya ☺️👍

      Suka

  13. Anita berkata:

    Hallo mas Nelwin,
    Saya mau berkunjung ke kosovo. Kalau dr yg saya tangkap, brarti saya harus apply schangen visa. Karena kosovo tidak ada kedubesnya diindonesia, bagusnya saya apply dari kedubes mana ya mas?
    Kemudian, kalau seandainya saya ke turki dulu dg visa on arrival, kmudia dr turki mengajukan visa ke kosovo di kedubes kosovo apakah ini memungkinkan?
    Trima kasih mas

    Suka

    1. Hi Anita..
      Jika kita mau masuk Kosovo dengan menggunakan visa Schengen, maka visa Schengen nya harus dipakai dulu masuk ke salah satu negara Schengen. Negara Schengen yang dekat dengan Kosovo antara lain Greece, Italy dan Hungary. Mungkin bisa apply visa Schengen nya dari salah satu negara tersebut.
      Mengenai pengurusan visa Kosovo dari Turki, saya belum ada pengalaman dan tidak tahu prosesnya..

      Suka

      1. Anita berkata:

        Thanks alot mas

        Suka

  14. Lili berkata:

    Mas maaf mau tanya, kalau mau ke bosnia Sarajevo ,itu apakah bisa membuat dengan cara calling visa?terimakasih

    Suka

    1. Hai Lili..
      Untuk ke Bosnia, jika kita punya visa Schengen atau USA tidak perlu lagi apply visa Bosnia-Herzegovina.
      Tapi kalau belum ada visa Schengen / USA, perlu visa Bosnia.
      Jika punya kerabat disana, bisa minta mereka untuk kirim invitation untuk pengurusan calling visa.

      Suka

      1. Lili berkata:

        Invitation calling visa itu,,,, untuk bisa berapa Lama tinggal Di Sana?

        Jujur minim sekali pengetahuan soal pengurusan visa…. Mohon petunjuknya, mas.
        Terimakasih.

        Suka

        1. Hi Lili..
          Sebetulnya calling visa itu istilah yang lebih banyak digunakan di Indonesia.
          Di negara2 lain lebih sering disebut invitation visa.
          Umumnya diperlukan antar negara yang tidak punya hubungan diplomatik, atau dari negara yang dianggap beresiko tinggi.
          Kebijakan berapa lama bisa tinggal disana sangat tergantung tujuan kita disana mau apa, siapa yang mensponsori, bukti kecukupan dana.. keputusan final tergantung imigrasi disana.
          Tidak ada patokan yang standar.

          Suka

          1. Lili berkata:

            Terima kasih banyak atas bantuan info nya mas….

            Suka

  15. Rosa berkata:

    Halo mas Nelwin,
    Mau tolong tanya, kalau saya punya visa schengen ( yang dikeluarkan Netherland)yang masih berlaku, sedangkan saya akan mengunjungi Jerman saja, saya tidak perlu mengurus visa schengen lagi kah? Tks

    Suka

    1. Hi Rosa..
      Tidak perlu urus visa lagi.
      Tinggal berangkat.. 😊

      Suka

      1. Latif berkata:

        Hai mas! Mau nanya dong.. rencana mau tahun baruan di europe, berangkat tgl 25, sampe sana tanggal 26..

        Kira2 paling cepat bisa apply visa awal oktober boleh gak ya? Soalnya pengen cepet2 dapet visa nya, takut harga tiket tambah mahal kalo udah oktober akhir / november..

        Suka

        1. Halo mas Latif, umumnya schengen visa dapat diajukan 3 bulan sebelum keberangkatan.. jadi kalau berangkat 25 desember, akhir September sudah bisa mengajukan visa..

          Suka

          1. Latif berkata:

            Oke mas:)

            Oh ya, untuk tiket, disaranin katanya jangan beli dulu, krn takut ada apa2.. banyk yg saranin beli tiket dummy bookingan, di travel agent..
            Dan hotel kalo pake hostel backpacker dormitory room gitu via booking dotcom bermasalah ga sih mas?
            Maklum belom pernah nempel schengen hehe

            Suka

          2. Punya tiket gak jamin dapet visa.. blom punya tiket pun bisa dapet visa kalo persyaratan kita lengkap.. cuma kalo nunggu visa dapet, biasanya abis itu harga tiket mahal2.. 😀
            Kalo saya sih kalo dapwt tiket promo.. sikat dulu baru urus visa..
            Bookingan akomodasi boleh hostel.. yang cancellable juga diterima

            Suka

  16. Latif berkata:

    Siap mas..
    bookingan hotel dari booking.com kalo yg no-prepament needed / no credit card needed bookingannya di terima juga ga mas ? atau harus yang pake cc confirmnya ?

    masih bingung soal dummy ticket, nanya ke travel agent ga bisa buatin bookingan, kalopun bisa cuman buat 2 hari maksimal.. 😦

    Suka

    1. Trims linkback nya om Bardiq.. 🙂

      Suka

  17. mademoiselle Lhe berkata:

    Jika apply schengen melalui spain embassy, pastikan lembar endoesment di paspor (hal 3 atau 4) kosong. Biasanya lembar ini jika ada perbaikan data pemegang paspor atau penambahan nama utk umroh/haji. Pihak embassy akan minta kita utk menguris pencabutan endorsement k imigrasi. Sayangnya pihak imigrasi sudah tidak mempunyai prosedur untuk mencabut endorsement penambahan nama menjadi 3 suku kata. Karena sejak 2016, visa umroh tidak perlu 3 suku kata… nah pusing kaaan ??

    Suka

    1. Hi Lhe..
      Sampai 2018 ini visa umroh masih perlu nama 3 suku kata.. Januari lalu saya umrah, perlu penambahan nama..

      Suka

  18. Budianto berkata:

    Halo mas, mau urus visa Iceland melalui Denmark. Salah satu persyratannya katanya hotel harus konfirmasi langsung dari hotelnya, tidak hanya sekedar konfirmasi dari booking.com. Padahal rata2 hotel yg dihubungi tidak ada yg mau memberikan jawaban mengenai konfirmasi ini. Pengalaman mas apakah memang butuh sampai seperti itu untuk Schengen Denmark ? Thanks ya

    Suka

    1. Hi Budianto,
      Saya belum pernah via kedutaan Denmark.. Mungkin bisa coba via VFS Norway, anda tak perlu appointment.. bisa langsung bawa syarat2nya ke VFS Norway..
      VFS Norway bisa menerima reservasi dari booking.com

      Suka

  19. Roy s berkata:

    Saya tidak punya akta lahir..Apakah bisa ajukam visa di kedutaan Jerman?

    Suka

    1. Halo Roy..
      Trrus terang saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini.. saya belum ada pengalaman dalam hal ini..

      Suka

  20. Wawan berkata:

    Halo gan,

    Apakah visa Schengen dapat digunakan untuk ke turki? Terima kasih

    Suka

    1. Halo Wawan..
      Tidak, Turki tidak termasuk dalam Schengen countries.
      Untuk masuk Turki WNI bisa langsung datang dan bayar visa on arrival di airport.

      Suka

  21. Lucia berkata:

    hallo mas Nelwin
    kalau kita mendapatkan visa schengen single entry, apakah bisa dipakai utk masuk ke suatu negara lebih dr 1x dalam periode tsb? misalnya France-Spain-Italy-France-Belgium (masuk France 2x)
    Terima kasih.
    Lucia

    Suka

    1. Hi Lucia..
      Selama tidak keluar dari Schemgen area, bisa.. antar negara2 dalam Schengen area tidak ada border checking lagi..
      Contoh rute yang anda tulis diatas dianggap single entry

      Suka

Tinggalkan komentar